Tips Memilih Kacamata Agar Selalu Dapat Meningkatkan Penampilan

Memilih kacamata yang bagus tidak hanya berdasarkan model yang up-to-date. Faktor kenyamanan dan fitur yang secara tepat membingkai setiap kontur wajah harus sesuai dengan kriteria yang dicari pemakai kacamata. Sebelum membeli, ada baiknya untuk memperhatikan langkah-langkah penyesuaian berikut ini.

Tips Memilih Kacamata Agar Selalu Dapat Meningkatkan Penampilan

Untuk memaksimalkan kenyamanan pelipis pada bagian samping kepala, pilih rangka yang pas atau sedikit lebih lebar dari kepala. Ujung bingkai juga harus menonjol atau tidak menempel pada wajah.

Pastikan lekukan di ujung pelipis cukup nyaman untuk mengait telinga tanpa ada tekanan kuat di kedua sisinya. Jika kurang nyaman, Anda bisa meminta ahli kacamata untuk menyesuaikan lekukan hingga cukup nyaman dipakai.

Banyak kacamata yang memiliki bantalan hidung yang terbuat dari silikon yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan maksimal. Jika Anda tidak memiliki bantalan hidung, yang terbaik adalah memilih kacamata yang tidak menekan batang hidung.

Coba kacamata berulang kali untuk benar-benar memastikan kenyamanannya. Gerakkan kepala Anda ke atas dan ke bawah, lalu membungkuk dan ambil sesuatu di lantai untuk memastikan kacamata benar-benar pas dengan wajah Anda. Kacamata yang disetel dengan baik akan membuatnya menempel sempurna tanpa rasa sakit.

Jenis Kacamata Pria

Mengenakan kacamata hitam bisa membuat Anda tampil lebih keren dan modis. Tidak hanya wanita, tapi juga pria. Tak heran, kebanyakan pria lebih menyukai kacamata hitam ketimbang warna lain. Jika ingin memilih kacamata, berikut ini jenis-jenis kacamata pria yang bisa dipilih.

1. Kacamata Wayfarer

Kacamata Wayfarer

Pertama kali dipopulerkan oleh merek RayBan, kacamata dengan bentuk musafir menjadi favorit para pria. Model ini juga di ikuti oleh merk lain karena bentuknya yang tebal dan mempunyai bentuk persegi sehingga cocok untuk digunakan oleh siapa saja.

2. Kacamata Wrap Around

Kacamata Wrap Around

Kacamata hitam ini memiliki bentuk dengan karakter yang sporty dan kasual. Dengan ukurannya yang besar, balutan kacamata dapat menutupi mata dari debu dan sinar matahari.

Cocok untuk pria yang sering berada di luar ruangan atau melakukan olahraga luar ruangan yang ekstrim.

3. Kacamata Hitam Aviator

Kacamata Hitam Aviator

Kacamata ini dikenal sebagai kacamata pilot. Nama Aviator sendiri diambil dari Aviation yang artinya terbang. Kacamata klasik ini terbuat dari logam dengan desain lensa lebar ke bawah.

Baca juga :   Macam Macam Cacat Mata Yang Paling Umum Terjadi

4. Kacamata Hitam Bulat

Kacamata Hitam Bulat

Konon katanya, kacamata dengan bingkai bundar pertama kali dibuat oleh manusia dan ditemukan di China. Kacamata bulat ini tidak memiliki lensa besar seperti kebanyakan kacamata. John Lennon merupakan salah satu musisi dunia yang kerap memakai kacamata hitam bulat.

Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Pria

Selain berfungsi membantu penglihatan dan melindungi dari radiasi komputer, kacamata khususnya juga dapat meningkatkan penampilan. Hanya saja banyak pria yang membeli kacamata tanpa memperhatikan model atau bingkai kacamata. Padahal, bentuk kacamata sangat mempengaruhi seluruh wajah kita.

Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Pria

Banyak sekali model dan tipe frame kacamata pria yang tujuannya agar sesuai dengan bentuk wajah pemakainya. Agar anda tidak bingung, sebaiknya kenali jenis-jenis bahan bingkai kacamata di bawah ini:

1. Bingkai Kacamata Plastik

Keuntungan dari bahan plastik adalah bobotnya yang sangat ringan. Mereka terjangkau dan mudah dibeli di berbagai optik. Keunggulan lain dari bingkai kacamata plastik adalah modelnya yang sangat update.

Sayangnya, bingkai kacamata berbahan plastik juga memiliki kekurangan, seperti mudah pecah dan menimbulkan iritasi pada kulit (bila bahan plastik kurang bagus).

2. Bingkai Kacamata Metal

Kacamata dengan rangka logam memiliki beberapa keunggulan diantaranya lebih kuat dari bahan plastik. Jenis rangka logam juga mudah dibeli dalam berbagai optik tentunya dengan harga yang terjangkau.

Sayangnya, bingkai kacamata berbahan metal juga memiliki kekurangan. Sebut saja bobot yang lebih berat dari plastik. Bisa terkena korosi / karat, dan modelnya tidak sebanyak bingkai kacamata berbahan plastik

3. Bingkai Kacamata Bahan Campuran (plastik, logam, karet)

Selain dari bahan plastik dan logam, ada juga bingkai kacamata yang terbuat dari campuran plastik, logam dan karet). Jenis rangka dengan bahan ini memiliki kelebihan yaitu fleksibel dan tidak mudah pecah.

Selain itu bobotnya juga ringan. Kekurangannya? Kusen dari bahan campuran memiliki harga yang relatif mahal. Modelnya tidak sebanyak bingkai kacamata berbahan plastik atau metal, dan hanya tersedia di optik tertentu.

4. Bingkai Kacamata Kayu

Dibandingkan material lain, bingkai kacamata berbahan kayu bisa dibilang tidak terlalu populer. Padahal rangka kayunya memiliki model yang keren, dengan bobot yang ringan seperti bahan plastik. Harganya pun terbilang terjangkau.

Baca juga :   Yuk Kenali Ragam Buah Yang Sehat Untuk Mata Disekitar Kita

Sayangnya rangka kayunya juga punya kekurangan. Misalnya menyebabkan kulit melepuh atau iritasi. Selain itu, bingkai kacamata dari kayu hanya bisa dibeli di optik tertentu, dan daya tahannya tidak sebaik bahan lainnya.

Agar mata tetap sehat namun dengan tampilan yang stylish, berikut ini referensi model kacamata baca yang sesuai dengan bentuk wajah.

Berikut Rekomendasi Model Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Pria

Dalam menentukan model kacamata, akan lebih mudah jika Anda menyesuaikannya dengan bentuk wajah. Tidak hanya untuk kacamata baca atau kacamata minus, pemilihan sunglasses juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Untuk memudahkan Anda, model kacamata ini cocok untuk bentuk wajah pria.

1. Kacamata Persegi Panjang Untuk Wajah Bulat

Kacamata Persegi Panjang Untuk Wajah Bulat

Wajah bulat dapat dilihat dari bagian wajah yang memiliki panjang dan lebar yang sama. Dagu dan pipi yang membulat juga semakin membentuk jenis wajah ini. Kunci untuk menggunakan kacamata tipe wajah bulat adalah bingkai tipis dan lensa persegi panjang yang akan menciptakan kesan lebih ramping pada wajah.

Bentuk unik di sudut bingkai kacamata juga bisa digunakan untuk pemilik wajah tipe bulat ini. Hindari juga kacamata dengan model bulat karena akan menambah kesan bulat pada wajah Anda.

2. Kacamata Tipe Bulat Untuk Wajah Persegi

Kacamata Tipe Bulat Untuk Wajah Persegi

Ciri-ciri wajah persegi juga terlihat dari proporsi wajah yang sama antara panjang dan lebar, namun tipe wajah persegi memiliki dagu dan rahang yang besar dengan tulang yang kokoh. Jika pemilik wajah tipe persegi ini tidak ingin menonjolkan bentuk wajah yang kuat, kacamata bulat cocok.

Jika Anda ingin memperkuat kesan gagah di wajah, maka kacamata persegi dengan lensa besar berwarna gelap bisa menjadi pilihan yang baik. Hindari kacamata dengan bingkai warna-warni dan hindari bingkai dengan terlalu banyak sudut untuk mengimbangi sudut pada wajah.

3. Untuk Wajah Oval, Hampir Semua Bentuk Kacamata Cocok Untuk Anda

Untuk Wajah Oval, Hampir Semua Bentuk Kacamata Cocok Untuk Anda

Beruntung tipe wajah oval karena hampir semua jenis kacamata umum bisa dikenakan dengan baik pada wajah oval. Wajah oval ditandai dengan bagian wajah yang lebih tinggi dari lebar wajah, memiliki dagu bulat dan tulang pipi tinggi.

Kacamata dengan bingkai persegi atau bulat dan lensa kecil atau lebar cocok untuk wajah oval. Sedangkan frame yang tebal juga bisa menambah kesan tajam pada wajah. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran kacamatanya, hindari ukuran kacamatanya yang terlalu besar karena akan membuat wajah terlihat tenggelam.

Baca juga :   Fungsi Lensa Mata Organ Yang Bereaksi Terhadap Cahaya

4. Jenis Kacamata Oval Dengan Bingkai Tipis Untuk Bagian Muka Hati

Jenis Kacamata Oval Dengan Bingkai Tipis Untuk Bagian Muka Hati

Tulang pipi tinggi, dagu runcing, dan dahi lebar adalah ciri umum pria dengan wajah tipe hati. Inti dari pemilihan kacamata untuk pria dengan wajah tipe hati adalah menjauhkan mata dari bagian atas wajah sehingga warna cerah dan terang dari bingkai kacamata sangat cocok untuk mereka yang berwajah hati. Bingkai tipis juga membantu orang kurang memperhatikan bagian atas wajah karena adanya kacamata.

Kacamata bulat dan oval menjadi pilihan tepat untuk mengalihkan perhatian ke bagian wajah lainnya. Hindari warna-warna gelap dan hiasan kacamata agar orang lain tidak terlalu memperhatikan bagian atas wajah.

5. Kacamata Tipe Oval Untuk Wajah Berlian

Kacamata Tipe Oval Untuk Wajah Berlian

Jenis wajah berlian ditandai dengan dahi yang sempit tetapi memiliki garis rahang yang tajam. Jenis wajah ini akan cocok dengan kacamata berbentuk oval dengan bingkai tebal di bagian atas untuk menambah volume pada dahi.

Tipe wajah berlian ini sebaiknya menghindari kacamata dengan bingkai tipis di seluruh bagian karena wajah akan terlihat lebih sempit.

6. Jenis Kacamata Pilot Cocok Untuk Pria Dengan Wajah Oval, Bentuk Persegi

Jenis Kacamata Pilot Cocok Untuk Pria Dengan Wajah Oval, Bentuk Persegi

Kacamata pilot model ini cocok untuk hampir semua bentuk wajah termasuk pria dengan wajah lonjong atau oval, bentuk persegi. Ciri khas pemilik wajah lonjong adalah wajah persegi lonjong dengan sudut membulat.

Kacamata pilot dengan bingkai tebal dan bergaya retro menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik wajah oval persegi ini.

7. Kacamata Alis Untuk Pemilik Bentuk Wajah Segitiga

Kacamata Alis Untuk Pemilik Bentuk Wajah Segitiga

Pemilik wajah segitiga memiliki ciri khas rahang wajah dan dagu lebar dengan dahi lebih kecil. Bentuk garis rahang biasanya membulat atau bersudut.

Untuk pemilihan kacamata baca yang sesuai bagi pemilik wajah segitiga, kacamata browline dimodelkan dengan bingkai tebal dan menambah lebar wajah bagian atas.

Kacamata tidak hanya membantu Anda dalam bekerja tetapi kacamata yang tepat juga akan membuat Anda tampil lebih gaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.