Bahaya Softlens Untuk Mata Normal Dapat Menyebabkan Kebutaan

Softlens atau lensa kontak biasanya digunakan untuk menggantikan kacamata. Bagi seseorang dengan mata minus, biasanya akan menggunakan lensa kontak agar lebih nyaman. Namun, saat ini penggunaan lensa kontak sedang menjadi tren karena ada banyak warna pada lensa kontak yang bisa Anda gunakan. Jadi, bahkan orang dengan mata normal pun bisa memakai lensa kontak warna-warni. Tapi, Anda juga harus tahu apa saja Bahaya softlens untuk mata normal.

Jadi, Anda harus kenali dulu apa saja Bahaya softlens untuk mata normal Selain tidak ribet dengan memakai kacamata, menggunakan lensa kontak lebih menunjang penampilan. Ditambah dengan pilihan warna yang beragam, maka mata Anda akan terlihat lebih cantik.

Anda seharusnya tidak hanya melihat tren, tetapi juga menyadari tingkat bahayanya. Berikut ini adalah tanda – tanda bahaya yang dapat terjadi ketika seseorang dengan mata normal menggunakan lensa kontak:

Bahaya softlens

1. Menyebabkan Mata Kering

Dampak yang paling umum dari pemakaian lensa kontak untuk mata normal adalah mata kering. Kebanyakan orang yang mengalami mata kering diawali dengan memakai lensa kontak dalam waktu yang lama. Penggunaan lensa kontak dalam waktu lama bisa membuat lapisan air di mata menjadi terganggu.

Padahal lapisan air berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Hal itulah yang akan membuat mata menjadi seperti berpasir atau terbakar.

2. Mata Merah

Dampak atau efek berbahaya lainnya dari pemakaian lensa kontak untuk mata normal adalah mata merah. Namun, kondisi ini sering diremehkan oleh penggunanya. Jika tidak ditangani dengan baik, masalah ini dapat menimbulkan komplikasi. Dimana komplikasi tersebut tergantung dari jenis konjungtivitis pada pengguna lensa kontak.

Misalnya, ketika bakteri masuk ke aliran darah dan kemudian menyerang jaringan tubuh. Biasanya terjadi pada kondisi konjungtivitis infektif. Komplikasi dengan jenis ini dapat menyebabkan infeksi telinga di bagian tengah atau infeksi pada lapisan pelindung saraf, yaitu di sumsum tulang belakang otak.

Baca juga :   Daun Kelor Untuk Mata Penglihatan Mata Menjadi Lebih Baik

Konjungtivitis juga dapat memicu peradangan pada kornea mata. Sehingga pasien mengalami kepekaan terhadap cahaya. Efek yang lebih berbahaya lagi adalah kebutaan jika muncul ulkus pada kornea dan membuat mata rusak permanen.

3. Abrasi Kornea

Lensa kontak yang kotor juga dapat menyebabkan abrasi  kornea  atau goresan pada kornea mata. Kondisi ini juga bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman bahkan sakit parah. Jika tidak ditangani dengan baik, abrasi ini juga bisa membuat kualitas penglihatan menurun.

4. Infeksi dan Bisul di Kornea

Dampak lainnya adalah terjadinya infeksi atau borok pada kornea mata. Kondisi ini bahkan bisa berkembang lebih cepat dan menjadi sangat serius. Dalam kasus yang jarang terjadi, ulkus kornea juga dapat menyebabkan kebutaan.

5. Iritasi Mata

Anda harus sering membersihkan lensa kontak, karena lensa kontak juga bisa mengiritasi mata jika kotor. Selain itu, lensa juga tidak boleh kering agar mata Anda tidak mengalami iritasi.

6. Sakit Pada Mata Dan Mata Bengkak

Timbulnya rasa sakit pada mata dapat terjadi karena penggunaan lensa kontak yang berkepanjangan. Karena ukuran lensa kontak dan bola mata yang berbeda, mata akan terasa sakit dan tidak nyaman.

Selain itu, saat Anda memakai lensa kontak, mata Anda menjadi berair terus menerus, yang bisa membuat mata Anda membengkak. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke mata.

Itulak Bahaya softlens untuk mata normal yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi pelajaran bagi Anda yang memiliki mata normal dan terbiasa memakai lensa kontak. Jadi, jika mata Anda normal dan tidak memiliki urgensi untuk menggunakan lensa kontak, sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak yang terlalu banyak. Dengan begitu, mata Anda bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai bahaya lensa kontak untuk mata normal.

Baca juga :   Senam Mata Minus Untuk Mencegah Kelemahan Otot Mata

Baca juga : Soflen Mata Yang Bagus Aman Dan Sangat Nyaman Di Mata

Manfaat Memakai Softlens

Softlens yang merupakan salah satu alat bantu visual selain kacamata yang bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana – mana. Banyak orang beranggapan bahwa lensa kontak atau contact lens merupakan sesuatu yang baik untuk mata dan dapat membuat diri terlihat lebih keren.

Namun mereka tidak mengetahui bahaya atau akibat yang timbul jika salah menggunakannya. Saat ini lensa kontak sedang menjadi hal yang booming atau trend di kalangan remaja, sehingga banyak orang yang menyalahgunakannya. Berikut saya akan membahas manfaat dan tips memakai lensa kontak :

Manfaat Memakai Softlens

Manfaat Memakai Lensa Kontak

1. Lebih Percaya Diri

Softlens kini hadir dengan spektrum warna dan ukuran yang luas. Tren riasan ala Korea juga membuat lensa kontak berdiameter lebar semakin populer. Hal ini membuat penggunaan lensa kontak pada sebagian orang untuk tujuan pelengkap penampilan instan.

2. Lebih Praktis

Mengenakan kacamata terkadang tidak nyaman dan menghambat mobilitas. Softlens bisa menjadi pilihan agar tampilan tetap tajam. Soalnya, memakai kacamata dalam beberapa kegiatan memang cukup mengganggu. Misalnya saat kita melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti lari.

3. Tidak Mudah Retak

Selain itu, keuntungan memakai lensa kontak adalah tidak mudah retak. Pemakai kacamata terkadang khawatir lensa kacamatanya akan pecah atau retak saat tidak dipakai. Selain itu, banyak juga yang khawatir lensa akan pecah dan melukai mata saat kepala membentur benda keras. Menggunakan lensa kontak akan terbebas dari risiko ini karena menempel langsung pada mata.

4. Mudah Dibawa

Menggunakan lensa kontak berarti kita bisa menyimpan kotak kacamata terlebih dahulu dan menggantinya dengan satu botol kecil berisi cairan lensa kontak dan satu kotak lensa yang ukurannya jauh lebih kecil.

Baca juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak, Bunda Harus Tahu

Tips Memakai Lensa Kontak

  • Periksa kondisi mata. Sebelum beralih dari kacamata ke lensa kontak, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Karena tidak semua orang cocok menggunakan lensa kontak.
  • Pastikan tangan yang akan digunakan dalam keadaan bersih, karena lensa kontak yang akan kita gunakan harus bersih saat dimasukkan ke dalam mata, jika tidak maka mata akan iritasi.
  • Ambil lensa kontak dari tempatnya dan letakkan di ujung tangan.
  • Gunakan satu tangan untuk memegang lensa kontak, dan gunakan satu tangan untuk memegang kelopak mata atas.
  • Lihat ke atas lalu arahkan lensa kontak ke mata, letakkan dengan hati – hati dan lembut.
  • Lihat kualitas lensa kontak, jangan tergiur dengan lensa murah, pastikan juga mengetahui kualitas dan review orang yang pernah menggunakannya.
  • Waktu penggunaan, Setiap lensa kontak memiliki batas waktu penggunaan. Jangan pernah menggunakan lensa kontak lebih dari 8 jam, karena akan mengiritasi mata.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa, jangan menggunakan lensa kontak melebihi jangka waktu pemakaian. Umumnya, batas waktu penggunaan lensa kontak adalah 6-12 bulan.
  • Bawalah lensa kontak Anda saat bepergian. Bagi Anda yang akan bepergian dan melakukan aktivitas di luar, biasakan untuk selalu membawa lensa kontak seperti obat tetes mata, cairan, dan juga tempat lensa kontak.

Itulah manfaat dan tips penggunaan softlens yang benar. Semoga bermanfaat dan menjadi Ilmu bagi anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *