Cara Meluruskan Mata Juling Agar Bisa Kembali Normal

Mata juling adalah kelainan mata yang terjadi karena berbagai sebab. Orang yang menderita mata juling sering kali dikucilkan dan diolok-olok, karena kelainan mata tersebut. Tapi, bisakah mata juling benar-benar disembuhkan? Apakah satu-satunya cara penyembuhan dengan operasi?

Cara Meluruskan Mata Juling

Apa Penyebab Mata Juling?

Juling adalah suatu kondisi di mana mata tidak dapat melihat ke satu arah dan fokus pada suatu titik yang jauh. Strabismus, atau mata juling dalam bahasa kedokteran biasanya terjadi pada anak-anak atau bayi yang sedang mengalami perkembangan fisik.

Sebagian besar kasus yang terjadi pada anak-anak, mata juling disebabkan karena otak, otot mata, dan saraf mata tidak terkoordinasi dengan baik. Dalam beberapa kasus, mata juling juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.

Mata juling jarang terjadi saat seseorang sudah dewasa. Meski begitu, stroke, trauma pada otak, dan diabetes merupakan faktor risiko yang bisa menyebabkan mata juling pada orang dewasa. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin anak akan mengalami penurunan kemampuan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Bagaimana Cara Meluruskan Mata Juling?

Bagaimana Cara Meluruskan Mata Juling?

Ada beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mata juling, yaitu:

Dengan menggunakan kacamata atau lensa, ini dapat membantu orang dengan mata juling untuk fokus melihat objek.

Pemberian obat melalui suntikan. Obat yang diberikan berupa obat yang berfungsi untuk meregangkan otot mata sehingga memudahkan penderita untuk lebih fokus.

Terapi lensa prisma. Lensa ini khusus diberikan kepada pasien dengan mata juling. Lensa ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata agar mata dapat dengan mudah fokus melihat berbagai objek.

Melakukan operasi. Operasi tersebut dilakukan dengan tujuan meluruskan dan mengoreksi otot mata yang salah. Namun biasanya cara ini sangat mahal untuk dilakukan.

Terapi Mata Juling Dengan Senam Mata

Latihan mata adalah cara alternatif untuk mengatasi mata juling. Namun, bukan berarti terapi ini bisa menggantikan posisi terapi medis yang harus dijalani penderita. Lalu bagaimana tahapan terapi mata juling dengan cara senam mata? Begini caranya:

  • Pensil pushup.

Cara pertama ini bisa dilakukan dengan bantuan pensil. Pensil ditempatkan pada satu titik setinggi mata, kemudian pasien diminta untuk mencoba melihat pensil dengan matanya. Kemudian, jauhkan pensil dan arahkan ke arah mata. Lakukan ini selama 15 menit setiap hari dengan 100 pengulangan. Cara ini bisa melatih mereka untuk fokus.

  • Senar brock.

Olahraga ini membutuhkan tali sepanjang 12-30 cm dan manik-manik dengan 3 warna berbeda yang nantinya akan dipasang pada tali tersebut. Setiap manik ditempatkan pada jarak yang sama, kemudian tali yang telah dipasang pada manik ditempatkan di depan hidung. Kemudian, pasien diminta untuk fokus pada warna manik di depannya.

Baca juga :   Bunga Katarak Untuk Mata Memiliki Banyak Manfaat

Bisakah Mata Juling Kembali Normal?

cara meluruskan mata juling

 

Setelah mendapat perawatan medis, seperti operasi, dalam banyak kasus mata juling bisa langsung melihat. Namun kemampuan penglihatannya mungkin masih sama dengan pasien yang belum melakukan tindakan medis.

Padahal, pada kasus yang ditemukan lebih awal, mata juling bisa kembali normal. Kemampuan penglihatan bisa hilang jika pengobatan yang seharusnya dilakukan tertunda.

Penyebab Mata Juling Mendadak

Mata merupakan bagian tubuh yang vital. Melalui mata inilah kita dapat melihat keindahan ciptaan Tuhan. Namun, mata juga bisa mengalami kelainan yang disebabkan berbagai faktor. Salah satu gangguan yang sering terjadi di masyarakat kita adalah mata juling.

Gangguan ini menyebabkan dua kornea mata kanan dan kiri bertemu di tengah. Konsekuensinya pasti akan mengganggu penglihatan kita. Apalagi bagi anda yang sedang melejit dalam karir anda tentunya sangat mengganggu.

Jenis gangguan ini memang ditemukan di sekitar kita. Ada banyak faktor yang menyebabkan kelainan mata juling. Namun, untuk memastikan apa penyebab mata tercoreng begitu dini diketahui.

Tentu Anda khawatir jika mendengar kelainan mata juling. Karena belum bisa dipastikan faktor penyebabnya. Untuk itulah, Kami akan membahas beberapa faktor penyebab mata juling.

Pengetahuan baru yang pasti akan sangat membantu Anda. Penting juga untuk memahami kelainan yang terjadi pada mata.

Keturunan

Penyebab mata juling pertama yang tiba-tiba berupa faktor keturunan. Faktor ini memang akan sangat beresiko bagi siapapun. Ini terjadi karena diwarisi oleh satu pihak dari keluarga Anda. Kalian yang juling sangat rentan mengalaminya.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mata dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi buah-buahan sebagai nutrisi bagi mata. Penting untuk dibaca bagaimana menjaga kesehatan mata.

Diabetes

Penyebab mata juling mendadak selanjutnya adalah diabetes. Penyakit ini sangat berbahaya bagi tubuh karena akan menghambat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga akan menyebabkan mata juling. Ini karena itu adalah pengaruh sistem saraf yang membangun dari otot mata yang mempengaruhi gangguan tersebut. Anda disarankan untuk membaca gejala mata lelah.

Mata Malas / Amblyopia

Mata Malas / Amblyopia

Penyebab saat ini mungkin sedikit aneh bagi Anda karena unik dalam hal nama. Penting untuk Anda ketahui bahwa lazy eye adalah suatu kondisi di mana tarikan sejumlah otot mata berfungsi untuk membuat mata Anda bergerak.

Terikan diketahui karena kelainan pada otak. Dampaknya tentu saja mata akan juling. Kondisi itu tentunya akan mengganggu Anda dalam keseharian Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga :   Cara Penggunaan Obat Tetes Mata Sesuai Dengan Kebutuhan

Tumor Otak

Penyebab mata juling mendadak berikutnya berupa tumor otak. Penyakit ini sangat berbahaya bagi tubuh. karena akan mengancam sistem jaringan otak. Tentu bukan itu yang Anda inginkan.

Selain itu, dampak yang ditimbulkan oleh kanker otak ini adalah mata juling. Lambat laun virus yang menyerang otak akan berdampak pada mata. Kanker otak ini dalam dunia medis termasuk kategori penyakit berbahaya. Selain itu ketahui juga penyebab mata cepat berkedip.

Down Syndrome

Mungkin Anda yang tidak memiliki riwayat pendidikan kedokteran akan sedikit kesulitan memahami yang namanya penyakit ini. Sebenarnya Down Syndrome adalah kondisi tubuh yang mengalami keterbelakangan mental.

Ini disebabkan oleh perkembangan kromosom yang tidak normal di dalam tubuh. Akibat yang ditimbulkan tidak hanya psikologis tetapi juga mempengaruhi mata. Salah satu efeknya adalah mata juling.

Hidrosefalus

Penyebab mata juling mendadak berikutnya adalah hidrosefalus. Kondisi saat terjadi penumpukan cairan di otal yang menyebabkan peningkatan tekanan di otak.

Penyakit ini sering menyerang anak-anak yang masih rentan terhadap virus dan bakteri. Penyakit berbahaya ini tidak hanya menyerang otak, tetapi menimbulkan efek lain berupa kerusakan mata. Salah satunya adalah mata juling.

Cerebral Palsy

Penyebab mata juling mendadak berikutnya adalah Cerebral Palsy. Penyakit ini mungkin tidak terlalu Anda kenal. Penting untuk Anda ketahui bahwa penyakit ini merupakan terganggunya pergerakan pada otot aman yang akan terkena sehingga pergerakan sistem keterampilan motorik anak menjadi terbatas.

Sistem keterampilan sepeda motor ini akan ada di mata Anda. salah satu akibatnya adalah mata juling. Penyakit jenis ini disebabkan oleh kerusakan otak yang mengganggu sistem motorik dan jaringan sel di dalam tubuh.

Trauma Kepala

Trauma kepala bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah akibat benturan yang begitu keras. Tentu dampaknya tidak main-main karena akan mengganggu sistem kerja jaringan di kepala Anda. Selain itu, dampaknya berupa mata juling.

Ini karena saraf yang berfungsi di area mata akan mengalami gangguan akibat trauma kepala. Tentu bukan ini yang Anda inginkan, yang penting Anda melindungi kepala dari berbagai kemungkinan benturan.

Retinoblastoma (Kanker Retina Langka)

Penyebab mata juling mendadak berikutnya disebabkan oleh kanker langka di retina. Kanker ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang hinggap dan berkembang di area mata. Tentunya kanker ini tidak hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tetapi juga menyebabkan mata menjadi juling. Jadi, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mata.

Gangguan Otot Saraf

Penyebab juling mendadak berikutnya adalah gangguan otot saraf. Otot saraf yang terkena tidak bekerja secara maksimal sehingga menyebabkan iritasi pada mata. Jadi, lambat laun mata akan tiba-tiba menyipit.

Baca juga :   Vitamin Mata Eyevit Dapat Menjaga Kesehatan Penglihatan Anda

Olahraga Mata Juling

Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk kita lakukan. Misalnya seperti rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A atau tidak membaca dalam cahaya redup. Selain itu ternyata kita juga perlu melakukan olah raga mata lho.

Latihan mata dapat meningkatkan kekuatan mata setelah digunakan seharian penuh. Latihan ini juga bisa membantu mata kita agar tidak cepat lelah. Lalu, apa saja gerakan olah raga mata yang sebaiknya kita lakukan?

Olahraga Mata Juling

Di bawah ini, ada 5 senam mata yang bisa Anda praktikkan setiap hari di rumah.

1. Mata Berputar

Kita bisa memutar mata kita, baik berlawanan arah jarum jam maupun searah jarum jam. Gerakan ini bisa kita ulangi setiap 30 menit, apalagi setelah menggunakan mata untuk menatap layar komputer atau gadget dalam waktu lama.

2. Melihat Ke Samping

Gerakan ini diperlukan untuk melatih bola mata agar berfungsi dengan baik saat melirik. Triknya adalah dengan melirik ke kanan sejauh mungkin tetapi dengan kepala tetap mengarah ke depan.

Tapi jangan memaksa mata Anda, lakukan apa yang bisa dilakukan mata Anda. Tahan pandangan tersebut selama 5-10 detik. Lakukan gerakan sebaliknya yaitu melirik ke kiri. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali.

3. Fokus Pada Objek Lain

Jika mata lelah saat menatap objek yang sama dalam waktu yang lama, teman bisa mengalihkan pandangan selama 30 detik ke arah lain. Lalu, berkedip beberapa kali dengan cepat.

Setelah itu Anda dapat mengubah tampilan lagi ke objek lain yang lebih dekat selama 15 detik dan berkedip lagi dengan cepat beberapa kali. Ulangi gerakan ini 10 kali agar mata Anda lebih rileks.

4. Menyilangkan Mata

Buat bola mata mengarah ke hidung. Gerakan ini agak sulit bagi sebagian orang dan terasa tidak nyaman. Namun jika dilakukan dengan benar, dampaknya bisa meningkatkan daya penglihatan mata kita.

Jika mengalami kesulitan, teman bisa menggunakan alat panjang datar seperti pulpen sebagai fokus penglihatan Anda. Letakkan pulpen di tengah wajah Anda dekat hidung, lalu pastikan mata Anda melihat ke arah pulpen. Sekarang, jika kedua mata juling dan dapat melihat pena, kembalilah melihat secara normal.

5. Menghangatkan Mata Dengan Telapak Tangan

Gerakan ini untuk merelaksasikan mata melalui kehangatan telapak tangan. Caranya adalah dengan menggosok kedua tangan agar hangat, kemudian setelah itu dekatkan kedua telapak tangan ke mata yang tertutup. Tahan selama 5 detik, lalu ulangi gerakan tersebut sebanyak 5 kali, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.