Cara Mengobati Penyakit Belek Pada Mata Agar Cepat Sembuh

Belekan adalah kotoran yang dikeluarkan dari kelenjar air mata yang menumpuk saat seseorang tidur dan bercampur dengan debu. Keputihan biasanya muncul di sudut mata bagian dalam ketika seseorang bangun dari tidur. Semakin banyak debu atau kotoran di mata, semakin banyak pula noda yang dihasilkan. Jika jumlahnya terlalu banyak untuk mengisi bulu mata dan mata sulit dibuka karena lengket, Anda perlu berhati – hati. Pasalnya, belekan berlebihan bisa menjadi pertanda penyakit yang lebih serius maka dari itu ada beberapa cara mengobati penyakit belek pada mata.

Penyakit Yang Ditandai Belekan Berlebihan

Penyakit Yang Ditandai Belekan Berlebihan

Pendarahan yang berlebihan bisa menjadi tanda penyakit berikut:

Blefaritis, yaitu peradangan pada kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus. Selain keluarnya cairan yang berlebihan, gejala blepharitis lainnya termasuk iritasi mata, benda asing di mata, dan kelopak mata gatal, merah, dan bengkak.

Konjungtivitis adalah peradangan pada bagian mata yang disebut dengan konjungtiva. Ketika peradangan ini terjadi, seseorang mengalami mata merah, berair, dan gatal karena banyaknya kotoran yang menumpuk di mata. Konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus.

Keratitis adalah peradangan pada kornea mata. Gejalanya mirip dengan konjungtivitis, yaitu berupa mata sensitif terhadap cahaya, kesulitan membuka mata, air mata terus – menerus, gangguan penglihatan, sensasi benda kecil seperti pasir di mata, serta merah, nyeri, bengkak, dan mata yang teriritasi.

Tanda Belekan Yang Harus Diwaspadai

Jika Anda mengalami sakit belekan dengan salah satu gejala berikut, segera bicarakan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat:

Lendir kental berwarna hijau atau abu – abu. Kondisi ini menandakan adanya infeksi bakteri piogenik alias konjungtivitis bakteri.

Baca juga :   Mata Bengkak Sebelah Setelah Bangun Tidur Dan Cara Mengatasinya

Lendir berwarna kekuningan disertai rasa sakit saat berkedip dan benjolan kecil di kelopak mata (mirip jerawat).

Bola lendir putih atau kuning yang jatuh karena air mata. Kondisi ini menunjukkan infeksi dakriosistitis dan sistem drainase air mata atau kantung nasolakrimalis.

Keputihan yang kental dan kering, disebabkan oleh infeksi blefaritis. Kondisi ini yang dapat membuat kelopak mata menjadi tebal dan membentuk sisik kulit mati seperti ketombe.

Lendir berbusa berwarna kuning kehijauan, disebabkan oleh disfungsi kelenjar meibom (MGD).

Ini berair karena bercampur dengan air mata. Kondisi sugestif infeksi konjungtivitis virus.

Lendir putih encer, lengket, dan berserabut yang menempel di sudut mata. Kondisi ini bisa menjadi gejala konjungtivitis alergi, yang disebabkan oleh paparan serbuk sari, bulu, debu, dan iritan lainnya.

Cara Mengatasi Mata Belekan

Cara Mengatasi Mata Belekan

Ada beberapa cara untuk mengobati sakit mata tergantung pada penyebab yang mendasarinya. berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter

Jika keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik berupa obat tetes mata, salep, atau pil. Hindari sembarangan mengonsumsi antibiotik tanpa petunjuk dari dokter. Setelah perawatan yang tepat, luka mata akibat infeksi bakteri dapat sembuh dalam waktu seminggu.

2. Berikan Kompres Dingin

Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengobati sakit mata akibat infeksi virus. Penyakit ini biasanya hilang dengan sendirinya setelah dua minggu. Untuk mempercepat penyembuhan penyakit, Anda bisa mengoleskan kompres dingin es batu yang dibungkus handuk kecil atau waslap ke kelopak mata yang belekan. Gunakan beberapa kali sehari.

3. Bilas Mata Dengan Air Hangat Bersih

Untuk mengobati mata berair akibat paparan bahan iritan, Anda bisa membilas bagian mata tersebut dengan air hangat selama lima menit. Juga, hindari paparan zat yang mengiritasi. Mata berair akibat paparan iritan biasanya sembuh setelah empat jam setelah membilas dengan air bersih. Jika tidak sembuh, segera bawa ke dokter.

Baca juga :   Penyakit Mata Retina Dan Perawatan Penyakit Retina

4. Tetes Mata

Untuk mengobati mata berair akibat alergi, berikan obat tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi. Dokter biasanya juga menyarankan pasien untuk mengonsumsi obat anti inflamasi. Agar proses penyembuhan bisa lebih cepat, seimbangkan penggunaan obat tetes mata dengan kompres dingin dan hindari sumber alergi.

5. Gunakan Obat Antivirus

Untuk mengobati sakit mata akibat infeksi menular seksual, dokter biasanya menganjurkan pasien untuk mengonsumsi obat antivirus atau antibiotik sesuai dengan akar penyakitnya.

Baca juga : Antibiotik Untuk Mata Bengkak Dapat Mempercepat Penyembuhan

Cara Merawat Mata Belekan

Cara merawat mata belekan

Saat mata terasa gatal, sebaiknya jangan digaruk karena bisa membuat bakteri penyebab belekan menyebar ke area mata lainnya. Lalu, apa yang harus dilakukan saat muncul belekan dan gejala yang menyertainya? Berikut adalah beberapa cara mengobati penyakit belek pada mata di antaranya:

  • Kompres mata dengan air yang hangat selama 10-15 menit. Cara ini bukan untuk membunuh kuman penyebab, namun hanya bisa untuk menghilangkan gejala yang muncul.
  • Hindari alergen, terutama jika luka muncul sebagai reaksi alergi.
  • Gunakan obat tetes mata, tapi jangan terlalu sering. Sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes mata agar Anda mengetahui dosis dan lama penggunaan.
  • Hindari menyentuh atau menggosok mata
  • Sering – seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah mengobati atau mengobati sakit mata
    Bersihkan area mata dua kali sehari dengan kapas yang telah dibasahi dengan sedikit air bersih. Setelah itu, buang kapasnya dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Hindari berbagi make-up, lensa kontak, handuk, atau gelas minum dengan orang – orang di sekitar Anda untuk mencegah penyebaran penyakit
  • Jika mata hanya pada satu mata, berhati – hatilah saat menggunakan obat tetes mata. Jangan biarkan cairan mata dari belekan mengalir ke bagian mata yang sehat
  • Berhenti atau istirahatlah menggunakan lensa kontak selama mata belekan belum sembuh
Baca juga :   Cara Mengobati Penyakit Mata Pterigium bagi Peselancar

Obat Mata Belekan Alami

Obat Mata Belekan Alami

Mengetahui cara mengobati sakit mata secara alami akan memudahkan pengobatan sakit mata di rumah, tanpa harus minum obat. Pahami, penyebab sakit mata adalah infeksi virus atau bakteri, alergi serbuk sari, saluran air mata tersumbat, mata kering, radang kornea, dan iritasi.

Cara mengobati sakit mata secara alami, tidak semuanya aman. Coba cara mengobati sakit mata secara alami yang pasti aman. Seperti apa?

Cara mengobati sakit mata secara alami yang aman adalah dengan mengandalkan air garam steril, teh celup, kompres hangat, kompres dingin, lebih rajin mencuci handuk dan sarung bantal, serta membuang riasan yang sudah digunakan saat matanya bengkak.

Berbagai cara untuk mengobati sakit mata dilakukan untuk mengurangi gejala seperti memulihkan peradangan dan pembengkakan. Kemudian cara mengobati sakit mata secara alami dilakukan agar infeksi mata yang kesekian kalinya atau pada mata lainnya tidak terjadi.

Itulah cara mengobati penyakit belek pada mata penyakit yang ditandai dengan belekan berlebihan. Jika Anda memiliki belekan terus – menerus, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.