Cara Merawat Mata Rabun Tergantung Dari Penyebab Utamanya

Ada beberapa cara mengatasi mata minus secara alami yang bisa Anda lakukan. Karena bagi penderita rabun jauh pasti pernah merasakan sakit mata karena terlalu lelah memakai kacamata.
Sakit mata, pusing, dan hal-hal seperti itu sangat wajar dirasakan oleh penderita rabun jauh.

Namun jika tidak menggunakan kacamata, penglihatan Anda akan sangat terganggu. Apalagi bagi penderita rabun dekat yang akan kesulitan melihat dari jarak jauh.

Untuk mengatasinya, sebenarnya Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi mata minus secara alami. Jadi, apakah metode ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Merawat Mata Rabun

Definisi Mata Minus

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengobati mata minus secara alami, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari mata minus itu sendiri.

Padahal, mata minus adalah suatu kondisi di mana mata tidak dapat melihat benda jatuh tepat di retina, melainkan di depan retina. Singkatnya, mata minus adalah suatu kondisi di mana mata hanya dapat melihat benda dengan jelas dari jarak dekat.

Mata minus disebut juga rabun jauh atau miopia. Setiap penderita mata minus memiliki keparahan atau minus yang berbeda. Biasanya bagi penderita yang minusnya masih kecil tidak perlu menggunakan kaca mata atau penanganan khusus.

Pasalnya, penderita tetap bisa mengobatinya dengan mengonsumsi makanan sehat dan pola hidup yang benar.

Penyebab Mata Minus

Padahal, ada beberapa faktor yang menyebabkan mata menjadi minus. Bukan karena gaya hidup, tapi juga faktor keturunan. Untuk itu, di bawah ini penyebab mata minus, di antaranya:

  • Bola matanya terlalu panjang
  • Kornea melengkung terlalu curam
  • Ada kelainan pada endokrin
  • Kekurangan vitamin A.
  • Alergi
  • Keturunan atau genetika
  • Kebiasaan buruk, seperti membaca buku di tempat gelap atau berbaring.
  • Bertambahnya usia

Gejala Mata Minus Exposure

Anda sudah mengetahui tentang beberapa faktor penyebab mata minus. Jika Anda merasa salah satu faktor tersebut ada pada diri Anda, ada baiknya Anda mengantisipasinya terlebih dahulu.

Triknya adalah mengetahui gejala apa yang akan ditimbulkan jika Anda mengalami rabun jauh.

Beberapa gejala mata minus antara lain sebagai berikut.

  • Saat melihat objek di kejauhan, penglihatan Anda perlahan akan kabur
  • Untuk dapat melihat objek dengan jelas, Anda perlu menyipitkan mata
  • Anda akan merasakan sakit atau pegal di area sekitar mata. Salah satu penyebabnya adalah karena terlalu banyak bekerja dan berhadapan dengan komputer
  • Sering mengucek mata, karena benda terlihat samar atau kabur
  • Kesulitan berkendara, terutama pada malam hari karena gelap dan mata Anda silau dengan lampu kendaraan lain
  • Tidak menyadari keberadaan dan keberadaan benda di kejauhan
  • Berkedip sering untuk memastikan objek terlihat jelas

Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

Jika Anda mengetahui definisi, faktor-faktor penyebab mata minus hingga gejala yang sudah Anda ketahui, kini Anda juga perlu mengetahui cara merawat mata minus secara alami.

Mungkin sebagian dari Anda ketika mengalami beberapa gejala rabun jauh, langkah pertama adalah pergi ke dokter mata atau ahli kacamata.

Anda akan menentukan terlebih dahulu apakah mata Anda benar-benar rabun jauh atau tidak. Setelah itu, Anda akan langsung membeli kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

Namun sejatinya, jika kondisi minus Anda tidak terlalu parah, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi atau menggunakan bahan-bahan alami. Dan di bawah ini ada beberapa cara mengobati mata minus secara alami, di antaranya:

1. Konsumsi Wortel

Konsumsi Wortel

Cara pertama mengobati mata minus secara alami adalah dengan rutin mengonsumsi wortel. Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu menjadi makanan atau minuman sebelum dikonsumsi. Diantaranya Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau sup.

Seperti diketahui, wortel sebenarnya kaya akan vitamin A. Dimana, Vitamin A sendiri mengandung betakaroten yang dapat menghasilkan Vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga :   Mimpi Bulu Mata Rontok Isyarat Yang Akan Datangnya Suatu Kejadian

Bagi Anda yang kondisi matanya masih dalam kondisi baik, Anda bisa mengonsumsi wortel untuk menjaga dan merawat mata dengan baik. Sedangkan bagi Anda yang matanya pernah terkena rabun jauh, mengonsumsi wortel bisa mengurangi jumlah minus di mata.

Menariknya, dengan meminum dua gelas jus wortel setiap hari selama satu bulan, kemampuan penglihatan penderita mata minus bisa meningkat secara signifikan.

2. Konsumsi Bit

Konsumsi Bit

Dengan mengonsumsi buah bit juga dapat menyembuhkan minus tinggi dan sudah parah.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan mengolahnya menjadi jus. Agar rasanya lebih enak dan menyegarkan, Anda bisa mencampurkannya dengan belimbing atau wortel.
Selain segar, jus ini juga kaya manfaat. Maka tidak menutup kemungkinan jika mata minus Anda bisa lebih cepat sembuh.

3. Makan Daun Sirih

Mengkonsumsi daun sirih merupakan salah satu cara mengobati mata minus secara alami.

Bahan lain yang dimiliki daun sirih termasuk minyak atsiri. Dimana minyak atsiri sendiri terdiri dari tanin, gula pasir, diatase, kavikol, apti dan seskuiterpen. Untuk kavikol sendiri bermanfaat sebagai pembunuh jamur, bakteri dan antioksidan.

Untuk bisa mengkonsumsi daun sirih bisa mengolahnya menjadi dua jenis. Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai masker mata atau merendam mata pada air daun sirih.

Jika Anda ingin menggunakan daun sirih sebagai masker mata, cara yang perlu Anda lakukan sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencuci dua lembar daun sirih dengan air bersih.

Setelah itu tempelkan daun sirih di atas kelopak mata sebelum tidur. Tunggu dan diamkan sampai keesokan paginya, lalu lepas.

Sedangkan jika ingin mengolahnya menjadi cairan daun sirih, langkah yang perlu Anda tempuh sedikit lebih lama. Pertama, bersihkan dua lembar daun sirih dengan air bersih, kemudian rendam dalam air di baskom.

Kemudian uleni daun sirih hingga air di baskom berubah warna menjadi hijau. Jika ya, turunkan kepala Anda dan rendam mata Anda dengan lembut. Cobalah untuk membuka dan menutup mata Anda beberapa kali.

Hal ini perlu Anda lakukan agar air daun sirih bisa masuk ke mata. Anda bisa merendam mata selama kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Terapi Lilin

Terapi Lilin

Masuk ke versi CekAja.com tentang cara merawat mata minus secara alami, terapi lilin dianggap mampu digunakan sebagai cara mengobati mata minus dengan cepat dan efektif.

Cara yang perlu Anda lakukan untuk terapi lilin sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lilin lalu menyalakannya. Setelah itu, Anda bisa menatap lilin tersebut selama beberapa menit. Selama proses tersebut, usahakan untuk tidak berkedip sama sekali.

Anda bisa menatap lilin sampai air mata Anda keluar, lalu berhenti. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, jangan lakukan terapi lilin setiap hari, karena tidak baik untuk kesehatan mata.

5. Konsumsi Aloe Vera

Konsumsi Aloe Vera

Selain dikenal baik untuk merawat rambut dan kulit, nyatanya lidah buaya juga bisa dikonsumsi.

Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus, setidaknya untuk jangka waktu satu minggu penuh.

Jika Anda kurang menyukai rasa lidah buaya jur, Anda bisa mencampurkannya dengan madu, lemon atau kacang kenari untuk menambah rasa pada minuman herbal ini.

6. Mengeringkan Mata Secara Teratur Di Pagi Hari

Mengeringkan Mata Secara Teratur Di Pagi Hari

Cara mengobati mata minus secara alami yang keenam adalah dengan rutin mengeringkan mata di pagi hari. Caranya adalah dengan menutup kedua mata lalu arahkan ke tempat atau posisi yang terkena terik sinar matahari.

Baca juga :   Hipnoterapi Jogja Dapat Membantu Mengatasi Masalah Anda

Setelah itu tunggu sampai mata terasa hangat, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya jika dilakukan setiap pagi.

Dengan begitu, Anda akan mendapat asupan vitamin D dan minus di mata Anda akan cepat berkurang.

7. Melakukan Senam Mata

Melakukan Senam Mata

Cara ketujuh yang bisa Anda lakukan adalah senam mata. Ada baiknya jika Anda melakukan ini di pagi hari setelah bangun tidur.

Cara melakukan senam mata sangat mudah yaitu dengan menggerakkan bola mata ke kiri, kanan, atas dan bawah. Setelah itu lakukan gerakan memutar searah jarum jam sebanyak 5 kali setiap hari. Dengan melakukan ini, bola mata Anda akan bersih dan terlumasi.

8. Lepaskan Kacamata Jika Tidak Digunakan

Lepaskan Kacamata Jika Tidak Digunakan

Untuk beberapa dari Anda, mungkin sedikit khawatir tentang melepas kacamata Anda saat Anda tidak membutuhkannya. Sebab, menurut Anda itu akan menambah minus mata Anda. Namun nyatanya hal tersebut tidak benar.

Menggunakan kacamata setiap hari justru akan membuat mata Anda terbiasa untuk fokus pada lensa. Dan itu akan berdampak pada otot mata Anda yang menjadi tegang karena bola mata jarang bergerak.

Oleh karena itu, melepas kacamata saat tidak digunakan merupakan salah satu cara mengatasi mata minus secara alami.

9. Berlatih Penglihatan Fokus Menggunakan Jari Telunjuk

Berlatih Penglihatan Fokus Menggunakan Jari Telunjuk

Cara mengobati mata minus secara alami yang kesembilan adalah dengan melatih fokus penglihatan menggunakan pulpen atau jari telunjuk.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merentangkan jari telunjuk sejauh 10 cm. Setelah itu, fokuskan pandangan Anda ke arah jari telunjuk.

Kemudian, perlahan-lahan alihkan fokus Anda ke objek di belakang jari telunjuk. Usahakan untuk tidak menggerakkan posisi kepala Anda. Oleh karena itu sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya jika Anda memilih posisi duduk yang nyaman terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan latihan fokus sebanyak 10 kali dalam satu hari dan mengulanginya di hari-hari berikutnya.

10. Melakukan Teknik Palming Mata

Melakukan Teknik Palming Mata

Cara terakhir untuk mengatasi mata minus adalah dengan teknik Eye Palming. Di mana, Anda harus menggosok telapak tangan terlebih dahulu hingga hangat.

Setelah itu, tutup mata dengan kedua telapak tangan. Setelah itu, diamkan, hingga otot mata Anda tenang. Teknik eye palming ini sangat cocok dilakukan saat mata Anda lelah dan pegal.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa hal tentang mata minus, mulai dari pengertiannya, faktor-faktor penyebab mata minus, gejala-gejala hingga cara merawat mata minus secara alami.

10 cara yang sudah dipaparkan di atas bisa Anda lakukan di sela-sela waktu Anda. Namun, perlu Anda ketahui bahwa cara tersebut tidak akan bekerja dengan cepat. Anda perlu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara Mengatasi Mata Rabun Sebelah

Secara umum, mata buram menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah ketajaman penglihatan yang umum – seperti mata minus atau plus – yang dapat diperbaiki dengan memakai kacamata atau lensa kontak. Namun, Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika penglihatan kabur hanya terjadi di mata lainnya. Bisa jadi kondisi ini merupakan gejala central serous chorioretinopathy (CSCR).

Cara Mengatasi Mata Rabun Sebelah

Gambaran Umum Korioretinopati Serosa Sentral (CSCR)

Central serous chorioretinopathy (CSCR), alias retinopati serous sentral, adalah gangguan penglihatan akibat kebocoran cairan dari lapisan jaringan di bawah retina (koroid).

Penumpukan cairan menyebabkan pembengkakan pada lapisan retina. Cairan yang menumpuk di lapisan retina menyebabkan gangguan penglihatan berupa perubahan bentuk benda dari bentuk aslinya yang seharusnya dilihat.

CSCR biasanya hanya menciptakan keburaman satu sisi. Gejala lain yang bisa menyertai adalah:

  • Area hitam tepat di tengah penglihatan
  • Garis lurus yang menjadi bengkok, bergelombang
  • Objek tampak lebih kecil dari ukuran aslinya
  • Objek menjadi terlihat jauh dari jarak sebenarnya
  • Benda berwarna putih terlihat kekuningan
Baca juga :   Pengalaman Pribadi Mengobati Mata Minus Berhasil Sembuh

Ada dua jenis mata yang kabur atau kabur akibat CSCR, yaitu akut dan kronis. CSCR akut terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu singkat. Biasanya, CSCR akut sembuh dengan sendirinya ketika cairan akhirnya diserap kembali dalam 2-6 bulan.

Apa Yang Menyebabkan Keburaman Satu Sisi Pada CSCR?

  • Genetika alias kelainan mata bawaan. Setidaknya 50% orang dengan CSCR memiliki keluarga yang menderita.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan risiko mata buram satu sisi akibat CSCR hingga 2,2 kali lipat.
  • Penggunaan kortikosteroid (deksametason, metilprednisolon, dll.).
  • Karakteristik dan sikap kompetitif, agresif, dan temperamental
  • Gangguan tidur meningkatkan risiko CSCR hingga 22%.

Penyebab Mata Kabur Selain CSCR

Selain CSCR, ada kondisi kesehatan lain yang bisa menyebabkan mata Anda menjadi kabur. Beberapa dari mereka adalah:

1. Katarak

Katarak adalah kelainan mata yang umum. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua bagian mata. Namun, terkadang salah satu bagian mata mengalami penurunan penglihatan yang lebih buruk dari mata lainnya.

Katarak terjadi bila ada noda atau bercak kabur yang menutupi lensa mata, sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan baik. Akibatnya penglihatan menjadi kabur atau teduh.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf optik. Penyakit ini disebabkan oleh meningkatnya tekanan pada bola mata, sehingga saraf optik mengalami tekanan dan kemampuan melihat semakin memburuk.

Karena glaukoma hanya dapat menyerang satu mata, ada kemungkinan bahwa salah satu mata yang kabur adalah tanda glaukoma. Namun, kebanyakan kasus glaukoma justru terjadi pada kedua mata.

Jika glaukoma hanya menyerang satu mata, ada kemungkinan 40-80% dapat merusak kedua mata dalam 5-10 tahun.

3. Infeksi Mata

Infeksi mata berpotensi memicu mata Anda menjadi buram atau buram. Infeksi dapat menyerang bagian mata manapun, salah satunya adalah konjungtivitis yang mempengaruhi konjungtiva mata.

Tidak hanya penglihatannya menjadi kabur, konjungtivitis juga menyebabkan mata merah, gatal, dan berair.

Gejala-gejala ini hanya dapat mempengaruhi satu mata atau kedua mata Anda.

4. Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyebab umum kebutaan pada lansia. Kondisi ini terjadi ketika bagian retina yang disebut makula rusak. Akibat degenerasi makula, penglihatan tengah atau tengah akan menurun.

Menurut situs BrightFocus, seseorang dapat mengembangkan degenerasi makula hanya pada satu mata. Namun seiring perkembangan penyakit, lama kelamaan kedua mata akan mengalami penurunan penglihatan.

Cara Merawat Mata Buram Satu Sisi

Cara mengobati mata rabun biasanya tergantung dari penyebab utamanya.

Untuk mata kabur satu sisi yang disebabkan oleh CSCR, terutama yang kronis, pengobatan yang diberikan meliputi:

  • Fotokoagulasi laser
  • Injeksi anti-VEGF (bevacizumab)
  • Obat tetes mata, seperti nepafenac
  • Obat oral (acetazolamide, aspirin, spironolactone)

Jenis pengobatan lain jika mata buram disebabkan oleh penyakit lain. Misalnya, jika kondisi Anda berkaitan dengan katarak yang cukup parah, Anda mungkin akan disarankan untuk menjalani operasi katarak.

Karena itu, segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami gangguan penglihatan pada salah satu mata. Hal ini penting dilakukan agar Anda mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan mata Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *