Bisnis Di bidang Kesehatan Yang Patut dikembangkan

Apa saja peluang bisnis di bidang kesehatan? Sebagai profesi yang bergerak di bidang kesehatan, Anda tentunya ingin mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji pokok sebagai dokter, perawat atau bidan, misalnya. Namun, seringkali Anda bingung tentang bisnis apa yang cocok untuk berwirausaha. Dan kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa inspirasi bisnis untuk Anda

Sektor kesehatan yang merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena sebagaimana kita ketahui, kesehatan sangat penting untuk menunjang kegiatan perekonomian di suatu negara.

Apakah suatu masyarakat memiliki tingkat kehidupan yang tinggi atau banyak yang meninggal karena fasilitas kesehatan yang tidak memadai.

Bidang kesehatan tidak hanya mementingkan rumah sakit, Namun akan tetapi mengembangkan keahliannya di bidang kesehatan untuk berbisnis atau berwirausaha dan menghasilkan penghasilan yang bahkan bisa melebihi gaji pokok seorang tenaga medis.

Bisnis

Baiklah langsung saja kita bahas beberapa ide bisnis yang mungkin berguna bagi Anda dalam memulai bisnis di bidang kesehatan atau kedokteran, berikut beberapa contohnya:

Bisnis Kesehatan

Beberikut beberapa bisnis di bidang kesehatan yang patut dipertimbangkan oleh calon pengusaha.

1. Praktek Terbuka

Sebenarnya tidak hanya dokter yang bisa membuka praktik, namun bidan dan perawat juga bisa membuka puskesmas di pelosok untuk melayani masyarakat yang tidak terjamah rumah sakit.

Selain tentunya mendapatkan penghasilan dari pelayanan kesehatan tersebut, Anda juga telah membantu sesama dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang layak untuk masyarakat kecil. Anda juga bisa mencoba membuka praktek di depan rumah dengan membuat ruangan khusus untuk pasien

2. Buka Apotek

Selain itu, tenaga kesehatan juga dapat membuka toko obat di pedesaan. Beberapa lulusan Farmasi atau yang memiliki latar belakang kedokteran mungkin mencoba menjual obat-obatan generik dan khusus.

Meski tergolong bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli perbekalan obat dan menyewa ruko di pinggir jalan, namun keuntungannya cukup menjanjikan, apalagi persaingan masih belum ramai.

Buka Apotek

3. Layanan Konsultasi Kesehatan

Orang terkadang memiliki gangguan kesehatan yang sering mereka alami namun tidak sempat ke dokter apalagi ke rumah sakit.

Di sinilah Anda bisa membuka layanan konsultasi kesehatan yang akan mendiagnosis setiap gejala penyakit yang dialami pasien yang datang. Sebenarnya ini juga bisa dikategorikan membuka praktik, melainkan konsultasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan

4. Menjadi YouTuber Kesehatan

Saat ini media sosial seperti YouTube sangat digemari anak muda dan bisa menjadi media penghasil uang yang potensial.

Baca juga :   Cara Mengeluarkan Bulu Mata Yang Masuk Kedalam Mata Dengan Aman

Saat kita melihat banyak channel YouTube yang menyediakan program hiburan, kenapa tidak kita berikan informasi seputar kesehatan untuk membantu teman-teman menemukan gejala penyakit yang dialaminya.

Meski kini sudah cukup tersedia saluran khusus kesehatan, Anda juga tetap bisa berlomba-lomba mendapatkan audiens dari mereka yang penasaran dengan masalah kesehatan yang dialaminya.

5. Menjadi Blogger Kesehatan

Hampir sama dengan menjadi youtuber kesehatan, kamu juga bisa mengembangkan blog atau website khusus yang membahas tentang dunia kesehatan secara umum.

Fokus menulis artikel yang bermanfaat dan dicari orang lain berupa tips, tips dan rahasia untuk menjaga kesehatan dan juga bisa membuka sesi tanya jawab untuk pembaca anda yang mempunyai masalah kesehatan maka anda jawab apa perlakukan khusus untuk mereka.

Sama halnya dengan YouTube, blogger juga bisa dimonetisasi menggunakan Google Adsense sehingga Anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup ketika traffic Anda sudah melonjak.

6. Menjadi Program Kesehatan

Jika ingin lebih terkenal dan lebih pamer atau suka pamer, umumnya ini lebih cocok untuk wanita dimana kawan-kawan mengembangkan akun instagram khusus untuk kesehatan maka secara rutin kamu update konten yang bermanfaat seputar tips kesehatan.

Ketika akun Anda sudah banyak mengikuti, pasti akan banyak orang yang ingin melakukan endorsement atau review produk kolaboratif terkait kesehatan tentunya.

7. Menjual Alat Kesehatan

Seorang bidan atau perawat tentunya sudah tidak asing lagi dengan peralatan kesehatan. Terkadang di berbagai daerah sangat sulit mendapatkan perawatan medis dan harus menunggu beberapa hari dari luar kota untuk melahirkan

Anda bisa membuka toko yang menjual alat kesehatan baik dengan membuka toko offline di lokasi yang strategis maupun juga berjualan secara online menggunakan bantuan sosial media dan marketplace.

8. Bisnis Katering Rumah Sakit

Bisnis katering juga bisa disebut sebagai bisnis kuliner. Jenis bisnis ini sangat populer dan banyak dicari. Bagaimana bisa?

Variasi acara yang banyak tentunya membutuhkan suplai makanan yang cukup, oleh karena itu tanpa perlu repot konsumen memesan makanan dan minuman melalui katering dalam jumlah banyak. Misalnya pesta pernikahan, syukuran, ulang tahun dan sebagainya

9. Menjual Obat Herbal

Obat herbal merupakan salah satu pengobatan alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini karena mereka menyadari efek samping penggunaan obat kimia yang menimbulkan banyak kerugian atau bila dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Sahabat juga bisa berjualan alat jamu secara online menggunakan media sosial

Baca juga :   Mata Berkaca Kaca Juga Dapat Menyebabkan Komplikasi Yang Serius

10. Membangun Startup Kesehatan

Startup di bidang kesehatan sangat luas. Jika memiliki tim yang cukup solid, Anda bisa mendirikan perusahaan kecil yang fokus menangani masalah-masalah yang sering dialami oleh orang-orang di bidang kesehatan seperti membuat alat untuk para penyandang disabilitas, membuat aplikasi yang dapat mendeteksi kanker dan lain sebagainya.

11. Membuka Restoran Sehat

Saat ini tren penggunaan bahan makanan sehat sangat digemari masyarakat, terutama di perkotaan. Hal ini membuat bisnis makanan sehat menjamur di beberapa tempat. Di kota besar. Anda bisa membuka warung makan bagi yang suka makanan sehat

12. Berkebun Organik

Berkebun organik bisa menjadi pilihan dengan memanfaatkan pekarangan depan rumah atau dimanapun yang masih kosong.

Anda bisa memilih jenis tanaman yang akan dibudidayakan, seperti sayur mayur atau palawija. Bagaimana sistem organik disini tanpa menggunakan bahan kimia dan 100% proses pembangunannya hanya menggunakan bahan organik.

13. Budidaya Ternak Organik

Hampir sama dengan berkebun organik, hanya saja beternak dengan memilih beberapa hewan konsumsi yang banyak diminati tanpa menggunakan pelet atau makanan lain yang mengandung unsur kimia. Jadi pakan alternatif bagi ternak bila menggunakan sistem organik adalah dengan menggunakan bahan alami seperti cacing dan belatung

14. Menjual Pestisida Alami

Saat ini sistem pertanian konvensional masih mengandalkan pestisida kimiawi yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan kesehatan jika zat tersebut terhirup. Oleh karena itu Anda bisa memilih untuk mengembangkan pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami.

15. Membuka Klinik Kecantikan

Klinik kecantikan merupakan tempat dimana wanita biasanya melakukan perawatan wajah dan kulit serta berkonsultasi tentang masalah kesehatan dan kecantikan yang dialaminya. Anda bisa membuka klinik kecantikan atau rumah kecantikan dan mempekerjakan beberapa karyawan di dalamnya

16. Membuka Toko Seragam Olahraga

Seperti yang kita ketahui olahraga itu bermacam-macam dan ketika orang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, mereka berbondong-bondong untuk melakukan olah raga seperti futsal atau bulu tangkis. Teman Ukmsum├╣t dapat membuka toko jersey atau seragam khusus untuk mereka yang ingin tampil terbaik saat bertanding

17. Menjual Makanan Vegetarian

Vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging dan hanya ingin mengonsumsi bahan nabati. Di kota-kota, mungkin bisnis makanan vegetarian cukup menjanjikan dan Anda bisa membuka warung makan yang menyajikan bahan alternatif yang mirip dengan daging tapi berbahan dasar nabati.

Baca juga :   Cara Memilih Hosting Untuk Blog Kesehatan Mata

18. Buka Warung dekat Rumah Sakit

Dari tahun sebelumnya bisnis kedai kopi mulai menjamur, bisnis ini semakin populer dan digandrungi oleh berbagai kalangan.

Soalnya, di berbagai daerah Anda tidak akan kesulitan menemukan kedai kopi. Menu kopinya yang bervariasi juga menarik perhatian banyak orang. Jenisnya berkisar dari kopi kontemporer dengan campuran dan topping dari bahan lain. Tentu anak muda sangat menyukainya.

19. Software Kesehatan

Dari tahun ke tahun, teknologi semakin maju dan berkembang pesat. Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk sukses adalah bisnis software atau software.

Sudah banyak orang yang mencobanya dan berhasil. Mungkin sobat juga bisa menjadi salah satu orang sukses tersebut. Software itu sendiri ada banyak macamnya mulai dari software laboratorium bahasa, manajemen sekolah atau aplikasi tertentu

20. Menulis Buku Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang penulisan, mengapa tidak mencoba membuat buku tentang tips menjaga kesehatan. Beberapa topik dalam dunia kesehatan bisa Anda pilih, seperti khusus untuk menjaga kesehatan wajah, jantung, kulit dan lain sebagainya

21. Layanan Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, kesehatan jantung, kadar gula total, detak jantung, dan lain sebagainya juga bisa menjadi peluang bisnis. Sahabat bisa menyediakan beberapa peralatan untuk cek kesehatan dan membuka praktek di daerah tersebut

Kesimpulan

Sebagai seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan, Anda juga dapat mencoba beberapa ide bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas.

Saat ini tantangan bisnis yang semakin membuat tenaga medis harus jeli dalam mengelola keuangan, termasuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis sampingan, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba terjun langsung ke dunia wirausaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *