Obat Mata Untuk Bayi Yang Ampuh Untuk Meredakan Keluhan Mata

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami sakit mata. Sakit mata yang dialami bayi bisa terjadi karena infeksi bakteri. Infeksinya tidak serius, tetapi jika tidak segera diobati, kondisinya bisa memburuk. Anda bisa untuk memberi Obat mata untuk bayi dengan bahan – bahan alami.

Ada beberapa tanda atau gejala yang muncul saat mata bayi sakit. Pertama, kelopak mata bayi akan membengkak. Kedua, infeksi virus menyebabkan bagian putih mata menjadi merah.

Ketiga, mata bayi juga akan berair. Biasanya mata bayi akan terasa gatal dan kering. Selain itu, mata bayi juga akan mengeluarkan cairan berwarna kuning. Anda perlu menggunakan bahan -bahan alami berikut ini untuk meredakan gejala yang muncul.

nama salep mata untuk bayi

Air Garam

Anda bisa mencoba mengobati sakit mata pada bayi dengan menggunakan larutan garam. karena garam memiliki kandungan yang berperan sebagai antibiotik. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, larutkan sesendok garam dalam beberapa gelas air hangat. kemudian, gunakan larutan garam yang sudah jadi untuk dapat membersihkan kotoran yang keluar dari mata bayi. Anda juga bisa menggunakan kapas untuk dicelupkan ke dalam larutan garam untuk membersihkan mata bayi Anda.

ASI

ASI atau air susu ibu juga dapat digunakan untuk mengobati sakit mata pada bayi. ASI bermanfaat untuk meredakan iritasi yang terjadi akibat infeksi mata.

Anda hanya perlu mengoleskan kapas yang dicelupkan ke dalam ASI pada mata bayi. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter agar infeksi yang dialami bayi tidak semakin parah.

Baca juga :   Warna Soflen Yang Bagus Untuk Mata Sipit Dengan Kesan Natural

Kantong Teh

Sakit mata pada bayi juga bisa diobati dengan menggunakan teh, karena kandungan yang ada didalam teh menggandung antimikroba dan antioksidan. Caranya, rendam kantong teh celup dalam air hangat selama beberapa saat lalu diamkan hingga agak dingin. Setelah itu, tempelkan kantong teh pada mata bayi.

Minyak Chamomile

Bahan alami lain yang bisa Anda coba untuk mengobati sakit mata pada bayi adalah minyak chamomile yang mengandung banyak sifat anti-inflamasi. Namun, minyak chamomile cukup berbahaya bila digunakan langsung pada kulit bayi.

Anda dapat menggunakan minyak chamomile dengan memasukkannya ke dalam pelembab udara. Tempatkan pelembab udara di ruangan yang digunakan bayi Anda. Uap dari humidifier akan menenangkan iritasi yang disebabkan oleh infeksi.

Obat Sakit Mata Untuk Bayi Di Apotik

Saat orang dewasa merasakan gatal atau nyeri pada mata, ada beberapa obat mata yang bisa langsung digunakan. Namun jika itu terjadi pada bayi, Anda harus lebih berhati – hati dalam memilihnya. Berikut beberapa obat tetes mata untuk bayi.

Baca juga : Obat Mata Untuk Anak Sesuai Dengan Penyebab Dan Gejalanya

Tetes Mata Untuk Bayi

Bayi sangat rentan terhadap penyakit. Salah satu penyakit yang ada pada mata yaitu konjungtivitis atau peradangan yang menyebabkan mata menjadi merah pada bayi.

Radang mata bayi menyerang selaput yang melindungi kelopak mata dan bagian putih mata. Jika penyakit ini terjadi, pembuluh darah di mata bayi akan terlihat sangat jelas. Akibatnya, bayi juga bisa mengeluarkan cairan berwarna putih agak kekuningan dari mata.

Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, pastikan Anda memberikan pengobatan yang tepat. Sangat disarankan sebelum anda memberikan berbagai jenis obat tetes mata pada bayi, Maka pastikan Anda sudah memeriksakan bayi anda ke dokter.

Baca juga :   Mata Sering Berkedut Gerakan Yang Terjadi Secara Spontan

Tetes Mata Untuk Bayi

Berikut beberapa obat tetes mata untuk bayi yang perlu Anda ketahui:

1. Matafres

Matafres yang merupakan salah satu obat yang paling aman digunakan oleh orang dewasa bahkan anak – anak.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah obat yang satu ini tidak menggunakan bahan pengawet dan tentunya tanpa efek samping pada mata si kecil. Anda dapat menggunakan obat ini pada bayi Anda ketika Anda merasa iritasi dan mata kering.

2. Erlamycetin Plus

Obat ini termasuk dalam golongan antibiotik untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Fungsi dari obat ini sendiri adalah untuk membantu menyembuhkan si Kecil pada kornea mata.

Namun, berbeda dengan beberapa jenis obat mata untuk orang dewasa, obat ini merupakan obat kuat yang memerlukan resep dokter. Karena erlamycetin plus yang mengandung zat aktif basa kloramfenikol dan deksametason natrium fosfat.

3. Tarivid

Tarivid oftalmik mampu mengobati infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini mengandung ofloxacin, yang merupakan antibiotik fluoroquinolone generasi kedua.

Cara penggunaan obat ini sendiri cukup dengan meneteskan 3-4 kali sehari. Dan diteteskan langsung pada mata yang mengalami masalah.

Baca juga :   Softlens Hilang Dimata Dan Pertolongan Pertama Softlens Masuk Mata

Perhatian penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menggunakan obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Biasanya dokter akan memberikan resep mengenai jumlah dan lamanya pengobatan. Anda juga tidak boleh berhenti minum obat secara tiba – tiba, karena bisa menyebabkan resistensi antibiotik.

4. Insto Regular

Hampir semua orang dewasa bahkan anak – anak menggunakan obat ini jika mengalami iritasi pada mata.

Insto regular mengandung hydroxy dan chloride yang dapat meredakan iritasi mata. Jika si kecil mengalami iris karena berada di ruangan ber-AC, obat reguler Insto ini mampu mengatasinya dan aman digunakan pada anak – anak.

5. Lion Smile

Rekomendasi lain, obat tetes mata untuk bayi yang bisa Anda gunakan adalah lion smile. Perlu untuk Anda pahami bahwa Lion Smile sangat dipercaya ampuh untuk meredakan keluhan mata pada si kecil, mulai dari iritasi, mata kering, hingga dengan mata merah.

Cara Memberikan Obat Tetes Mata Pada Bayi

Cara Memberikan Obat Tetes Mata Pada Bayi

Sebelum anda memberikan obat tetes mata pada bayi anda, sebagai orang tua pastikan selalu untuk mencuci tangan hingga bersih dan kering sebelum menyentuh obat tetes mata untuk bayi.

Kemudian mulailah memberikan obat tetes mata pada bayi saat ia sedang tidur. Tujuannya agar anak tetap tenang dan merasa aman. Anda tinggal membuka mata bayi secara perlahan tanpa mengganggu bayi. Kemudian berikan beberapa tetes obat sesuai dosis yang ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.