Cara Merawat Rambut Smoothing Berjilbab Agar Tidak Berketombe

Pertanyaan bagaimana cara merawat rambut smoothing berjilbab sangat umum dan mungkin muncul ketika Anda melakukan smoothing rambut dalam kondisi hijab sehari – hari. Tidak bisa dipungkiri banyak orang yang beranggapan bahwa hijab adalah pelindung rambut. Karena rambut tidak akan terkena sinar matahari, angin, hujan, dan juga asap polusi.

Meski terlindung dari sinar matahari langsung. Baik panas maupun asap, namun rambut yang tertutup kain sepanjang hari justru lebih rentan berkeringat. Hal ini tentu saja akan meningkatkan produksi minyak berlebih, sehingga memudahkan bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Tak heran jika sebagian dari Anda yang berjilbab mengeluh kulit kepala terasa gatal dan ketombe mulai muncul.Namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena cara merawat rambut smoothing berjilbab sangatlah mudah.

1. Buka Hijab Setelah Sampai Di Rumah

Buka Hijab Setelah Sampai Di Rumah

Salah satu cara sederhana untuk dapat merawat rambut smoothing bagi wanita berhijab adalah dengan segera melepas jilbab setelah mereka tiba di rumah. Mengapa demikian?

Dengan mereka melepas hijab dan ikat rambut, Anda akan membebaskan rambut yang tersangkut di kain pada saat mengenakan hijab untuk beristirahat. Langkah ini tentu akan memberikan udara bagi rambut.

2. Gunakan Ikat Rambut Kain

Di kalangan wanita berhijab, tentu langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengikat rambut. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan ikat rambut yang digunakan. Untuk meminimalkan kerusakan dan mencegah jaringan parut, jangan mengikat rambut terlalu kencang dan menggunakan ikatan kain.

Selain memiliki tekstur yang lebih lembut, tentunya ikat rambut berbahan kain juga kurang menarik bagi rambut. Sehingga rambut Anda tidak patah atau rontok.

3. Menyisir Rambut Sebelum Diikat

Mungkin langkah ini terbilang sederhana, namun banyak orang yang malas menyisir sehingga langsung mengikat rambutnya dalam kondisi kusut dan berantakan.

Dengan menyisir rambut sebelum diikat, tentunya penataannya akan lebih rapi, sehingga rambut akan terhindar dari kerusakan.

4. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Jika Anda ingin mencuci rambut, akan lebih baik jika Anda menyisirnya terlebih dahulu. Selain itu, pilihlah sisir dengan gigi yang lebar dan jarang, hal ini bertujuan untuk meluruskan rambut yang kusut.

Baca juga :   Manfaat Buah Apel Untuk Tubuh Dan Kesehatan

Banyak yang meremehkan langkah sederhana ini. Namun sebenarnya langkah ini sangat penting karena ikatan rambut saat menggunakan hijab akan menekan rambut.

Dengan menyisir rambut sebelum keramas, sangat baik dilakukan untuk mencegah rambut rontok. Padahal, langkah ini juga membantu melancarkan peredaran darah ke kulit kepala yang membantu proses pertumbuhan rambut.

5. Menggunakan Shampo Yang Tepat

Secara umum, wanita yang berhijab lebih cenderung memiliki rambut berminyak dan lembap. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih jeli dalam memilih produk sampo dan kondisioner untuk rambut. Pilih produk yang terbuat dari bahan – bahan ringan, terutama untuk kulit kepala sensitif.

Sampo dan kondisioner ringan biasanya dapat membantu mengurangi rasa gatal pada rambut. Sedangkan untuk produk perawatan rambut berbahan keras, bisa merusak rambut dan kulit kepala.

Penting juga untuk diketahui, disarankan untuk tidak mencuci rambut setiap hari (menggunakan sampo dan kondisioner). Karena jika terlalu sering dapat menyebabkan minyak alami pada kulit kepala berkurang. Akibatnya, rambut menjadi lebih kering.

6. Biarkan Rambut Kering Sebelum Memakai Hijab

Cara merawat rambut smoothing berjilbab lainnya adalah dengan membiarkan rambut kering sebelum menggunakan hijab. Karena penggunaan hijab saat rambut dalam keadaan basah, dapat menyebabkan rambut menjadi terlalu lembab dan menjadi sarang jamur.

Selain itu, beberapa orang mungkin mengikat rambut mereka saat mengenakan jilbab. Dalam hal ini, hindari mengikat rambut saat basah. Karena bisa memicu rambut menjadi tegang dan muncul ketombe.

Jika Anda mendesak atau terburu – buru, Anda bisa menggunakan pengering rambut. Namun, sebaiknya setel pengering pada suhu terendah hingga sedang, tujuannya untuk mengurangi risiko kerusakan rambut.

7. Jangan Mengikat Rambut Saat Tidur

Tanpa disadari, mengikat rambut menjadi kebiasaan yang sering terbawa hingga tidur. Padahal kebiasaan ini justru berdampak buruk bagi kesehatan rambut, terutama rambut yang sudah dihaluskan.

Lepaskan ikatan rambut jika ingin tidur, agar rambut juga bisa beristirahat dan sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

8. Potong Rambut Secara Rutin

Potong Rambut Secara Ritun

Memotong rambut secara rutin tentu menjadi hal yang asing dalam perawatan rambut. Sehingga ujung rambut bercabang dan rambut kering bisa diminimalisir.

Usahakan untuk memotong rambut secara teratur, terutama saat kondisinya cukup parah dan muncul cabang di ujungnya.

Baca juga :   Perawatan Rambut Agar Cepat Panjang Dan Sehat Ternutrisi

9. Memilih Bahan Hijab Yang Bagus Untuk Kulit

Cara merawat rambut smoothing berjilbab yang selanjutnya yang wajib bagi wanita untuk memahami bahan kain apa yang harus dia kenakan untuk jilbabnya. Dalam hal ini, coba gunakan kain yang ramah untuk memungkinkan rambut bernafas.

Jika memungkinkan, pilih hijab dengan serat alami dan ringan, seperti sifon atau katun. Bahan katun ini akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala, dan dapat menjaga rambut tetap tertutup.

Baca juga : Cara Membuat Alis Untuk Sehari Hari Terlihat Sangat Sederhana

Sedangkan bagi orang yang menyukai kain sintetis, misalnya nilon atau poliester, pastikan untuk menggunakan underscarf agar rambut terhindar dari risiko antara kulit kepala dan kain.

Seperti memakai topi yang terlalu ketat, gesekan antara kulit kepala dan kain dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut. Kondisi ini tentu bisa menyebabkan stres dan mudahnya rambut rontok.

Vitamin Untuk Rambut Smoothing

Vitamin Untuk Rambut Smoothing

Smoothing sering diandalkan untuk meluruskan rambut dengan hasil yang terlihat natural. Dalam prosesnya, digunakan obat – obatan kimia yang dibiarkan selama beberapa jam agar meresap ke batang rambut. Penggunaan bahan kimia tersebut mengharuskan Anda untuk menggunakan vitamin tambahan agar penghalus rambut tetap sehat setelah melalui proses kimia. Apa saja vitamin yang baik untuk menghaluskan rambut? Yuk, simak selengkapnya!

Manfaat Vitamin Smoothing  Rambut

Smoothing hair vitamin adalah produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk merawat rambut halus. Dengan kandungan di dalamnya, vitamin rambut membantu mengembalikan kehalusan rambut yang sehat setelah terpapar bahan kimia.

Dengan demikian, rambut tetap ternutrisi, sehat, lembab, dan lembut karena menghaluskan rambut memiliki risiko kerusakan yang lebih besar dibandingkan rambut normal.

Di pasaran, banyak ditawarkan produk vitamin rambut. Vitamin rambut untuk menghaluskan rambut juga memiliki khasiat seperti kebanyakan vitamin rambut. Namun, ada juga bahan yang diformulasikan khusus untuk merawat rambut yang di Smoothing .

Vitamin Untuk Rambut Smoothing Sehat dan Tahan Lama

Vitamin Untuk Rambut Smoothing Sehat dan Tahan Lama

Apa saja produk vitamin untuk Smoothing rambut yang bisa Anda andalkan agar penghalus rambut selalu sehat, lembut, dan berkilau? Ini dia rekomendasinya!

Baca juga :   Cara Menggobati Gangguan Pencernaan Tanpa Perlu Keluar Biaya Besar

1. Makarizo Advisor Vitamax

Makarizo Advisor Vitamax

Vitamin pelembut rambut pertama ini hadir dalam tekstur minyak. Vitamin rambut ini mengandung multivitamin yang akan melapisi rambut untuk mengembalikan kilau alami rambut Anda.

Ada juga antioksidan dan kombinasi vitamin yang bisa melindungi rambut dari kerusakan. Kandungan vitamin ini akan menguatkan setiap helai rambut dan mengatasi rambut kering dan rapuh.

2. Natur Hair Serum Protecting Treatment

Natur Hair Serum Protecting Treatment

Produk ini bukan Vitamin, tetapi merupakan Perawatan Pelindung Serum Rambut Natur yang baik untuk menghaluskan perawatan rambut. Kandungan di dalamnya akan memenuhi nutrisi rambut, menjaga kekuatan rambut, dan mencegah kerusakan akibat proses smoothing yang memakan waktu.

Meski berbentuk minyak, penggunaan produk Natur ini tidak akan membuat rambut Anda berminyak. Padahal, kandungan minyak alami dan vitamin E di dalamnya dipercaya bisa memperbaiki rambut kusam dan bercabang.

3. Ellips Vitamin Rambut Smooth & Shiny

Ellips Vitamin Rambut Smooth & Shiny

Produk vitamin dari Ellips ini mengandung pro vitamin B5 yang akan memenuhi nutrisi rambut. Khasiatnya lebih manjur dengan vitamin A dan E yang menjadi rahasia menghaluskan rambut agar tetap sehat.

Kandungan aloe vera atau lidah buaya dan multivitamin yang ada di dalamnya membantu merawat kehalusan pada rambut dengan memastikan setiap helai rambut tetap terhidrasi. Jadi, rambut tidak mudah dehidrasi dan kusam.

4. Marina Hair Essence Mist Smoothing

Marina Hair Essence Mist Smoothing

Ingin hasil smoothing lebih tahan lama? Marina Hair Essence Mist Smoothing bisa jadi andalan kamu. Vitamin smoothing dari Marina ini akan menutrisi rambut anda dan juga dapat menguatkan akar rambut, dan sekaligus memberikan sensasi menyegarkan.

Jika Anda aktif bekerja di luar ruangan, Anda mungkin sering terpapar asap kendaraan. Produk perawatan rambut Marina ini juga bisa digunakan untuk menetralisir bau tak sedap.

5. Josie Maran 100% Pure Argan Oil

Josie Maran 100% Pure Argan Oil

Vitamin smoothing selanjutnya dihadirkan oleh Josie Maran. Vitamin ini mengandung minyak argan dan minyak multifungsi untuk memenuhi nutrisi rambut Anda. Keuntungan lain adalah adanya minyak argan Maroko. Kandungan ini berfungsi untuk membuat smoothing rambut lurus tahan lama. Nah, itulah beberapa produk vitamin untuk menghaluskan rambut Smoothing .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.