Cara Mengobati Bintitan Yang Mengeras Dan Mempercepat Penyembuhan

Pernahkah Anda memiliki benjolan yang tumbuh di kelopak mata yang mengeras tetapi tidak ada rasa sakit? Ini adalah kalazion. Berikut ini ada beberapa cara mengobati bintitan yang mengeras.

Keluhan bintil pada kelopak mata dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yang paling umum antara lain:

Hordeolum (yaitu benjolan akibat infeksi pada satu atau lebih kelenjar minyak di kelopak mata, keluhan bengkak, kemerahan, sensasi panas dan nyeri pada benjolan, umumnya terjadi pada satu mata)

Kalazion (yaitu peradangan akibat penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata, keluhan berupa benjolan, tidak nyeri, teraba lembut, dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu tanpa terapi)

Cara Mengobati Bintitan Di Kelopak Mata Atau Kalazion

Cara Mengobati Bintitan Di Kelopak Mata Atau Kalazion

Saat Anda berkonsultasi dengan dokter, maka dokter akan memeriksa benjolan pada kelopak mata yang mengeras.

Cara untuk dapat mengobati bintitan yang mengeras pada kelopak mata anda atau kalazion, mengutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO).

1. Kompres Panas

Dengan mengompres area benjolan di kelopak mata adalah cara yang pertama untuk menghilangkan kalazion. Rendam kain bersih dalam air yang panas dan letakkan pada kelopak mata yang terkena bintitan.

Jaga agar kain tetap hangat, jadi ada baiknya merendam kain dalam air panas sesering mungkin saat terasa dingin. Kompres air hangat membantu kelenjar minyak yang tersumbat berjalan lebih lancar.

2. Melakukan Pijat

Sebelum melakukan pemijatan, maka pastikan juga tangan Anda bersih untuk mengurangi risiko infeksi pada mata. Selain bisa membuat benjolan muncul kembali, hal ini juga bisa memicu terjadinya infeksi.

3. Hindari Meremas Benjolan

Rasanya sangat mengganggu dan ingin sekali menyentuhnya, namun jika dipencet dan keluar cairan di dalam benjolan bisa menularkan infeksi pada kelopak mata.

Bukan tidak mungkin kalazion akan membesar ketika benjolan pecah dan cairan menempel pada mata yang lain.

4. Pemberian Antibiotik

Ketika terjadi infeksi pada benjolan di kelopak mata, maka antibiotik perlu untuk diberikan.

Fakta tentang antibiotik adalah bahwa mereka harus diberikan ketika Anda telah berkonsultasi dengan dokter. Anda tidak disarankan meminumnya tanpa resep dokter.

Baca juga :   Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Agar Bulu Mata Sehat Dan Cantik Alami

Obat Mata Bintitan Di Apotik

Bintitan (hordeolum atau bintitan) adalah salah satu infeksi mata yang paling umum. Meski ukuran benjolannya kecil, kondisi ini bisa menyebabkan mata gatal dan terasa sangat kental. Anda mungkin telah mencoba kompres hangat untuk meredakannya. Tetapi jika ini tidak berhasil, pergilah ke apotek dan temukan obat mata bintitan berikut ini.

Berbagai Obat Mata Bintitan Yang Ampuh

Padahal, bintil bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Namun, rasa gatal dan benjolan di area mata tentu membuat Anda tidak nyaman dan percaya diri bukan?

Sebagai solusinya, berikut ini ada berbagai obat untuk mata bintitan yang bisa untuk mempercepat penyembuhan bintitan.

1. Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat Mata Bintitan Di Apotik

Analgesik adalah salah satu obat lini pertama untuk mengobati mata bintitan pada kelopak mata. Saat Anda pergi ke apotek, biasanya Anda akan disarankan untuk mengonsumsi parasetamol atau ibuprofen, sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Kedua jenis obat penghilang rasa sakit ini bekerja untuk membantu meredakan rasa sakit dan gatal akibat bintil.

2. Salep

Berbagai Obat Mata Bintitan Yang Ampuh

Selain menggunakan obat oral, obat untuk mata bintitan juga tersedia dalam bentuk salep. Salep yang digunakan untuk mengobati bintitan biasanya mengandung antibiotik untuk meredakan peradangan.

3. Suntikan Steroid

Suntikan Steroid

Jika bintitan pada kelopak mata tidak sembuh – sembuh dan semakin membengkak, Maka dokter mungkin akan menyuntikkan steroid ke kelopak mata yang ada bintitan. Suntikan steroid ini berfungsi untuk dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada kelopak mata Anda.

4. Operasi

Jika pengobatan yang telah dilakukan tidak berhasil dan bintitan telah mempengaruhi penglihatan Anda atau tidak hilang, cara lain untuk dapat mengobatinya yaitu denan melakukan operasi. Dikutip dari American Academy of Ophthalmology, operasi bintitan dilakukan di kantor dokter dengan anestesi lokal.

Jika bintitan muncul kembali, dokter Anda mungkin melakukan biopsi. Sampel jaringan bintitan akan diambil dan diperiksa.

Kapan Sebaiknya Pergi Ke Dokter?

Meski terkesan sepele dan bisa hilang dengan sendirinya, Namun bintitan yang tak kunjung sembuh juga bisa memicu infeksi yang berkepanjangan lho. Segera temui dokter jika Anda mengalami:

  • Benjolan semakin besar dan mengeras
  • Tidak membaik setelah kompres hangat atau perawatan rumah lainnya
  • Penglihatan yang mengganggu
  • Jangan menunggu lebih lama lagi untuk memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika mata Anda mengalami bintil berulang. Sebab, dikhawatirkan disebabkan oleh infeksi mata lainnya, seperti dengan blepharitis atau selulitis.
Baca juga :   Bunga Katarak Untuk Mata Memiliki Banyak Manfaat

Jika itu masalahnya, dokter akan melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan cairan nanah di kelopak mata. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak sekaligus mempercepat penyembuhan.

Baca juga : Penyebab Mata Bintitan Terus Menerus Dan Dapat Segera Diatasi

Obat Tradisional Bintitan Di Kelopak Mata

Umumnya, bintitan bukanlah kondisi serius dan akan hilang dengan sendirinya. Meski begitu, styes pasti akan sangat mengganggu. Pasalnya, jika mata tidak nyaman, bekerja dan melakukan aktivitas sehari – hari menjadi sulit.

Belum lagi bintitan bikin mata jadi benjol. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan Anda saat harus berinteraksi dengan orang lain. Itu sebabnya, jika ada cara yang bisa membantu mengobati bintitan, kenapa tidak?

Berikut ini ada beberapa cara untuk dapat mengobati mata bintitan secara alami

1. Bersihkan Dengan Sabun Dan Air

Air saja tidak cukup untuk mengobati bintitan. Sebaiknya gunakan sabun dan air sebagai cara menghilangkan bintil dengan cepat. Gunakan tisu atau kain bersih yang sebelumnya dibasahi dengan sabun dan air. Gosok kelopak mata Anda dengan lembut dan perlahan. Pastikan Anda menggunakan jenis sabun yang tidak melukai mata.

2. Bersihkan Dengan Larutan Air Dan Garam

Bersihkan Dengan Larutan Air Dan Garam

Garam mengandung magnesium yang efektif untuk dapat membunuh bakteri dan dapat mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan. cara untuk menggunakan garam sebagai obat antiseptik alami, larutkan garam dalam air yang hangat dan aduk rata.

Selanjutnya, celupkan kain lembut atau bisa juga menggunakan kapas celupkan ke dalam larutan garam dan kompres pada mata bintitan. Biarkan selama 15-20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

3. Teh Celup Panas

Teh celup yang sudah digunakan masih bisa bermanfaat untuk hal lain. karena teh celup bekas masih bisa digunakan untuk mengompres mata bintitan.

Baca juga :   Berbagai Penyebab Mata Anak Sering Berkedip Dan Cara Mengatasi

Sebenarnya Anda bisa untuk menggunakan jenis teh apa saja, namun teh hitam yang dipercaya memiliki sifat antibakteri serta efek pembengkakan yang baik untuk dapat mempercepat penyembuhan pada mata bintitan.

Tempatkan kantong teh hangat di mata Anda selama 5-10 menit. Pastikan kantong teh tidak terlalu panas.

4. Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat diketahui dapat mengobati sejumlah masalah mata. cara ini sama efektifnya karena membantu mendorong nanah hingga ke permukaan kelopak mata, sehingga bisa keluar secara alami.

Penting untuk diketahui bahwa benjolan merah di bintil biasanya berisi nanah. Karena itu, jangan panik saat keluar nanah dari mata Anda, karena itu artinya bintitan akan segera sembuh.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya sebagai salah satu obat alami yang ampuh untuk menghilangkan bintil. Siapkan daun lidah buaya dan belah untuk menghilangkan getah atau lendirnya dengan cotton bud. Kemudian oleskan getah lidah buaya pada bintil yang muncul di kelopak mata. Anda dapat menerapkannya beberapa kali sehari sampai infeksi berkurang atau hilang.

6. Daun Ketumbar

Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga efektif meredakan infeksi dan bengkak pada mata bintitan. Daun ketumbar berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga dapat mengatasi mata tumpul akibat kotoran dan bakteri lebih cepat.

Rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar ke dalam setengah cangkir air. Tiriskan dan tunggu hingga agak dingin. Setelah itu, gosokkan daun ketumbar pada mata bintitan. Untuk dapat menyembuhkan bintil lebih cepat, maka anda bisa untuk langsung meminum air rebusan daun ketumbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *