Senam Mata Minus Untuk Mencegah Kelemahan Otot Mata

Kesehatan mata memang menjadi hal yang penting untuk dijaga. Memiliki mata yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang karena dapat memperlancar aktivitas sehari-hari.

Namun, seperti halnya tubuh, mata juga memiliki otot yang bisa melelahkan jika tidak rutin berolahraga. Jika lelah mata akan mengalami gangguan, salah satunya adalah mata minus.

Mata minus menjadi penghambat produktivitas seseorang. Namun, jika Anda terlanjur memiliki mata minus, berikut 7 jenis senam mata yang bisa dilakukan untuk terapi mata minus.

Istirahatkan Mata Anda Sejenak

Istirahatkan Mata Anda Sejenak

Setelah bekerja terus menerus, mata yang terkena cahaya akan mengalami kelelahan. Untuk mencegah kelemahan otot mata, tutup mata Anda sejenak setelah menatap layar dalam waktu lama.

Beristirahatlah selama beberapa menit setelah menatap layar selama 3 hingga 4 jam berturut-turut.

Putar Matamu

Putar Matamu

Dengan memutar bola mata searah jarum jam maka akan menambah otot mata sehingga penglihatan akan meningkat. Lakukan latihan ini secara rutin, ini akan membuat mata Anda tidak terlalu lelah.

Caranya dengan duduk santai dan nyaman sambil menatap sudut mata kanan, lalu ke atas, ke kiri, dan ke bawah searah jarum jam.

Fokus Pada Satu Hal

Fokus Pada Satu Hal

Latihan mata ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Lihat ke depan, lihat titik tertentu.

Fokuslah pada pemandangan di tempat itu selama 1 hingga 2 menit. Lakukan latihan ini secara rutin untuk mendapatkan fokus yang dalam.

Lihat Bolak-Balik

Lihat Bolak-Balik

Tips yang satu ini sangat mudah dilakukan secara rutin.

Cara melakukannya adalah dengan berdiri atau duduk tegak, kemudian pegang pensil di depan mata Anda, fokuskan penglihatan Anda pada ujung pensil, kemudian gerakkan pensil maju mundur dan selalu fokuskan pandangan Anda pada ujung tersebut.

Fokuskan Pada Hidung

Fokuskan Jari Pada Hidung

Fokuskan penglihatan Anda pada ujung hidung Anda sehingga apa pun selain hidung menjadi buram. Berkedip terus menerus selama 1 menit, Mata kering dapat dengan mudah terkena debu dan menyebabkan iritasi.

Baca juga :   Tips Memilih Kacamata Agar Selalu Dapat Meningkatkan Penampilan

Karenanya, olahraga yang satu ini cocok untuk orang yang sering terpapar udara dingin. Caranya mudah, kedipkan mata selama 30 sampai 60 detik terus menerus, lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan mata.

Pijat Mata

Olahraga yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Memijat terlalu keras bisa mengiritasi mata. Untuk melakukan senam mata yang satu ini, duduklah dengan tegak dan nyaman, lalu tutup mata.

Letakkan dua jari telunjuk dan jari tengah di setiap kelopak mata, lalu lakukan pijatan melingkar selama 10 detik.
Setelah di kelopak mata, lakukan hal yang sama di bawah bola mata untuk mengurangi efek kelelahan pada mata.

Titik Pijat Syaraf Mata Minus

Pijat refleksi dan terapi akupresur dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit, metode pengobatan ini telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun dan dikenal sebagai pengobatan alami yang aman. Termasuk mengatasi berbagai masalah mata yang juga bisa disembuhkan dengan melakukan pijatan sederhana pada poin-poin tertentu yang akan saya bahas pada kesempatan hari ini.

Seiring berjalannya waktu dan usia yang terus bertambah maka akan berdampak pada kesehatan mata, apalagi jika kurang memperhatikan kesehatan mata maka dapat mengalami penurunan fungsi dan ketajaman mata lebih cepat jika digunakan untuk melihat dan membaca. Akibatnya Anda akan mengalami kelelahan mata, mata minus, katarak, rabun jauh dan jarak jauh, penglihatan kabur, glaukoma, rabun senja, buta warna dan masalah penyakit mata lainnya.

Untuk menjaga kesehatan mata, berikut admin akan membagikan beberapa poin refleksi dan akupresur untuk mengobati berbagai keluhan dan penyakit mata pada umumnya. Dengan melakukan terapi pijat secara rutin dan teratur akan memperbaiki dan mengatasi masalah sakit mata yang Anda alami, insyaAlloh.

Baca juga :   Kutu Bulu Mata Yang Hidup Di Pori - Pori Kulit Tanpa Menyadarinya

Titik Refleksi Sakit Mata

Untuk mengatasi sakit mata, berikut kami telah menyediakan gambar kumpulan titik refleksi mata dan akupresur. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

Titik Pijat Syaraf Mata Minus

Keterangan:

  • Ini adalah titik refleksi saraf mata di telapak kaki kanan dan kiri
  • Merupakan titik refleksi mata yang terletak di sisi dalam ibu jari tangan kanan dan kiri
  • Titik akupresur mata yang terletak di tengah-tengah antara alis
  • Intinya ada di tengah alis
  • Letaknya di pojok mata
  • Letak titik di kanan dan kiri tulang tudung atas
  • Titik akupresur terletak di tulang di bawah mata Anda
  • Terletak di bawah tulang hidung
  • Terapi pijat refleksi untuk kesehatan mata

Setelah Anda mempelajari dan memahami semua lokasi titik refleks dan akupresur yang telah saya jelaskan di atas, sekarang Anda bebas melakukan terapi pijat mulai dari titik refleksi nyeri mata di telapak kaki dan tangan kanan dan kiri minimal 1 menit di setiap poin.

Anda bisa melakukan terapi pijat setiap hari minimal sekali sehari dan menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A seperti bayam, brokoli, wortel, alpukat, tomat dan jenis makanan lain yang menunjang kesehatan mata Anda.

Inti dari refleksi dan akupresur yang saya bagikan adalah untuk mengobati sakit mata secara umum seperti mata minus dan plus, silinder, glaukoma, rabun jauh dan dekat mata, katarak, robek, rabun senja, sakit mata akibat iritasi, mata lelah dan lain-lain. gangguan mata inshaAlloh dapat disembuhkan dengan metode pengobatan ini. Selain itu, Anda bisa menggunakan terapi ini untuk menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan Anda.

Baca juga :   Kaca Mata K Ion Nano Alat Bantu Penglihatan Yang Sedang Berkembang

Penyebab Mata Minus

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rusaknya atau mengganggu fungsi kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, jika Anda tidak sepenuhnya menjaga kesehatan bagian tubuh yang Anda miliki, maka tak heran jika suatu saat nanti fungsinya bisa menurun atau menurun.

Beberapa organ tubuh membutuhkan perawatan ekstra agar dapat menjalankan fungsinya dengan sempurna. Salah satunya adalah mata. Mata sangat rentan terhadap gangguan yang dapat merusak fungsinya secara keseluruhan. Salah satunya adalah mata minus atau miopia.

Ada beberapa faktor penyebab mata minus, salah satunya adalah seringnya kebiasaan buruk.

Ya, ada beberapa kebiasaan buruk, tetapi sebagian diabaikan. Padahal kebiasaan ini bisa mengakibatkan gangguan mata. Berikut ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan mata minus.

Aktivitas Terlalu Lama di Dalam Ruangan

Sebagian besar pencahayaan di dalam ruangan lebih gelap daripada cahaya alami di luar. Kondisi ini kerap membuat mata lelah. Perlu diperhatikan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan dapat mengurangi risiko rabun jauh.

Namun, meski aktivitas tersebut mengharuskan Anda melakukannya di dalam ruangan dalam waktu yang lama, usahakan untuk mengatur pencahayaan ruangan sebaik mungkin agar mata Anda tidak rusak.

Sering Menggosok Mata

Sering Menggosok Mata

Kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele namun bisa mengakibatkan mata minus adalah sering-seringlah mengucek mata. Sering menggosok mata bisa memicu alergi konjungtivitis dan infeksi mata.

Terlalu Sering Membaca dan Memainkan Gadget

Terlalu Sering Membaca dan Memainkan Gadget

Melihat Layar Monitor Terlalu Dekat

Melihat Layar Monitor Terlalu Dekat atau Panjang

Terlalu Sering Begadang

Istirahat yang cukup, tidur 6 hingga 8 jam per hari juga dapat membantu mata Anda pulih dari rasa lelah setelah seharian beraktivitas. Selain itu, tidur yang cukup sehingga dapat membersihkan iritasi yang terakumulasi pada mata anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.