Lensa Mata Yang Bagus Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Kita tahu bahwa lensa kontak yang baik dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Inilah mengapa memilih lensa kontak yang baik dengan perawatan yang mudah menjadi sangat penting. Sebagian besar pengguna lensa kontak berada dalam rentang usia 25 hingga 44 tahun, dan mereka adalah orang rabun dekat yang menggunakan lensa mereka setiap hari. Kebiasaan untuk menggunakan lensa kotak setiap hari tentunya dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan mata jika Anda tidak memiliki lensa kontak yang baik dan tidak merawatnya dengan benar.

Cara Memilih Lensa Kontak yang Baik

Cara Memilih Lensa Kontak yang Baik

Kini semakin banyak brand yang meluncurkan lensa kontak sekali pakai dengan jangka waktu pemakaian yang singkat, misalnya hanya satu hari, agar Anda tetap merasa aman karena menggunakan softlens yang selalu terjaga kebersihannya.

Membeli peralatan medis apa pun, termasuk memilih lensa kontak yang baik, harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Berikut beberapa tips yang membantu memilih lensa kontak sesuai kebutuhan kondisi Anda:

Lensa Kontak Lunak Atau Keras

Ada dua jenis lensa kontak yang saat ini beredar di pasaran, yaitu lensa kontak lunak dan lensa kontak keras. Sebagian besar pengguna lensa kontak memilih memakai tipe soft.

Durasi Penggunaan Lensa Kontak

Ada lensa lunak yang bisa digunakan selama dua minggu sampai tiga bulan. Lensa kontak jenis ini memerlukan perawatan khusus seperti melepas dan membersihkan pada malam hari serta menggantinya sesuai jadwal pemakaian yang telah ditentukan. Pengguna harus patuh dan rutin membersihkan lensa kontak sesuai petunjuk karena jika tidak dirawat dengan baik, lensa kontak jenis ini dapat menyerap benda asing dan zat seperti kotoran dan debu pada mata.

Selain itu, ada juga softlens sekali pakai atau one-day. Lensa kontak jenis ini cukup memberikan kepraktisan, kenyamanan, dan lebih menjamin kesehatan mata jika perawatan dan penggunaan dilakukan dengan benar. Anda hanya perlu menyediakan lensa kontak baru setiap kali menggunakannya.

Sesuai Dengan Kondisi Mata

Pemilihan lensa kontak atau soft lens yang baik juga perlu disesuaikan dengan kondisi mata. Beberapa jenis lensa kontak, seperti yang berbahan silikon hidrogel bisa menjadi pilihan yang baik untuk memakai lensa kontak. Lensa kontak jenis ini dapat membantu oksigen melewati kornea dan lebih nyaman dipakai. Beberapa jenis lensa kontak juga dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.

Bagi orang tunanetra, lensa kontak adalah alat yang efektif, karena tipis, dapat dipasang dengan pas ke permukaan kornea Anda jika digunakan dengan benar.

Penggunaan Lensa Kontak Dengan Benar

Softlens sendiri yang terbuat dari campuran plastik khusus dengan air. Bahan dasar ini akan memungkinkan oksigen melewati lensa ke kornea Anda agar mata Anda tetap nyaman, kering, dan tetap sehat. Jika Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, kornea Anda bisa membengkak, mengganggu penglihatan Anda, dan bahkan mengalami masalah yang lebih serius, seperti keratitis.

Baca juga :   Benjolan Di Sudut Mata Terasa Perih Atau Nyeri Saat Disentuh

Lensa lunak harus digunakan, dibersihkan dan disimpan sesuai dengan instruksi dokter mata atau dokter mata atau instruksi pada kemasan. Dengan begitu, Anda akan mengurangi risiko menempelnya kuman pada lensa kontak yang dapat menyebabkan infeksi mata dan membuat mata Anda lebih sehat.

Ada batasan penggunaan lensa kontak. Softlens tidak dianjurkan untuk digunakan saat tidur, kecuali jika direkomendasikan oleh dokter mata atau dokter mata, dan harus diganti secara berkala. Perawatan soft lens juga penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan mata Anda.

Ingat, lensa kontak baru berarti risiko infeksi mata lebih rendah, perawatannya lebih mudah karena tidak perlu sering-sering dibersihkan, dan tentunya lebih nyaman di mata.

Sebelum anda membeli dan menggunakan lensa kontak, termasuk yang digunakan untuk mempercantik tampilan mata saja atau untuk alasan kosmetik, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu.

Kacamata yang baik dan aman tetap membutuhkan resep dan rekomendasi dari dokter atau ahli optometri. Menggunakan lensa kontak secara sembarangan dan tidak membersihkannya dengan benar dapat menyebabkan infeksi mata yang berbahaya, terutama jika Anda pernah mengalami masalah mata sebelumnya.

Merek Lensa Mata Yang Bagus

memakai lensa mata sudah menjadi Kebutuhan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Selain bisa membantu memperjelas penglihatan, banyak juga softlens yang dipasarkan untuk tujuan estetika.

Merek Lensa Mata Yang Bagus

Merek soft lens asal Korea menjadi yang paling diincar belakangan ini. Hal ini dikarenakan lensa kontak ini memiliki diameter yang lebar sehingga mampu membuat tampilan mata semakin indah. Warna-warna yang ditawarkan pun bermacam-macam agar mata bisa terlihat seperti boneka.

Tip Memilih Merek Lensa Kontak yang Baik

1. Sesuaikan Diameter

Ada dua jenis lensa kontak berdasarkan diameternya, yaitu ukuran normal dan ukuran besar. Keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk ukuran normal tentunya lebih nyaman dipakai karena lebih pas, namun tentunya tidak mendapatkan nilai tambah apapun dari segi estetika.

Berbeda dengan lensa berdiameter besar, dengan memakainya mata Anda bisa terlihat besar dan cantik seperti mata boneka. Namun, karena diameternya yang lebih besar, mereka menjadi lebih mudah untuk bergeser dan menjadi tidak nyaman.

2. Perhatikan Kadar Air

Semakin banyak kadar air yang digunakan dalam membuat lensa kontak, semakin nyaman. Ini karena mata lebih terhidrasi dan lebih segar. Anda juga tidak perlu terlalu sering meneteskan cairan ke lensa kontak karena bola mata masih nyaman.

Baca juga :   Kacamata Untuk Mata Juling Dapat Membantu Mengobati Mata anda

Jika Anda perlu menggunakan lensa kontak dalam waktu lama, maka lebih baik Anda memilih lensa kontak dengan kandungan air yang tinggi. Namun jika hanya dalam waktu singkat, softlens biasa yang ada di pasaran pun tetap nyaman dipakai.

3. Pertimbangkan Umur

Kedaluwarsa rata-rata lensa kontak sejak dibuka dari kemasannya adalah sekitar 6 bulan. Jika digunakan lebih dari itu dapat menyebabkan gangguan, baik rasa tidak nyaman maupun iritasi. Namun, ada juga lensa kontak yang memiliki masa pakai satu hari atau sekali pakai. Harga lensa kontak jenis ini juga lebih mahal.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk selalu memperhatikan kehidupan pelayanan. Selain itu, meski masa pakai masih lama, namun lensa kontak sudah membuat mata tidak nyaman, jadi sebaiknya hentikan saja penggunaan lensa kontak.

Lihat juga : Tetes Mata Untuk Softlens Agar Tetap Nyaman Saat Menggunakannya

Rekomendasi Merek Softlens

Rekomendasi Merek Softlens

1. Acuvue OASYS 2-minggu dengan Hydraclear Plus

Para pengguna lensa kontak ini memberikan review yang sebagian besar mengatakan bahwa tingkat kenyamanan dalam menggunakan lensa kontak ini di atas rata-rata.

Hal tersebut tentunya tidak lepas dari teknologi Hydraclear yang diterapkan dalam pembuatan lensa kontak ini. Selain membuat mata nyaman, teknologi ini juga bisa menjaga kelembapan mata dan tidak mudah kering.

2. FreshKon Everyday + HA

Agar bola mata terasa nyaman saat menggunakan soft lens, kondisi lensa kontak tidak hanya harus melembapkan tapi juga harus terlindung dari sinar ultraviolet. Keunggulan tersebut terdapat pada produk softlens dari FreshKon.

Kandungan Hyaluronic Acid dan kadar air 58% sangat cocok untuk anda yang memiliki mata minus dan perlu memakai lensa dalam waktu lama. Desain soft lens ini juga sangat menawan sehingga bisa menjadi nilai tambah kecantikan anda.

3. Campuran Warna FreshLook

Keunggulan lensa ini yang terletak pada keindahan warna Dengan warna-warna cantik tersebut, mata Anda akan terlihat lebih cerah dan tajam namun tetap terkesan natural.

Warna-warna indah yang ditawarkan misalnya coklat, hazel, abu-abu dan semua warna turunannya.

4. Peningkatan X2

Jika Anda membutuhkan lensa kontak dengan masa pakai yang lama tetapi warna yang indah, maka Upgrade X2 adalah pilihan yang tepat. Selain bisa digunakan selama 6 bulan, warna lensa kontak juga terjaga berkat sistem polimerisasi multi layer.

Selain itu, warna lensa kontak ini tidak akan membuat mata anda terlihat aneh, karena memang didesain khusus untuk wanita Indonesia. X2 menggunakan metode sandwich system untuk menghasilkan warna yang natural namun menawan dengan kadar air 42%.

Baca juga :   Sakit Kepala Di Atas Mata Dapat Menyebabkan Nyeri Dan Sensitif

5. Lensa Kontak Ultra Bausch + Lomb

Saran yang baik untuk memakai lensa kontak adalah tidak boleh lebih dari 12 jam, tapi ternyata ada produk yang bisa melanggar aturan ini. Produk tersebut adalah Lensa Kontak Ultra Bausch + Lomb.

6. Alcon Air Optix Aqua

Bahan untuk pembuatan lensa kontak ini adalah hidrogel silikon yang dapat membuat mata anda menjadi nyaman karena tekstur lensa kontak yang lembut dan lembab. Selain itu, sirkulasi udara di bola mata juga bisa terjadi dengan baik.

Material penyusun lainnya adalah co-polymer 845 dan disempurnakan dengan teknologi smartshield agar lensa tidak mudah robek atau dimasuki benda asing. Lensa ini juga tahan lama dan hadir dalam warna-warna menawan.

7. SoftVueII Toric

Bagi Anda yang memiliki mata silindris, SoftVuell Toric adalah pilihan yang tepat, karena lensa kontak ini didesain khusus untuk pengguna lensa silindris.

Teksturnya yang lembut juga membuat soft lens ini nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan juga karena dilengkapi dengan perlindungan dari sinar ultraviolet.

8. CooperVision Clariti 1 Hari

Selain kandungan airnya yang tinggi, lensa kontak ini juga mengandung kadar oksigen yang tinggi pula. Tekstur breathable ini membuat mata nyaman dan tidak mudah lelah. Perlindungan terhadap sinar ultraviolet juga ditemukan pada lensa kontak sekali pakai ini. Diameter lensa kontak ini juga besar sehingga bisa membuat mata terlihat lebih hidup.

9. ILLUSTRO Comfort

Memiliki mata dengan minus yang tinggi tidak lagi menjadi masalah di era yang serba canggih ini. Anda tidak perlu lagi menggunakan kaca mata tebal karena sudah ada softlens dari ILLUSTRO Comfort ini. Ini karena penggunaan teknologi Aspheric dalam pembuatannya.

Keunggulan lain dari lensa kontak ini adalah memiliki Handling Tint dan UV Blocking yang membuat mata Anda nyaman. Ditambah dengan kadar air 55%, banyak orang yang merekomendasikan merek ini.

10. Pesona Tampilan Baru

Siapa yang tak kenal merk soft lens asal Korea ini. Kualitas lensa kontak multiwarna berdiameter besar ini sudah teruji. Matamu akan terlihat cantik dan natural.

Lensa kontak ini juga didesain untuk melembabkan mata Anda saat digunakan, sehingga Anda tidak perlu repot menggunakan kacamata lagi

Di era yang sangat praktis ini, nampaknya keberadaan kacamata akan mulai tergeser dengan penggunaan dan pemilihan merek soft lens berkualitas. Hal tersebut tentunya wajar, mengingat saat memakai kacamata, gerakan menjadi terhambat, tidak seperti saat menggunakan softlens.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.