Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat Dan Terjaga

Seringkali sebagian orang melupakan pentingnya menjaga kesehatan mata. Padahal, kebiasaan sehari – hari seperti menatap layar gadget, hingga hobi membaca dalam gelap bisa membahayakan kesehatan mata. Jika dibiarkan terus, bukan tidak mungkin seiring waktu penglihatan Anda akan berkurang. Oleh karena itu, simak cara mudah menjaga kesehatan mata agar kemampuan melihat Anda sempurna.

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata

Merawat kesehatan mata tidak perlu dengan cara yang mahal dan rumit. Sebagian besar tips di bawah ini bahkan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Berikut berbagai cara mudah menjaga kesehatan mata yang bisa Anda coba mulai sekarang agar mata Anda selalu sehat dan terjaga:

1. Makan Makanan Rergizi

Cara termudah untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan makan makanan yang sehat untuk mata. Isi piring Anda setiap hari dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid.

Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

Semua asupan nutrisi tersebut dapat Anda penuhi dari makanan yang menyehatkan mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak), kacang – kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden) , dan seterusnya.

Menjaga pola makan juga bermanfaat agar terhindar dari risiko obesitas dan penyakit seperti diabetes tipe 2 yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Hindari Asap Rokok

Tahukah Anda bahwa asap rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru – paru dan jantung, tetapi juga berdampak buruk pada mata? Ya, tidak banyak yang menyadari bahwa merokok juga dapat menyebabkan masalah pada mata.

Menurut situs web Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, merokok sering dikaitkan dengan masalah kesehatan berikut:

  • Degenerasi makula: Perokok memiliki risiko 3-4 kali lebih tinggi terkena degenerasi makula.
  • Katarak: Perokok berat yang merokok lebih dari 15 batang sehari memiliki risiko 3 kali lebih tinggi terkena katarak.
  • Glaukoma: Merokok sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, katarak, dan diabetes, yang semuanya merupakan faktor risiko glaukoma.
  • Retinopati diabetik: Merokok juga meningkatkan risiko terkena diabetes, sehingga Anda lebih mungkin mengalami komplikasi diabetes seperti retinopati.
  • Sindrom mata kering: Perokok aktif juga memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan sindrom mata kering.
Baca juga :   Cara Makeup Mata Yang Simple Dan Yang Lebih Natural

Jika Anda tidak segera menghindari rokok, apalagi jika sudah terkena salah satu kondisi di atas, kemungkinan gangguan mata bisa berakhir dengan kebutaan. Karena itu, hentikan merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan mata, terutama jika Anda masih muda.

Jika Anda bukan perokok aktif, Anda tetap perlu menghindari paparan asap rokok dari orang – orang di sekitar Anda.

3. Kenakan Kacamata Hitam Di Luar Ruangan

Bukan hanya kulit yang perlu Anda rawat saat berada di tempat terbuka, mata Anda juga. Namun, tentu saja ini dilakukan dengan cara yang berbeda.

Saat cuaca panas atau bahkan sedikit mendung, sebaiknya pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari.

4. Memakai Kacamata Saat Berenang

Masih banyak orang yang mungkin meremehkan pentingnya memakai kacamata renang untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, dengan anda menggunakan kacamata renang sangat berguna untuk menghindarkan Anda dari risiko iritasi dan alergi akibat paparan berbagai bakteri dan bahan kimia di dalam air.

Selain itu, memakai kacamata renang juga membantu Anda melihat dan lebih waspada terhadap lingkungan sekitar saat berada di dalam air. Selain itu, kacamata renang juga akan menjadi penahan benda asing agar tidak melukai mata Anda.

Orang yang memiliki mata kering, mata sensitif, gangguan penglihatan (seperti dengan mata plus atau minus), atau dalam masa pemulihan dari penyakit mata tertentu juga harus selalu memakai kacamata pada saat renang.

5. Sesuaikan Pencahayaan Ruangan Yang Sesuai

Cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengatur pencahayaan di dalam ruangan. Pencahayaan ruangan yang baik juga dapat menjaga kesehatan mata. Karena terlalu terang bisa membuat silau, sedangkan cahaya yang terlalu mendung membuat penglihatan kabur. Keduanya bisa membuat mata lelah seiring waktu.

Baca juga :   Ciri Ciri Mata Minus 0 5 Dan Tingkat Keparahan Pada Mata

Ada beberapa risiko lain yang mungkin juga terjadi jika Anda aktif atau suka untuk membaca di ruangan gelap. Mata Anda bisa kering karena dalam cahaya redup mata Anda lebih jarang berkedip. Mata kering bisa membuat penglihatan Anda tidak nyaman.

Saat mengatur pencahayaan di dalam ruangan, Anda juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan mata saat ini. Orang yang memiliki masalah dengan refraksi mata seperti dengan mata minus, plus, atau silindris, mungkin memerlukan pengaturan pencahayaan khusus untuk dapat melihat dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk mereka yang memiliki gangguan penglihatan seperti katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan kondisi penglihatan lainnya.

6. Hindari Melihat Layar Gadget Terlalu Lama

Mustahil di zaman sekarang ini bergerak tanpa bantuan perangkat elektronik dan gadget. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan gadget terlalu lama.

Menatap layar komputer dan gadget terlalu lama dapat mengakibatkan mata lelah, kering, dan tegang. Selain mengalami gangguan mata, Anda juga bisa terkena beberapa gangguan lain seperti:

  • Penglihatan kabur
  • Kesulitan fokus dari kejauhan
  • Sakit kepala
  • Sakit leher, punggung dan bahu

Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit. Anda juga perlu untuk menjaga postur tubuh yang baik pada saat anda melakukan aktivitas di depan layar monitor atau gadget agar kesehatan mata Anda tidak terganggu. Gunakan kursi yang nyaman yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Baca juga :   Mata Panda Pada Anak Penyebabnya Ada Bermacam-Macam

7. Melakukan Senam Mata

Senam mata bisa dilakukan untuk dapat membantu menjaga kesehatan pada otot mata. Anda bisa melakukannya di pagi hari, sebelum tidur, atau saat mata Anda terasa lelah.

8. Tidur Yang Cukup

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tidur dapat membantu mata Anda untuk beristirahat sepenuhnya. Setelah seharian beraktivitas, mata membutuhkan waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Saat Anda kurang tidur, otomatis mata Anda tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Kondisi ini dapat menyebabkan melemahnya penglihatan Anda secara bertahap.

Ditambah lagi, kurang tidur bisa menyebabkan mata terasa gatal, kering, bahkan memerah. Hal ini dikarenakan mata tidak cukup memproduksi air mata akibat kurang tidur. Akibatnya, mata juga berisiko terkena infeksi.

Jadi, pastikan Anda cukup tidur di malam hari. Anda juga bisa mengatur pencahayaan di ruangan yang nyaman dan tidak terlalu terang, sehingga memudahkan Anda untuk tertidur.

9. Olahraga Teratur

Cara lain yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan berolahraga secara teratur. Bagaimana bisa?

Banyak penyakit atau gangguan mata yang berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Olahraga juga dapat mengurangi risiko glaukoma sebesar 25%. Plus, berolahraga 3 kali seminggu juga mengurangi kemungkinan Anda terkena degenerasi makula di usia tua.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat atau berintensitas tinggi. Aktivitas sederhana seperti berjalan dan naik turun tangga sudah cukup, apalagi jika dilakukan secara rutin.

10. Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan ketika sudah memiliki gangguan mata. Namun, hal ini perlu dijadikan kebiasaan dan dilakukan secara rutin.

Pemeriksaan mata anda secara teratur juga dapat untuk memberi tahu Anda jika resep kacamata Anda saat ini tidak lagi akurat dan perlu diperbarui. Itulah berbagai tips untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.