Cara Mengurangi Mata Minus Dan Silinder Agar Tidak Semakin Parah

Astigmatisme atau yang sering kita sebut dengan mata silindris adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh bentuk kornea yang tidak sempurna. Penglihatan menjadi kabur atau samar, karena cahaya yang masuk dari kornea tidak terfokus pada satu titik di retina.

Penderita cenderung mengeluh sakit kepala, mata tegang, atau kesulitan membaca tulisan kecil. Ini ditambah dengan silau yang berlebihan, terutama saat berkendara di malam hari. Namun, mata silinder bisa disembuhkan. Berikut beberapa cara.

cara mengurangi mata minus dan silinder

 

1. Gunakan Kacamata dan Lensa Kontak

Jangan lupa, konsultasikan dulu pilihan Anda dengan dokter atau dokter mata Anda.

2. PRK dan LASIK

PRK (Photorefractive Keratectomy) adalah prosedur pembedahan untuk memperbaiki mata silindris.

Secara umum, operasi ini akan mengembalikan kelengkungan mata menjadi normal. Sayangnya, operasi ini mahal.

3. Olahraga Mata

Lakukan senam mata setiap hari, minimal pagi dan malam sebelum tidur. Tujuannya untuk melatih mata agar fleksibel dan mendapat cukup oksigen. Caranya mudah. Anda hanya perlu menggerakkan mata ke kiri dan ke kanan; lalu lihat lurus ke depan. Selanjutnya, pijat pelipis kanan dan kiri searah jarum jam, lalu pijat lembut bagian bawah kepala.

4. Kompres Dengan Air Hangat

Meski kacamata dibutuhkan, jangan sampai mata Anda menjadi tergantung. Setiap hari, kompres mata dengan air hangat. Tujuannya agar otot mata menjadi lentur, rileks dan tidak tegang.

5. Hentikan Kebiasaan Buruk

Hentikan kebiasaan yang buruk untuk mata. Ini termasuk membaca terlalu lama; menonton televisi terlalu dekat; atau bermain di komputer dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Satu hal yang penting, kondisikan mata agar bisa senyaman mungkin dalam melakukan aktivitas tersebut. Jangan sampai mata menjadi terlalu lelah dan tegang.

Sedangkan kebersihan mata harus dijaga. Untuk melakukan ini, Anda bisa merendam bola kapas dalam air bersih, lalu menyeka mata dari kiri ke kanan; untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

6. Konsumsi Suplemen Mata

Kondisi mata silinder, juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada mata. Di sisi lain, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen alami, seperti wortel, salmon, tomat, atau blueberry.

Makanan Yang Dilarang Untuk Mata Minus

Makanan Yang Dilarang Untuk Mata Minus

 

Mata minus Ini merupakan kelainan mata karena bayangan optik jatuh dan tidak fokus ke retina, melainkan di depan retina, membuat bayangan pada objek tampak buram.

Beberapa Makanan Yang Di Larang, Diantaranya :

Hindari junk food

Ini karena junk food mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda bersama dengan asam linoleat. Makanan yang mengandung lemak ini diketahui membuat seseorang berisiko terkena penyakit mata dengan degenerasi makula (AMD). Mie instan, makanan kaleng, makanan olahan daging, makanan yang dipanggang atau yang dipanggang, hamburger dan kentang goreng adalah beberapa jenis makanan yang termasuk junk food.

Baca juga :   Berbagai Penyebab Mata Anak Sering Berkedip Dan Cara Mengatasi

Hindari Makanan Yang Diproses Dengan Margarin

Makanan yang diproses dengan margarin ini tidak alami; itu buatan manusia dengan menggunakan bahan kimia.

Hindari Makanan Yang Mengandung Lemak Trans

Makanan yang digoreng (terutama kentang, ayam), pie, margarin, pancake, waffle, ice cream, non dairy creamer, popcorn kemasan, daging, biskuit, kerupuk, makanan beku dan creamy serta makanan kemasan (olahan) adalah beberapa jenis makanan yang mengandung lemak trans.

Cara Membuat Jus Lidah Buaya Untuk Mata Minus

Cara Membuat Jus Lidah Buaya Untuk Mata Minus

Mengonsumsi gel tanaman lidah buaya juga dikenal dapat mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, dan mengontrol gula darah. Jus lidah buaya agak sulit dibuat. Namun, setelah Anda menguasai cara meminum gel, Anda dapat membuat jus yang sehat dan lezat ini dalam hitungan detik!

Minumlah Aloe Vera Gel

  • Cuci daun lidah buaya di bawah air yang mengalir.
  • Gunakan pisau tajam untuk memotong bagian samping kulit lidah buaya lalu tarik keluar.
  • Hapus lapisan kuning tepat di bawah kulit dengan pisau tajam.
  • Gunakan sendok untuk mengeluarkan semua gel lidah buaya.

Buat Minuman Jus Aloe Vera

Cara Membuat Jus Lidah Buaya Untuk Mata Minus

Campur gel lidah buaya dengan jeruk untuk minuman sederhana.
Tambahkan 2 sendok makan (6 sendok teh) gel lidah buaya dan 3 jeruk utuh (kupas) dalam blender dan blender dengan kecepatan tinggi selama 30 detik hingga 1 menit.

Anda juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan sekitar 1 cangkir (450 ml) jus jeruk (dengan atau tanpa bubur) jika Anda tidak memiliki jeruk segar.

Gel lidah buaya memiliki rasa pahit dan asam serta dapat memiliki efek pencahar. Jadi, Anda harus mengencerkannya dengan cairan lain.

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

Mata minusnya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda harus menggunakan alat bantu untuk membantu penglihatan yang lebih jelas. Mau tau gimana caranya? Berikut penjelasannya.

1. Konsumsi Wortel

Wortel mengandung betakaroten yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi jus wortel yang rutin setiap hari selama satu bulan dapat membantu mengurangi mata minus.

2. Konsumsi Aloe Vera

Minum jus lidah buaya, Ini karena kandungan nutrisi pada lidah buaya bisa membantu mengurangi minus pada mata.

3. Konsumsi Bit

Bit juga bisa membantu mengurangi mata minus yang sudah tinggi.

Baca juga :   Cara Menyembuhkan Mata Minus Dalam 1 Minggu Sembuh Total

4. Daun Sirih

Cara mengurangi mata minus dengan daun sirih juga menjadi solusi yang bisa anda coba. Anda bisa menyiapkan dua lembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih. Tempelkan daun sirih ke mata sebelum tidur dan keluarkan di pagi hari.

5. Latihan Mata

Mengurangi mata minus bisa dilakukan dengan melakukan senam mata. Mata lelah bisa membuat cacat mata seperti mata minus. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot-otot mata agar bisa berkontraksi dengan baik.

6. Terapi Lilin

Terapi lilin adalah metode tradisional yang bisa Anda coba. Menggunakan wax dipercaya efektif menyembuhkan mata minus dengan cepat. Cara melakukannya adalah dengan menyalakan lilin dan menatap cahaya selama beberapa menit. Cobalah untuk tidak berkedip dan lakukan sampai air mata keluar. Jika air mata sudah keluar, berhentilah dan ulangi keesokan harinya. Ingat, jangan berlebihan.

7. Fokus Latihan Menggunakan Jari Telunjuk Anda

Fokuskan penglihatan anda pada satu titik, Sederhananya, Anda bisa menggunakan jari telunjuk Anda sendiri. Cara untuk melakukannya dengan meletakkan jari telunjuk 10 cm dari hidung anda. Lakukan ini hanya dengan melihat sekilas tanpa menggerakkan kepala dan mengulanginya hingga 10 kali sehari. Anda dapat menemukan posisi duduk yang nyaman sebelum melakukannya.

8. Mengeringkan Mata di Pagi Hari

Lakukan aktivitas ini dengan menutup mata dan mengarahkan mata ke matahari hingga terasa hangat.

9. Teknik Palming Mata

Selain mengeringkan mata di bawah sinar matahari pagi, Anda juga bisa melakukan teknik eye palming. Palem mata dilakukan dengan menggosokkan kedua tangan hingga terasa hangat dan menutupi mata menggunakan kedua tangan. Teknik ini bisa Anda lakukan kapan saja saat mata Anda terasa lelah.

10. Buka Kacamatanya

Menggunakan kacamata akan membuat mata terbiasa bagian tengah kacamata. Hal ini bisa membuat otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus secara alami yang bisa Anda lakukan. Sebelum mengobatinya, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan sekaligus tetap menjaga kesehatan mata.

Cara Mengurangi Mata Minus Menurut Dokter

Cara Mengurangi Mata Minus Menurut Dokter

Sebagian besar orang yang memutuskan untuk memakai kacamata pasti memiliki masalah pada mata seperti minus atau silinder. Mata minus merupakan suatu kondisi mata yang membuat kita tidak dapat melihat benda yang jauh dengan jelas.

Sedangkan mata silinder adalah suatu kondisi mata yang menyebabkan penglihatan kabur. Tentu Anda berharap kondisi ini tidak semakin parah.

Kondisi mata dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan dasar yaitu refraksi dan pemeriksaan kesehatan mata. Jika mengalami masalah mata minus dan silinder, tidak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Baca juga :   Cara Meluruskan Mata Juling Agar Bisa Kembali Normal

Beberapa cara umum untuk melakukan ini adalah dengan memakai kacamata atau lensa kontak dan operasi. Namun, mengurangi mata minus tidak bisa hanya dengan melakukan ini. Berikut cara mengurangi mata minus yang bisa Anda coba!

Cara Mengurangi Minus Mata Menurut Dokter

Mata minus merupakan salah satu kondisi mata yang sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Tentunya Anda tidak ingin kondisi mata minus Anda semakin parah jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu kami berikan cara mengurangi mata minus menurut dokter yang bisa Anda coba!

Mengontrol Kacamata

Mengontrol Kacamata

Cara mengurangi mata minus menurut dokter adalah dengan mengontrol kacamatanya. Jika Anda sudah memakai kacamata, Anda wajib memeriksakan kacamata Anda secara rutin agar bisa mengetahui kondisi kesehatan mata dan menyesuaikan lensa kacamata. Lensa kacamata yang tidak tepat bisa meningkatkan mata minus. Jadi Anda perlu mengontrol kacamata yang Anda gunakan agar kondisi mata minus Anda tidak semakin parah.

Operasi Refraktif

Menurut dokter adalah dengan operasi refraktif.

Menggunakan Obat Topikal

Penggunaan obat ini membutuhkan resep dokter agar tidak ada kesalahan dalam penggunaannya.

Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder

Masalah minus dan mata silinder dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Untuk itu maka kami akan memberikan cara mengurangi mata minus dan silinder yang bisa Anda praktekan!

Mengurangi Penggunaan Gadget

Mengurangi Penggunaan Gadget

Anda bisa melakukan cara mengurangi mata minus dan silinder dengan mengurangi penggunaan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi mata dan silinder menjadi lebih buruk. Jika Anda sering menggunakan gadget Anda harus memberi istirahat pada mata Anda.

Istirahatkan Mata Anda

Ini bisa membantu mengurangi potensi minus di mata.

Lakukan Palem mata

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Gosok kedua tangan hingga terasa hangat
  • Tutup matamu
  • Tutup mata anda dengan menggunakan telapak tangan anda (tidak perlu ditekan)
  • Pastikan juga tidak ada cahaya yang masuk ke mata anda
  • Lakukan berulang -ulang hingga mata anda terasa lebih nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *