Mata Tiba Tiba Bengkak Sangat Mengganggu Penampilan

Pernahkah Anda mengalami kelopak mata yang tiba-tiba gatal dan akhirnya bengkak?

Mata Tiba Tiba Bengkak

Apa Penyebab Sebenarnya Dari Kelopak Mata Yang Tiba-Tiba Bengkak?

Penyebab pembengkakan kelopak mata bukan karena terpapar kotoran serangga, karena reaksi. Ini adalah kondisi yang disebut angiodema pada kelopak mata yang bengkak.

Angiodema adalah pembengkakan jaringan pada reaksi, reaksi kelopak mata di mana jaringan kelopak mata adalah jaringan yang kendor. Biasanya dirangsang oleh reaksi alergi. Reaksi dapat menyebabkan cairan menumpuk di kelopak mata dan menyebabkan pembengkakan.

Reaksi ini bisa terjadi dari makanan atau obat-obatan yang membuat kelopak mata membengkak. Selain itu, reaksi alergi yang menyebabkan kelopak mata bengkak bisa terjadi saat terkena rambut, serbuk sari, kosmetik yang masuk ke dalam kelopak mata, dan alasan lainnya.

Hal ini menyebabkan alergi seperti gatal-gatal, dan beberapa orang yang refleks menggaruk sehingga menyebabkan peradangan dan bengkak.

Jika Anda mengalami gejala angiodema atau masalah mata, segera periksakan ke dokter mata.

Menangani Kelopak Mata Yang Bengkak?

Menangani Kelopak Mata Yang Bengkak

Gangguan angiodema tidak berbahaya dan mudah disembuhkan. Insya Allah sama sekali tidak berbahaya dan bisa tepat dengan obat anti alergi. Kalau pakai obat anti alergi biasanya hilang 24-48 jam.

Penanganan

Penanganan atau pengobatan gejala ringan hingga gejala angiodema berat bisa dilakukan dengan dua cara, yakni kompres dan konsumsi antihistamin.

Gejala pembengkakan dapat berangsur-angsur membaik saat Anda mengoleskan kompres dingin ke mata. Sedangkan antihistamin berfungsi sebagai pengurang histamin dalam darah.

Jika alergen tidak muncul lagi, agiodema akan sembuh. Namun, jika alergen masih ada, Anda bisa rutin memesan antihistamin untuk mengatasi kondisi tersebut. Yang perlu diperhatikan, saat mengonsumsi antihistamin, muncul efek samping seperti kantuk atau mulut kering.

Baca juga :   Mata Merah Gatal Berair Bisa Mengkhawatirkan Jika Terasa Sakit

Penyebab Mata Bengkak Bangun Tidur

Pada saat bangun tidur, Ada beberapa orang mengeluh bahwa kelopak matanya bengkak. Mata bengkak ini menimbulkan rasa tidak nyaman karena terasa terhalang saat digunakan untuk melihat. Selain itu, mata bengkak yang menghiasi wajah sangat mengganggu penampilan.

Penyebab Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Penyebab Mata Bengkak Bangun Tidur

1. Alergi

Penyebab mata bengkak yang paling umum adalah alergi. Alergi ini membuat mata terasa sangat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Alergi mata yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap alergen.

Saat anda terkena alergen seperti debu, kosmetik, atau perawatan wajah, sel-sel di mata melepaskan histamin dan bahan kimia lain untuk dapat melindungi mata. Kondisi yang seprti ini dapat membuat pembuluh di mata membengkak sehingga mata terasa tersumbat, gatal, merah, dan juga berair.

2. Radang Selaput Mata

Radang Selaput Mata

Mata merah atau konjungtivitis adalah radang konjungtiva. Konjungtiva adalah selaput lendir bening yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan juga menutupi bagian putih pada mata.

Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, atau virus. Gejala konjungtivitis adalah mata yang lengket akibat banyak lendir atau keluarnya cairan mata saat Anda bangun tidur.

Selain itu, kelopak mata bisa menjadi bengkak, mata menjadi merah, dan gatal.

3. Mata Herpes

Infeksi herpes bisa menyerang kornea mata. Kornea adalah kubah bening yang menutupi bagian depan pada mata kita.

Herpes mata (herpes okular) yang dapat menyebabkan luka yang menyakitkan pada kelopak mata, Dan menyebabkan peradangan pada kornea dan membuat mata menjadi bengkak. Gejala herpes mata mirip dengan konjungtivitis.

4. Timbal

Timbal (hordeolum) merupakan infeksi yang menyerang kelenjar di mata. Timbal bisa muncul di kelenjar air mata, tepatnya tepat di pangkal bulu mata atau di kelopak mata anda.

Baca juga :   Sakit Kepala Sampai Ke Mata Dan Nyeri Yang Sangat Menusuk

Sebelum muncul, biasanya mata akan mejadi memerah, gatal, nyeri, dan juga bengkak. Gejalanya mirip dengan jerawat bisa muncul dalam beberapa jam atau beberapa hari. Timbal pada umumnya tidak berbahaya namin hanya menyerang satu kelenjar minyak di kelopak mata saja.

Cara mengatasi mata bengkak karena terjadi cukup sederhana. Cukup kompres mata yang bengkak dengan air hangat.

5. Mata Lelah

Mata Lelah

Rasa lelah, seperti saat mata Anda terbiasa bermain ponsel atau menatap monitor seharian, bisa membuat kelopak mata terlihat bengkak. Pasalnya, saat mata digunakan tanpa jeda atau tanpa istirahat, air mata bisa tertahan dan membuat mata membengkak.

Cara untuk mengatasi mata bengkak akibat kelelahan sangat mudah. Anda hanya perlu mengompres kelopak mata dengan air dingin sambil anda berbaring. Selain itu, Anda juga perlu minum air yang cukup untuk dapat mengurangi efek mata yang bengkak.

6. Menangis

Menangis

Menangis dalam waktu yang lama juga bisa merusak pembuluh darah kecil di mata dan kelopak mata kita. Aliran darah yang meningkat di sekitar mata dapat menahan cairan di sana. Dengan demikian, kelopak mata seseorang akan membengkak setelah mereka menangis.

Untuk mengatasinya, istirahatkan mata Anda. Dan kemudian, kompres mata anda dengan menggunakan air dingin, dan jangan lupa untuk minum air yang cukup. Jika mata bengkak terasa mengganggu, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Penyebab Muka Bengkak Dan Gatal

Kemerahan, gatal dan bengkak pada wajah bisa disebabkan oleh banyak hal.

Penyebab Muka Bengkak Dan Gatal

Setiap penyebab memiliki pengobatan yang berbeda. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Iritasi Wajah
Baca juga :   Bintitan Di Dalam Kelopak Mata Dan Benjolan Putih Di Dalam Mata

Akibat penggunaan bahan kimia tertentu, penggunaan make-up merek baru, atau penggunaan krim wajah baru, dll.

  • Alergi

Dapat disebabkan karena bahan yang dioleskan pada wajah, atau karena makanan yang dikonsumsi, terpapar debu, terpapar udara dingin, dll. Namun umumnya kondisi ini terjadi pada orang dengan riwayat alergi.

  • Gigitan serangga
  • Infeksi pada kulit – baik karena bakteri, virus, jamur, parasit, dll.
  • Eksim pada kulit
  • Trauma di wajah
  • Radang kulit / dermatitis
  • dan banyak lagi

Kami tidak dapat memastikan penyebab pasti dari kondisi Anda jika Anda tidak melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Sementara itu, yang dapat Anda lakukan meliputi:

  • Kompres wajah dengan air dingin / hangat
  • Jaga kebersihan wajah secara teratur
  • Hindari penggunaan krim wajah, riasan, dan bahan lainnya untuk sementara waktu
  • Bersihkan wajah Anda sebelum tidur, terutama pada sisa riasan wajah
  • Hindari menggaruk / menekan area wajah
  • Konsumsi obat anti alergi yang dijual di apotek seperti CTM (baca aturan pakai, kontraindikasi, efek samping, dan perhatian sebelum meminum obat dengan hati-hati)
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stres dengan bijak

Jika kondisi tidak kunjung membaik dalam 2-3 hari, maka sebaiknya ke dokter, untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan kondisi Anda saat ini. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *