Cara Mengeluarkan Bulu Mata Yang Masuk Kedalam Mata Dengan Aman

Bulu mata merupakan alat untuk melindungi mata. Namun, bulu mata terkadang rontok dan jatuh ke mata. Sebenarnya bulu mata yang jatuh ke mata itu berbahaya atau tidak, ya? Bagaimana cara aman mengeluarkannya?

Cara Mengeluarkan Bulu Mata yang Masuk ke dalam Mata dengan Aman

Dapat Menyebabkan Goresan

Bulu mata yang jatuh ke dalam mata akan menempel pada kornea atau konjungtiva (bagian putih mata).

Saat ada bulu mata, bagian luar mata kita akan tergores. Goresan inilah yang membuat mata kita terasa tidak nyaman dan merah.

Jika bulu mata tidak segera dilepas, goresan akan bertambah. Terlalu banyak goresan bisa membuat mata terasa perih.

Dan juga bisa membuat mata terasa sakit saat melihat cahaya.

Bagaimana Cara Mengeluarkannya?

Bulu mata yang jatuh ke mata akan dianggap sebagai benda asing. Saat benda asing masuk, mata kita akan robek sehingga keluar benda asing tersebut.

Air mata tersebut dapat mendorong benda asing keluar dari mata. Namun, terkadang cara alami tidak cukup efektif untuk menghilangkan bulu mata.

Jika iya, kita bisa meminta bantuan bapak atau ibu untuk mengeluarkannya dengan air hangat.

Bagaimana Caranya?

Caranya, taruh air hangat ke dalam gelas kecil untuk membasuh mata.
Setelah itu, taruh segelas air hangat pada bagian mata yang sakit.

Selanjutnya, kedipkan mata Anda agar bulu mata keluar dari air hangat.

Cara Menghilangkan Kelilipan

Cara menghilangkan kedipan mata bisa dengan cara mengalirkan air bersih ke mata, menggunakan bola kapas yang basah, dan menarik kelopak mata. Anda tidak disarankan untuk menggosok mata.

Ada berbagai cara untuk mengatasi mata mengedip, mulai dari menuangkan air bersih ke dalam mata, menarik kelopak mata hingga berusaha mengeluarkan benda yang menyebabkan mata mengedip, hingga menggunakan alat khusus. Satu hal yang pasti, mengusap mata bukanlah cara yang tepat.

Menggosok mata hanya akan membuat permukaan bola mata semakin tergores dan teriritasi. Belum lagi jika tangan yang digunakan kurang bersih. Hal ini membuat flicker di mata, yang seharusnya cepat mereda, malah semakin parah.

Cara Menghilangkan Kelilipan

Cara Mengatasi Kedipan Mata Yang Menghalangi Mata

Sebelum menggunakan berbagai cara mengatasi kerutan, pastikan tangan yang akan Anda gunakan sudah dicuci bersih dengan sabun untuk menghindari infeksi lebih lanjut. Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan kedipan mata yang sesuai dan aman.

Jangan Menggosok Mata Anda

Saat benda asing hinggap di permukaan bola mata, naluri pertama yang harus dilakukan biasanya menggosok mata. Namun, sebenarnya hal ini tidak disarankan.

Baca juga :   Cara Membedakan Bercak Putih di Mata Akibat Ulkus Kornea dan Katarak

Selain karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan kuman dan bakteri, mengucek mata juga dapat semakin menggaruk bola mata dan menyebabkan abrasi kornea.

Meskipun Anda ingin mengeluarkan sesuatu dari mata Anda, pastikan tangan Anda bersih dan lakukan dengan lembut dan hati-hati.

Bilas Mata Dengan Air Bersih

Cara lain untuk mengatasi kerutan yang bisa Anda coba sendiri di rumah adalah dengan memercikkan atau menuangkan air bersih ke mata Anda.

Air yang mengalir ke mata akan mendorong debu, bulu mata, atau benda lain yang membuat mata terasa menjulur keluar dari permukaan bola mata.

Pilihan lainnya adalah mandi di bawah pancuran, yang juga bisa membantu menghilangkan kerlap-kerlip di mata.

Menarik Kelopak Mata

Jika benda menempel di kelopak mata atas, Anda bisa melepasnya dengan menarik kelopak mata ke bawah dan melepasnya dengan lembut.

Saat kelopak mata kembali ke posisi semula, benda yang menyebabkan kerutan akan terdorong keluar dan mata bisa terasa nyaman kembali.

Menggunakan Kapas Basah

Mengambil benda yang menyebabkan mata Anda terasa macet menggunakan kapas basah juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kerutan yang tepat.

Cara ini biasanya dilakukan jika benda tersebut menempel di kelopak mata bagian bawah. Untuk melakukan ini, tarik perlahan kelopak mata bawah sampai Anda melihat interior merah muda.

Kemudian dengan tangan yang sudah dicuci bersih dan kapas kecil yang sudah dicelupkan ke dalam air bersih, oleskan pada benda asing yang ada di area tersebut. Berhati-hatilah agar kapas tidak mengenai bola mata.

Mengedipkan Mata

Berkedip akan membantu meningkatkan produksi air mata. Dengan adanya air mata, benda-benda kecil seperti debu, serpihan make up, dan bulu mata yang lepas akan lebih mudah keluar.

Namun perlu diingat, cara ini hanya boleh dilakukan jika penyebab kedutan mata Anda adalah benda kecil yang tidak berbahaya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika benda yang menyebabkan kelap-kelip itu besar dan tajam, cara ini mungkin bukan pilihan terbaik.

Kapan Anda Harus Menemui Dokter Untuk Masalah Kedutan Di Mata Anda?

Berkedip bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun perlu juga Anda ketahui bahwa mata merupakan organ yang rapuh dan sensitif. Segera periksakan mata Anda ke kedip ke dokter jika kondisi ini terjadi.

  • Yang membuatnya berkedip adalah bahan kimia berbahaya.
  • Objek yang membuat kelap-kelip memiliki ujung yang tajam dan menembus bola mata.
  • Jika ada benda yang menempel di bola mata, jangan coba-coba melepasnya sendiri.
  • Benda yang membuat kelap-kelip tidak akan keluar dari mata bahkan setelah mencoba berbagai metode.
  • Keluar darah dari mata.
  • Mata tidak bisa menutup.
  • Visi menjadi terganggu
Baca juga :   Cara Merawat Mata Rabun Tergantung Dari Penyebab Utamanya

Mata tidak pernah terasa lebih baik meski penyebab kedipan sudah berhasil dihilangkan.
Dokter akan membantu menemukan penyebab kedutan tersebut dan menghilangkannya dengan menggunakan alat dan metode tertentu. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat tetes mata atau salep antibiotik untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Kenapa Bulu Mata Sering Rontok

Bulu mata merupakan komponen untuk menunjang penampilan area mata. Setiap wanita pasti ingin memiliki bulu mata yang tebal dan melengkung. Maka tidak jarang wanita menggunakan bantuan make-up untuk mempertegas bulu matanya. Namun seperti halnya rambut, bulu mata juga bisa mengalami kerontokan hingga kebotakan. Bulu mata yang rontok akan semakin mempersulit Anda untuk memiliki bentuk bulu mata yang sempurna.

Kenapa Bulu Mata Sering Rontok

Beberapa Penyebab Bulu Mata Rontok

beberapa di antaranya disebabkan karena masalah kesehatan yang memerlukan penanganan tenaga medis.

Kebiasaan Mengucek Mata

Mungkin Anda tidak akan menyadari bahwa kebiasaan mengucek mata bisa menyebabkan bulu mata Anda rontok. Selain itu, kebiasaan mengucek mata juga kurang baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menggosok mata terlalu keras dan terlalu sering.

Penggunaan Maskara

Maskara merupakan make up untuk membantu membuat bulu mata terlihat lebih tebal. Namun ternyata penggunaan maskara yang terlalu sering bisa menyebabkan bulu mata rontok. Apalagi jika maskara yang digunakan memiliki sifat tahan air.

Pasalnya, maskara waterproof akan membuat bulu mata menjadi kaku dan butuh tenaga lebih untuk membersihkannya. Sehingga bulu mata akan rusak saat proses pembersihan.

Penggunaan Penjepit Bulu Mata

Biasanya penjepit bulu mata digunakan untuk membuat bulu mata melengkung. Namun ternyata penggunaan pinset mata ini justru bisa membahayakan bulu mata Anda dan bisa menyebabkan bulu mata anda menjadi rontok.

Apalagi jika bulu mata sudah pernah mengaplikasikan maskara sebelumnya. Bulu mata bisa menempel pada penjepit.

Radang Kelopak Mata

Baca juga :   Ibu Harus Tahu, Begini Cara Memperlancar ASI Secara Alami

Peradangan kelopak mata, juga dikenal sebagai “blepharitis”, adalah suatu kondisi di mana kelopak mata meradang atau terinfeksi.

Infeksi ini bisa disebabkan karena infeksi kuman, bakteri, luka, atau alergi. Jika peradangan berlangsung lama dengan disertai rasa nyeri pada area mata, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk segera ditangani.

Alopecia

Kehilangan bulu mata yang terus menerus dapat disebabkan oleh penyakit autoimun yang disebut “Alopecia”. Penyakit ini menyebabkan rambut rontok, alis, bulu mata dan rambut di bagian tubuh lainnya.

Cara Mengatasi Bulu Mata Rontok

Itulah beberapa penyebab bulu mata rontok. Namun jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan ramuan alami berikut ini:

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal baik untuk kesehatan rambut. Selain menyehatkan, vitamin dan mineral dari lidah buaya dapat membantu melembabkan area sekitar mata. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bulu mata menggunakan cotton bud.

Minyak Zaitun

Cara mengoleskan minyak zaitun sama dengan lidah buaya. Minyak ini tidak hanya bisa mempercepat pertumbuhan tapi juga memperkuat bulu mata.

Minyak Almond

Minyak almond juga bisa dioleskan langsung ke bulu mata dan bisa membantu memperkuat bulu mata karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Santan

Selain itu bisa juga menggunakan santan. Cara pemakaiannya cukup mudah, ambil santan, lalu oleskan pada bulu mata (bisa menggunakan cotton bud atau cotton bud) lalu diamkan selama 10-15 menit. Sehingga kandungan lemak dan protein yang baik dapat menjaga kesehatan bulu mata.

Teh Hijau

Mengompres mata selama 15-20 menit menggunakan teh hijau dingin dapat menutrisi dan merangsang pertumbuhan bulu mata.

ā€¨Bahan-bahan yang disebutkan di atas bisa membantu merawat bulu mata yang rontok, dan menstimulasinya untuk tumbuh kembali secara normal.

Selain bahan-bahan tersebut, gaya hidup yang benar seperti menghentikan kebiasaan menggosok mata, membersihkan riasan dengan benar sebelum tidur, dan menghindari riasan mata anti air dapat mencegah bulu mata Anda jatuh kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *