Fungsi Aqueous Humor Untuk Menjaga Keseimbangan

Mata tidak hanya tersusun dari satu bagian saja, Namun akan tetapi terbagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian mata dan fungsinya berbeda-beda,seperti humor aqueous dan vitreous, mereka adalah dua humor yang ditemukan di mata manusia. Seperti namanya, kedua komponen ini mengandung cairan tubuh. Humor aqueous benar-benar cair, Dan sedangkan humor vitreous adalah massa agar-agar. Beberapa perbedaan dapat ditemukan di antara kedua humor tersebut.

 fungsi aqueous humor

Aqueous humor adalah zat cair yang ada di ruang mata. Sebagian besar terbuat dari air, memberikan nutrisi penting untuk mata, serta melayani tujuan fungsional dalam menjaga keseimbangan tekanan yang tepat di dalam ruang mata.

Untuk membuat aqueous humor, jaringan silia di sekitar mata mengeluarkan sebagian besar cairan yang berbasis air, yang kemudian diangkut antara lensa dan iris mata.

Setelah melewati pupil, cairan kemudian mengalir keluar dari mata melalui lapisan kecil jaringan yang disebut trabecular webbing, sebelum diserap ke dalam aliran darah. Saat melewati mata, ia memberi makan lensa dan kornea dengan glukosa dan zat penting lainnya.

Gerakan cairan yang terus menerus melalui bagian depan mata mempertahankan tekanan yang diperlukan mata untuk mempertahankan bentuknya.

Cairan di mata harus memiliki tekanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata. Jika tingkat tekanan terlalu tinggi secara konsisten, kondisi seperti glaukoma dapat berkembang di mata. Glaukoma adalah kondisi yang cukup umum di mana kerusakan saraf pada mata pada akhirnya dapat mengurangi penglihatan, menyebabkan kebutaan sebagian atau seluruhnya seiring waktu.

Penyakit ini diagnosis melalui tes penglihatan yang mengukur tekanan di dalam mata. Orang dengan tekanan darah tinggi, keturunan ras tertentu, dan orang tua, lebih mungkin mengembangkan glaukoma.

Baca juga :   Daun Kelor Untuk Mata Penglihatan Mata Menjadi Lebih Baik

Fungsi penting aqueous humor telah menghasilkan banyak penelitian tentang efeknya pada penyakit mata dan kondisi lainnya. Penelitian peternakan telah menunjukkan bahwa cairan mata salmon yang membawa lebih sedikit asam amino kemudian spesies tersebut menjadi liar, kemungkinan berkontribusi pada tingkat katarak yang lebih tinggi pada varietas ternak.

Karena reaksi cairan yang cepat dan terlihat terhadap semua jenis terapi obat, peneliti sering memeriksa komposisi humor agar pengobatan anti-inflamasi bekerja.

Fungsi utama pada aqueous humor adalah untuk memelihara dan untuk menghilangkan sisa-sisa struktur avaskuler seperti kornea, lensa, berperan dalam refraksi cahaya, dan menjaga tekanan intraokular.

Vitreous Humor

Vitreous Humor

Vitreous humor adalah zat bening seperti gel yang ada di bagian belakang bola mata, yang menutupi ruang antara lensa dan retina. Biasanya bebas dari mikroorganisme tidak seperti jaringan sekitarnya karena vitreous humor ditutup oleh serangkaian membran keras.

Meski tertutup, itu bukan bagian yang tidak aktif karena mengandung beberapa sel termasuk sel fagositik yang menghancurkan partikel asing dan mikroorganisme.

Vitreous humor sebagian besar terdiri dari air, yang merupakan 98-99% dari total volume. Selain itu juga mengandung garam, gula, vitrosine dll.

Fungsi utama vitreous humor adalah menahan retina di bola mata dan memberi bentuk pada bola mata.

Apa perbedaan antara Aqueous dan Vitreous Humor?

• Humor cair adalah cairan bening yang ditemukan di antara kornea dan lensa mata, sedangkan humor vitreus adalah massa agar-agar bening yang terdapat di bagian belakang bola mata antara lensa dan retina.

Baca juga :   Cara Mengatasi Buta Warna dengan Mengenali Penyebabnya

• Aqueous humor dihasilkan terus menerus dan mengalir terus menerus dari depan mata sepanjang hidup, sedangkan humor vitreous diproduksi hanya selama tahap embrionik dan bertahan seumur hidup.

• Humor vitreous tidak mengisi ulang sedangkan humor aqueous.

• Volume humor vitreous lebih tinggi dari pada humor aqueous pada satu mata.

Otot Akomodasi Adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata akomodasi berarti upaya penyesuaian mata untuk menerima gambar yang jelas dari berbagai objek.

Mata adalah indra utamanya. Yang merupakan salah satu indera tubuh yang sangat penting, kita bisa melihat segala sesuatu di dunia nyata. Mata sangat membantu untuk menunjang aktivitas hidup kita. Anda bisa membayangkan kita hidup tanpa mata. Maka bersyukurlah untuk kami yang telah diberikan anugerah mata normal oleh Allah Satu-Satunya.

Mekanisme Akomodasi Mata

Otot Akomodasi Adalah

Formasi Bayangan

Proses melihat sebenarnya terletak pada bagaimana bayangan benda tersebut terbentuk. Perhatikan peristiwa formasi bayangan berikut:

Sinar cahaya dari benda bersinar melalui konjungtiva dan sebagian difokuskan oleh kornea. Cahaya ini melewati pupil dan kemudian difokuskan oleh lensa, yang merupakan lensa cembung elastis yang membentuk gambar. Cahaya ditransmisikan melalui cairan vitreus dan membentuk gambar di retina. Karena kerja lensa, bayangan yang terbentuk dibalik, dan otak “memutarnya” kembali.

Kekuatan Akomodasi Mata

Daya akomodasi mata atau daya adaptasi mata adalah kemampuan otot siliaris untuk menebalkan atau meratakan kelengkungan lensa mata yang disesuaikan dengan jarak dekat atau jauh benda yang dilihat oleh mata. Sehingga dalam melihat objek pada jarak tertentu perlu dilakukan perubahan kelengkungan pada lensa mata.

Baca juga :   Vitamin Untuk Mata Lelah Dapat Mencegah Kebutaan

Untuk mengubah kelengkungan pada lensa mata, Yang artinya mengubah jarak titik fokus lensa merupakan tugas dari otot siliaris.

Ini agar bayangan yang dibentuk oleh lensa mata selalu jatuh ke retina. Ketika mata melihat dari dekat lensa mata harus lebih cembung (otot siliaris mengencang) dan ketika melihat jauh lensa harus lebih rata (otot siliaris mengendur).

Kemampuan manusia untuk menampung matanya terbatas, sehingga membutuhkan bantuan lensa untuk memperjelas pandangannya terhadap objek yang dilihat.

Batas Daya Akomodasi

Manusia memiliki dua batasan akomodasi (jangkauan penglihatan), yaitu dekat dan jauh:

Untuk Titik dekat mata (punctum proximum) adalah jarak antara benda terdekat di depan mata yang masih dapat terlihat dengan jelas. Namun pada mata yang normal (emetropi), titik terdekat adalah 10cm sampai 20cm (untuk anak-anak) dan 20cm sampai 30cm (untuk dewasa). Titik dekat juga disebut jarak membaca normal.

Titik jarak mata (punctum remotum) merupakan jarak benda terjauh didepan mata yang masih dapat terlihat dengan jelas. Untuk mata normal, titik jauhnya adalah “tak terhingga”
Titik terdekat atau jarak terkecil berbeda pandangan

Point Near atau jarak pandang minimum adalah titik terdekat dengan mata dimana obyek masih terlihat jelas.

Untuk mata normal, jarak pandang harus minimal 25 sentimeter. Namun, itu bervariasi dengan usia orangnya. Misalnya untuk bayi hanya 5 sampai 8 cm.

Titik jarak mata adalah jarak maksimum dimana mata normal dapat melihat sesuatu dengan jelas. Titik jarak mata tak terbatas untuk mata normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.