Cara Mengobati Mata Pterigium Agar Sembuh Totol

Pterygium adalah penyakit pada mata yang ditandai dengan tumbuhnya selaput pada bagian putih bola mata yang dapat mencapai kornea. Pterygium bisa terjadi pada satu mata saja atau bakan kedua mata sekaligus.

Pinguecula terjadi karena penggumpalan protein, lemak, atau kalsium di mata. Pterigium bukanlah sel kanker dan jarang menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Namun, jika terus membesar dan menyebar hingga menutupi kornea atau bahkan pupil mata, dapat mengganggu penglihatan penderita.

cara mengobati mata pterigium

Gejala Pterigium

Gejala pterigium ditandai dengan tumbuhnya selaput pada permukaan putih (sklera) bola mata. Selaput ini biasanya tidak menimbulkan keluhan lain, namun tetap bisa disertai gejala mengganggu lainnya, di antaranya:

  • Mata merah.
  • Terasa gatal atau perih di area selaput.
  • Ada benjolan di mata jika selaput pterigium terlalu tebal atau lebar.

Pterigium juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan bila pertumbuhannya telah mencapai kornea mata, seperti membuat penglihatan kabur atau ganda.

Kapan Harus Ke Dokter

Pemeriksaan harus segera dilakukan jika muncul gejala untuk mencegah pertumbuhan pterigium menjadi lebih tebal dan lebar. Jika Anda pernah menderita pterigium, kambuhnya gejala juga harus menjadi perhatian.

Pterigium dapat berasal dari pinguekula. Jadi, jika gejala pinguekula muncul, pemeriksaan dokter harus dilakukan untuk mencegah pterigium. Gejala-gejala tersebut meliputi:

  • Bercak kekuningan di bagian putih mata.
  • Mata merah.
  • Mata terasa kering, perih, dan gatal.
  • Seperti ada pasir di mata.

Pemeriksaan mata sebenarnya perlu dilakukan secara rutin ke dokter mata. Hal ini dilakukan untuk mencegah atau mendeteksi secara dini jika ada penyakit atau kelainan pada mata. Pemeriksaan ini dianjurkan 1-4 tahun untuk anak-anak atau seseorang yang berusia 40 tahun ke atas.

Penyebab Pterigium

Penyebab pterigium belum diketahui secara pasti. Namun kondisi ini lebih sering terjadi pada mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan faktor yang paling berpotensi menyebabkan pterigium.

Selain itu, mata kering juga diduga menjadi faktor pemicunya. Pasir, debu, asap, dan angin diduga meningkatkan risiko pterigium. Pterigium juga bisa berasal dari munculnya pinguekula di mata. Pinguekula yang tumbuh mencapai kornea mata bisa berubah menjadi pterigium.

Baca juga :   Cara Menumbuhkan Bulu Mata Yang Botak Menjadi Lebih Tebal

Diagnosis Pterigium

Dokter mata akan melakukan pemeriksaan yang lebih teliti dengan prosedur slit lamp menggunakan alat khusus seperti kaca pembesar bercahaya untuk memeriksa kondisi mata.

Jika diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih detail. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengukur kemampuan penglihatan dan memeriksa perubahan kelengkungan kornea pasien. Dimungkinkan juga untuk mengambil foto mata untuk melihat pertumbuhan pterigium.

Pengobatan Pterigium

Pterigium tidak memerlukan pengobatan, jika tidak menimbulkan keluhan selain munculnya selaput.

Mata merah dan iritasi akibat pterigium, Pengobatan cukup hanya dengan memberikan obat tetes mata saja atau salep yang mengandung kortikosteroid atau pelumas untuk meredakan peradangan pada mata anda.

Prosedur operasi pterigium dapat dilakukan jika pterigium tidak dapat lagi diobati dengan obat tetes mata atau salep, atau menyebabkan penurunan penglihatan. Pembedahan juga dapat dilakukan untuk alasan estetika.

Komplikasi Pterigium

Meskipun jarang terjadi, pterigium yang tumbuh mencapai kornea dan juga menimbulkan komplikasi berupa luka pada kornea mata. Kondisi ini bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan jika tidak ditangani.

Selain dari kondisi pterigium itu sendiri, pembedahan untuk mengatasi pterigium juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi, seperti:

  • Astigmatisme
  • Pterigium kambuh setelah operasi
  • Mata kering
  • Gangguan
  • Diskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda tentang manfaat dan risiko operasi pterigium.

Pencegahan Pterigium

Pencegahan pterigium bisa dilakukan dengan memakai kacamata hitam atau topi saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan sinar matahari, asap, atau debu yang dapat memicu terjadinya pterigium.

Untuk mencegah mata kering, Anda bisa melindungi kelembapan mata dengan menggunakan obat tetes air mata buatan. Selain bermanfaat untuk mencegah pterigium, penggunaan pelumas pada mata juga dapat mencegah kambuhnya pterigium.

Biaya Operasi Mata Pterigium

Biaya operasi pterigium adalah jumlah yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan pengobatan mata yang menderita selaput putih menjadi keruh. Penyakit pterigium ini mungkin terdengar asing.

Biaya Operasi Mata Pterigium

Apakah penyakit ini berbahaya? Tentunya semua penyakit memiliki risiko masing-masing, termasuk penyakit pterigium ini. Jadi orang yang menderita pterigium pada akhirnya bisa kehilangan penglihatannya. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan upaya maksimal untuk mengatasi dan juga untuk mengobatinya.

Baca juga :   Pengalaman Pribadi Mengobati Mata Minus Berhasil Sembuh

Cara mengobati pterigium bisa Anda lakukan dengan melakukan operasi.

Tidak semua rumah sakit melayani operasi pterigium. Jika ada beberapa rumah sakit yang melayani, penting bagi Anda untuk mengetahui berapa biaya operasi penyakit pterigium kepada pasien, berikut penjelasannya.

Biaya Operasi Pterygium di Rumah Sakit di dalam negeri dan Luar Negeri

Jika Anda ingin melakukan operasi pterigium, berikut beberapa biaya operasi untuk penyakit pterigium di rumah sakit yang berbeda.

Klinik Utama Bandung Eye Center

Lokasinya ada di Jalan Sumatera, Bandung. Mengenai biayanya pembedahan yang dibutuhkan, Klinik Utama Bandung Eye Center terkenal dengan harga yang terjangkau. dengan biaya mulai dari Rp5.300.000 saja.

Klinik Mata Utama Candi Eye Center

Bagi anda warga yang berada di daerah Semarang dan sekitarnya, lakukan operasi pterigium yang anda derita di Klinik Mata Utama Candi Eye Center. Sebagai pusat pelayanan kesehatan mata, klinik ini juga memiliki pengalaman panjang dan terpercaya.

Lokasinya di Semarang juga sangat strategis sehingga banyak pasien dari daerah lain di Jawa Tengah yang memilih klinik ini sebagai pusat pelayanan kesehatan mata. Seperti di berbagai klinik spesialis mata lainnya, biaya operasi pterigium di klinik ini relatif terjangkau, mulai dari Rp5 juta saja.

Rumah Sakit Mata JEC Menteng

Beberapa tindakan yang dilakukan di rumah sakit mata ini juga operasi pterigium, operasi retinal detachment, dan lain-lain.

Namun biaya yang dibutuhkan cukup besar. Misalnya, biaya operasi pterigium di rumah sakit ini mulai dari Rp 13.500.000. Anda juga bisa melakukan operasi mata lasik yang gagal di rumah sakit ini.

Rumah Sakit Premiere Surabaya

Rumah sakit ini memberikan biaya operasi pterigium yang sangat terjangkau, jika tidak ada kendala berarti yang mempersulit prosedur.

Rumah sakit ini terletak di surabaya jadi memang buat anda warga surabaya dan sekitarnya bersyukur dengan pelayanan rumah sakit premier surabaya yang sangat terjangkau. Khusus untuk operasi pterigium yang tidak mengalami banyak kendala, Anda bisa menyiapkan biaya mulai dari Rp 1.900.000 saja.

Rumah Sakit Umum Firdaus

Baca juga :   Cuci Tangan 6 Langkah Paling Mudah Supaya Terhindar dari Kuman

Rumah sakit Firdaus ini terletak di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Misalnya untuk biaya operasi pterigium harga nya sangat terjangkau, Anda bisa menyiapkan biaya mulai dari Rp 2.650.000 dan menyehatkan mata kembali.

Batigoz Istanbul

Jika Anda tertarik untuk melakukan operasi pterigium di luar negeri, maka cobalah cari tahu tentang klinik mata di Turki bernama Batigoz Istanbul ini.

Klinik mata inimenyediakan Berbagai jenis operasi yang dapat Anda lakukan di sini dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk biaya operasi pterigium, Anda hanya perlu menyiapkan biaya sekitar 14 juta rupiah.

Lasik Inggris dan Pusat Bedah Kosmetik

Anda sedang mencari rumah sakit luar negeri, yang melayani operasi pterigium? Anda hanya dapat melakukannya di Dubai.Dubai juga memiliki pelayanan kesehatan terbaik yang sudah diakui banyak orang.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari bandara, yang memudahkan anda yang berasal dari luar negeri. Untuk biayanya operasi pterigium ini sekitar 12 juta rupiah saja.

Rumah Sakit Internasional Bumrungrad

Namun untuk Biaya operasi pterigium di RS Internasional Bumrungrad misalnya, mulai dari Rp9.801.000 dan Anda harus mempersiapkan lebih, karena belum termasuk biaya pengobatan dan pemulihan lainnya.

Hopital Prive Marrakech Maroko

Mengenai biaya operasi pterigium, mungkin biaya di rumah sakit ini termasuk salah satu biaya termurah yang bisa Anda dapatkan. Anda hanya perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp5.400.000.

Rumah Sakit Mata Retina Polandia

Biaya operasionalnya mulai dari 4 juta rupiah saja. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya pengobatan hingga pemulihan agar tidak mengalami efek samping operasi pterigium. Begitu juga akomodasi dan transportasi Anda ke Polandia.

Itulah biaya operasi pterigium di beberapa rumah sakit di Indonesia dan luar negeri. Semoga anda cepat sembuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *