Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Menangis Dan Iritasi

Menangis sebenarnya juga sangat bermanfaat bagi manusia, karena dengan anda menangis, tubuh Anda melepaskan adrenalin dan kortisol, Dapat menghilangkan stres yang menumpuk di sistem Anda.

Anda lega telah melepaskan semua emosi dan perasaan Anda yang terpendam. Kini tiba waktunya untuk menghapus air mata dan kembali fokus pada aktivitas sehari-hari. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi wajah bengkak, hidung meler, dan mata sembab – semua tanda bahwa Anda telah menangis ?

Cara mengatasi mata bengkak akibat menangis

Sebelum semua orang mulai bertanya apakah Anda baik-baik saja – yang bisa sangat mengganggu – berikut beberapa cara cepat untuk mengatasi mata bengkak setelah menangis.

Trik cepat dan mudah untuk mengatasi mata bengkak setelah menangis

Rilekskan wajah Anda dan biarkan sisa air mata mengalir. Menahan napas dan mengubah ekspresi wajah sedemikian rupa agar air mata tidak muncul kembali justru akan membuat kemerahan dan bengkak semakin parah.

Setelah tangisan benar-benar reda, segera duduk tegak (membungkuk atau menutupi wajah dengan tangan akan menyebabkan cairan dan darah terkumpul di wajah), tarik napas dan tarik napas dalam ritme yang teratur dan dalam. Usap sisa air mata di pipi, bersihkan hidung dengan tisu atau kain lembut. Kemudian…

1. Kompres Air Dingin

1. Kompres Air Dingin

Tuang setengah air ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan 4-5 buah es batu ke dalam mangkuk. Ambil kain atau tisu, celupkan ke dalam air es, lalu mulai dari sudut dalam mata Anda, tekan di bawah kulit Anda sampai Anda mencapai sudut luar mata Anda. Pijat perlahan selama sekitar 5 menit. Ulangi prosedur ini beberapa kali.

Untuk mengatasi kemerahan pada bagian putih mata, gunakan obat tetes mata generik. “Satu atau dua tetes per mata cukup ampuh untuk menghilangkan kemerahan pada mata,”

2. Kompres Teh

Kantung teh membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi pembengkakan. Untuk melakukan ini, celupkan dua kantong teh ke dalam air es selama sepuluh menit, tekan ke dalam kulit di bawah mata Anda sampai Anda mencapai sudut luar mata Anda. Pijat perlahan selama sekitar 5 menit. Ulangi prosedur ini beberapa kali.

3. Kompres Ketimun Atau Irisan Kentang

3. Kompres Ketimun Atau Irisan Kentang

Ini adalah metode klasik yang telah diwariskan kepada banyak orang. Potong dua irisan mentimun atau kentang segar, dan letakkan di atas setiap mata. Biarkan selama 10-15 menit.

Sama seperti teh celup, sensasi sejuk ketimun dan kentang akan mengencangkan pembuluh darah Anda. Tidak ada efek apa pun untuk mengurangi bengkak mata, tetapi memulai “terapi darurat” dengan irisan mentimun diikuti lima menit kemudian dengan kentang akan mengempiskan kantung mata. Sebagai tindakan pencegahan, pastikan kepala Anda bertumpu dengan kuat di atas bantal. Peninggian ini bertujuan untuk mencegah kelebihan cairan menggenang di wajah Anda.

Baca juga :   Warna Soflen Yang Bagus Untuk Mata Sipit Dengan Kesan Natural

4. Kompres Sendok

Jika Anda punya banyak waktu sebelum kembali ke keramaian setelah menangis, letakkan sendok bersih di lemari es selama 10-20 menit. Kemudian, tekan perlahan sendok tepat di bawah mata Anda, mulai dari mata bagian dalam dan pijat ke arah luar. Lakukan secara bergantian untuk mata lainnya.

Pada saat yang sama, Anda dapat memijat pangkal hidung Anda dengan lembut selama beberapa menit sambil menutup mata. Fokus pada area tempat kacamata akan beristirahat. Ini membantu mengurangi tekanan sinus, yang juga mengurangi pembengkakan.

5. Gunakan Concealer

Sembunyikan kemerahan yang tertinggal di wajah dan di bawah mata dengan concealer koreksi warna kuning atau hijau. Oleskan pada area masalah, aduk hingga merata. Terakhir, gunakan bedak tabur atau bedak padat untuk “mengunci” concealer di tempatnya.

Saat Anda bereksperimen dengan metode alternatif ini, Anda harus ingat bahwa tidur segera setelah menangis dapat menyebabkan mata Anda lebih membengkak dengan mengumpulkan cairan karena mata tidak berkedip atau mengeluarkan air mata. Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal – atau beberapa bantal – di bawah kepala Anda sebagai penyangga agar air dapat keluar dari wajah dan kepala dengan lebih baik.

Cara Mengobati Mata Bengkak Karena Iritasi

Mata bengkak disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah infeksi. Tak perlu khawatir, berikut cara mengatasi mata sembab yang bisa diaplikasikan secara praktis dan simpel!

Mata bengkak biasanya akibat banyak hal mulai dari penumpukan cairan hingga infeksi yang parah.

Dapat juga terjadi karena kondisi seperti alergi, gigitan serangga, konjungtivitis, dan kelenjar makan yang tersumbat.

Namun, banyak hal lain yang bisa menjadi pemicunya sehingga cara mengatasi mata bengkak harus dilakukan sesuai penyebabnya.

Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut …

Cara Meredakan Mata Bengkak di Rumah

1. Pasang Kantong Teh Celup

Cara mengatasi mata bengkak pada anak atau orang dewasa bisa menggunakan teh celup. Pasalnya, kafein yang terkandung di dalamnya bisa meredakan bengkak.

Caranya, dinginkan dulu kantong teh dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Lalu, tempelkan ke mata tertutup. Ini juga sangat efektif dalam mengobati mata bengkak akibat iritasi, lho.

2. Kompres Kain Dengan Es Batu

Selanjutnya cara mengatasi mata bengkak sangat mudah karena, cukup ambil kain dan beberapa buah es batu. Ambil kain bersih dan tipis lalu tambahkan beberapa es batu.

Tekan lembut pada mata yang bengkak selama 15 menit. Ini berguna untuk mempersempit pembuluh darah di sekitar mata. Jika Anda tidak tahan dengan es dingin, itu bisa memercikkan air dingin ke mata Anda. Manfaatnya tetap sama, kok.

3. Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Air Hangat

Untuk kasus tertentu seperti bintit dan kista, Anda harus mengoleskan kompres hangat ke mata Anda 4-5 kali sehari.

Baca juga :   Fungsi Kelopak Mata Dapat Menjaga Penglihatan Yang Baik

Air hangat di mata bisa membersihkan penyumbatan di kelenjar minyak.

4. Masker Mata

Mata bengkak adalah akibat iritasi pada pembuluh darah di sekitar kulit.

Nah, Anda bisa mengobatinya dengan masker mata.

5. Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Lidah Buaya

Selain untuk menebalkan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati mata bengkak di bagian kanan dan kiri, lho.

Lidah buaya memiliki khasiat anti inflamasi untuk mengobati mata bengkak. Campurkan gel lidah buaya dengan sedikit vitamin e. Kemudian, oleskan ke bagian mata yang bengkak hingga kembali normal.

6. Cara Mengatasi Mata Bengkak Menggunakan Ketumbar

Ketumbar yang memiliki sifat mendinginkan cocok untuk mengobati mata sembab.

Cara mengatasi mata bengkak dengan air ketumbar adalah dengan meletakkan ketumbar ke dalam kain katun tipis dan merendamnya untuk diambil airnya.
Kemudian, diamkan selama beberapa jam.

Air ketumbar bisa digunakan untuk membilas mata.

7. Rajin Minum Air

Antibiotik alami untuk mata bengkak adalah dengan minum air putih.

Kekurangan air di dalam tubuh justru bisa menyebabkan dehidrasi.

Mata bengkak juga bisa terjadi akibat air yang menumpuk di kelopak mata yang tidak bisa mengalir dengan baik ke tubuh akibat kekurangan cairan.

Dengan banyak minum air putih minimal delapan gelas per hari, Anda bisa mencegah retensi air di sekitar mata.

8. Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Mentimun

Selanjutnya cara mengatasi mata bengkak akibat menangis bisa memanfaatkan mentimun dingin. Mentimun akan mengurangi mata sembab dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Caranya, gunakan mentimun dingin yang sudah dimasukkan ke dalam lemari es. Lalu, cuci bersih dan potong mentimun dingin dan letakkan di atas mata yang bengkak. Pijat lembut ke mata yang bengkak untuk merangsang aliran darah.

9. Cara Menghilangkan Mata Bengkak Dengan Sampo Bayi

Cara menggunakannya adalah dengan membersihkan mata dengan sampo bayi yang lembut. Gosokkan sampo bayi pada tangan, campur dengan air hingga berbusa, lalu basuh mata dengan buih tersebut.

Pijat mata sebentar dengan lembut, lalu bilas dengan air bersih.

10. Hindari Menggosok Mata

Cara mengatasi mata bengkak secara alami adalah dengan menghindari mengucek mata. Kebiasaan ini bisa membuat mata semakin merah, gatal, dan bengkak akibat infeksi.

Jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur. Juga, lepas lensanya jika Anda memakai lensa kontak mata, oke.

7  Penyebab Umum Mata Bengkak

1. Kelelahan

Saat merasa lelah, kelopak mata bisa membengkak, lho.

Kondisi ini disebabkan adanya tumpukan air di area mata sehingga pada pagi hari akan terlihat mata menjadi bengkak.

Anda bisa mengobatinya dengan obat mata bengkak di apotek yang mengandung air mata buatan. Obat ini bisa melembabkan permukaan mata dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Baca juga :   Cream Untuk Menghilangkan Mata Panda Mata Bisa Kembali Cerah

2. Bintitan (Hordeolum)

2. Bintitan (Hordeolum)

Bintit adalah ruam seperti jerawat yang terkadang bahkan memiliki bintik keputihan di kelopak mata.

Mereka biasanya disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada kelenjar kelopak mata atas atau bawah. Bagian kelopak mata kita memiliki pori-pori kecil yang mudah masuk oleh kulit mati, kotoran, dan minyak.

Akibatnya, bakteri bisa tumbuh dan menyebabkan mata bengkak. Obat mata akibat infeksi bisa menggunakan salep oles atau antibiotik dengan bahan seperti Erythormycin dan Bacitracin.

3. Alergi

Jika kelopak mata bengkak dengan gejala seperti mata berair dan merah, bisa jadi karena Anda alergi terhadap sesuatu.

Alergi bisa disebabkan oleh debu atau serbuk sari yang mengenai mata. Penyebab mata bengkak jarang memiliki efek negatif yang berlebihan dan bisa hilang dengan sendirinya jika menghindari alergen tersebut.

Untuk mengatasi alergi mata bengkak, Anda bisa mengonsumsi antihistamin atau pereda reaksi alergi seperti Benadryl.

Tetes air mata juga bisa meredakan gatal dan kekeringan pada mata. Ada juga sebagian orang yang mengalami reaksi alergi dari bahan-bahan kosmetik.

Kalau sudah begini, gantilah produk dengan yang lebih lembut seperti produk hypoallergenic dan tanpa pewangi.

Kuas riasan yang kotor juga bisa memicu mata bengkak! Jadi, jangan lupa untuk membersihkan kuas riasan Anda.

4. Menangis Terlalu Lama

Mata sembab setelah menangis semalaman bisa membuat jaringan pembuluh darah dan kelopak mata robek.

Sehingga menyebabkan mata bengkak. Mata sembab ini bisa membuat penampilan terlihat mual dan lelah.

Nah, Anda bisa memanfaatkan witch hazel. Gunakan witch hazel pada kapas, lalu kompres mata selama 5-10 menit. Cara mengatasi mata bengkak dengan cara ini bisa meredakan peradangan dan mata merah.

5. Infeksi Konjungtiva

Biasanya infeksi ini ada di konjungtiva mata yang disebabkan oleh bakteri. Selain bengkak, infeksi ini juga bisa membuat mata menjadi merah.

6. Saluran Air Mata Tersumbat

Kondisi ini biasa dialami oleh bayi baru lahir dan balita. Penyumbatan saluran air mata akibat infeksi dan bisa menyakitkan.

7. Kanker Mata

Jika mata bengkak dan tidak kembali normal setelah beberapa saat, maka jangan anggap remeh.

Karena ini bisa jadi pertanda gejala kanker mata. Namun, sebelum menyimpulkan, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter.

8. Kurang Tidur

Salah satu penyebab paling umum dari mata bengkak adalah kurang tidur, lho! Pembuluh darah di bawah mata bisa melebar dan tampak merah kebiruan.

Selain itu, rasa gatal, kekeringan, dan mata merah juga disebabkan oleh kurang tidur. Cara mengatasi mata bengkak akibat kurang tidur bisa dengan teh celup dan istirahat yang cukup.

Jangan lupa untuk selalu rajin berolahraga untuk menghilangkan stress dan insomnia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.