Peran Dan Manfaat Psikiater Dalam Program Rehabilitasi Narkoba

Masyarakat dihadapkan pada masalah besar dalam menangani pecandu narkoba. Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan kecanduan, mulai dari trauma masa kecil hingga keluarga yang menggunakan narkoba, kerabat, tempat kerja dll. Pengguna narkoba dapat menyebabkan kerusakan otak dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap pikiran dan emosi serta perilaku penggunanya. Cara terbaik untuk membantunya adalah dengan menjalani Rehabilitasi Narkoba Disini Peran dan manfaat psikiater dalam program rehabilitasi narkoba sangat dibutuhkan, Untuk dapat menjalani rehabilitasi narkoba Idntimes punya solusinya.

Program Rehabilitasi Narkoba merupakan rangkaian tindakan yang bertujuan untuk memantapkan penanganan Narkoba terhadap Adiksi/Kecanduan Narkoba. Dalam proses rehabilitasi, pasien melatih keterampilan mental untuk mengatasi kecanduan narkoba, belajar menjaga kesehatan tubuh, dan membangun motivasi untuk gaya hidup sehat.

Baca juga :   Diameter Softlens Paling Kecil Dan Nyaman Untuk Digunakan

Mengapa Pecandu Membutuhkan Psikiater

Mengapa Pecandu Membutuhkan Psikiater

Penggunaan narkoba dari dosis pertama penggunaan dapat menyebabkan kecanduan atau kondisi kecanduan yang termasuk dalam gangguan jiwa. Selain itu, kondisi ini dapat berkembang menjadi gangguan depresi, gangguan kecemasan, lekas marah, cemas, hingga halusinasi dan delusi juga dapat terjadi. Di antara mereka yang menggunakan obat – obatan terlarang, kasus fatal seringkali mengancam jiwa, bahkan pada tahap awal kecanduan narkoba.

Padahal, pengguna narkoba biasanya terus meningkatkan dosis yang dikonsumsi sehingga risiko overdosis sangat tinggi. Pengaruh penggunaan narkoba terhadap sistem saraf pusat juga sangat besar. Dalam waktu singkat, emosi dan perilaku pengguna narkoba berubah drastis.

Seorang pecandu narkoba bisa menjadi apatis dan kehilangan minat pada apa pun yang dulu dia sukai. Setiap pertanyaan yang diajukan orang lain dianggap mengganggu, dia bisa dengan mudah tiba – tiba berteriak, melepaskan emosinya, dan sulit mengendalikan diri. Penutupan diri dan penarikan diri dari aktivitas sosial juga bisa muncul. Kerabat dan teman, tampaknya, tidak lagi mengenali pengguna karena perubahan karakter dan perilaku yang sangat berbeda.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Kering Bekas Smoothing Agar Normal Kembali

Ketika seorang pecandu “menutup diri” dari semua orang, ini sangat berbahaya, karena itu berarti menutup bantuan orang lain dan tidak percaya bahwa ada cara untuk menyelesaikan masalah. Dalam keadaan itu, dia mungkin hanya akan mengatakan bahwa semuanya baik – baik saja.

Jika dibiarkan berlarut – larut, bisa dipastikan pecandu narkoba akan semakin terjerumus dan semakin bergelimang konsumsi narkoba yang semakin tak terkendali. Pecandu membutuhkan psikiater untuk pulih. Kecanduan narkoba pada dasarnya adalah kecanduan dalam bentuk fisik dan juga mental. Ia merasa tidak mampu untuk berhenti menggunakan narkoba karena ia percaya bahwa hanya obat – obatan yang akan dapat memenuhi kebutuhannya.

Baca juga :   Cara Memilih Suplemen Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan

Seorang psikiater akan mengoreksi pandangan yang salah itu. Pecandu akan melakukan program pemulihan, baik dengan psikoterapi atau farmakoterapi sesuai kebutuhan masing – masing pasien secara kasus per kasus.

Psikiater bekerja untuk mengobati gangguan mental. Namun, profesi ini lebih fokus pada mendiagnosis, mengobati, dan mencegah gangguan mental, emosional, dan perilaku.

Di sini, Peran dan manfaat psikiater dalam program rehabilitasi narkoba sangat penting untuk memulihkan pengguna narkoba dengan pendekatan biologis, psikologis, dan sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.