Mata Bengkak Sebelah Setelah Bangun Tidur Dan Cara Mengatasinya

Saat mereka bangun, beberapa orang mengeluh kelopak mata mereka bengkak. Mata bengkak mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk melihat.

Mata Bengkak Sebelah Setelah Bangun Tidur

Penyebabnya Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Alergi

Alergi juga membuat kita sangat tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini membuat pembuluh di mata membengkak sehingga mata terasa tersumbat, gatal, merah, dan berair.

Radang Selaput Mata

Konjungtiva adalah selaput lendir bening yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan menutupi bagian putih mata. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, atau virus. Dan kelopak mata anda bisa menjadi bengkak, mata menjadi merah, dan juga gatal.

Herpes Mata

Infeksi herpes bisa menyerang kornea mata. Kornea adalah kubah bening yang menutupi bagian depan mata. Jika tidak ditangani dengan pengobatan yang tepat, maka herpes bisa menjadi penyakit mata yang serius.

Timbil

Timbil (hordeolum) adalah infeksi yang menyerang kelenjar di mata. Timbil bisa muncul di kelenjar air mata, tepatnya di pangkal bulu mata atau di kelopak mata.

Timbil umumnya tidak berbahaya karena hanya menyerang satu kelenjar minyak di kelopak mata. Cara mengatasi mata bengkak karena terjadi cukup sederhana. Cukup kompres mata yang bengkak dengan air hangat.

Mata Lelah

Rasa lelah, seperti saat mata terbiasa bermain ponsel atau menatap monitor seharian, bisa membuat kelopak mata terlihat bengkak. Cara untuk mengatasi mata bengkak akibat kelelahan juga sangat cukup mudah. Cukup dengan anda mengompres kelopak mata dengan air dingin sambil berbaring.

Menangis

Menangis dalam waktu lama juga dapat merusak pembuluh darah kecil di mata dan kelopak mata anda. Aliran darah yang meningkat di sekitar mata juga dapat menahan cairan di mata anda. Dan kelopak mata seseorang akan membengkak setelah menangis.

Baca juga :   Pasang Bulu Mata Extension Membuat Wajah Lebih Menarik

Untuk dapat mengatasinya, istirahatkan mata Anda. Dan kemudian, kompres mata anda dengan air dingin, dan minum air yang cukup. Jika mata bengkak terasa mengganggu, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter mata.

Kelopak Mata Bengkak Waspadai Gangguan Ginjal

Hanya ada beberapa cara untuk mengobati gagal ginjal dini melalui pengujian. Namun, seringkali orang tidak menyadari gejala gagal ginjal, padahal tubuh seolah memberi tanda.

Deteksi dini gejala akan membantu mendiagnosis gagal ginjal sejak dini. Ini akan menghindari komplikasi yang mungkin timbul akibat gagal ginjal.

Kelopak Mata Bengkak Waspadai Gangguan Ginjal

Berikut gejala gagal ginjal yang perlu Anda waspadai seperti:

Mata Bengkak

Salah satu indikator gagal ginjal adalah adanya protein dalam urin. Semakin banyak protein yang dikeluarkan dari tubuh ke dalam urin, semakin besar kemungkinan mata Anda membengkak.

Gelembung Urin

Gelembung yang berlebihan dalam urin merupakan indikator terlalu banyak protein di sana. Terlalu banyak protein dalam urin merupakan gejala utama penyakit ginjal.

Tangan Dan Kaki Bengkak

Ketika ginjal mulai tidak berfungsi, lebih banyak natrium akan disimpan di dalam tubuh. Makanya, ini akan menyebabkan pembengkakan pada tangan dan kaki.

Nafsu Makan Menurun

Penumpukan racun secara teratur di dalam tubuh adalah alasan mengapa nafsu makan Anda menurun. Karena ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, racun tidak akan dapat mengalir dengan baik sehingga mengurangi nafsu makan Anda.

Kram Otot

Penumpukan racun dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan kram otot. Ini juga terjadi ketika kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh rendah.

Baca juga :   Cara Mengatasi Mata Bintitan Agar Sembuh Dengan Cepat

Cara Mengatasi Muka Bengkak Saat Bangun Tidur

Banyak dari kita yang mendambakan wajah segar saat bangun tidur seperti di iklan. Namun, faktanya ketika kita bangun kita sebenarnya melihat wajah yang bengkak dan itu jauh dari definisi yang segar. Sebenarnya mungkin atau tidak? Jawabannya mungkin! Cari tahu caranya di sini, ayo.

Wajah bengkak saat bangun tidur sangat umum terjadi. Hal yang sering menyebabkan wajah bengkak adalah konsumsi makanan yang tinggi garam atau beralkohol pada malam sebelumnya. Namun, pembengkakan wajah juga bisa disebabkan oleh posisi kepala saat anda tidur, perubahan hormonal, stres, dehidrasi, dan juga alergi.

Cara Mengatasi Muka Bengkak Saat Bangun Tidur

Cara Mengatasi Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bengkak pada wajah setelah bangun tidur adalah:

Cuci Muka Dengan Air Dingin

Setelah bangun tidur cuci wajah anda dengan air dingin maka dapat membantu mengurangi pembengkakan di wajah anda. Pada dasarnya, pembengkakan adalah penumpukan cairan yang dibawa darah ke wajah saat tidur. Nah untuk itu, air dingin dapat mengurangi aliran darah ke wajah sehingga pembengkakan tidak berlanjut.

Kompres Wajah Dengan Mentimun

Mentimun mengandung antioksidan yang dipercaya bermanfaat membantu mengecilkan area di sekitar mata yang bengkak.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan mentimun dingin yang sudah anda diletakkan di lemari es.

Kompres Wajah Dengan Air Hangat

Kamu juga bisa mengompres wajah anda dengan air hangat, lho. Mengompres wajah dengan air hangat juga bermanfaat untuk melancarkan aliran cairan yang menumpuk di wajah anda. Namun, hindari juga area di sekitar mata anda.

Baca juga :   Cara Kerja Kacamata Yang Lebih Praktis Dan Nyaman Digunakan

Minum Air

Selain bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh, minum air putih setelah bangun tidur juga bermanfaat untuk mengatasi bengkak pada wajah, lho.

Ayo, Cegah Pembengkakan Wajah Datang Kembali

Anda juga bisa mencegah pembengkakan wajah setelah bangun tidur dengan cara berikut:

  • Hindari mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan makanan tinggi garam atau natrium, seperti mie instan atau makanan kaleng, di malam hari.
  • Hindari menggunakan riasan sebelum tidur untuk mencegah peradangan wajah.
  • Hindari tidur tengkurap
  • Tidur dengan kepala ditopang oleh bantal untuk mencegah penumpukan cairan di wajah Anda.
  • Wajah bengkak setelah bangun tidur merupakan hal yang wajar dan lambat laun akan mengempis dengan sendirinya. Jadi, Anda tidak perlu kesal saat melihat wajah Anda bengkak di pagi hari.

Meski begitu, Anda perlu waspada jika bengkak di wajah terasa tidak wajar, misalnya disertai rasa gatal, nyeri, kemerahan, atau bahkan sesak. Jika seperti ini, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi wajah bengkak yang Anda alami disebabkan oleh masalah kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *