Cara Menghilangkan Debu Di Mata Yang Paling Efektif

Saat mata kena debu tentunya sangat mengganggu karena terasa tidak nyaman dan sulit untuk membuka mata. Saat mata terkena debu, biasanya Anda memilih untuk mengucek mata dengan harapan debu tersebut akan hilang dengan sendirinya. Padahal kamu juga tahu kalau tindakan ini kurang baik untuk kesehatan mata.

Cara Menghilangkan Debu Di Mata

Daripada mengucek mata untuk mengeluarkan debu, berikut adalah cara paling efektif dan aman untuk mengeluarkan debu dari mata Anda.

Siram Dengan Air

Saat debu masuk ke mata Anda, ambil segenggam air bersih dan percikkan beberapa kali. Ini berguna untuk menghilangkan debu yang terperangkap di mata.

Berkedip

Berkediplah sebanyak yang Anda bisa untuk mengeluarkan air mata. Air mata ini akan membawa debu keluar dari bola mata.

Putar Matamu

Selain berkedip, cobalah untuk memutar mata Anda ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan. Cara ini dianggap efektif untuk menghilangkan debu.

Menggunakan Kapas

Saat Anda tahu di mana debunya, ambil kapas dan angkat kelopak mata Anda. Kemudian keluarkan secara perlahan dengan bola kapas.

Gunakan Kain Bersih

Selain kapas, Anda bisa menggunakan kain bersih untuk menghilangkan debu. Tapi pertama-tama basahi kain dengan air bersih lalu bersihkan debu secara perlahan.

Debu yang menempel di mata memang mengganggu. Tetapi Anda dapat mencoba metode di atas untuk menghilangkannya.

Cara Mengeluarkan Serangga Dari Mata

Berbahaya, jangan mengucek mata jika masuk benda asing, peringatan ini mungkin sudah kita dengar atau sering kita dengar.

Mata sebenarnya dilindungi oleh kelopak mata yang menutup dengan sangat cepat dengan refleks berkedip, begitu cepat sehingga sesuatu yang terjadi disebut seketika.

Cara Mengeluarkan Serangga Dari Mata

Benda asing yang akan masuk ke mata akan menyentuh bulu mata terlebih dahulu sehingga ada rangsangan untuk segera berkedip, selain itu refleks kedip juga terjadi saat melihat sesuatu yang menyeramkan yang datang.

Walaupun mata dilengkapi dengan kelopak mata dan memiliki reflek berkedip yang sangat cepat, benda asing terkadang masih masuk ke dalam mata, mungkin hal ini dikarenakan benda tersebut sangat kecil dan mata terbuka lebar atau mungkin kita sedang berkendara dan tidak memakai kacamata.

Baca juga :   10 Manfaat Energi Matahari Sangat Nyata Bagi Tubuh Manusia

Sehingga kecepatan benda kecil di sekitar mata bisa mengecoh refleks kedip kita. Selain refleks berkedip, mata juga memiliki refleks bebas air mata sehingga mata bisa langsung dibersihkan dari benda asing yang masuk ke permukaan bola mata.

Semut atau serangga yang tersesat ke permukaan bola mata biasanya akan menggigit dan menyebabkan kita langsung memejamkan mata karena shock atau sakit, jika orang yang mengedipkan mata semut atau benda lain mengucekkan mata maka otomatis benda yang masuk hinggap di atas mata.

Permukaan bola mata akan tertekan dan akan bergerak gerakan di atas permukaan mata yang mengusapnya, semakin keras kita menggosok maka gerakan tersebut maka semut atau benda asing akan bergerak sesuai arah yang kita usap.

Benda asing yang masuk ke mata kita otomatis akan menjadi semacam empelas yang akan mengikis permukaan mata sehingga akan terjadi luka pada permukaan mata dan dapat terjadi infeksi.

Kenali Gejala Infeksi Mata

Jika benda asing yang masuk adalah serangga, biasanya serangga tersebut akan terperangkap oleh kelopak mata yang tertutup dan akan terbunuh oleh air mata yang langsung keluar untuk membasahi permukaan bola mata, namun jika yang masuk adalah benda asing berupa Dari butiran pasir atau potongan kecil benda padat lainnya maka gerakan menggosok yang kita lakukan akan membuat pasir atau potongan benda padat tersebut semakin tenggelam atau semakin melukai bola mata.

Mengeluarkan benda asing dari mata yang berkedip, lebih baik meminta bantuan teman, jika ada serangga yang masuk ke dalam mata mudah untuk dihilangkan yaitu dengan menggunakan kapas bersih dengan sudut yang agak disesuaikan kita dapat menarik serangga yang masuk ke mata.

Serangga biasanya akan terbawa oleh air mata miring ke bawah pada kelopak mata bawah atau sudut luar bola mata, ujung kapas digerakkan dengan lembut dan hati-hati untuk membuat gerakan menghapus ke arah benda yang akan dilepas .

Jika ingin mengeluarkannya sendiri, kamu juga bisa membilas bola mata dengan air bersih, tapi harus hati-hati. Meski benda asing bisa dikeluarkan, tetap akan terasa tidak enak dan air mata masih akan mengalir keluar, jadi kita harus bersabar dan jangan menggosok mata.

Baca juga :   Cara Menumbuhkan Bulu Mata Yang Botak Menjadi Lebih Tebal

Jika benda kecil yang masuk ke permukaan bola mata merupakan benda padat keras yang secara kasar tersangkut atau terendam, maka penderita perlu segera dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

Cara Menghilangkan Kotoran Yang Menempel Di Bola Mata

Penyebab dan cara untuk membersihkan kotoran pada mata seringkali dianggap remeh. Saat kotoran atau benda asing masuk ke mata Anda, Anda mungkin secara refleks menggosok mata untuk menghilangkannya. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan iritasi mata.

Anda tidak boleh dengan sembarangan untuk membersihkannya karena dapat menyebabkan infeksi dan juga masalah yang lebih serius.

Cara Menghilangkan Kotoran Yang Menempel Di Bola Mata

Penyebab dan cara membersihkan kotoran pada mata perlu diperhatikan untuk dapat menjaga kesehatan anda. Berbagai gangguan pada mata bisa terjadi jika kotoran pada mata tidak segera dibersihkan dengan cara yang aman, misalnya kesulitan membuka kelopak mata di pagi hari, mata berair yang disertai rasa gatal, hingga gangguan penglihatan.

Penyebab Munculnya Debit Mata

Keluarnya cairan pada mata yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Kotoran pada mata yang biasanya disebabkan oleh benda-benda dari luar tubuh (faktor eksternal) seperti kotoran, pasir, debu, dan juga benda asing lainnya.

Saat benda asing masuk kedalam mata, hal ini tentunya dapat mengiritasi kornea mata anda. Kornea adalah bagian mata transparan yang terletak di bagian depan pada mata yang melindungi bagian mata seperti iris dan juga pupil.

Selain itu, keluarnya cairan pada mata juga bisa disebabkan oleh faktor internal seperti infeksi, alergi, iritasi, atau bahkan juga bisa disebabkan kerusakan mata. Jika cairan mata sudah menumpuk, mata akan terasa gatal dan berkerak, tidak nyaman, perih, berair, sulit bergerak, sering berkedip, sulit dibuka saat bangun tidur, dan memerah.

Cara Membersihkan Kotoran Mata Dengan Aman

Cara Membersihkan Kotoran Mata Dengan Aman

  • Posisikan diri Anda senyaman mungkin

Posisikan diri Anda senyaman mungkin sebelum anda mulai untuk membersihkan mata.

Mulailah dengan memiringkan kepala ke bawah atau sedikit menundukkan kepala. Ini akan segera dapat menjatuhkan aliran air atau larutan pencuci mata, Dan dapat mencegah infeksi menyebar ke seluruh mata anda.

Baca juga :   Cara Membersihkan Kacamata Yang Tergores Hingga Terlihat Baru

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan saat anda menggunakan lensa kontak. Lensa kontak juga merupakan salah satu penyebab paling umum terjadi infeksi pada mata, biasanya dikarena Anda tidak memasang lensa kontak dengan benar atau dengan memakai lensa kontak yang terlalu lama.

Selain itu, memakai lensa kontak juga dapat menjebak kotoran yang masuk, Dan dapat memperburuk gejala infeksi pada mata. Sebelum anda membersihkan mata, Maka pastikan juga Anda telah melepas lensa kontak Anda.

  • Bersihkan Mata Dengan Lembut

Sebelum membersihkan kotoran mata Anda sendiri atau orang lain, ingatlah untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu.

Kemudian, Anda bisa membersihkan kotoran mata dengan mengompres mata dengan kain bersih atau waslap yang dibasahi air hangat.

Diamkan beberapa menit agar kotoran yang mengendap di mata bisa lebih lembut dan mudah dibersihkan.

Kemudian bersihkan mata secara perlahan sampai bersih. Jika merasa ada gangguan, sebaiknya periksakan mata ke dokter agar lebih aman.

Selain itu, waspadai kondisi lebih lanjut setelah membersihkan kotoran mata yaitu jika mata masih terasa tidak nyaman, gejalanya bertambah parah atau disertai gejala lain seperti mata tersumbat atau berpasir, penglihatan kabur dan mata berair. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk meminta penanganan yang tepat.

Kenali Gejala Infeksi Mata

Kenali Gejala Infeksi Mata

Gejala infeksi mata termasuk mata merah, gatal, dan sakit mata. Cara mengenali berbagai gejala infeksi mata ini adalah:

Buka lebar mata Anda dengan bantuan dua jari, lalu lihat area mata Anda di depan cermin.

Lihat bagian merah muda di bagian dalam tutup bawah. Jika ada kotoran atau bercak kecil, coba bersihkan kotoran tersebut secara perlahan dengan bantuan kapas basah atau aliran air.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak kena bola mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *