Protesa Mata (Mata Palsu) Dan Biaya Operasi Pengangkatan Bola Mata

Eye prosthesis adalah mata palsu atau mata tiruan yang dalam dunia kedokteran sering disebut juga protesis mata.

untum penggunaan protesa mata maka pilihan pengobatan yang tepat bagi pasien yang sudah kehilangan bola matanya. Misalnya akibat cedera, penyakit mata tertentu, atau kelainan bentuk (malformasi) pada wajah atau mata.

Pemasangan mata buatan hanya bisa dilakukan setelah pasien menjalani operasi untuk mengangkat mata yang rusak.

Sesuai dengan namanya, hipotesis mata bukanlah mata yang nyata. Mata palsu ini adalah prostesis yang menutupi struktur di rongga mata.

Protesa Mata (Mata Palsu)

Prostesis mata umumnya terdiri dari:

  • Kulit terluarnya lonjong dan berwarna putih meniru warna matras yang putih
  • Bagian tengah cangkang berbentuk bulat dan diwarnai sesuai dengan warna iris dan pupil mata. Misalnya hitam atau coklat untuk warna mata orang Indonesia.

Mengapa Prostesis Mata Diperlukan?

Prostesis mata tidak dapat memulihkan penglihatan. Penggunaannya bertujuan untuk mengembalikan tampilan wajah pasien agar terlihat normal. Dengan begitu, rasa nyaman pada rongga mata yang kosong juga bisa meningkat.

Setelah operasi pengangkatan bola mata, protese mata dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jaringan di rongga mata yang kosong.

Siapa Yang Butuh Protesa Mata?

Prostesis mata direkomendasikan untuk pasien setelah operasi pengangkatan bola mata. Penggunaan mata buatan akan mendukung fungsi kelopak mata.

Beberapa kondisi yang memerlukan operasi pengangkatan bola mata meliputi:

  • Cedera mata
  • Glaukoma
  • Infeksi di bola mata
  • Tumor mata

Apa Saja Persiapan Untuk Memiliki Protese Mata?

Sebelum prostesis mata dipasang, pasien dengan penyakit mata, cedera, atau malformasi mungkin memerlukan operasi pengangkatan bola mata terlebih dahulu.

Untuk opersi pengangkatan mata ada dua jenis pembedahan tersebut meliputi:

Enukleasi

Enukleasi adalah operasi yang paling sering dilakukan. Dalam prosedur ini, seluruh bola mata diangkat, termasuk bagian putih (sklera) mata.

Sebagai pengganti bola mata, Maka dokter mata akan memasukkan implan bundar yang terbuat dari bahan sintetis sebagai pengganti.

Pengeluaran Isi

Saat pengeluaran isi, sklera mata tidak dihilangkan. Sklera digunakan untuk menutupi implan bundar yang akan dipasang di mata.

Operasi ini lebih mudah dilakukan daripada enukleasi, dan memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat.

Selama operasi, dokter akan memasang cangkang sementara di belakang kelopak mata pasien. Langkah ini bertujuan agar dapat mencegah rongga mata berkontraksi dalam beberapa minggu pertama pasca operasi.

Antibiotik oral juga akan diresepkan agar pasien dapat meminumnya selama beberapa hari. Begitu juga dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotik harus digunakan oleh pasien.

Bagaimana Prosedur Protesa Mata Dilakukan?

Bagaimana Prosedur Protesa Mata Dilakukan?

Setelah pasien pulih dari operasi pengangkatan mata (biasanya setelah 6-10 minggu), prostesis mata akan dipasang. Prosesnya meliputi:

  • Seorang okuler (okuler) akan menggunakan bahan lilin untuk membuat cetakan di depan rongga mata pasien.
  • Okuler kemudian membuat mata buatan yang cocok dengan implan.
  • Ocularis akan mengecat iris (bagian mata yang hitam atau cokelat) dan vena di sklera sedekat mungkin dengan mata asli.
  • Setelah mata buatan selesai dikerjakan, dokter mata akan mengangkat implan bundar yang ditempatkan di kelopak mata kosong selama operasi pengangkatan.
  • Dokter kemudian memasang prostesis mata yang telah dibuat.
Baca juga :   Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mata, Anda Harus Tahu!

Karena rongga mata dapat terus berubah bentuk setelah operasi, penyesuaian pada prostesis mata mungkin perlu dilakukan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah pemasangan.

Apa Yang Harus Dipertimbangkan Setelah Memasukkan Protese Mata?

Prostesis mata atau mata buatan memerlukan perawatan rutin untuk mencegah peradangan atau kondisi yang tidak diinginkan lainnya. Beberapa hal yang perlu dilakukan pasien antara lain:

  • Cuci mata palsu sebulan sekali dengan sabun dan air bersih, lalu keringkan sebelum dimasukkan kembali ke rongga mata.
  • Tempatkan mata palsu di rongga mata dengan alat penghisap yang disebut plunger.
  • Jangan terlalu sering melepas sepasang mata palsu.
  • Gunakan tetes mata pelumas pada prostesis
  • Bersihkan kotoran pada mata tiruan jika diperlukan.
  • Prostesis mata dapat digunakan saat tidur, kecuali dokter mata memberikan petunjuk lain.
  • Periksakan mata palsu pada okuler setahun sekali
  • Ganti mata buatan setiap lima tahun.

Apa Komplikasi Menggunakan Prostesis Mata?

Pasien mungkin mengalami sensasi sesak yang tidak nyaman saat menggunakan protesa mata. Namun, pasien akan semakin terbiasa dengan mata buatan seiring dengan berjalannya waktu.

Efek Samping Menggunakan Protesa Mata

Batasan dari bola mata palsu tersebut adalah setelah beberapa saat menggunakan bola mata palsu akan terjadi perubahan rongga mata secara bertahap, sehingga lambat laun gerakan mata palsu tersebut akan tampak tidak bergerak berdampingan / seimbang dengan kondisi sehat mata.

Efek Samping Menggunakan Protesa Mata

Untuk itu, perlu dilakukan pengukuran ulang bola mata tiruan agar disesuaikan dengan kondisi rongga mata Anda saat ini, meski tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan kembali pada rongga mata Anda.

Biaya Operasi Pengangkatan Bola Mata

Berbicara tentang mata seperti yang Anda tahu. Indra penglihatan ini merupakan salah satu indera terpenting untuk membantu kehidupan manusia setiap hari. Apalagi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hampir sebagian informasi yang diperoleh manusia berasal dari indera penglihatan.

Protesa Mata (Mata Palsu)

Selain itu, ada beberapa survei yang menunjukkan bahwa hampir 70% penyandang tunanetra siap menyerahkan sebagian hidupnya untuk bertukar mata dan bisa melihat apa saja di dunia. Inilah alasan mengapa kita harus selalu bersyukur, karena kita bisa melihat berbagai bentuk warna dan juga penampilan orang-orang di sekitar kita.

Operasi Mata

Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengalami gangguan pada mata sehingga pada awalnya mereka dapat melihat dan memiliki mata yang normal. Tapi suatu saat entah karena sakit atau kecelakaan.

Hal tersebut menyebabkan terganggunya penglihatan atau mata sehingga tidak dapat melihat lagi. Alasan inilah yang seringkali menyebabkan banyak orang memutuskan untuk menjalani operasi. Salah satunya adalah operasi penggantian kornea agar bisa dilihat kembali.

Namun kenyataannya operasi penggantian kornea tidak semudah operasi usus buntu atau operasi donor mata mengingat kornea tersebut membutuhkan donor yang sesuai dan bisa langsung digunakan oleh penerima donor. Sangat sulit mencari korban yang cocok baik dari luar maupun dari penerima donor.

Baca juga :   Fungsi Bagian Mata Dan Memahami Cara Kerja Mata

Kalau sudah begini, tidak ada yang bisa Anda lakukan selain menyamarkan kondisi mata Anda untuk sementara dengan bola mata palsu. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara jelas tentang operasi penggantian bola mata dan juga biaya operasi penggantian mata yang harus Anda ketahui agar tidak terjadi Gagal Operasi Mata.

Biaya Operasi Perubahan Bola Mata

Operasi penggantian bola mata merupakan salah satu jenis operasi yang dilakukan secara medis. Terutama di area mata di mana seluruh bola mata pasien akan diganti. Akibatnya terjadi gangguan atau kerusakan. Dengan bola mata baru, penggantian bola mata tersebut tidak dilakukan dengan bola mata asli, melainkan dengan bola mata tiruan atau palsu.

Ini membantu menyamarkan kondisi mata yang cacat, namun ada beberapa jenis bola mata yang bisa disesuaikan dengan kondisi pasien dan tentunya resiko yang akan dihadapi. Ada beberapa biaya operasi penggantian bola mata palsu yang harus Anda ketahui sebelum anda melakukannya.

Biaya Operasi Perubahan Bola Mata

Rumah Sakit JEC Jakarta Menteng

Operasi pertama tentunya bisa dilakukan di RS mata JEC yang berada di Menteng. Untuk mengganti atau melakukan biaya operasi penggantian mata khususnya mata palsu anda hanya membutuhkan biaya kurang lebih 5.000.000 untuk satu bola mata. JEC merupakan salah satu rumah sakit mata Indonesia yang didukung oleh banyak subspesialis yang berpengalaman di bidangnya.

Bagi anda yang berminat bisa langsung mengunjungi rumah sakit yang beralamat di Jl. Teuku Cik Ditiro No.46, Menteng, RT.10 / RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Indonesia.

Ada baiknya sebelum Anda mengambil tindakan medis yang akan datang dan juga melakukan konsultasi terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat, dan juga mengetahui risikonya, serta persiapan apa saja yang harus Anda hadapi sebelum menjalani operasi penggantian bola mata.

Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk

Rumah sakit selanjutnya yang bisa anda datangi dan juga biaya yang harus anda keluarkan adalah RS Siloam Kebon Jeruk. Di sini Anda bisa melakukan operasi penggantian bola mata. Rumah sakit ini telah dipenuhi dengan peralatan bedah mata serta teknologi yang mumpuni dan berdiri sejak tahun 1996. Ketika anda memutuskan untuk melakukan operasi penggantian mata disini, anda akan dikenakan biaya kurang lebih 7 juta rupiah untuk satu mata seperti halnya biaya transplantasi mata. .

Namun biaya ini tentunya diluar biaya perawatan anda yang tinggal di rumah sakit ini. Bagi Anda yang ingin maksimal dan juga mendapat hasil bagus setelah operasi umum. Ada juga pintu masuk ke ruang pemulihan yang memiliki biaya berbeda.

Dengan konsultasi atau perawatan pasca operasi, operasi penggantian bola mata buatan ini dilakukan. Dapat diberikan kepada pasien yang memiliki kelainan mata sejak lahir. Jika terjadi luka atau sakit, biasanya mata palsu yang diberikan pihak RS Siloam akan disesuaikan dengan ukuran mata pasien.

Rumah Sakit Pusat Mata Bandung

Baca juga :   Fungsi Kelenjar Air Mata Untuk Menjaga Kelembaban Mata

Rumah sakit berikutnya yang memberikan operasi penggantian bola mata adalah klinik pusat mata utama Bandung yang berlokasi di Sumur Kota Bandung. Hanya di rumah sakit ini anda dapat melakukan berbagai konsultasi dan juga pengobatan, salah satunya biaya mata palsu.

Mata palsu yang diberikan di RSUD pusat mata Bandung merupakan biaya yang sudah termasuk dalam pemasangan prostesis mata, belum termasuk biaya konsultasi laboratorium obat dan lain sebagainya.

Anda hanya dikenai biaya 1 juta rupiah, sama dengan harga operasi mata panda untuk tiap mata. Mata tiruan ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki masalah seperti cacat lahir, cedera atau tentunya penyakit. Biayanya cukup murah dibandingkan operasi yang dilakukan di Jakarta.

Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP)

Kemudian Anda bisa melakukan operasi penggantian mata prostetik di Rumah Sakit Pusat Pertamina atau yang biasa disebut dengan RSPP. Di sini Anda bisa mengubah mata. Dengan berbagai kondisi dan berbagai alasan sendiri harganya tidak terlalu mahal, dibandingkan beberapa rumah sakit swasta sebelumnya yang harganya 2 juta per mata.

Namun operasi mata dengan BPJS diluar konsultasi dokter mengenai biaya obat rawat inap dan sebagainya. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan operasi di sini bisa datang langsung ke RSPP di alamat Jl. Kyai Maja No.43, RT.04 / RW.8, Gunung, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120, Indonesia.

Rumah Sakit Candi Eye Center Semarang

Rumah sakit terakhir yang dapat Anda kunjungi dan menyediakan operasi penggantian mata. Untuk bola mata palsu tentunya klinik mata utama dari Candi Eye Center yang terletak di kota Semarang, disini anda bisa melakukan konsultasi dari awal sampai akhir kemudian melakukan operasi penggantian mata palsu.

Dokter-dokter yang ada di rumah sakit ini juga sangat beragam dan Anda bisa membuat janji atau konsultasi dengan dokter yang bersangkutan agar efek operasi mata tidak muncul.

Operasi mata palsu yang diberikan di rumah sakit ini tentu saja dimulai dari pemeriksaan laboratorium obat hingga melakukan operasi yang semuanya menghabiskan biaya sekitar 4 juta untuk 1 mata. Terletak di Jl. Wahidin FHG No.2, Jatingaleh, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50254, Indonesia, anda bisa buat janji bertemu dokter di Rumah Sakit ini.

Apalagi di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Tidak semahal operasi LASIK atau operasi mata lainnya. Namun operasi ini juga memiliki efek samping seperti Efek Samping Transplantasi Ginjal, Efek Samping Operasi Kista Payudara, Efek Samping Operasi Sumsum Tulang Belakang. untuk itu anda harus berhati-hati, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *