7 Jenis Olahraga Mata Untuk Dapat Meningkatkan Penglihatan

Latihan mata bertujuan untuk meredakan ketegangan dan ketidaknyamanan pada indera penglihatan. Biasanya kondisi seperti ini terjadi pada mereka yang suka bekerja di depan layar selama berjam-jam.

Ketegangan dan rasa tidak nyaman mata dapat terjadi saat organ ini dipaksa bekerja di depan layar selama berjam-jam. Untuk mengatasinya, Anda disarankan mencoba olahraga mata. Selain mudah dilakukan, berbagai jenis olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

7 Jenis Olahraga Mata

7 jenis Olah Raga Mata Yang Patut Untuk Dicoba

Latihan mata dirancang untuk memperkuat otot mata, memfokuskan penglihatan, dan merangsang pusat visual otak. Melakukan senam mata secara rutin dipercaya dapat membantu Anda mengontrol mata dengan lebih baik.

1. Latihan 20-20-20

Cara senam mata 20-20-20 mata ini sangat bermanfaat bagi Anda yang dituntut bekerja di depan layar komputer berjam-jam. Metode senam mata 20-20-20 ini dipercaya dapat meredakan ketegangan mata.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu istirahat dengan melihat objek yang berjarak sekitar 6 meter selama 20 detik, setiap 20 menit.

2. Berlatih Mengubah Fokus

Mengubah fokus Anda juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata. Tapi ingat, senam mata yang satu ini harus dilakukan sambil duduk. Untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Letakkan satu jari di depan salah satu mata
  • Fokus pada jari Anda
  • Gerakkan jari Anda perlahan menjauh dari wajah Anda
  • Fokuskan pandangan Anda pada objek lain, kemudian fokuskan kembali pandangan Anda pada jari Anda
  • Dekatkan jari Anda ke mata
  • Fokus pada objek lain.

Untuk mendapatkan manfaatnya, coba lakukan senam mata ini sebanyak tiga kali. Kemudian, lakukan kebiasaan ini secara rutin.

3. Latihan Fokus Dekat Dan Jauh

Sama seperti latihan mengubah fokus, latihan fokus dekat dan jauh juga harus dilakukan sambil duduk. Untuk melakukan ini, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Letakkan ibu jari Anda sekitar 25 sentimeter dari wajah Anda dan fokuskan pada ibu jari Anda selama 15 detik
  • Setelah itu, fokuskan pada objek lain yang berjarak 10-20 kaki (3-6 meter), dan fokuslah pada objek tersebut selama 15 detik.
  • Fokuskan kembali pandangan pada ibu jari.

Supaya mendapatkan manfaat yang optimal dari senam mata ini, lakukan sebanyak lima kali dan biasakan di sela-sela aktivitas Anda.

4. Gerakan Nomor 8

Gerakan angka 8 merupakan olahraga mata yang juga harus dilakukan dalam posisi duduk. Untuk melakukan ini, coba fokus pada satu titik di lantai sejauh 8 kaki.

Setelah itu buat angka delapan dengan kedua mata. Lakukan selama 30 detik, lalu ubah dengan cara lain.

5. Menggerakkan Mata

Menggerakkan mata adalah jenis latihan mata yang sangat mudah. Selain itu, teknik ini dianggap dapat mengatasi ketegangan mata. Berikut cara menggerakkan mata yang bisa Anda ikuti:

  • Tutup matamu
  • Gerakkan mata Anda ke atas dan ke bawah
  • Ulangi tiga kali
  • Perlahan, coba gerakkan mata Anda ke kiri dan kanan
  • Ulangi tiga kali lagi.
  • Selain mudah, olahraga mata ini bisa dilakukan dimana saja.

6. Pencil Pushups

Pensil push-up biasanya direkomendasikan oleh dokter pada orang yang menderita ketidakcukupan konvergensi. Ketidakcukupan konvergensi adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika kedua mata tidak bergerak pada saat bersamaan. Gejala berupa ketegangan mata, sakit kepala, dan penglihatan kabur.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan push up pensil:

  • Pegang pensil dan rentangkan tangan Anda di depan wajah Anda.
  • Lihatlah pensil di depan wajah anda, dan cobalah untuk fokus pada satu objek itu saja sambil anda menggerakkan pensil ke bawah (sejajar dengan hidung).
  • Gerakkan pensil hingga sejajar dengan hidung hingga fokus pada pensil hilang.
  • Setelah itu, letakkan pensil di dekat wajah dan usahakan fokus pada pensil.
  • Agar Anda mendapatkan hasil maksimal dari latihan mata ini, lakukan 20 push up pensil.
Baca juga :   Cara Kerja Mata Dan Kesehatan Mata Perlu Dijaga

7. Brock String

Senar Brock merupakan senam mata yang sering direkomendasikan untuk melatih koordinasi mata. Untuk anda mencobanya, Anda membutuhkan tali yang panjang dan manik-manik berwarna. Anda dapat melakukan Brock string sambil berdiri atau duduk.

  • Minta seseorang untuk memegang ujung benang, lalu pegang ujung lainnya tepat di bawah hidung Anda.
  • Letakkan satu manik di tali.
  • Lihatlah manik itu dengan kedua mata terbuka.
  • Jika mata Anda yang berfungsi dengan baik, Maka Anda akan melihat manik-manik dan tali membentuk huruf X.

Perlu diketahui, berbagai senam mata di atas tidak bisa menyembuhkan penyakit, seperti miopia (rabun jauh), hyperopia (rabun dekat), hingga astigmatisme (mata silinder).

Sejumlah penyakit pada mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan glaukoma, juga tidak dapat disembuhkan dengan senam mata.

Senam mata hanya dimaksudkan sebagai penolong saat mata terasa tegang, lelah, dan tidak nyaman akibat terlalu sering bekerja di depan layar.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan mata.
Makan makanan sehat

Makan makanan yang sehat merupakan salah satu cara terpenting untuk menjaga kesehatan mata. Coba konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, seng, hingga vitamin C, E, dan A.

Berhenti Merokok

Merokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin baik pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.

Memakai Kaca Mata Hitam

Mengenakan kacamata hitam saat bepergian dapat melindungi mata Anda dari paparan sinar ultraviolet (UV). Pilih kacamata hitam yang dapat melindungi mata Anda dari sinar UVA dan UVB.

Istirahatkan Matamu

Biasakan untuk tidak terlalu lama menatap layar. Jika pekerjaan Anda mengharuskan mata untuk terus menatap laptop dan komputer, cobalah mengalihkan pandangan dari layar dan ikuti latihan mata metode “20-20-20”.

Manfaat Olahraga Mata

Ternyata bukan hanya tubuh yang butuh olahraga, tapi juga mata. Untuk melakukan ini, Anda bisa melakukan latihan mata. Lalu apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara melakukan senam mata? Berikut liputannya untuk Anda.

Manfaat Olahraga Mata

Setiap orang ingin memiliki mata yang cantik dan sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan tidak membiarkan mata Anda terlalu lelah atau stres. Selain istirahat yang cukup, Anda juga perlu menunjang kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya vitamin A dan beta karoten. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan senam mata sesekali.

Apa Manfaat Senam Mata?

Senam mata bisa mendatangkan banyak manfaat, terutama untuk otot mata. Salah satunya dengan membantu mengatasi berbagai gangguan pada mata.

Meski mungkin tidak bisa menyembuhkannya hingga 100%, senam mata bisa membuat mata Anda lebih nyaman. Sayangnya, senam mata belum dapat membantu penderita disleksia, serta mereka yang sering berkedip, mengalami kejang mata, atau otot mata yang lumpuh.

Manfaat senam mata lain yang tidak kalah pentingnya adalah:

  • Meningkatkan fungsi mata.
  • Memperkuat otot mata.
  • Membantu mata lebih fokus.
  • Gerakan halus otot atau bola mata.
  • Merangsang bagian otak yang mengatur penglihatan.
  • Membuat mata lebih rileks.
  • Meningkatkan kualitas penglihatan agar menjadi lebih jelas.
  • Mengatasi mata kering.
  • Mencegah gangguan mata.
Baca juga :   Jerawat Di Mata Dapat Terjadi Karena Infeksi Tertentu

Bagaimana Melakukan Senam Mata

Ada banyak cara untuk melakukan senam mata. Anda bisa mulai dengan pemanasan dulu. Caranya, gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, lalu letakkan di atasnya selama beberapa detik.

Selanjutnya, putar bola mata secara perlahan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam, lakukan 5-10 kali sesuai arah. Setelah pemanasan selesai, barulah Anda dapat memulai latihan inti dengan beberapa gerakan seperti:

Ubah Fokus Dari Dekat Menjadi Jauh

Lihatlah objek yang jauh terlebih dahulu. Tunggu hingga objek terlihat jelas sebelum Anda mengubah sudut pandang ke objek yang lebih dekat, dan seterusnya. Ulangi beberapa kali.

Anda juga bisa meletakkan telapak tangan di depan mata Anda, menatapnya. Kemudian sambil menarik napas, buka tangan dan fokuskan pandangan Anda lurus ke depan. Buang napas sambil kembali ke posisi telapak tangan di depan mata Anda. Cara ini dapat meningkatkan visibilitas objek jauh dan dekat.

Fokuslah Selama Beberapa Menit

Caranya adalah dengan melihat sebuah objek, dengan memfokuskan mata pada objek tersebut selama 1-2 menit, misalnya melihat cicak yang ada di dinding. Hidari melihat hal lain yang membuatnya tidak fokus.

Penguatan Otot Mata

Untuk dapat melakukan senam mata agar otot mata anda selalu kuat, kemudian gerakkan mata anda mengikuti pola tertentu, misalnya ke kanan dan kiri, ke atas dan juga ke bawah, empat sudut, dan selanjutnya gerakan memutar. Setelah selesai, istirahatkan mata Anda selama 2-3 menit dengan menutupnya.

Menutup Satu Mata Lalu Mengamati Objek Yang Berbeda

Lihatlah objek terjauh yang bisa Anda lihat dengan jelas. Setelah itu, coba amati objek lain yang sedikit lebih jauh dari itu, dan lihat apakah Anda juga bisa melihatnya dengan jelas. Ulangi 3 set untuk setiap mata, tetapi segera istirahat jika Anda merasa pusing.

Tulis Di Dinding

Latihan mata untuk meningkatkan kontrol otot sedang menulis di dinding. Duduklah di kursi dan menghadap ke dinding. Kemudian tulislah menggunakan mata atau gerakan mata Anda, jaga agar kepala Anda tidak bergerak. Semakin besar huruf yang bisa Anda bentuk, semakin baik kontrol otot mata Anda.

Buat Garis Lurus Vertikal Dan Horizontal

Pejamkan mata, biarkan sekeliling terlihat gelap sejenak. Setelah itu buka mata, fokus ke tengah. Sekarang, putar mata Anda ke atas lalu gambar garis lurus (vertikal) ke bawah. Tarik napas saat Anda melihat ke atas, dan buang napas saat mata Anda mengarah ke bawah, lakukan 10 kali.

Setelah itu, tutup kembali mata Anda, lalu buka dan tatap ke kiri sambil menarik napas. Sambil menghembuskan napas, lihat ke kanan hingga membentuk garis horizontal. Ulangi hingga 10 kali sebelum istirahat dengan menutup mata Anda.

Menutup Mata

Terkadang mata sangat lelah sehingga membutuhkan latihan mata yang satu ini. Oleh karena itu saat bekerja menggunakan komputer atau membaca misalnya, selalu istirahatkan mata selama 10 menit setiap 1 jam dengan menutup mata. Ini bisa menjaga kesehatan mata dan mengurangi stres.

Berkedip

Cara melakukan senam mata yang satu ini diakui cukup mudah. Ambil posisi duduk yang nyaman, lalu berkedip selama 10 hitungan dengan cepat. Setelah itu, tutup mata dan istirahat selama 20 detik. Ulangi hingga 5 putaran.

Baca juga :   Maskara Untuk Bulu Mata Pendek Dapat Mengubah Penampilan

Menatap Ujung Hidung

Duduklah dengan menyilangkan kaki. Angkat tangan kanan Anda sehingga mengarah ke depan, fokuskan mata Anda pada ujung jari telunjuk Anda. Setelah itu, tekuk tangan Anda dan dekatkan jari telunjuk ke ujung hidung, jaga agar mata tetap fokus ke telunjuk. Setelah itu, kembalikan tangan ke posisi semula (menunjuk). Ulangi beberapa kali.

Saat anda melakukan senam mata, Anda perlu memberikan kesempatan pada mata anda untuk beristirahat selama beberapa menit agar senam mata tidak melelahkan mata. Karena Anda sudah selesai membaca artikel ini sekarang, inilah saatnya berlatih senam mata.

Senam Mata Ala Rasulullah

Rasulullah SAW memiliki cara menjaga kesehatan mata. Diceritakan oleh Abu Daud dalam kitab Sunannya, dari Abdurrahman Ibn Nu’man Ibn Ma’ad Ibn Haudzah al-Anshariy, dari Ayah dan Kakeknya disebutkan bahwa Rasul memerintahkan untuk mengolesi matanya dengan batu celak mata yang dibaluri wewangian misik sebelum pergi ke tempat tidur.

Senam Mata Ala Rasulullah

Rasulullah SAW memerintahkan bagian tengah celaknya dibubuhi minyak wangi sebelum tidur. Tetapi Rasul berkata, orang yang berpuasa harus menjauhi itu. Abu Ubaid mengabarkan bahwa yang dimaksud dengan minyak wangi itu adalah minyak kasturi.

Dalam Sunan Ibnu Majah diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW memiliki pemegang celak yang dipakai Rasulullah SAW sebanyak tiga kali pada mata.

Sedangkan dalam riwayat Tirmidzi dari Ibnu Abbas bahwa ketika memakai celak, Nabi SAW memakainya sebanyak tiga kali pada mata kanan, dimulai dari kanan dan diakhiri di kanan dan dua kali di kiri.

Abu Daud melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapapun yang bercelak harus menggunakan angka ganjil.” Apakah angka ganjil berlaku untuk kedua mata? Atau di kanan tiga kali dan mata kiri dua kali?

Imam Ahmad telah menjelaskan, “Hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan celak pada mata yang harus diutamakan adalah mata kanan. Sebaiknya celak mata dengan jumlah ganjil (kerusakan), bisa dilakukan pada mata kanan sebanyak tiga kali, lalu mata kiri dua kali atau mata kanan dan kiri masing-masing. masing-masing tiga kali. ”

Pakar medis mengatakan perona mata efektif dan bermanfaat. Di antara kegunaan yang paling penting adalah menjaga kesehatan mata, menjaga kejernihan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan mata, sehingga bisa melihat dengan jelas.

celak juga berfungsi untuk membersihkan kotoran mata dan mempercantik mata.

Waktu terbaik untuk melakukan celak adalah saat kita akan tidur. Karena pada saat kita tidur ketenangan mata dan kestabilan gerakan mata sangat terjaga, sehingga fungsi mata kita akan berjalan maksimal saat kita tidur.

Celak biasanya berupa bubuk untuk bulu mata atau dioleskan di sekitar mata. Diketahui secara luas bahwa celak adalah salah satu perhiasan yang digunakan oleh wanita untuk berhias.

Meski ada perbedaan di antara para ulama mengenai ada tidaknya seorang wanita mengenakan jas di depan pria non-mahram.

Disalin dari buku Smart Medicine of the Prophet oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, penerbit Fathan Prima Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *