Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Bertahan Lebih Lama

Smoothing adalah salah satu prosedur yang banyak dipilih oleh orang untuk dapat meluruskan rambut tanpa harus menggunakan alat penata rambut seperti dengan pelurus atau alat lainnya.  Dengan smoothing, rambut yang diluruskan akan terlihat lebih alami, lembut, dan juga sehat, maka dengan begitu kita membutuhkan cara merawat rambut smoothing.

Perawatan rambut setelah smoothing tidak hanya menggunakan sampo dan kondisioner saja, tetapi juga menggunakan perawatan lain seperti masker rambut dan serum. Jika rambut setelah dihaluskan tidak dirawat dengan baik, rambut bisa rusak dan kembali normal. Rambut merupakan aset yang harus dirawat dengan baik.

Ada beberapa cara untuk dapat merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula dan tetap terjaga.

1. Jangan Langsung Dicuci

Jangan Langsung Dicuci

Cara merawat rambut setelah smoothing pertama adalah jangan langsung keramas. Anda membutuhkan waktu sekitar 3 hari agar obat penghalus meresap sempurna dan bekerja pada rambut.

Usahakan hindari air di kepala karena obat penghalus yang belum terserap sempurna bisa terbuang bersama airnya. Setelah 3 hari, barulah Anda bisa mencuci rambut kembali. Namun, Anda juga harus ingat untuk tidak terlalu sering mencuci rambut. Pasalnya, bisa membuat rambut lurus Anda kembali seperti semula. Plus, sering keramas juga bisa membuat rambut Anda kering dan rusak.

2. Gunakan Sampo Kering

Sampo kering bisa menjadi alternatif keramas tanpa air yang cocok untuk menghaluskan rambut. Sampo kering adalah sampo kering yang tidak perlu dibilas. Produk ini umumnya berbentuk spray yang sangat praktis dan bisa dibawa kemana – mana. Dengan menggunakan sampo kering, rambut Anda akan lebih segar dan wangi. Sebaiknya jangan menyisir rambut terlebih dahulu agar produk benar – benar meresap.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat Dan Ternutrisi

3. Jangan Gunakan Alat Penata Rambut

Cara merawat rambut setelah smoothing selanjutnya adalah dengan menghindari alat styling rambut elektrik seperti setrika pelurus dan menggunakan pengering rambut.

4. Gunakan Masker Rambut

Penggunaan masker rambut penting dilakukan agar kesehatan rambut tetap terjaga. Jika sudah lewat 3 hari setelah smoothing, perawatan selanjutnya tidak hanya sekedar keramas tapi jangan lupa gunakan hair mask untuk menutrisi rambut agar tetap halus dan lembut, sehingga memudahkan kamu dalam merawat rambut smoothing .

5. Gunakan Sampo Bebas Sulfat

Shampo bebas sulfat adalah pilihan yang baik dan penting untuk menghaluskan rambut karena lebih lembut, tidak mengandung sulfat dalam formulanya, dan menangkal bahan kimia pada rambut yang dirawat.

6. Jangan Ikat Rambutmu Kencang

Jangan Ikat Rambutmu Kencang

Setelah merapikan rambut, jangan mengikat rambut terlalu kencang. Hal ini dapat membuat rambut yang dihaluskan menjadi bergelombang dan sebaiknya jangan menggunakan aksesoris rambut secara sembarangan.

Gunakan aksesori yang tidak terlalu menekan rambut Anda atau yang mengubah gaya rambut Anda, seperti jepit rambut. Gulungan rambut dapat menyebabkan rambut menjadi bergelombang. Jadi, sebaiknya hindari mengikat atau mengikat rambut agar rambut yang sudah dihaluskan tidak rusak atau kembali seperti semula.

7. Jangan Gunakan Sisir Plastik

Jangan Gunakan Sisir Plastik

Dilansir dari Matrix Professional, sebisa mungkin usahakan menggunakan sisir bergerigi yang terbuat dari kayu dan tidak terlalu rapat. Pasalnya, menggunakan sisir plastik dengan gigi rapat bisa mempengaruhi efek gelombang rambut. Sisir dengan bahan plastik memiliki aliran listrik statis sehingga dapat membuat rambut yang telah dihaluskan kembali normal dan menjadi bergelombang.

8. Potong Ujung Split

Saat Anda sudah mengaplikasikan hair smoothing, otomatis rambut Anda akan terkena bahan kimia. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memotong rambut setiap dua bulan sekali agar ujung rambut bercabang bisa hilang.

Baca juga :   Mata Sayu Memiliki Kelebihan Dan Keunikan Tersendiri

Langkah ini sangat penting, agar rambut Anda lebih rapi dan mudah diatur. Disarankan juga untuk menggunakan sisir dengan gigi lebar untuk menata rambut.

9. Konsumsi Vitamin A Dan C

Kedua vitamin ini akan sangat membantu dalam menjaga rambut agar tetap berkilau dan sehat. Jika Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, maka rambut akan bisa menjadi kering dan juga mudah patah.

10. Pastikan Rambut Anda Tetap Terhidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, ciri – ciri yang terlihat bisa dilihat dari kondisi rambut Anda. Dalam hal ini, rambut akan menjadi kering, kusut, dan juga mudah patah.

Dan ketika rambut patah, maka tentunya akan lebih sulit untuk tumbuh lurus kembali jika sudah dihaluskan.

Cara merawat rambut yang paling mudah agar tetap terhidrasi adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya dengan minum air putih yang cukup setiap hari.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dengan Perawatan Yang Tepat

Berapa Kali Keramas Untuk Rambut Smoothing?

Jangan mencuci rambut selama tiga hari setelah penghalusan, agar obat yang masih bekerja pada rambut tidak hilang.

Setelah tiga hari, lakukan hair mask, atau masker rambut, untuk dapat memberikan vitamin pada rambut yang telah terkena bahan kimia.

Anda bisa mencuci rambut dua kali seminggu setelah melakukan masker rambut. Gunakan kondisioner setelah keramas, terutama pada bagian ujung rambut yang mudah kering (akibat jatuhnya obat dari pangkal rambut ke ujung rambut).

Baca juga :   Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

Berapa Lama Rambut Smoothing Bisa Bertahan?

Berapa Lama Rambut Smoothing Bisa Bertahan

Rambut di smoothing bertahan berapa lama? Pertanyaan ini mungkin muncul ketika Anda ingin untuk memperpanjang durasi agar rambut tidak cepat kembali ke bentuk yang semula. Nah, jika dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang mempengaruhi berapa lama rambut akan kembali ke posisi normalnya.

Rambut Smoothing Tahan Berapa Lama?

Setiap produk memiliki kandungan atau komposisi kimia yang berbeda. Tentu daya tahan obatnya juga akan berbeda.

Namun, kebanyakan hasil smoothing rambut lurus hanya akan bertahan selama 6 bulan saja. Sehingga dibutuhkan proses penghalusan ulang untuk membuat bagian bawah rambut yang baru tumbuh menjadi lurus.

Perlu ditegaskan kembali, Bahwa cara untuk meluruskan rambut dengan cara smoothing hanya bersifat sementara. Namun, daya tahan rata – rata 4 sampai 6 bulan, juga tergantung pada jenis rambut masing – masing individu.

Namun Jika seseorang pada dasarnya sudah memiliki tekstur rambut lurus, maka proses untuk smoothing akan lebih tahan lama. Kondisi ini dibandingkan dengan rambut bergelombang atau keriting.

Sampai pemahaman ini, tidak sedikit orang yang tidak menyadari bahaya menghaluskan rambut. Oleh karena itu, selain untuk dapat menjaga agar smoothing lebih awet, tentunya Anda juga harus merawatnya agar rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *