Vitamin Yang Baik Untuk Mata Dapat Meningkatkan Penglihatan

Menjaga kesehatan mata tidak harus dengan vitamin A. Wortel atau tomat sudah sejak lama dipercaya bisa meningkatkan penglihatan.

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda perlu menambah asupan nutrisi yang dapat meningkatkan penglihatan. Dan berikut ini adalah makanan padat bernutrisi untuk mata Anda selain vitamin A,

vitamin yang baik untuk mata

1. Lutein dan Zeaxanthin

Menurut Glaucoma Research Foundation, kedua nutrisi ini dapat ditemukan dalam sayuran berdaun gelap, yang juga mengandung nitrat tinggi, nutrisi lain yang menurut beberapa penelitian dapat mencegah stres oksidatif.

2. Asam Lemak Omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga penting untuk mata Anda.

Sedangkan EPA digunakan di dalam tubuh untuk memproduksi DHA. Omega-3 juga mengandung sifat anti-inflamasi alami dan dapat melembabkan mata kering Anda.

Flaxseed, minyak flaxseed, halibut, salmon, sarden, tuna, walnut, merupakan makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

3. Vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C setiap hari dapat menurunkan risiko terkena katarak. Anggur, jeruk, kiwi, dan stroberi merupakan jenis buah yang kaya vitamin C.

4. Vitamin E.

Kini, saatnya Anda mulai memerhatikan asupan vitamin E harian Anda.

Makanan yang tinggi vitamin E seperti kacang panjang, kacang hijau, tiram, daging merah dan yogurt baik untuk kesehatan mata Anda.

Vitamin Mata Untuk Bayi

Secara umum, banyak hal yang dapat dilakukan ibu untuk merawat anaknya yang baru lahir. Ilmu ini bisa didapat dari orang lain atau dari ibu kita sendiri, termasuk cara merawat mata.

Vitamin Mata Untuk Bayi

1. Makanan Dengan Benar Saat Hamil

Ibu hamil dianjurkan makan makanan sehat selama hamil dan sesudahnya. Ini akan membuat bayi Anda lebih sehat dan menjadi teladan yang baik.

2. Memberikan Asupan Makanan Yang Baik

Berikan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan dan ikan. Makanan tersebut mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, zinc, asam lemak omega-3 dan lutein yang baik untuk mata. Anda bisa menemukan zat ini pada salmon, udang dan tuna.

Baca juga :   Biaya Operasi Pterigium Rumah Sakit Yang Terbaik

3. Memberikan Minan Yang Sesuai Usia

Berikan mainan yang sesuai dengan usia, hindari memberikan mainan yang ujungnya tajam. Karena akan berbahaya jika si kecil bermain tanpa pengawasan.

4. Memberikan Mainan Pendidikan

Sediakan mainan edukatif untuk mendorong perkembangan visual. Anda dapat pergi ke toko mainan dan meminta penjaga toko untuk merujuk mainan pendidikan.

5. Perhatikan Bayi Saat Bermain

Awasi selalu bayi atau anak Anda saat sedang bermain agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak ibu yang ketahuan menjaga anaknya sambil bermain di handphone, mulai sekarang jangan lakukan lagi ya!

6. Perhatikan Area Dan Sekitar Mata Bayi

Perhatikan baik-baik bayi Anda, jika ada pupil yang berkabut atau berkerut, segera periksa ke dokter mata.

7. Memberikan Perlindungan Saat Keluar Rumah Dari Sinar UV

Anda bisa menggunakan kotak pelindung atau kacamata hitam.

8. Berikan Contoh Yang Baik

Jadilah teladan yang baik untuk anak Anda, misalnya mengajarinya berolahraga dan memakai perlengkapan olahraga yang tepat saat berolahraga.

9. Periksa Rutin Mata Anak Anda

Periksa mata anak Anda secara teratur, terutama selama masa bayi dan masa kanak-kanak. Penting untuk mengetahui kesehatan matanya sejak usia dini.

Pemeriksaan mata pada anak memerlukan penanganan khusus, Anda bisa memeriksakan mata anak Anda di rumah sakit mata yang memiliki pelayanan pediatrik.

Tempatkan Mainan Bayi Anda

Berikan mainan anak Anda penempatan khusus, yaitu 8 hingga 12 inci dari pandangan mereka.

Latih Bayi Anda Untuk Merangkak

Dengan ini membantunya mengembangkan koordinasi tangan dan mata.

Bicaralah Dengan Bayi Anda

Bicaralah dengan bayi Anda saat bergerak di sekitar ruangan untuk mendorong matanya mengikuti Anda.

Simpan Ponsel Anda Di Tempat Yang Baik

Hindari meletakkan ponsel terlalu dekat dengan bayi karena akan mengganggunya. Anda dapat meletakkan telepon di atas atau di luar tempat tidur Anda.

Baca juga :   Penyebab Mata Plus Dan Cara Mengatasi Mata Plus

Beri Dia Mainan Bayi Yang Bisa Dia Pegang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memberikan mainan yang sesuai dengan usia sangatlah penting. Cobalah memberinya mainan yang bisa dia pegang dan visualisasikan.

Makanan Yang Menyehatkan Mata

Makanan juga berperan besar dalam menjaga kesehatan mata. kami berharap Anda semakin bijak dalam memilih makanan.

Makanan Yang Menyehatkan Mata

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Buah dan sayuran kaya akan mineral yang juga membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa kita konsumsi agar mata kita sehat:

1. Wortel

Wortel mengandung beta karoten tinggi yang baik untuk kesehatan mata.

2. Brokoli, Kubis, Paprika

Makanan ini kaya vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan dan indra penglihatan. Antioksidan ini bekerja dengan cara yang luar biasa untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata.

Mengonsumsi makanan tersebut secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

3. Kangkung, Bayam, Dan Sayuran Hijau Tua

Sayuran berdaun hijau tua sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Jadi, pastikan untuk memasukkan sayuran hijau ini ke dalam menu makanan harian Anda.

4. Seafood

Makanan laut dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 juga cukup efektif melawan sindrom mata kering.

5. Jagung

Jagung juga merupakan makanan jagung yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, jagung merupakan sumber makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein yang baik untuk kesehatan mata. Menariknya, kita bisa menambah jumlah lutein pada jagung saat sudah matang.

6. Telur

Kita juga sangat mudah mendapatkan makanan yang satu ini. Jika bosan dengan telur, mungkin Anda akan bosan dengan jenis masakannya. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas dalam menyajikan telur.

Baca juga :   Kantung Mata Membesar Merupakan Pertanda Adanya Penyakit

7. Jeruk

Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C terbaik dan kita membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Berkat vitamin C, jeruk juga bekerja dengan baik dalam mencegah AMD.

8. Blueberry

Konsumsi blueberry secara teratur juga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

9. Kentang

Siapa sangka jika kentang termasuk dalam daftar makanan yang baik untuk mata. Hal ini diduga, kentang mengandung betakaroten dan vitamin lainnya. Warna oranye terang pada jenis sayuran ini menandakan adanya semua jenis vitamin. Potong saja menjadi irisan tipis, panggang dalam oven menggunakan sedikit minyak zaitun, dan nikmati kentang yang sehat.

10. Biji-bijian Utuh

Konsumsi sumber karbohidrat yang berasal dari beras merah, quinoa, roti gandum utuh, dan biji-bijian.

11. Kacang

Kita bisa memasukkan kacang ke dalam makanan kita untuk mendapatkan nutrisi penting untuk mata dan penglihatan. Kacang almond, kenari, pistachio, dll., Akan bekerja dengan baik karena semuanya mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3.

Kacang polong, kacang merah, juga dapat membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung zinc dan bioflavonoid. Tugasnya adalah melindungi retina dan mencegah degenerasi makula.

12. Biji Bunga Matahari

Mengemil biji bunga matahari (kwaci) merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Biji bunga matahari mengandung zinc dan vitamin E yang baik untuk mata.

13. Daging

Termasuk daging sapi tanpa lemak bermanfaat untuk meningkatkan asupan zinc, yang pada akhirnya meningkatkan penyerapan vitamin A dan menjaga kesehatan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *