Kacamata Untuk Mata Juling Dapat Membantu Mengobati Mata anda

Juling adalah suatu kondisi ketika posisi mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda. Mata juling atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah strabismus, terjadi akibat terganggunya koordinasi otot-otot yang menggerakkan bola mata. Dalam kondisi ini, satu mata mungkin melihat ke depan, sedangkan mata yang lain mungkin melihat ke atas, ke bawah, atau ke samping, sehingga kedua mata mungkin tidak bisa fokus pada objek yang sama.

Penyebab Mata Juling

Penyebab Mata Juling

Penyebab terganggunya koordinasi otot mata ini tidak selalu diketahui secara pasti. Beberapa penderita mengalami mata juling sejak lahir, sementara sebagian lainnya berkembang saat dewasa. Terkadang, orang dengan mata juling juga memiliki anggota keluarga lain yang juga memiliki mata juling.

Pada anak-anak, mata juling bisa dipicu oleh mata yang bekerja terlalu keras untuk mengatasi masalah penglihatan, seperti:

  • Rabun jauh
  • Rabun dekat
  • Astigmatisme

Pemicu mata juling lainnya, tetapi jarang, pada anak-anak meliputi:

  • Kelumpuhan otak
  • Beberapa infeksi, seperti campak

Beberapa kondisi atau sindrom genetik, seperti sindrom Down dan sindrom Moebius

  • Diabetes
  • Kanker mata retinoblastoma

Penyebab mata juling yang terjadi saat dewasa:

  • Botulisme
  • Cedera pada mata
  • Cedera kepala
  • Stroke
  • Sindrom Guillain-Barre
  • Penyakit kuburan
  • Diabetes

Gejala Mata Juling

Gejala yang bisa dialami penderita mata juling:

  • Mata terlihat tidak sejajar.
  • Kedua mata tidak bergerak secara bersamaan.
  • Kepala dimiringkan saat melihat sesuatu.

Sering menyipitkan atau sering berkedip mata di bawah sinar matahari.

  • Ketegangan mata.
  • Sakit kepala.
  • Penglihatan kabur.
  • Gangguan persepsi atau perkiraan jarak.
  • Visi ganda.

Dua gambar yang dikirimkan mata ke otak anak akan diabaikan oleh otak dan otak akan memilih gambar dari satu mata, biasanya mata yang sehat. Hal tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan penurunan penglihatan pada salah satu mata yang disebut dengan mata malas (amblyopia). Namun, bisa juga terjadi sebaliknya, di mana mata malas yang menyebabkan mata juling.

Diagnosis Mata Juling

Diagnosis dan pengobatan dini mata juling sangat penting terutama pada anak-anak, untuk mencegah kehilangan penglihatan. Segera konsultasikan ke dokter mata, Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan mata, antara lain:

  • Tes refleks cahaya kornea.
  • Tes retina untuk memeriksa bagian belakang mata.
  • Pemeriksaan penglihatan mata untuk menentukan ketajaman penglihatan.
  • Tes mata tertutup dan terbuka untuk mengukur gerakan dan kelainan pada mata.

Bayi baru lahir bisa saja juling, namun jika kondisi terus berlanjut setelah bayi berusia 3 bulan ke atas, segera periksakan ke dokter.

Baca juga :   Biaya Operasi Pterigium Rumah Sakit Yang Terbaik

Perawatan Mata Juling

 

Jenis pengobatan mata juling disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan penyakit yang ada pada mata anda. Beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan antara lain:

Menutup Mata.

Dalam kasus mata malas, dokter akan menyarankan pasien untuk memakai penutup mata untuk menutupi kesehatan mata. Ini dilakukan untuk mendorong otot mata yang lemah agar bekerja lebih keras.

Kacamata.

Kacamata juga yang disebabkan oleh masalah penglihatan pada mata anda, seperti rabun jauh.

Obat Tetes Mata.

Obat ini diberikan untuk mengaburkan penglihatan mata untuk sementara, sehingga kedua mata memiliki fokus yang sama.

Latihan Mata.

Perawatan dilakukan dengan memberikan latihan khusus pada otot-otot mata untuk mengontrol gerakan mata anda.

Suntikan Botoks Ke Otot Mata Yang Sehat.

Penyuntikan ini dilakukan agar melemahkan otot mata yang lebih kuat, sehingga melatih otot mata yang lemah. Namun, efek Botox biasanya bertahan kurang dari 3 bulan.

Operasi. Prosedur pembedahan dilakukan untuk mengencangkan atau mengendurkan otot yang mengontrol pergerakan mata. Terkadang, operasi tambahan diperlukan untuk menyelaraskan mata sepenuhnya.

Komplikasi Mata Juling

Jika tidak segera mendapat perawatan, mata juling bisa menyebabkan mata malas dan penglihatan kabur. Penglihatan kabur ini terjadi jika mata juling tidak diperbaiki pada usia 11 tahun. Setelah dirawat, beberapa anak dapat mengalami mata juling dan mata malas lagi, sehingga harus selalu dipantau.

Pencegahan Mata Juling

Juling umumnya tidak dapat dicegah. Namun pencegahan komplikasi mata silang dapat dilakukan dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat. Bayi baru lahir harus selalu dipantau kesehatan matanya.

Jenis Kacamata Untuk Mata Juling

Jenis Kacamata Untuk Mata Juling

 

Perawatan atau pengobatan yang biasa dilakukan untuk penderita mata juling tergantung pada jenis mata julingnya. Biasanya dimulai dengan terapi pemulihan kesatuan pandangan dan juga penggunaan kaca mata / lensa kontak, dilanjutkan dengan operasi untuk memperbaiki otot mata.

Anda juga bisa memantau perkembangan mata anak Anda sejak ia berusia 6 bulan. Caranya, perhatikan jika si kecil melirik dan matanya tidak sampai ke ujung, maka matanya mungkin juling. Ini karena mata tidak bisa bergerak bebas ke segala arah.

Ada anggapan juga bahwa menggantungkan mainan di atas kepala bayi juga dapat menyebabkan mata juling pada bayi tersebut, hal ini tidak sepenuhnya benar, namun ada baiknya juga menggantung mainan tersebut di atas perut bayi karena akan membuatnya lebih nyaman untuk dilihat oleh bayi anda.

Baca juga :   Ablasi Retina Kehilangan Penglihatan Sebagian Atau Seluruhnya

Kasus mata juling pada anak dapat disembuhkan selama mendapat pengobatan sejak usia dini (sebelum usia 12 tahun). Jika itu terjadi akibat komplikasi dari penyakit ganas, juling hampir tidak bisa disembuhkan. Jangan remehkan kelainan mata ini, karena nantinya bisa memakan waktu perawatan lebih lama dan kerusakan mata permanen.

Biaya Operasi Mata Juling

Biaya Operasi Mata Juling

Berapa Biaya Perawatan Mata Juling?

Biaya pengobatan mata juling juga bervariasi, Namun tergantung jenis pengobatan yang akan dilakukan. Dan beberapa rumah sakit swasta yang ada di Indonesia, biaya pengobatan mata juling bisa dimulai dari Rp 200.000. Disarankan untuk menyiapkan dana tambahan untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari perkiraan biaya ..

Apa Itu Mata Juling?

Juling adalah kondisi posisi kedua mata tidak sejajar dan tidak mengarah ke arah yang sama. Kondisi ini terjadi karena otot kedua bola mata tidak dapat berkoordinasi untuk menyesuaikan arah bola mata, sehingga kedua mata melihat objek yang berbeda.

Kapan Saya Harus Melakukan Perawatan Mata Juling?

Jika Anda mengalami mata juling dengan gejala, seperti:

  • Visi ganda.
  • Mata yang tidak fokus ke arah yang sama.
  • Kehilangan penglihatan di satu mata atau tidak bisa melihat detail.
  • Gerakan mata tidak teratur karena koordinasi mata yang buruk

Anak-anak umumnya tidak merasakan atau mengenali gejala-gejala ini, dan sering kali mata juling pada anak-anak diperhatikan oleh orang dewasa yang melihatnya.

Apa Saja Jenis Perawatan Mata Juling?

Perawatan mata silang dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan menggunakan kacamata, penutup mata, obat tetes mata, atau melalui operasi otot mata.

Apa itu Perawatan Mata Juling Tanpa Operasi?

Dokter Anda mungkin merekomendasikan penggunaan kaca mata juling khusus atau penutup mata untuk menutup mata yang lebih kuat, sehingga otot mata yang lemah akan dilatih untuk lebih fokus.

Apakah Operasi Mata Juling Diperlukan?

Dokter akan merekomendasikan perawatan non-bedah terlebih dahulu kepada anda, sebelum merekomendasikan operasi untuk mata juling.Namun Operasi mata juling diperlukan jika Anda atau mata anak Anda belum membaik setelah perawatan yang telah dilakukan.

Apakah Ada Kondisi Yang Tidak Memungkinkan Saya Melakukan Perawatan Mata Juling Dengan Operasi?

Secara umum, tidak ada kondisi khusus yang dapat menghalangi Anda untuk menjalani operasi mata juling. Namun, untuk menghindari komplikasi operasi mata juling, Anda harus memberi tahu dokter Anda sebelum menjalani operasi, jika Anda:

Baca juga :   Vitamin Mata Anak Solusi Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Telah Menua

Memiliki riwayat penyakit yang dapat mengganggu peredaran darah anda, seperti diabetes dan hipertensi.

Memiliki riwayat operasi otot mata sebelumnya.
Khusus untuk operasi mata juling, apa saja persiapan yang harus saya lakukan?

Anda akan menjalani pemeriksaan mata dan fisik terlebih dahulu sebelum menjalani operasi mata silang. Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter Anda akan meminta Anda untuk sementara waktu berhenti minum obat tersebut. Anda juga akan diminta berpuasa sebelum menjalani operasi.

Bagaimana Prosedur Operasi Mata Juling?

Pada orang dewasa, perawatan bedah mata lintas dapat dilakukan saat pasien dalam keadaan sadar atau tidak sadar. Sedangkan operasi mata juling pada anak biasanya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Setelah anestesi bekerja, dokter akan membuka dan menahan kelopak mata Anda dan membuat sayatan di konjungtiva mata Anda. Melalui sayatan ini, dokter akan menyesuaikan dan memperbaiki otot mata yang menyebabkan mata Anda juling.

Operasi mata juling umumnya berlangsung sekitar 1-2 jam. Setelah operasi selesai, Anda akan memeriksa pergerakan bola mata yang dioperasi. Jika gerakannya kurang bagus atau Anda masih menyipitkan mata, dokter akan menyesuaikan kembali otot bola mata Anda.

Apa yang Saya Rasakan Setelah Operasi Mata Juling?

Operasi mata juling dilakukan tanpa perlu rawat inap, Bisa di katakan Anda bisa pulang ke rumah pada saat operasi telah selesai. Anda akan merasakan gatal dan nyeri pada bagian mata yang dioperasi selama beberapa hari.

Setelah Menjalani Operasi Mata Juling?

Meskipun gatal, Anda tidak boleh menggaruk mata. Untuk menghindari infeksi, Anda akan diberikan antibiotik berupa obat tetes mata atau salep mata. Penggunaan kacamata dan penutup mata juga akan disarankan untuk membantu proses penyembuhan mata pasca operasi. Setelah itu, Anda akan menjalani kontrol rutin dengan dokter sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Adakah Risiko dari Menjalani Perawatan Mata Juling Bedah?

Operasi mata juling cukup aman untuk dilakukan dan juga jarang menimbulkan komplikasi. Namun, seperti prosedur bedah lainnya, operasi mata juling tetap dapat menimbulkan komplikasi, yang meliputi:

  • Infeksi mata
  • Pendarahan mata
  • Mata merah dan terasa kering
  • Visi ganda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.