Cara Mengatasi Mata Bintitan Agar Sembuh Dengan Cepat

Jerawat atau guratan mata berwarna merah, seperti benjolan yang terbentuk di sekitar kelopak mata.  penyebab mata bintit bisa karena tersumbatnya kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran, atau minyak berlebih. Kelopak mata memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata. Saat kelenjar ini tersumbat, bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan nodul berkembang.

Penyebab bintit tersebut karena bakteri. Namun penyakit mata ini tidak menular. Selain muncul benjolan seperti jerawat, gejala perih atau jerawat mata antara lain: Adanya nyeri dan bengkak di sekitar kelopak mata Mata menjadi mudah berair Kerak muncul di sekitar kelompok mata Mata terasa perih dan gatal Benjolan pada kelopak mata tetapi tidak bintit dan tidak terasa sakit bisa jadi kalazion.

Cara mengatasi mata bintitan

Cara menangani bintit dan kalazion umumnya serupa. Namun, kalazion membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Berikut beberapa cara untuk mengatasi bintit dengan cepat:

1. Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bintit. Kehangatan bisa membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah, dan minyak sehingga cairan bisa keluar secara alami.

Caranya, basahi waslap bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras kain agar tidak lembap. Letakkan saja di mata selama lima hingga sepuluh menit. Hindari memencet benjolan untuk mencegah infeksi. Gunakan kompres hangat tiga sampai empat kali sehari sampai mata kempes.

2. Bersihkan Kelopak Mata Dengan Sabun Lembut

Hindari membersihkan area mata dengan sabun kimia sintetis yang keras. Gunakan sabun jenis hipoalergenik dan jangan menimbulkan efek samping iritasi. Kulit di sekitar area mata jauh lebih tipis dari pada bagian wajah lainnya. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih produk perawatan untuk area mata.

3. Gunakan Kantong Teh

Jika Anda tidak nyaman menggunakan kompres hangat biasa sebagai cara cepat mengatasi bintit, pilihan lainnya adalah menggunakan kantong teh. Teh hitam paling baik digunakan karena membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki sifat antibakteri.

Cara mengobati bintit dengan kantong teh cukup praktis. Anda hanya perlu menyeduh kantong teh dengan air panas. Diamkan selama kurang lebih satu menit. Gunakan saja untuk mengompres mata.

Biarkan kantong teh dingin selama lima hingga 10 menit. Kompres bintit dengan kantong teh dua kali sehari dan masing-masing gunakan kantong teh baru.

4. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Salah satu obat bintit mata adalah obat penghilang rasa sakit. Jenis obat ini bisa meredakan rasa tidak nyaman pada mata akibatnya. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan obat dengan benar untuk memastikan dosisnya tepat. Jika bintitan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera temui dokter.

Baca juga :   Vitamin Untuk Mata Kabur Agar Penglihatan Jernih

5. Hindari Memakai Riasan Dan Lensa Kontak

Selama terjadi bintitan, hindari penggunaan riasan berwarna, terutama untuk area sekitar mata. Riasan dapat semakin mengiritasi mata Anda dan menghambat proses penyembuhan. Selain itu, riasan juga rentan memindahkan bakteri dari mata ke riasan begitu pula sebaliknya sehingga infeksi bisa menyebar.

Jika Anda memakai lensa kontak, istirahatkan sementara menggunakan produk ini sampai bintit sembuh. Bakteri dari nodul dapat menempel pada lensa kontak dan menyebarkan infeksi.

6. Gunakan Antibiotik Dokter

Gunakan Antibiotik Dokter

Bila bintit terasa nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-hari, dokter biasanya menganjurkan obat tetes mata yang mengandung antibiotik. Jenis obat ini bisa bermacam-macam, tergantung lokasinya. Ada berbagai macam jenis tetes dan salep untuk menghilangkan bintitan di mata. Dokter juga bisa memberikan suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan pada mata.

7. Pijat Ringan Saat Bintit Pecah

Saat bintit pecah, pijat area tersebut dengan tisu untuk menghilangkan cairan yang ada di benjolan. Sebelum memijat area tersebut, pastikan tangan dan tisu Anda bersih. Setelah itu, jaga kebersihan area mata dan hindari menyentuh area mata.

Jangan memijat benjolan jika terasa sakit. Bintit biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Selama masa penyembuhan, menghindari memencet dan mengutak-atik mata juga bisa menjadi cara cepat mengatasi bintit.

Obat Mata Bintitan Pada Anak

Orang tua cenderung khawatir jika anaknya ternoda. Tak sedikit juga yang segera mencari informasi mengenai obat bintit di apotek untuk menyembuhkan bintit pada si kecil. Padahal bintil pada anak tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena lama kelamaan bintil tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Bersihkan Area Mata Di Sekitar Kelopak Mata

Meski begitu, pewarnaan akan membuat anak merasa tidak nyaman. Belum lagi rasa gatal di area mata yang sesekali muncul. Akan lebih baik jika bunda terus melakukan sesuatu untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan pada si kecil. Mencari obat mata bintit untuk anak bisa menjadi salah satu caranya.

Penyebab Bintit Pada Anak-Anak

Orang jaman dahulu mengatakan bahwa pewarnaan pada anak terjadi karena anak suka mengintip orang yang sedang mandi. Padahal itu hanya mitos, lho bu! Bintil atau nama medisnya hordeolum terjadi karena adanya infeksi di area bulu mata, menyebabkan mata membengkak dan menimbulkan nanah.

Umumnya, bintit hanya muncul di satu kelopak mata dan bisa menyebabkan rasa gatal yang hebat. Bahkan saat terjadi bintitan, area mata terkadang menjadi merah dan mudah berair.

Gejala Yang Akan Muncul Saat Anak Mengalami Bintit

Gangguan mata yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus ini sebenarnya bisa dideteksi dengan beberapa tanda yang muncul di area mata. Misalnya, benjolan merah seperti jerawat yang muncul di kelopak mata. Selain itu, ada gejala bintit lainnya yang meliputi:

  • ¬†Mata merah dan sering berair
  • Merasa ada benda asing yang menghalangi mata
  • Tidak nyaman saat berkedip
  • Kelopak mata tampak bengkak dan nyeri
  • Merasa lebih sensitif terhadap cahaya
Baca juga :   Cara Makeup Mata Yang Simple Dan Yang Lebih Natural

Pilihan Obat Bintit Alami Yang Efektif Untuk Anak

Bintil pada anak sebenarnya bukanlah penyakit yang serius karena bintil tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Nyatanya, tidak butuh waktu lama sampai bintil pada bintit tersebut benar-benar runtuh. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan bintit, bunda bisa menggunakan beberapa pilihan obat bintit alami untuk anak seperti di bawah ini.

1. Kompres Bintit Dengan Air Hangat

Kompres Bintit Dengan Air Hangat

 

Mengobati bintit pada anak tidak boleh sembarangan. Meski banyak sekali obat bintit di apotek yang bisa Anda temukan, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter spesialis. Apalagi bintit bisa hilang dalam 1-2 minggu sehingga bunda tidak perlu gegabah dalam memberikan obat bintit untuk buah hati kesayangannya. Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan bintitan, Anda bisa mengompres mata si kecil dengan air hangat.

Lakukan ini selama 5 – 10 menit, 2-3 kali sehari. Air hangat akan mengurangi rasa sakit dan gatal serta penyumbatan di kelenjar minyak. Jika bintit hanya muncul di satu mata, jangan gunakan waslap yang sama untuk membersihkan mata yang tidak bernoda. Karena bakteri penyebab bintit bisa menyebar ke mata yang sehat.

Oleh karena itu, selalu cuci kain yang digunakan untuk mengompres bintit guna mengurangi kuman yang kembali ke mata. Namun, jika anak Anda menolak untuk dirawat, sebaiknya ibu tidak memaksakan diri melakukannya. Anda bisa mengompres matanya saat dia tidur atau Anda bisa memberinya pemahaman bahwa hanya cara ini yang bisa membuat bintitnya sembuh lebih cepat dan rasa gatal serta nyeri tidak akan muncul lagi.

2. Kompres Mata Dengan Teh Hitam

Obat Mata Bintitan Pada Anak

Selain air hangat, bintit pada anak juga bisa diatasi dengan teh. Dari sekian banyak jenis teh yang tersedia, teh hitam dianggap paling efektif untuk mengurangi pembengkakan. Teh hitam juga mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan.

Cara penggunaannya pun tidak sulit. Anda hanya perlu menyeduh kantong teh hitam dalam cangkir berisi air panas. Kemudian, tunggu sekitar 1 menit dan keluarkan kantong teh hitam dari cangkir. Setelah itu, diamkan kantong teh hitam sampai teh tidak terlalu panas. Kemudian, letakkan kantong teh hitam di area mata yang terkena dan tunggu selama 5 – 10 menit.

Baca juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Milenial

Jika bintit terjadi di kedua kelopak mata anak, jangan gunakan kantong teh yang sama untuk dioleskan ke mata lainnya. Karena hal ini bisa memperburuk kondisi mata yang tidak terkompresi. Gunakan kantong teh hitam baru untuk mengompres mata lainnya.

3. Minta Si Kecil Untuk Tidak Menggosok Matanya

Minta Si Kecil Untuk Tidak Menggosok Matanya

Rasa gatal yang muncul di sekitar bintil seringkali membuat si kecil tidak bisa mengucek matanya. Padahal hal ini justru akan menimbulkan rasa sakit dan berujung pada infeksi. Oleh karena itu, jika ibu melihat bintil pada mata anak, minta ibu untuk tidak menggosok mata yang terkena atau memencet bintil tersebut.

4. Mengompres Mata Dengan Air Garam

Si Kecil mengeluh sakit akibat infeksi pada bintit? Coba kompres area yang terkena dengan air garam. Magnesium dalam garam membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit di area mata yang bintit.

Untuk menggunakan air garam sebagai obat bintit alami, bunda hanya perlu melarutkan garam dalam air hangat lalu diaduk hingga rata. Kemudian, rendam waslap atau kain lembut ke dalam larutan air garam. Kemudian tempelkan waslap di atas noda. Diamkan selama 10-15 menit. Lakukan cara ini sampai bintit mengempis.

5. Bersihkan Area Mata Di Sekitar Kelopak Mata

Bersihkan Area Mata Di Sekitar Kelopak Mata

Cara lain yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi bintit pada anak adalah dengan membersihkan area mata di sekitar kelopak mata yang terinfeksi. Gunakan kain lembut yang dibasahi air hangat. Untuk menghindari iritasi, minta si kecil untuk memejamkan mata saat ibu hendak membersihkan area matanya. Ulangi cara ini sampai bintit hilang.

Demikian informasi mengenai penanganan bintit untuk si kecil. Ingat bu, pengobatan alami tentunya sangat dianjurkan sebelum anda membeli obat bintit di apotek. Jika Anda juga ingin memberikan salep penghilang rasa sakit pada si kecil, konsultasikan dulu ke dokter spesialis.

Noda yang pada dasarnya hilang dengan sendirinya tetap harus diwaspadai, terutama jika bintit tidak kunjung sembuh setelah seminggu. Sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan meresepkan obat untuk mengatasi bintit pada anak. Namun pada beberapa kasus, dokter akan melakukan pembedahan untuk mengangkat nanah di dalam nodul. Ini agar bintit tidak muncul lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *