Obat Sakit Mata Bengkak Yang Efektif Dan Dapat Segera Teratasi

Pilihan obat sakit mata bengkak sangat beragam, yaitu mulai dari obat tetes mata hingga dengan salep. Namun, untuk penggunaan obat mata bengkak harus disesuaikan dengan penyebab utama terjadinya mata bengkak atau kondisi yang mendasarinya agar pengobatannya efektif dan kondisi mata bengkak bisa segera teratasi.

Mata bengkak atau edema periorbital adalah suatu kondisi yang dapat mengacu pada kelebihan cairan di jaringan sekitar mata. Mata bengkak yang sering terjadi pada kelopak mata dan disertai dengan gejala lain, seperti dengan mata merah, berair, atau bahkan mata kering.

Kondisi mata yang bengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dengan iritasi atau alergi, infeksi, bahkan hingga dengan cedera pada mata. Oleh karena itu, untuk penggunaan Obat sakit mata bengkak perlu disesuaikan dengan penyebabnya atau sesuai dengan anjuran dokter.

Obat Sakit Mata Bengkak Dan Kegunaannya

Obat Sakit Mata Bengkak Dan Kegunaannya

Sebelum anda menggunakan obat mata bengkak, maka pastikan terlebih dahulu apa penyebab terjadinya mata bengkak yang anda alami. Salah satu cara untuk dapat menentukan penyebabnya adalah dengan berkonsultasi ke dokter.

Setelah dokter melakukan pemeriksaan mata dan menentukan penyebab mata bengkak Anda, maka dokter akan meresepkan Obat sakit mata bengkak yang sesuai dengan kondisi mata anda, antara lain:

1. Air Mata Buatan

Mata bengkak akibat iritasi atau alergi bisa diatasi dengan menghindari faktor penyebabnya. Obat tetes mata berupa air mata buatan (artificial tear) bisa menjadi solusinya.

2. Antihistamin

Obat ini dapat digunakan untuk mengobati keluhan mata bengkak dan gatal akibat reaksi alergi pada mata. Antihistamin untuk dapat mengobati mata bengkak bisa berupa obat tetes mata atau obat oral.

3. Kortikosteroid

Obat kortikosteroid yang dapat digunakan untuk mengobati reaksi alergi atau radang mata yang parah.

Meski bisa dibeli bebas, penggunaan obat kortikosteroid sebagai obat mata bengkak harus sesuai dengan anjuran atau petunjuk penggunaan dari dokter. Jika digunakan secara tidak tepat, obat ini justru berisiko merusak mata dan memperburuk keluhan yang Anda alami.

4. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

Cedera pada mata, misalnya cedera yang di akibatkan oleh terkena benturan benda tumpul atau pukulan, biasanya menyebabkan mata anda menjadi bengkak yang disertai nyeri dan lebam pada mata.

Cedera mata ringan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, untuk dapat meredakan keluhan yang akan muncul akibat cedera mata, Anda bisa untuk beristirahat dan mengoleskan kompres dingin selama 15-20 menit pada area mata anda yang bengkak.

Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid, seperti parasetamol, jika diperlukan.

Baca juga :   Ingin Penglihatan Sehat? Fungsi Mata Tetap Optimal

5. Antibakteri

Mata bengkak yang terjadi karena infeksi dapat menyebabkan peradangan yang disebut dengan konjungtivitis. Infeksi dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Mata bengkak akibat konjungtivitis virus biasanya hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Jika mata anda bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri, pengobatan yang dapat anda lakukan dengan antibiotik. Obat ini bentuk obat tetes mata, krim, atau salep mata.

6. Antijamur

Infeksi jamur pada mata sangat jarang terjadi, tetapi sangat berbahaya. Pada penderita infeksi jamur maka dapat mengalami keluhan seperti dengan mata bengkak, gatal, perih, berair, atau mata merah dan disertai dengan gangguan penglihatan.

Untuk dapat mengobati infeksi jamur pada mata, obat antijamur yang berupa obat tetes mata atau obat oral. Namun jika sudah parah, dokter mungkin akan memberikan obat antijamur dengan cara disuntikkan.

Tips Mencegah Mata Bengkak

Tips Mencegah Mata Bengkak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata bengkak, antara lain:

1. Hindari Alergen

Lakukan tes alergi untuk mengetahui secara pasti apa penyebab alergi Anda. Dengan demikian, Anda bisa untuk menghindari penyebab – penyebab tersebut untuk mencegah terjadinya mata bengkak.

2. Gunakan Pelindung Mata

Jika Anda sering beraktivitas di bawah terik matahari, gunakan kacamata hitam yang dapat melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet.

3. Menggunakan Obat Tetes Mata Tanpa Bahan Pengawet

Saat Anda menggunakan obat tetes mata, maka gunakan obat atau produk tanpa menggandung bahan pengawet. Hal ini karena obat tetes mata dengan bahan pengawet dapat mengandung zat iritasi yang dapat menyebabkan iritasi mata.

4. Cuci Tangan Secara Teratur

Sering mencuci tangan dan menghentikan kebiasaan menyentuh mata dapat mengurangi risiko infeksi mata yang dapat menyebabkan mata bengkak.

5. Membersihkan Lensa Kontak

Bagi Anda yang sering menggunakan lensa kontak, maka sebaiknya rutin untuk membersihkan dan mengganti lensa kontak. Hal ini dapat meminimalkan risiko infeksi mata atau iritasi pada mata.

Obat Tradisional Sakit Mata Merah Dan Bengkak

Mengalami sakit mata tentu sangat mengganggu. Penyakit ini terjadi karena infeksi pada selaput mata. Bagian luar mata bersentuhan dengan benda – benda seperti asap rokok, debu atau polusi kendaraan bermotor.

Saat mengalami kondisi ini, mata akan terasa perih dan merah. Selain itu, Anda harus tahu bahwa sakit mata bisa menular. Jadi, penderitanya harus segera mengatasinya agar tidak berdampak pada orang lain.

Obat Tradisional Sakit Mata Merah Dan Bengkak

Nah, untuk mengobati sakit mata, kamu bisa menggunakan bahan  Рbahan alami lho. Ingin tahu? Lihat di bawah.

Baca juga : Manfaat Gurah Mata Dapat Menyembuhkan Berbagai Masalah Mata

Baca juga :   Obat Tetes Mata Atasi Segala Masalah Pada Mata Anda

1. Kompres Mata Dengan Air Hangat

Mengompres mata dengan air hangat bisa menjadi salah satu pertolongan pertama untuk mengobati sakit mata. Air hangat bermanfaat untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit di area mata. Selain itu, kuman atau bakteri yang menginfeksi juga akan hilang.

Perawatan ini sangat sederhana. Anda hanya perlu dengan menyiapkan air hangat dan juga handuk bersih. Celupkan handuk ke dalam air hangat dan kompres sampai tidak ada tetesan air. Letakkan di mata selama beberapa menit sampai panas dari handuk hilang. Jangan lupa untuk menyeka mata Anda agar tetap bersih dari kuman.

2. Gunakan Mentimun Untuk Mengobati Sakit Mata

Mentimun dikenal efektif dalam mengurangi bengkak pada mata. Bahan alami ini ternyata juga mampu mengobati sakit mata lho. Sifat anti bakteri di dalamnya membuat mentimun bisa meredakan kemerahan pada mata.

Penggunaannya sederhana. Anda hanya perlu mengiris mentimun. Usahakan jangan terlalu kental. Letakkan pada mata yang sakit selama beberapa saat. Sebaiknya sebelum menggunakan masukkan mentimun ke dalam kulkas terlebih dahulu untuk efek menenangkan.

3. Atasi Sakit Mata Merah Dengan Air Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Tak hanya itu, bunga mawar juga bermanfaat untuk mengobati sakit mata lho.

Ini sangat mudah. Anda harus merendam bunga mawar selama beberapa menit dalam baskom berisi air bersih. Penggunaan air juga harus diperhatikan agar terhindar dari bakteri. Kemudian letakkan wajah Anda di baskom dan cobalah untuk berkedip di dalam air. Lakukan secara rutin sekitar 3 kali sehari.

4. Ampas Teh Hijau Sebagai Kompres Untuk Mata Yang Teriritasi

Khasiat teh hijau tidak perlu diragukan lagi. Ampas teh hijau bisa digunakan untuk meredakan iritasi mata lho. Manfaat ini karena teh hijau mengandung bioflavonoid yang efektif melawan infeksi virus, bakteri dan jamur.

Selain itu, antioksidan di dalamnya juga mampu melawan radikal bebas atau polusi penyebab alergi. Nah, penggunaannya hanya dengan mengompres ampas teh hijau yang diseduh. Anda bisa meminum minumannya terlebih dahulu. Jadi tidak ada bahan yang terbuang.

5. Daun Sirih Terkenal Untuk Mengobati Sakit Mata

Daun Sirih Terkenal Untuk Mengobati Sakit Mata

Obat sakit mata yang sudah lama dikenal adalah daun sirih. Dengan Kandungan yang ada di dalam daun sirih seperti flavonoid, senyawa polevenolad, tanin, dan minyak atsiri yang dapat menenangkan dan juga membasmi kuman penyebab iritasi mata.

Untuk penggunaannya Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih. Kemudian rebus dalam air sampai mendidih. Biarkan air rebusan dingin lalu gunakan untuk merendam mata.

Baca juga :   Arti Mimpi Bulu Mata Rontok Dan Juga Tafsirnya Yang Berbeda

6. Khasiat Getah Daun Patikan Kebo Untuk Mengobati Sakit Mata

Anda mungkin asing dengan yang namanya daun patikan kebo. Getah dari daun ini ampuh untuk mengobati sakit mata, lho. Ini juga mudah digunakan. Anda hanya perlu memetik daun patikan kebo lalu mengambil getahnya. Oleskan ke area mata secara teratur sekitar 2 hingga 3 kali sehari.

7. Gunakan Minyak Kelapa Untuk Menghilangkan Sakit Mata

Minyak kelapa mengandung asam larut dan asam kaprilat yang dapat mengobati infeksi bakteri dan jamur yang menyebabkan iritasi. Jadi, akan sangat disayangkan untuk mengobati sakit mata. Bahan alami ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi dapat bekerja keras untuk mengurangi iritasi.

Cara menggunakannya sangat mudah, kok. Celupkan kapas ke dalam minyak kelapa. Kemudian oleskan pada kelopak mata yang terkena. Selain itu, Anda dapat menggunakannya sebagai kompres agar lebih efektif.

8. Lidah Buaya Untuk Mengobati Sakit Mata

Kandungan aloin dan amodin pada lidah buaya dapat membantu meredakan mata bengkak dan gatal.

Masih sama dengan bahan alami lainnya. Anda hanya perlu untuk mengoleskan gel lidah buaya pada area dan kelopak mata yang mengalami iritasi. Hindari mengaplikasikannya langsung ke permukaan mata, ya.

9. Iritasi Mata Bisa Disembuhkan Dengan Kunyit

Kunyit yang mengandung kurkumin yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi pada mata. Pastikan Anda tidak memiliki alergi sebelum menggunakan kunyit sebagai obat sakit mata, ya?

Untuk menggunakannya, Anda perlu menggiling kunyit terlebih dahulu. Kemudian campur kunyit dengan air hangat. Masukkan kain bersih ke dalam air kunyit dan kompres pada area mata yang sakit.

10. Kentang Dapat Meredakan Mata Merah Dan Bengkak

Anda mungkin tidak mengira bahwa kentang dapat mengobati sakit mata. Kentang juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada mata Dan juga dapat mengurangi mata merah, iritasi hingga sakit mata akibat bakteri dan virus.

Kamu hanya perlu mengiris tipis kentang dan menempelkannya di mata, lho. Selain itu, alternatif lain adalah dengan menumbuk kentang dan memasukkannya ke dalam kain kasa sebagai kompres. Kemudian letakkan pada mata yang terkena selama beberapa menit. Usap juga agar bakteri dan kuman bisa mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *