Vitamin Mata Herbal Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela jiwa adalah benar karena mata adalah organ yang berperan supervital. Nah, untuk itu Anda harus selalu menjaga kesehatannya.

Tak hanya dengan gaya hidup tidak mengucek mata saat terkena debu atau membaca di tempat gelap, mata Anda harus diperkuat dari dalam dengan berbagai vitamin. Vitamin A merupakan nutrisi yang terbukti efektif menjaga kesehatan mata.

Masih belum tahu dari mana asalnya vitamin A? Ataukah ada vitamin untuk mata selain vitamin A? Yuk, simak artikel berikut ini untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin Mata Herbal

Sumber Vitamin Alami Untuk Mata

1. Vitamin A

Vitamin A juga mengandung anti oksidan yang mencegah kerusakan kesehatan mata akibat penyakit degeneratif, seperti makula dan katarak. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam memperlambat kerusakan saraf neuropatik, salah satunya diabetes.

Makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, minyak ikan, labu kuning, dan ubi jalar.

2. Lutein Dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin juga merupakan jenis karoten yang bermanfaat untuk mata. Di alam ada sekitar 600 jenis karoten, tapi hanya 20 yang bermanfaat untuk mata. Salah satunya adalah dua nutrisi ini.

Keduanya berfungsi melindungi jaringan mata, yaitu lensa. Antioksidan yang terkandung di dalamnya akan menyerap hal-hal yang berbahaya bagi mata, seperti sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok.

Makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin antara lain bayam, brokoli, kubis, jeruk, lemon, anggur, dan kuning telur.

3. Vitamin C

Tak hanya untuk kekebalan tubuh, vitamin C juga baik untuk kesehatan mata Anda. Vitamin C mengandung banyak anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak mata.

Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh menyerap mineral dan nutrisi lainnya.

Makanan yang mengandung vitamin C antara lain stroberi, jeruk, dan pepaya.

4. Asam Lemak DHA

Nah, ini kabar baik buat kamu pecinta seafood. Ikan laut yang kaya asam lemak DHA baik untuk kesehatan mata.

Menurut penelitian, kekurangan DHA dapat menyebabkan sindrom mata kering yang akan berujung pada kemunduran kesehatan mata dan dapat menyebabkan kebutaan pada kasus yang fatal.

Makanan yang mengandung asam lemak DHA, di antaranya tuna, salmon, dan sarden.

5. Seng

Seng atau seng juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan retina mata. Seng dapat membantu menyerap nutrisi dan melawan peradangan dan kerusakan sel.

Selain itu, seng juga membantu pembelahan dan pertumbuhan sel serta menyeimbangkan hormon untuk mencegah reaksi autoimun.

Baca juga :   Cara Membersihkan Mata Kelilipan Yang Aman Dan Ampuh

Makanan yang mengandung zinc antara lain ikan, daging dari herbivora, kambing atau sapi, telur, dan kacang-kacangan.

Selain itu, sumber makanan alami yang mengandung vitamin mata yang baik adalah vitamin E pada kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari dan kemiri; dan omega 3 seperti minyak ikan.

Vitamin Mata Terbaik

Selain dari sumber alami ini, Anda juga bisa mengandalkan suplemen vitamin mata untuk melindungi penglihatan Anda.

1. BioVision

Vitamin mata terbaik pertama adalah BioVision. Suplemen ini cocok untuk Anda yang sering bekerja di depan layar monitor sepanjang hari. Paparan radiasi UV yang bisa Anda alami saat bekerja di luar juga bisa membuat penglihatan memburuk.

2. BioVision Kids

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun membutuhkan vitamin mata anak. Tak bisa dipungkiri, anak-anak saat ini lebih rentan mengalami penurunan kesehatan mata akibat terlalu sering menggunakan gadget untuk bermain game atau menonton Youtube.

Dengan dosis yang aman untuk anak, BioVision Kids akan melindungi mata anak dari radiasi akibat menatap layar terlalu lama dan mencegah risiko mata minus.

3. Sirup EyeVit

EyeVit juga merupakan vitamin mata yang baik terutama untuk anak-anak, karena berbentuk sirup sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Vitamin mata ini mengandung beta karoten dan retinol, yang melindungi retina dari radikal bebas. Selain sebagai sirup, EyeVit juga tersedia dalam bentuk tablet untuk orang dewasa dengan mata minus.

4. Salmon Omega-3 Sea-Quill

Seperti namanya, Salmon Sea-Quill Omega-3 merupakan minyak ikan salmon yang juga baik untuk kesehatan mata.

Minyak ikan telah terbukti mengandung berbagai khasiat penting, termasuk menurunkan kadar lemak darah dan trigliserida serta menstabilkan tekanan darah.

Selain itu, nutrisi ini juga efektif melindungi saraf sehingga dapat membantu mengatasi glaukoma atau gangguan saraf pada mata.

5. Bioglan Multi + Vision Advanced

Salah satu vitamin mata terbaik dunia, Bioglan Multi + Vision Advanced memiliki reputasi untuk diproduksi oleh salah satu perusahaan penelitian obat Australia sejak tahun 1990-an.

Bioglan bisa menjadi vitamin mata minus terbaik karena menjaga kesehatan makula dan retina dengan kandungannya yang super lengkap.

Dalam setiap tabletnya, Bioglan mengandung selenium, riboflavine, zinc, zeaxanthin dan lutein, serta zat besi yang kesemuanya akan meningkatkan kesehatan mata.

Baca juga :   Mata Beda Warna Dan Warna Mata Manusia Paling Langka

Vitamin Untuk Mata Kabur

Jika penglihatan Anda sering kabur, Anda mungkin kekurangan nutrisi pendukung. Makanan yang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kesehatan mata anda, terutama dalam mendukung kemampuan melihat seperti ;

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Jika Anda memiliki masalah penglihatan, Anda tidak boleh makan sayuran hijau. Padahal, sayuran hijau kaya akan beta karoten yang menjadi dasar pembentukan vitamin A.

Sayuran hijau yang bagus untuk penglihatan adalah seledri dan selada.

2. Melon

Kesehatan mata bisa dijaga dengan makan melon. Buah berdaging kuning ini kaya vitamin A yang meningkatkan penglihatan.

3. Makanan Kaya Vitamin C.

Tak hanya vitamin A, makanan kaya vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya jeruk. Buah ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah penurunan penglihatan akibat penuaan dan radikal bebas.

4. Wortel

Salah satu jenis sayuran terkenal dengan khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan. Hal ini dikarenakan wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A. Selain itu kandungan lain yang terdapat pada wortel adalah vitamin C dan B1, serta mineral seperti kalium dan yodium. Konsumsi wortel bisa menjaga penglihatan meski Anda memasuki usia tua.

5. Hati

Salah satu organ hewan ini juga mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 pada daging sapi dan hati ayam dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan Anda.

Vitamin Mata Kering

Berbagai penelitian dikembangkan untuk menyelidiki apakah suplemen vitamin dapat digunakan untuk mengurangi gejala mata kering. Namun bukti ilmiah tentang fungsi vitamin untuk mata dalam pengobatan mata kering belum banyak dan belum ditemukan hubungan langsungnya.

Beberapa penelitian menunjukkan suplemen vitamin dapat bermanfaat bagi orang tua yang tidak memiliki asupan vitamin yang cukup. Meski begitu, memenuhi kebutuhan vitamin tetap penting. Banyak suplemen vitamin yang dijual bebas, namun perlu diingat bahwa sumber vitamin terbaik tetap didapatkan melalui asupan makanan sehari-hari.

Vitamin untuk Mata yang berpotensi untuk mencegah mata kering dan berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda:

1. Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin untuk mata. Asupan vitamin A yang tidak memadai melalui asupan makanan merupakan penyebab utama kekurangan vitamin A.

Kekurangan vitamin ini bagi mata bisa menyebabkan xeroftalmia, yang dimulai dengan penglihatan rabun pada mata. di malam hari (sebelumnya dikenal sebagai ayam rabun). Jika kondisi ini terus berlanjut, dapat menyebabkan mata kering dan kerusakan kornea, yang dapat menyebabkan kebutaan.

Baca juga :   Mata Seperti Melihat Kilatan Cahaya Dan Penyebabnya

Pemerintah rutin memberikan suplemen vitamin A untuk mata kepada anak-anak untuk mencegah defisiensi vitamin A. Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin A dalam jumlah berlebihan. Meski jarang, orang dengan variasi genetik yang rentan bisa mengalami kehilangan penglihatan akibat konsumsi vitamin A yang berlebihan.

Efek samping lain termasuk sakit perut, sakit kepala, mual, dan mudah tersinggung, bahkan gangguan penglihatan. Dokter menganjurkan mengonsumsi suplemen vitamin A tidak melebihi 10.000 IU per hari. Vitamin A ditemukan dalam produk hewani, seperti daging, ikan, ayam, dan produk susu. Sedangkan provitamin A dapat ditemukan pada buah dan sayur.

2. Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C penting untuk pembuluh darah mata sehingga bermanfaat untuk kesehatan mata secara umum. Beberapa sumber vitamin C yang bisa Anda tambahkan ke dalam asupan harian Anda adalah:

  • Jeruk
  • Bayam
  • Tomat
  • Pisang
  • Apel

3. Vitamin D

Para peneliti telah menemukan kemungkinan adanya hubungan antara vitamin D dan mata kering. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan produksi air mata. Vitamin D membantu mengobati mata kering dengan mengurangi peradangan pada kornea dan membantu produksi air mata.

Penelitian oleh Bae SH, et al. Menunjukkan bahwa suplemen vitamin D membantu sekresi air mata, mengurangi ketidakseimbangan air mata, dan mengurangi peradangan pada permukaan mata.

Walaupun penelitian hanya dilakukan pada kelompok sampel kecil, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan vitamin D. Vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Padahal negara kita berada di negara tropis dimana matahari bersinar sepanjang tahun.

Data menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D di Asia Tenggara berkisar antara 6-70%. Hal ini bisa disebabkan oleh keengganan sebagian besar orang untuk meninggalkan ruangan saat matahari sedang terik. Faktanya, penelitian terbaru menemukan bahwa paparan sinar matahari, yang merupakan sumber vitamin D paling banyak, terjadi sekitar siang hari.

4. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel mata dari kerusakan. Vitamin E ditemukan di banyak kacang-kacangan dan ubi jalar.

5. Seng

Seng adalah mineral yang penting untuk mengubah vitamin A menjadi melanin, pigmen pelindung mata. Secara alami, tubuh kita tidak menghasilkan zinc, sehingga asupan nutrisi ini harus cukup. Makanan yang mengandung seng meliputi:

  • Tiram
  • Daging sapi
  • Makanan laut seperti ikan, udang
  • Telur
  • Susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.