Apakah Mata Minus Bisa Sembuh Agar Tidak Semakin Parah

Banyak orang yang bertanya apakah mata minus bisa sembuh setelah melakukan pengobatan seperti dengan menggunakan kacamata lensa khusus atau dengan prosedur LASIK. Jawabannya tidak, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menghambat perkembangannya.

Miopia atau rabun jauh adalah salah satu masalah penglihatan yang paling umum dialami oleh orang – orang. Disebut juga dengan mata minus, kondisi ini membuat penglihatan penderitanya menjadi kabur saat melihat objek yang jauh dari mata. Lalu, apakah mata minus bisa sembuh? Pertama, ketahui apa penyebab mata minus.

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?

Mata minus atau miopia yang terjadi pada ketika bola mata Anda terlalu panjang. Hal ini menyebabkan fokus sinar cahaya jatuh tidak pada permukaan retina, tetapi pada titik di depannya.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang pasti yang menjelaskan penyebab pasti terjadinya mata minus. Namun, faktor genetik merupakan salah satu faktor yang mungkin membuat Anda mengalami mata minus.

Misalnya, seorang anak yang memiliki ayah atau ibu yang mengalami mata minus juga berpotensi mengalami rabun jauh. Risiko akan meningkat jika kedua orang tua menderita miopia.

Di sisi lain, mata minus juga bisa terjadi saat Anda sudah memasuki usia dewasa. Kondisi ini muncul sebagai akibat dari masalah kesehatan lain dalam tubuh seperti diabetes dan katarak.

Lantas, apakah mata minus bisa sembuh total? Tidak, tetapi ada tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Mata Minus

Cara Mengatasi Mata Minus

Beberapa cara untuk mengatasi mata minus antara lain:

1. Kacamata Atau Lensa Kontak

Cara yang paling mudah untuk dapat mengatasi mata minus adalah dengan memakai kacamata atau lensa kontak. Setelah anda melakukan pemeriksaan, dokter mata akan meresepkan lensa yang sesuai untuk kondisi mata Anda.

Baca juga :   Vitamin Mata Eyevit Dapat Menjaga Kesehatan Penglihatan Anda

2. Orthokeratologi

Juga dikenal sebagai terapi refraksi kornea, metode ini dapat membantu mengobati mata minus tanpa operasi.

Lensa khusus ini dapat memberikan tekanan untuk meratakan kornea. Namun, terapi ini hanya dapat untuk membantu Anda mendapatkan penglihatan yang jelas untuk sementara. Selain itu, ortokeratologi juga berpotensi menyebabkan infeksi mata.

3. Operasi

Selain menggunakan alat khusus, Anda juga bisa mengobati mata minus dengan operasi. Jenis operasi yang akan dilakukan oleh dokter mata untuk mengobati miopia yaitu:

  • Photorefractive keratectomy (PRK): Yang menggunakan laser, operasi PRK yang bertujuan untuk dapat meratakan lapisan tengah pada kornea mata Anda. Hal ini akan membuat sinar cahaya terfokus lebih dekat ke atau pada kornea mata. Meski begitu, perlu diingat bahwa operasi PRK membawa risiko komplikasi. Beberapa komplikasi yang dapat timbul dari operasi PRK antara lain munculnya lingkaran cahaya di sekitar lampu, jaringan parut pada kornea, kekeruhan pada kornea (kabut kornea), dan infeksi kornea.
  • Laser in-situ keratomileusis (LASIK): LASIK adalah operasi paling umum yang dilakukan oleh dokter mata untuk penderita miopia. Cara kerja operasi ini adalah dengan membuat lapisan tipis (flap) pada lapisan atas kornea.

Efek yang timbul setelah melakukan operasi LASIK biasanya hanya bersifat sementara, namun ada kemungkinan menjadi permanen. Namun tidak semua mata minus bisa untuk menjalani operasi LASIK.

Bisakah Mata Minus Dicegah?

Bisakah Mata Minus Dicegah

Anda tidak dapat mencegah mata minus, namun akan tetapi pertumbuhan dan perkembangannya dapat diperlambat. Beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk memperlambat perkembangan rabun jauh antara lain:

  • Menggunakan lensa yang telah diresepkan oleh dokter mata
  • Istirahat untuk jangka waktu tertentu setelah lama menatap layar
  • Makan buah – buahan, sayuran, dan makanan yang kaya omega-3
  • Jangan merokok
  • Periksa dengan dokter mata Anda secara teratur
Baca juga :   Cara Mengurangi Mata Minus Dan Silinder Agar Tidak Semakin Parah

Mata minus yang merupakan gangguan pada mata yang tidak bisa disembuhkan dengan sepenuhnya. Meski dengan begitu, ada beberapa cara yang bisa untuk dilakukan agar dapat mengatasi mata minus. Jika tidak merasakan perubahan apa pun setelah perawatan, segera konsultasikan ke dokter untuk menentukan tindakan lebih lanjut.

Penyebab Mata Minus Bertambah

Salah satu jenis gangguan penglihatan yang banyak terjadi pada orang adalah miopia alias mata minus. Bahkan kabarnya, minus pada mata bisa bertambah karena kondisi tertentu, lho! Apa penyebab mata minus bertambah, ya? Anda bisa menghindari kondisi berikut ini jika tidak ingin mata minus semakin parah.

Penyebab Mata Minus Bertambah

Apa Penyebab Mata Minus Bertambah Parah?

Miopia adalah kelainan refraksi di mana struktur bola mata yang memanjang atau kornea menjadi lebih cekung dari yang seharusnya.

Perubahan struktur mata menyebabkan cahaya yang masuk tidak dapat fokus dengan baik. Akibatnya, objek yang jauh akan tampak buram.

Apa penyebab mata minus semakin parah? Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin berperan.

Baca juga : Manfaat Gurah Mata Dapat Menyembuhkan Berbagai Masalah Mata

1. Memakai Kacamata Yang Tidak Pas

Salah satu penyebab mata minus meningkat adalah penggunaan kacamata yang tidak tepat. Ya, salah resep kacamata adalah kesalahan yang cukup umum ditemukan saat pemeriksaan. Akibatnya, minus pada mata Anda berisiko semakin parah.

2. Bertambahnya Usia

Penyebab lain mata minus Anda bertambah adalah faktor usia. Bertambahnya mata minus merupakan kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak – anak.

Di sisi lain, kesulitan memfokuskan mata pada gambar atau tulisan adalah tanda penuaan yang tak terhindarkan.

Cepat atau lambat, suka atau tidak, Anda akan mengalaminya dan tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi proses penuaan alami ini.

3. Tidak Memperbaiki Kebiasaan Membaca Atau Menggunakan Gadget

Mengenakan kacamata memang bisa membantu penglihatan yang sudah minus.

Baca juga :   Lasik Mata Di Jakarta Dengan Harga Yang Lebih Murah

Ambil contoh, jika Anda sudah memakai kacamata tetapi tidak meninggalkan kebiasaan membaca di tempat yang redup dan terlalu dekat, minus pada mata Anda berisiko lebih tinggi.

Melihat layar sebuah perangkat elektronik terlalu dekat dan terlalu lama, seperti ponsel atau laptop, juga berpotensi menambah minus pada mata Anda.

Cara Mencegah Mata Minus Tidak Bertambah Parah

Cara Mencegah Mata Minus Tidak Bertambah Parah

Jika sudah terkena mata minus, satu – satunya cara yang bisa dilakukan adalah menjaga kesehatan mata agar mata minus tidak semakin parah.

Peningkatan fitur minus di mata tidak dapat sepenuhnya dicegah. Namun, Anda bisa melakukan cara – cara berikut ini untuk mencegah dan memperlambat mata minus agar tidak bertambah.

1. Pakai Kacamatamu

Banyak yang mengira bahwa memakai kacamata terus – menerus justru bisa menyebabkan mata minus Anda bertambah. Hal ini tentu saja salah karena kacamata justru membantu Anda melihat lebih jelas.

Jadi, jika penglihatan anda memburuk setelah melepas kacamata, sebenarnya hanya mata Anda yang kembali ke mode penglihatan minus semula.

Hal ini tampak semakin jelas karena Anda sudah terbiasa menggunakan bantuan lensa kacamata Anda untuk melihat. Lain cerita jika Anda memakai kacamata dengan resep yang salah.

Kacamata dengan lensa yang tidak pas berpotensi menyebabkan mata minus bertambah, apalagi dalam jangka panjang.

2. Penggunaan Tetes Atropin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah mata minus semakin parah adalah dengan menggunakan obat tetes mata jenis atropin.

Namun obat ini masih memiliki efek samping yang cukup kuat sehingga penggunaannya dalam jangka panjang masih menjadi bahan perdebatan.

Selain itu, Anda tentu tidak disarankan untuk menggunakan obat ini tanpa resep dan saran dari dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.