Berbahaya Penyakit Bipolar Bila Tidak Ditangani Dengan Cepat

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang secara drastis. Orang dengan gangguan ini bisa secara tiba – tiba merasa sangat bahagia dan kemudian berubah menjadi sangat sedih. Selain itu, Anda bisa tiba – tiba menjadi pesimis dari sebelumnya percaya diri dan menjadi malas untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya sangat antusias. Yuk pahami lebih dalam tentang berbahaya penyakit bipolar.

Penyebab Bipolar

Gangguan Bipolar belum ditemukan secara pasti apa penyebabnya. Namun, ada beberapa pendapat yang bisa menjadi referensi Anda. Beberapa berpendapat bahwa gangguan bipolar disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmiter atau zat yang mengontrol fungsi otak.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa gangguan bipolar disebabkan oleh gangguan bipolar yang berkaitan dengan faktor keturunan.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa membuat bipolar rentan. Misalnya, mengalami trauma, tingkat stres yang tinggi, faktor keturunan, dan mengonsumsi alkohol atau obat – obatan terlarang.

Bipolar Adalah Gangguan Yang Sulit Diketahui

Tidak sedikit dari penderita bipolar yang terlambat mengetahui bahwa dirinya menderita gangguan bipolar. Hal ini dikarenakan para ahli profesional sendiri seringkali kesulitan untuk mendeteksi adanya gangguan bipolar pada pasiennya.

Baca juga :   Manfaat Olive Oil Untuk Bibir Menjadikan Bibir Lembab Dan Segar

Dan yang lebih mempersulit adalah pasien juga tidak merasa ‘sakit’. Otomatis, jika pasien tidak merasa sakit, maka pasien tidak segera berobat. Hal inilah yang menyebabkan keterlambatan dalam mendeteksi bipolar.

Diketahui, sekitar 50% penderita bipolar harus menemui tiga dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ia benar – benar mengidap bipolar.

Selain itu, kebanyakan orang dengan gangguan bipolar juga menderita gangguan mental lainnya, seperti kecemasan berlebihan dan penggunaan narkoba.

Bipolar Adalah Penyakit Berbahaya Jika Tidak Segera Diobati

Bipolar Adalah Penyakit Berbahaya Jika Tidak Segera Diobati

Bipolar merupakan penyakit yang berbahaya, jika tidak segera dilakukan tindakan untuk mendapatkan penanganan medis. Berikut beberapa bahaya gangguan bipolar.

1. Memiliki Masalah Dengan Orang Lain

Bipolar yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan masalah saat berhubungan dengan orang lain. Dimana dapat menimbulkan masalah hukum, pengangguran, dan masalah lainnya.

2. Penggunaan Obat – Obatan Terlarang

Perlu Anda ketahui bahwa 56% pengidap gangguan bipolar yang tidak segera ditangani akan menggunakan obat – obatan terlarang. Sementara itu, 44% penderita akan menggunakan alkohol. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan jika terus berlanjut dan menjadi kebiasaan.

Baca juga :   Macam Macam Bentuk Mata Yang Terlihat Lebih Menggemaskan

3. Gangguan Dalam Pekerjaan

Berdasarkan penelitian yang ada, gangguan bipolar merupakan penyebab gangguan kerja ke-6 di seluruh dunia.

4. Bunuh Diri

Bahaya berikutnya adalah munculnya pikiran untuk bunuh diri. Diketahui ada 30% pengidap gangguan bipolar yang tidak segera ditangani, sehingga berisiko munculnya pikiran untuk bunuh diri, bahkan tidak sedikit yang justru melakukannya.

Bagaimana Membantu Orang Dengan Bipolar

Selain pengobatan medis, Anda juga dapat membantu penderita gangguan bipolar dengan cara – cara berikut:

1. Siap Mendengarkan Kapan Saja

Orang dengan gangguan bipolar akan senang ketika Anda selalu ada untuk mereka, bahkan jika mereka tidak ingin berbicara sekali pun. Setidaknya mereka bisa tenang.

2. Hanya Mendengarkan

Lebih baik jika Anda hanya mendengarkan cerita tanpa memberikan saran atau solusi jika mereka tidak memintanya.

3. Ajak Mereka Melakukan Aktivitas

Biasanya, pengidap gangguan bipolar adalah orang yang sering menyendiri. Sesekali, ajaklah mereka untuk melakukan aktivitas, seperti menonton film, pergi ke kafe, atau jalan – jalan.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Bercabang Dengan Cara Sederhana

4. Dukung Perawatannya

Berikan dukungan untuk perawatan apa pun yang mereka jalani. Mereka sangat membutuhkan dukungan dalam menjalani pengobatan.

Orang Dengan Gangguan Bipolar Juga Bisa Bekerja

Jangan berpikir bahwa orang dengan gangguan bipolar tidak bisa bekerja. Mereka bisa bekerja, asalkan memperhatikan terlebih dahulu bagaimana lingkungan kerja, jadwal kerja yang ditetapkan, bagaimana rekan kerja lainnya menerima atau tidak, dan pekerjaan yang memberikan peluang kreativitas.

Pastikan apakah pasien memahami keterampilan atau bakatnya. Ini akan semakin mendukungnya untuk bekerja. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan berkonsultasi, misalnya ke konselor karir.

Jadi, bipolar merupakan penyakit yang bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa seperti manusia lainnya yang bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Jangan jadikan gejala bipolar di atas sebagai acuan diagnosis diri, ya! Segera kunjungi profesional jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.