Cara Mengatasi Mata Kering Agar Kondisi Mata Tidak Semakin Parah

Mata kering adalah salah satu kelainan paling umum yang dialami siapa pun. Biasanya orang yang mengalami kondisi ini akan merasakan ketidaknyamanan pada bagian matanya.

Mulai dari mata yang terasa perih, gatal, hingga penglihatan yang menjadi tidak jelas.

 

Cara Mengatasi Mata Kering

Kondisi mata kering ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Misalnya

  • Usia,
  • Kekurangan cairan tubuh
  • Atau dehidrasi,
  • Terpapar angin kencang,
  • Terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel.

Berbagai faktor tersebut menyebabkan mata tidak menghasilkan air mata dengan baik, sehingga mata akan cepat kering.

Padahal air mata punya peran penting. Dalam hal ini air mata berfungsi untuk melindungi dan menjaga agar mata tetap sehat, nyaman, terhidrasi dengan baik, untuk menghilangkan segala kotoran atau debu yang dapat menyebabkan infeksi. Dengan begitu, mata Anda biasanya mengeluarkan air mata setiap hari agar tetap lembab dan sehat.

Namun tidak bisa dipungkiri, terkadang kondisi mata kering ini bisa terjadi kapan saja. Apalagi jika aktivitas sehari-hari Anda berada di depan service laptop. Dengan dipaksakan, Anda akan menatap cahaya di layar monitor dalam waktu lama.

Jika kondisi ini terjadi, maka perlu segera dilakukan beberapa cara untuk mengatasi mata kering. Ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi mata dan mencegah risiko kondisi semakin parah.

Bagi Anda yang sering mengalami hal tersebut, berikut ini kami berikan gambaran cara mengatasi mata kering yang bisa dilakukan.

Mengedipkan

Cara pertama mengatasi mata kering yang bisa dilakukan adalah dengan mengedipkan mata. Perlu diingat, aktivitas menatap layar komputer bisa membatasi mata Anda berkedip setiap menitnya.

Jika ini adalah salah satu aktivitas Anda sehari-hari, cobalah berkedip lebih sering. Atau ikuti aturan 20:20, yaitu menutup mata setiap 20 menit selama 20 detik.

Cara ini bisa membantu menjaga kelembapan mata meski harus bekerja di depan komputer dalam waktu lama. Selain itu, Anda disarankan untuk menyesuaikan jarak antara layar yang ada di bawah mata Anda. Dengan begitu, mata tidak perlu terbuka lebar sehingga bisa memperlambat penguapan air mata yang menyebabkan kondisi mata kering.

Membersihkan Bulu Mata

Perlu diingat, membersihkan kelopak mata dan kulit serta rambut di sekitarnya bisa membantu mengontrol peradangan kelopak mata.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sedikit sampo bayi atau sabun lembut untuk membasuh mata. Berikan pijatan lembut pada area sekitar saat mata Anda tertutup. Bersihkan juga pangkal bulu mata dengan baik, agar debu dan kotoran bisa benar-benar hilang.

Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengatasi mata kering yang tidak kalah efektifnya adalah dengan mengoleskan kompres air hangat. Namun, perlu diingat bahwa air mata terbuat dari minyak, air, dan lendir. Ketiga unsur tersebut harus dipenuhi agar produksi air mata dapat diproduksi dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa mengompres air hangat. Ini dilakukan untuk meredakan iritasi dan melonggarkan mata yang tersumbat minyak.

Caranya adalah dengan membasahi waslap atau kain lembut dengan air hangat, peras, lalu letakkan di atas mata yang tertutup. Biarkan selama minimal 1 menit.

Makan Ikan Berminyak

Mengonsumsi ikan berminyak juga menjadi salah satu cara mengatasi mata kering yang perlu dilakukan. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, trout, dan mackerel. Jenis ikan ini diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan lemak omega-3 ini dikatakan dapat membantu kelenjar penghasil minyak di mata bekerja dengan baik. Hal ini tentunya juga dapat meredakan iritasi atau peradangan yang terjadi pada mata.

Selain beberapa jenis ikan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi minyak canola dan minyak kedelai atau minyak biji rami. Atau Anda juga bisa mengonsumsi pil atau suplemen lemak omega-3 khusus.

Hidrasi Tubuh Yang Cukup

Cara mengatasi mata kering yang tidak kalah pentingnya adalah dengan melembabkan tubuh dengan baik. Dengan meminum cukup air setiap hari dapat membantu menjaga kelembapan mata. Setidaknya, Anda perlu minum 8-10 gelas air sepanjang hari.

Namun jika tidak suka air putih, Anda bisa mengonsumsi minuman lain yang tidak mengandung alkohol dan kafein. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis buah yang kaya akan kandungan air. Seperti ketimun, semangka, melon dan lain sebagainya.

Baca juga :   Mata Minus Tertinggi Jangan Dibiarkan Harus Segera Diatasi

Gunakan Kacamata

Cara mengatasi mata kering selanjutnya bisa menggunakan kacamata. Disini anda bisa menggunakan kacamata Wraparound yang berfungsi untuk membantu melindungi mata anda dari angin. Hal ini karena terpaan angin kencang merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan air mata cepat mengering.

Kacamata ini tentunya bisa digunakan saat berada di luar ruangan. Namun, jika Anda sedang di rumah, Anda dapat menghindari hembusan udara dari pengering rambut, mengarahkan wajah Anda langsung ke bawah AC, atau mengarahkan wajah Anda langsung ke depan kipas angin.

Gunakan Humidifier dan Filter

Cara terakhir mengatasi mata kering bisa dengan menggunakan filter dan humidifier. Ini dapat membantu menambah kelembapan pada udara dalam ruangan.

Selain itu, penggunaan filter penjernih udara dapat bermanfaat untuk menyaring debu atau partikel lain yang dapat menyebabkan mata kering. Ini adalah metode alternatif yang bisa Anda terapkan di rumah atau ruang kerja.

Makanan Untuk Mata Kering

Mata kering adalah suatu kondisi dimana mata mengalami kekurangan hidrasi (jumlah cairan) pada mata. Mata selalu membutuhkan cairan untuk mencegah iritasi. Tak ayal, salah satu gejala paling umum adalah mata merah.

Mata kering berhubungan dengan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Makanan Untuk Mata Kering

Faktanya, beberapa orang mengalami penurunan risiko masalah mata ketika mereka mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, biji-bijian, dan ikan dalam jumlah sedang. Berikut 4 makanan yang bisa membantu mengatasi masalah mata kering Anda:

Air

Meskipun air bukanlah makanan, namun tetap merupakan nutrisi terpenting bagi tubuh manusia. The Institutes of Medicine merekomendasikan wanita minum sekitar 2 liter dan pria minimal 3 liter. Dua puluh persen air yang dibutuhkan tubuh Anda berasal dari makanan yang Anda makan, dan sisanya berasal dari air minum.

Air adalah komponen kimia utama dan esensial bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem di tubuh Anda bergantung pada air. Misalnya: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh anda, Dan membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab untuk telinga, hidung dan juga tenggorokan. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu kondisi yang terjadi saat tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Asam Lemak Omega-3

Sumber makanan asam lemak esensial dapat ditemukan pada minyak ikan dan ikan air dingin seperti salmon, halibut, sarden dan tuna. Sumber lain adalah biji rami dan minyak biji rami, yang dapat digiling dalam penggiling kopi dan ditaburkan di atas sereal atau jus buah.

Omega 3 mengandung EPA dan DHA. Omega 3 dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis) sehingga mencegah penyakit jantung, stroke, dan Alzheimer (pikun).

Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa risiko terkena Alzheimer dapat diturunkan jika ada cukup Omega 3 di dalam tubuh. Omega 3 dipercaya dapat meningkatkan fungsi mental, daya ingat dan konsentrasi. Zat yang melimpah dalam lemak ikan juga telah terbukti berhasil dalam mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan, atau skizofrenia.

Zat ini berfungsi untuk mencegah aterosklerosis dan secara signifikan menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan kolesterol di hati dan jantung.

Jadi, dengan mengonsumsi omega 3, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan tubuh lainnya, tetapi juga dalam hal ini mencegah mata kering Anda.

Antioksidan

Mata kering bisa disebabkan oleh kerusakan radikal bebas pada tubuh yang disebabkan oleh penuaan, pola makan yang buruk, kurang olah raga, serta faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, obat-obatan dan stres kronis.

Vitamin C, E, dan A tergolong vitamin kaya antioksidan yang dapat membantu mencegah gangguan mata terkait usia dan penyakit mata lainnya. Selain itu, mineral seperti selenium dan seng juga membantu penyerapan antioksidan. Namun, asupan antioksidan sebaiknya tidak berlebihan.

Vitamin A Bisa didapat dari hati, telur, dan sayur mayur seperti wortel dan bayam. Vitamin A penting dalam fungsi retina, juga membantu mata beradaptasi dengan terang dan gelap terang. Vitamin A mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Baca juga :   Vitamin Untuk Mata Lelah Dapat Mencegah Kebutaan

vitamin C juga penting dalam menjaga kesehatan mata anda. Vitamin C mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Sumber vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, stroberi, brokoli, dan paprika.

Vitamin E juga dikaitkan dengan pencegahan katarak dan memperlambat perkembangan katarak.

Perbanyak makan sayur karena makanan ini bisa membantu memperlambat proses oksidasi. Anda juga bisa makan buah-buahan yang kaya antioksidan, termasuk wortel, melon, dan beri. Atau dalam beberapa keadaan, Anda bisa mengonsumsi vitamin mata yang mengandung antioksidan seperti SOD, lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin.

Kalium & Seng

Sumber makanan terbaik kalium ditemukan dalam rumput laut, bibit gandum, almond, pisang, kismis, kurma, buah ara, dan alpukat. Sedangkan makanan sumber seng yang baik bisa didapat dari ragi, ikan, rumput laut, kacang-kacangan, hati, jamur dan biji bunga matahari.

Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami

Air mata memiliki peran penting untuk kesehatan mata. Tanpa produksi air mata yang memadai, Anda bisa terkena gangguan kornea dan infeksi mata karena air mata tidak menghilangkan partikel dan kuman yang masuk ke mata Anda.

Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami

cara alami untuk menjaga kesehatan mata anda agar mata tidak menjadi kering, yaitu dengan:

Batasi Waktu Layar Gadget

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk melihat layar gadget, semakin besar pula risiko terjadinya mata kering. Jika Anda memang membutuhkan waktu lama untuk menggunakan komputer, tablet, atau gadget lainnya, istirahatlah secara teratur untuk membantu mengurangi ketegangan mata dan mencegah mata kering.

Alihkan perhatian Anda dari layar setiap 15 hingga 20 menit dan fokus pada sesuatu yang dekat, lalu pada jarak menengah, dan kemudian pada sesuatu di kejauhan. Lalu, kembalikan fokus ke titik awal. Sebelum setiap transisi, berkedip dua hingga tiga kali untuk melumasi mata Anda.

Memakai Kaca Mata Hitam

Saat berada di luar, kenakan kacamata hitam. kacamata hitam berguna untuk melindungi mata anda dari debu dan angin yang bisa menyebabkan air mata menguap.

Cuci dan Pijat Kelopak Mata.

Mencuci kelopak mata bagus untuk radang kelopak mata. Seka kain hangat di atas mata dan tahan selama lima menit. Untuk cara membantu melawan peradangan pda mata, gunakan minyak kelapa untuk memijat kelopak mata dengan lembut.

Minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan setelah terpapar sinar UV dan melindungi kulit dari radiasi UV.

Makan Lebih Banyak Makanan Kaya Vitamin A.

Nutrisi ini penting untuk kesehatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, kekebalan, dan perlindungan terhadap radikal bebas. Tingkatkan asupan vitamin A Anda dengan mengonsumsi daging sapi, wortel, aprikot, dan banyak sayuran berdaun hijau.

Oleskan Minyak Kelapa ke Kelopak Mata

Selain memijat kelopak mata dengan minyak kelapa, sangat aman mengoleskan minyak kelapa ke kelopak mata. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, tetapi minyak kelapa diketahui dapat membantu mengatasi mata kering.

Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Makarel, salmon, kenari, biji chia, dan makanan kaya omega-3 lainnya dapat membantu mengurangi gejala mata kering. Seimbangkan pula dengan nutrisi lain agar kesehatan mata tetap terjaga. Anda juga bisa bertanya kepada ahli gizi terpercaya tentang makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Air Mata Buatan Untuk Mata Kering

Kelelahan mata akibat menatap layar gadget, komputer, atau memakai lensa kontak terlalu lama bisa memicu mata kering. Faktor lingkungan juga mendukung kondisi mata kering. Maka dari itu Anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata kering.

Air Mata Buatan Untuk Mata Kering

Di bawah ini kami telah memberikan pilihan obat tetes mata terbaik untuk mengatasi mata kering Anda. Pilih produk sesuai kebutuhan dan budget Anda, ya!

1. Air Mata Visine

Mengembalikan kesegaran mata dengan air mata buatan

Air Mata Visine
Apakah paparan Anda terhadap debu dan udara kering membuat mata Anda kering dan gatal? Alih-alih menggosoknya, lebih baik mengoleskan obat tetes mata dari Visine untuk meredakannya. Visine Tears akan mengatasi sensasi terbakar dan iritasi yang muncul pada mata kering karena berbagai faktor.

Mengandung kombinasi elemen pelumas mata yang menyerupai air mata buatan, Visine Tears memulihkan mata yang kering, gatal dan iritasi hanya dalam satu atau dua tetes. Karena mengandung benzalkonium klorida, obat tetes mata ini tidak boleh digunakan dengan lensa kontak.

Baca juga :   Dokter Mata Anak Yang Bagus Dan Dapatkan Penanganan Yang Tepat

2. Kalbe Farma Navitae

Kalbe Farma Navitae

Saat mata kering menyerang, buat solusi tetes Navitae pertolongan pertama untuk mata kering. Produk ini tidak hanya melumasi dan melembabkan mata kering Anda, produk ini juga memberikan kenyamanan.

Obat tetes mata yang dibuat oleh Kalbe Farma ini mengandung vitamin A yang dapat menyembuhkan kerusakan mekanis sel epitel kornea akibat penggunaan lensa kontak. Vitamin E juga terdapat dalam produk ini, berfungsi sebagai antioksidan untuk mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus mengurangi risiko peradangan akibat radikal bebas.

3. Kalbe Farma Matafres

 

Aman untuk langsung dijatuhkan tanpa harus melepas lensa kontak

Kalbe Farma Matafres

Matafres adalah obat tetes mata terbaik dengan frekuensi penggunaan minimal. Di setiap ampul, ada 0,4 ml larutan tetes. Apakah Anda memerlukan obat tetes mata bebas pengawet? Matafres berikut dibuat oleh Kalbe Farma dibuat tanpa bahan pengawet. Menariknya, tetes mata Matafres sangat praktis karena bisa digunakan dengan lensa kontak.

Gunakan tetes mata yang satu ini untuk melembabkan mata kering Anda. Hanya 1-2 tetes, sodium hyaluronate 0,1% bekerja segera untuk meredakan mata kering dan memberikan kenyamanan. Dengan begitu, Anda bisa produktif kembali.

4. Cendo Hyalub Minidose

Mata dijamin nyaman dan lembab hanya dengan 1 tetes

Cendo Hyalub Minidose
Produk yang mengandung sodium hyaluronate tinggi per ml tetes ini sangat efektif untuk mengatasi mata kering. Jika Anda ingin menghilangkan mata kering secepat mungkin, obat tetes mata dari Cendo patut Anda coba. Hanya saja, Anda memerlukan bimbingan dokter sebelum menggunakannya mengingat obat tetes mata ini tergolong obat keras.

Cendo Hyalub mendesainnya dalam bentuk minidosis dan dipastikan tidak mengandung bahan pengawet. Cara kerja produk ini dalam menyejukkan mata adalah dengan mengandalkan sodium hyaluronate-nya untuk menyimpan molekul air yang menjaga kelembapan permukaan mata. Berkat ini, mata kering yang disertai sensasi terbakar dan tidak nyaman akan hilang secepatnya!

5. Air Mata Konimex Braito

Mengantongi air mata buatan untuk melembabkan dan menenangkan mata

Air Mata Konimex Braito
Merek farmasi Konimex mendesain obat tetes mata untuk mata kering yang mengandung air mata buatan. Produk ini akan meredakan gejala mata kering seperti perih dan iritasi. Komponen air mata buatan di dalamnya bekerja dengan cepat untuk melumasi dan menenangkan mata yang kering.

Braito Tears adalah obat tetes mata berkualitas yang wajib kamu coba. Mengandung 0,3% hidroksipropil metilselulosa, ramuan inilah yang menjadi kunci utama obat ini untuk menyembuhkan mata kering. Berharga secara ekonomis dan dikelompokkan dalam obat-obatan yang dijual bebas, Anda juga lebih hemat dan tidak perlu takut tas pecah, misalnya Anda membutuhkannya secara berkelanjutan.

Hal Lain Yang Perlu Anda ketahui Saat Anda Menggunakan Obat Tetes Mata

Dari segi siapa penggunanya, obat tetes mata umumnya dibagi menjadi dua segmen, yaitu tetes mata untuk pengguna lensa kontak dan obat tetes mata biasa yang bukan untuk pengguna lensa kontak. Untuk sebagian besar produk lokal, pembeda mudah ditemukan. Anda hanya perlu melihat ada atau tidaknya bahan pengawet seperti benzalkonium klorida.

Benzalkonium klorida lebih berbahaya bagi pengguna lensa kontak karena kandungan tersebut akan diserap oleh lensa kontak bersama dengan komponen baik lainnya. Anda harus terlebih dahulu memeriksa kompatibilitas obat tetes mata dengan lensa kontak. Bagi pengguna lensa kontak, sebaiknya obat tetes mata yang dibuat khusus untuk lensa kontak.

Kemudian, perhatikan kadaluwarsa obat tetes mata tanpa bahan pengawet. Informasi mengenai validitas produk dapat dicek pada kemasan. Sedangkan obat tetes mata yang mengandung pengawet memiliki masa pakai yang lebih lama, namun Anda juga perlu memeriksa kualitas warna, tekstur, dan aroma cairan untuk mengetahui kelayakan penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *