Kantung Mata Hitam Tanda Penyakit Tertentu Di Tubuh Anda

Kebanyakan orang, atau mungkin Anda sendiri mengira lingkaran hitam pada mata disebabkan oleh kurang tidur, kelelahan atau terlalu lama menatap layar komputer. Padahal, Kantung mata hitam tanda penyakit tertentu di tubuh Anda.

Para ahli dan berbagai penelitian telah menemukan bahwa lingkaran hitam di sekitar mata adalah gejala anemia, penyakit hati, dan tanda dehidrasi. setiap manusia memiliki pembuluh darah kecil di bawah kulit sekitar mata. Pembuluh darah ini sangat halus sehingga sel darah merah berbaris untuk melewatinya.

Namun, untuk pemprosesannya sel darah merah merembes ke daerah sekitarnya. Untuk mengatasi hal tersebut tubuh memproduksi enzim untuk membersihkan darah yang berada pada tempat yang salah. Pemecahan sel darah merah oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam dan biru pada kulit.

Tanda - Tanda Anemia

1. Tanda – Tanda Anemia

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab yang paling umum dari lingkaran hitam. Jadi, lakukan diet seimbang yang kaya akan sayuran berdaun hijau, produk susu, dan semua jenis buah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah alasan lain yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak memiliki jumlah air yang tepat, gejalanya sering terlihat di area tertentu, termasuk di sekitar mata. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 8-10 gelas air putih dan termasuk buah segar setiap hari.

Anda juga disarankan untuk membatasi asupan minuman berkafein seperti teh, kopi, alkohol dan minuman berkafein lainnya karena akan memperburuk dehidrasi.

3. Gejala Penyakit Liver

Lingkaran hitam juga menunjukkan disfungsi hati karena berbagai penyakit hati. Salah satu contoh penyakit liver adalah hepatitis.

4. Malnutrisi

Lingkaran hitam di sekitar mata bisa disebabkan oleh nutrisi yang buruk. Diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E dan nutrisi dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam.

5. Alergi

Setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal bisa memicu warna gelap di area sekitar mata. Selain itu, beberapa alergi makanan juga bisa menyebabkan area bawah mata terlihat lebih gelap. Padahal, lingkaran hitam pada anak sering kali mengindikasikan adanya masalah alergi.

Kantung Mata Hitam Dari Kecil

Kantung mata hitam bisa dialami oleh pria, wanita, dan semua usia termasuk anak – anak. Cirinya, kantung mata lebih gelap dari warna kulit wajah. Keberadaannya dianggap mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri banyak orang karena memberikan kesan lebih tua dari usia sebenarnya.

Baca juga :   Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Masih Dalam Kandungan

Umumnya hal ini terjadi karena kebiasaan sehari – hari dan banyak faktor lainnya. berikut penyebab kantung mata hitam yang jarang diketahui:

Kantung Mata Hitam Dari Kecil

1. Faktor Usia

Penyebab pertama kantung mata gelap adalah karena usia. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan menjadi lebih tipis . Secara bertahap, kulit juga mulai kehilangan elastisitasnya. Saat kondisi ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat sehingga menyebabkan mata panda.

2. Genetika

Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga, Jika Anda memiliki kantung mata gelap sejak kecil, itu berarti lingkaran hitam Anda adalah faktor genetik. Umumnya faktor genetik bisa berupa pigmentasi hingga bentuk tulang mata yang akhirnya membuat mata terlihat lebih gelap. Tidak ada cara untuk sepenuhnya menghilangkan faktor genetik.

3. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering juga bisa memicu kantung mata gelap. Ketika Anda memiliki alergi, tubuh Anda melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan menjadi lebih terlihat, termasuk di bawah mata.

4. Kebiasaan Menatap Layar

Kebiasaan menatap layar menjadi salah satu faktor penyebab kantung mata berwarna gelap. Menatap layar televisi, komputer, atau ponsel dalam waktu lama dapat menyebabkan ketegangan mata. Ketegangan ini menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata melebar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

5. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang menggelapkan kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit di sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

6. Kurang Minum

Penyebab kantung mata gelap selanjutnya adalah dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, biasanya rasa haus akan muncul. Setelah itu tubuh akan tiba – tiba mengalami kelelahan. Saat tubuh lelah, biasanya pembuluh darah di sekitar mata akan melebar dan membuat kantung mata berwarna gelap

Baca juga : Tips Menghilangkan Lemak Mata Dan Perawatan Yang Tepat

7. Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan faktor yang kebanyakan orang kenal sebagai penyebab kantung mata berwarna gelap. Ketika Anda tidak cukup tidur, darah Anda tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, darah yang terkumpul di bawah mata bisa terlihat karena kulit di area ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata terlihat bengkak. Karena kurang tidur bisa menyebabkan tubuh menjadi lelah, tampilan wajah bisa menjadi kusam dan muncul mata panda.

Baca juga :   Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat Dan Terjaga

Penyebab Kelopak Mata Atas Hitam

Kelopak mata gelap terjadi ketika area kulit di atas mata menjadi lebih gelap. Penyebabnya banyak, mulai dari perubahan pembuluh darah, hiperpigmentasi, hingga faktor keturunan. Selain itu, cedera pada mata juga bisa menjadi faktor.

Penyebab Kelopak Mata Atas Hitam

Cara Menghilangkan Kelopak Mata Hitam

Langkah pertama untuk menyamarkan kelopak mata yang gelap bisa dilakukan sendiri di rumah. Kelebihannya tidak ada efek samping sama sekali dan hampir tidak perlu mengeluarkan uang. Beberapa pilihan seperti:

Kompres Air Dingin

Jika kelopak mata hitam terjadi karena peradangan, cedera, atau pecahnya pembuluh darah, maka Anda bisa menerapkan kompres dingin. Pastikan untuk menggunakan lapisan untuk melindungi kulit Anda dari rasa terlalu dingin. Cara ini bisa dilakukan selama 5-10 menit, beberapa kali sehari.

Angkat Kepalamu

Cobalah untuk menjaga kepala Anda sedikit lebih tinggi saat berbaring. Anda bisa menambahkan bantal agar kepala tegak. Ini akan membantu meningkatkan aliran darah sekaligus mengurangi peradangan.

Kualitas Tidur

Cara ini tidak serta merta menghilangkan kelopak mata yang hitam, namun kualitas tidur mempengaruhi kondisi mata. Usahakan tidur cukup selama 7-8 jam per hari agar kulit tidak pucat. Dengan demikian, kondisi kelopak yang gelap tidak akan terlalu kentara.

Menggunakan Concealer

Concealer adalah alat make up yang dapat menyamarkan perubahan pigmen pada area wajah. Sesuaikan jenis concealer dengan warna kulit Anda sehingga bisa meratakan tampilan.

Perawatan Untuk Mencerahkan Kelopak Mata

Selain cara di atas, produk untuk mencerahkan kelopak mata atas seperti retinol, kojic acid, dan hydroquinone juga bisa mengurangi hiperpigmentasi. Sebelum anda menggunakannya, pastikan Anda telah membaca seluruh komposisi dan kesesuaiannya dengan kondisi kulit Anda.

Apalagi banyak produk perawatan kulit yang dibuat untuk kulit wajah tapi tidak untuk area mata. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah aman atau tidak.

Selain itu, ada juga prosedur dermatologis yang bertujuan untuk mencerahkan warna kulit di sekitar mata. Mulai dari peeling, terapi laser, hingga eyelift. Sedangkan jika kantung mata hitam tanda penyakit tertentu yang disebabkan oleh melasma atau tumor, prosedur pembedahan bisa menjadi alternatif.

Baca juga :   Beberapa Komplikasi Diabetes Melitus Yang Sangat Berbahaya

Penyebab Kelopak Mata Hitam

Kulit mengandung melanin, zat yang memberinya warna. Namun terkadang, kulit bisa tampak lebih gelap di beberapa area karena beberapa alasan, yaitu:

1. Hiperpigmentasi

Kondisi hiperpigmentasi dapat terjadi karena faktor – faktor seperti:

Paparan Sinar Matahari

Ketika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dari tabir surya atau kacamata hitam, produksi melanin akan meningkat. Akibatnya, kulit akan tampak lebih gelap dan biasanya disertai bintik hitam hingga bintik penuaan.

Kehamilan

Fluktuasi hormonal selama kehamilan membuat produksi melanin meningkat. Hal ini menyebabkan munculnya bercak-bercak hitam yang disebut melasma. Bisa juga terjadi di area sekitar mata.

Penipisan Kulit

Penipisan kulit ini biasa terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Kolagen dan lemak juga berkurang sehingga kulit menjadi lebih gelap.

Masalah Peradangan

Ada beberapa penyakit inflamasi seperti dermatitis, alergi, sinusitis kronis, dan juga rheumatoid arthritis yang membuat warna kulit berubah. Selain itu, biasanya disertai dengan pembengkakan.

Konsumsi Obat – Obatan

Kontrasepsi berupa pil KB umumnya menjadi pemicu utama kelopak mata gelap. Selain itu, obat untuk glaukoma juga dapat menyebabkan kelopak mata menjadi gelap. Umumnya, warna kulit kembali normal setelah 3-6 bulan pemakaian.

2. Faktor Keturunan

Terkadang, kelopak mata hitam juga dapat terjadi karena faktor keturunan yang Artinya, seseorang dilahirkan dengan kondisi ini. Terkadang ini merupakan tanda tanda lahir atau gejala suatu penyakit seperti tumor pembuluh darah mata hingga bintil.

Selain itu, riwayat keluarga yang mengalami penuaan dini atau menderita penyakit inflamasi juga dapat berperan.

3. Cedera

Cedera pada area mata dapat menyebabkan kulit menjadi gelap akibat cedera. Namun hal ini hanya bersifat sementara karena seiring dengan berjalannya proses pemulihan, warna kelopak mata akan menjadi lebih cerah.

Bagaimana Mencegah Kelopak Mata Gelap

Dalam kasus kelopak mata yang menggelap akibat paparan sinar matahari, hal ini dapat dicegah dengan menggunakan tabir surya dan kacamata hitam saat beraktivitas di siang hari. Jika perlu, gunakan juga topi sebagai pelindung.

Sedangkan untuk anak yang lahir dengan masalah kelopak mata, dokter spesialis biasanya merekomendasikan pembedahan atau meresepkan obat untuk mengobati penyakit yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.