Cara Memilih Suplemen Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan

Jamu atau suplemen herbal sudah tidak asing lagi di Indonesia. Beberapa obat ini mudah ditemukan di mana saja, Anda bisa membuatnya sendiri, dan mungkin sudah dipakai turun-temurun sejak beberapa ratus tahun hingga saat ini. Jika ingin mengonsumsi suplemen herbal, berhati-hatilah sebelum membeli.

Ada berbagai macam suplemen herbal di Indonesia, mulai dari ramuan yang perlu diperas, diseduh, atau direbus dan diminum, konsentrat tumbuhan, pil, kapsul, tablet, bubuk, hingga suplemen herbal cair, misalnya sari buah mengkudu Tahitian. Selain itu tumbuhan tertentu seperti kayu secang sering dikonsumsi sebagai suplemen atau teh herbal.

Berbagai pilihan obat atau suplemen dari Habbaco99 dipercaya mampu menjaga atau meningkatkan kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Sekarang, beberapa orang menggabungkan suplemen herbal ini dengan pengobatan klinis modern untuk mengobati penyakit yang mereka alami. Argumennya karena obat atau suplemen herbal dibuat dari bahan alami, bukan kombinasi kimiawi.

Namun meski bersifat alami, jamu atau suplemen belum tentu cocok untuk semua orang dan berpotensi menimbulkan masalah lain, misalnya:

  • Semua tumbuhan bisa berpengaruh. Apa pun yang cukup kuat untuk memberi efek positif, seperti menurunkan kolesterol atau tekanan darah tinggi, cukup kuat untuk membawa risiko yang tidak terduga.
  • Obat-obatan dan suplemen mempunyai efek yang berkaitan dengan pengobatan tertentu yang berpotensi mengurangi efek kerja obat, meningkatkan risiko efek, hingga mengganggu metabolisme obat dalam tubuh.
  • Tidak semua obat herbal terdaftar dan bersertifikat.
  • Bukti efektivitas klinis jamu (penelitian ilmiah / uji kesehatan) umumnya sangat terbatas.
Baca juga :   Cara Membuat Alis Mata Agar Penampilan Terlihat Sempurna

Suplemen herbal umumnya digolongkan sebagai jenis pelengkap makanan tradisional. Oleh karena itu, studi tentang keefektifan, jumlah, dan efeknya juga berbeda dengan studi tentang obat-obatan pada umumnya.

Baca juga : Aplikasi Tes Kesehatan Mata Untuk Mengetahui Kesehatan Mata

Oleh karena itu, sebelum membeli obat atau suplemen herbal disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum membeli atau mengonsumsi obat-obatan herbal.
  • Cek apakah produk tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia. Anda dapat melakukan tes dengan membuka situs web ini.
  • Perhatikan perusahaan yang membuat produk herbal
  • Hati-hati apakah produk tersebut membuat klaim yang aneh atau sulit ditampilkan.
  • Periksa apakah produk tersebut telah lulus uji kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hati-hati apakah penelitian dilakukan dengan benar.
  • Periksa apakah terdapat keterangan pada stempel produk pada bahan baku obat, efeknya, formulasi standar, pedoman konsumsi, dan peringatan pemakaian. Periksa apakah info di stempel cerah dan mudah dibaca.
  • Cek apakah nomor telepon, alamat, atau website sudah terdaftar sehingga Anda sebagai customer bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang produk tersebut.
  • Jelajahi sebanyak mungkin tentang ramuan herbal yang dimakan dengan berkonsultasi ke dokter dan menghubungi produsen suplemen untuk informasi.
  • Jika Anda mengonsumsi suplemen herbal, ikuti panduan stempel dengan hati-hati dan gunakan sesuai dengan jumlah yang disarankan.
  • Lihat efeknya dan temui dokter jika terjadi reaksi alergi.
Baca juga :   Cara Menghilangkan Lipatan Mata Dengan Mudah

Terakhir, harus diingat bahwa penggunaan produk herbal harus ditanyakan ke dokter terlebih dahulu jika terdapat banyak kondisi, misalnya:

  • Minum obat lain. Walaupun suplemen ini dipercaya lebih aman karena mengandung bahan herbal dan alami, namun bahan aktif suplemen dapat berupa senyawa kimia aktif. Kandungan ini dapat dikaitkan dengan obat lain dan memengaruhi kinerja serta metabolisme obat dalam tubuh.
  • Memiliki kondisi kesehatan yang serius, seperti penyakit lever atau ginjal.
  • Harus menjalani operasi.
  • Hamil atau menyusui.
  • Orang tua lansia.
  • Beberapa anak.
  • Riwayat alergi melalui produk herbal.

Keputusan memilih obat herbal degeneratif perlu disamakan dengan faktor-faktor seperti: efek medis terbukti bermanfaat didukung oleh bukti dari penelitian yang sama sesuai standar, efek dan risiko penggunaan produk herbal, serta kesesuaian harga. Jadi, sebelum Anda meminum jamu atau suplemen apa pun, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca juga :   Cara Memilih Hosting Untuk Blog Kesehatan Mata

Apa itu Penyakit degeneratif  ?

Penyakit degeneratif adalah suatu kondisi kesehatan ketika tubuh penderita mengalami penurunan fungsi jaringan dan organ. Penyakit degeneratif bisa menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Penyakit ini bisa menyerang sistem saraf otak, sumsum tulang belakang, tulang, pembuluh darah, hingga jantung.

Kenapa Harus Memilih Produk Dari Habbaco99 ?

Herbal premium dengan sertifikasi BPOM & Halal dengan kebijakan kualitas higienis dalam menghadirkan produk Herbal yang halalan thayyiban.

Solusi khasiat alami dengan pengolahan berstandar mutu dan bermutu tinggi dengan menerapkan teknologi dalam setiap proses produksi serta rangkaian evaluasi dan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *