Fungsi Kelenjar Air Mata Untuk Menjaga Kelembaban Mata

Fungsi kelenjar air mata adalah untuk menghasilkan air mata yang digunakan untuk membasahi mata yang berguna untuk menjaga kelembaban mata agar mata mudah bergerak dan tidak kering, membersihkan mata dari debu dan membunuh kuman yang masuk ke mata.

Kelenjar air mata adalah kelenjar yang dapat ditemukan di bagian mata yang mengeluarkan air mata. Kelenjar lakrimal terletak di bagian lateral atas mata yang disebut fossa lakrimal.

Dari kelenjar ini, air mata diproduksi dan kemudian dialirkan melalui 8-12 saluran kecil yang mengarah ke bagian lateral forniks konjugtiva superior dan di sinilah air mata menyebar ke seluruh permukaan bola mata dengan kedipan kelopak mata.

Fungsi Kelenjar Air Mata

Fungsi Kantung Air Mata

Menangis merupakan proses alami yang terjadi pada manusia. Hampir semua manusia terlahir menangis. Setiap manusia dewasa pasti pernah menangis. Jika dilihat dari sisi gender, wanita lebih sering menangis dibandingkan pria.

Menurut peneliti, hal ini karena wanita lebih mampu mentransfer emosi mereka secara biologis ke dalam air mata, ditambah lagi kelenjar air mata wanita lebih kecil daripada pria.

Namun perlu anda tahu bahwa air mata yang keluar dari mata kita berbeda-beda tergantung dari fungsinya dan penyebab yang menyebabkan munculnya air mata tersebut? Berikut empat fakta menarik tentang air mata yang mungkin belum Anda ketahui.

Fungsi Kantung Air Mata

Ada tiga jenis air mata, dengan fungsi berbeda

  • Air mata emosi
  • Air mata basal, dan
  • Air mata refleks.

Masing-masing air mata ini keluar tergantung dari fungsi dan penyebabnya. Mari kita bahas satu per satu…

Air Mata Emosional

Air mata emosional mengalir dari tekanan emosional. Air mata ini mengandung zat penghasil stres tingkat tinggi, seperti adenokortikotropin (ACTH). Air mata ini bisa menandakan emosi kepada orang lain.

Air Mata Basal

Air mata yang selalu ada di mata karena air mata ini berfungsi untuk melembabkan mata, menyehatkan, dan melindungi mata. Kelenjar lakrimal yang terletak di sisi luar mata atas selalu menghasilkan cairan yang mengandung protein dan antibakteri.

Cairan ini selalu mengalir dari bola mata luar ke kornea dan melumasi seluruh permukaan mata setiap kali kita berkedip.

Baca juga :   Bisakah Menyusui Membuat Mata Bayi Kuning? Dan Cara Perawatanya

Air Mata Refleks

Air mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari iritasi, seperti iritasi akibat debu, asap, atau bawang merah. Jadi saat Anda mengupas bawang, air mata ini keluar.

Selain fungsi yang dijelaskan di atas, air mata juga memiliki fungsi lain. Air mata berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi, serta membuang produk limbah yang tidak lagi digunakan oleh tubuh, sama seperti fungsi darah di dalam tubuh.

Air mata juga meningkatkan citra yang terbentuk pada retina dengan menghaluskan segala ketidakteraturan pada permukaan bola mata. Itulah yang menyebabkan penglihatan Anda kabur saat mata Anda kering.

Air mata juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh kita karena mengandung antibodi, enzim, dan komponen imun lainnya. Zat ini membantu melindungi mata dari mikroorganisme. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan air mata karena banyaknya fungsi air mata.

Air Mata Bisa Mengurangi Stres

Menangis adalah salah satu cara kita mengkomunikasikan perasaan yang kita rasakan, sekaligus mengekspresikan emosi. Saat Anda sedang emosional atau stres, Anda akan menangis. Ini adalah saat air mata emosional Anda mengalir. Setelah menangis, Anda akan merasa lebih tenang.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana air mata dapat membantu mengurangi stres?

Menangis dapat membantu membersihkan tubuh dari bahan kimia yang berhubungan dengan stres. Inilah salah satu alasan mengapa kita merasa lebih baik saat menangis. Tingkat tinggi adenokortikotropin (ACTH) ditemukan dalam air mata emosional.

ACTH adalah zat kimia yang berhubungan dengan stres. Jadi jika Anda menangis saat stres, Anda membantu menghilangkan bahan kimia penyebab stres sehingga Anda merasa jauh lebih baik setelah menangis.

Menghilangkan ACTH dari tubuh juga memiliki manfaat lain, yaitu memicu tubuh untuk juga mengeluarkan kortisol (hormon stres). Terlalu banyak kortisol dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan stres.

Konten Menangis

Air mata memiliki sistem yang kompleks, Yang terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, air, dan juga lendir.

Lapisan air adalah lapisan yang paling tebal dan mengandung elektrolit (seperti natrium dan kalium), protein, glukosa, dan zat lainnya.

Baca juga :   Termasuk Kelainan Mata Dan Cara Mengatasi Gangguan Pada Mata

Banyaknya lemak di lapisan luar minyak berfungsi untuk memperlambat penguapan. Namun, komposisi spesifik air mata dapat berubah dari hari ke hari tergantung pada kesehatan dan kondisi tubuh Anda.

Air Mata Bisa Mengalir Ke Hidung

Air mata sebagian besar dihasilkan oleh kelenjar air mata yang terletak tepat di atas sudut luar mata. Saat Anda berkedip, Maka sebenarnya Anda sedang melumasi mata Anda dengan air mata karena pada saat itu air mata menyebar ke seluruh permukaan mata anda.

Air mata mengalir ke lubang kecil di kelopak mata yang disebut puncta, dan jika air mata berlebih, seperti saat menangis, air mata akan mengalir dari kelopak mata bagian bawah ke saluran di rongga hidung, di mana Anda bisa menelannya saat Anda menangis, atau Air mata ini bisa menjadi bagian dari cairan hidung. Inilah yang menyebabkan Anda merasa sulit bernapas saat menangis.

Fungsi Saluran Air Mata

Fungsi Saluran Air Mata

Air mata membersihkan, melembabkan, dan menutrisi bola mata. Setelah membasahi bola mata, air mata akan melewati saluran air mata untuk dibuang melalui hidung. Manusia umumnya memiliki dua saluran yang bergabung bersama di setiap mata sebelum mencapai hidung. Jika salah satu saluran air mata tersumbat, proses pembuangan air mata bisa terganggu.

Penyumbatan saluran air mata juga disebabkan oleh kelainan bawaan, Atau bahkan dengan bertambahnya usia (terutama pada wanita), Infeksi saluran air mata, penggunaan obat tetes mata (pada penderita glaukoma), luka pada wajah, tumor yang menekan saluran air mata, atau efek lainnya. radioterapi dilakukan di area wajah.

Ciri Ciri Saluran Air Mata Yang Tersumbat

Saat seseorang mengalami penyumbatan pada saluran air mata, Maka aliran air mata tidak keluar dengan lancar sehingga mata terus berair. Selain mata berair, gejala tersumbatnya saluran air mata yang sering dikeluhkan penderita adalah:

Mata Merah

Mata Merah

Bengkak dan nyeri di sudut mata bagian dalam. Keluarnya cairan kental dari sudut dalam mata, terutama saat menekan.

Orang yang tersumbat saluran air mata akibat cedera atau tumor mungkin juga mengalami mimisan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca juga :   Penyebab Mata Bintitan Terus Menerus Dan Dapat Segera Diatasi

Jika Anda mencurigai adanya penyumbatan saluran air mata, dokter mata dapat melakukan pemeriksaan, antara lain:

Pemeriksaan dengan menekan saluran air mata dari luar.

Pemeriksaan dengan meneteskan pewarna khusus pada mata dan membubuhkan kain kasa di lubang hidung. Proses pengairan ini juga dapat mengatasi tersumbatnya saluran air mata oleh benda asing.

Sinar-X, dapat membantu menentukan lokasi tepatnya penyumbatan.

Cara Mengobati Penyumbatan Saluran Air Mata

Cara Mengobati Penyumbatan Saluran Air Mata

Perawatan saluran air mata yang tersumbat sangat bervariasi, tergantung penyebabnya. Penyumbatan pada saluran air mata pada bayi baru lahir sering kali sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan, sehingga dokter hanya akan memantau kondisinya tanpa penanganan khusus.

Beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan saluran air mata adalah:

1. Pijat

Pijat saluran air mata seperti yang diarahkan oleh dokter, Pemijatan juga bisa dilakukan pada bayi baru lahir. bila masih terdapat selaput yang sulit dibuka pada saluran air mata.

2. Tetes Mata Antibiotik

Tetes mata antibiotik dapat diberikan untuk mengatasi penyumbatan pada saluran air mata akibat infeksi bakteri. Antibiotik oral juga dapat diberikan jika infeksi telah menyebar ke bagian mata yang lain.

3. Irigasi

Dokter akan membuka celah kecil pada saluran air mata dengan bantuan alat khusus yang disebut probe, kemudian menyemprotkan larutan garam.

4. Operasi

Jika penyumbatan saluran air mata tidak ditangani dengan cara lain. Maka operasi dapat dilakukan dengan menggunakan anestesi umum atau anestesi lokal, tergantung pada jenis operasi saluran air mata yang akan dilakukan.

Dalam operasi ini, dokter akan membuat saluran air mata yang baru atau memperlebar saluran air mata yang sudah ada. Anda dapat menggunakan balon atau alat pendukung khusus untuk melebarkan saluran air mata.

Jika mata Anda terus berair selama berhari-hari, segera temui dokter Anda. Penyumbatan pada saluran air mata perlu segera ditangani untuk mencegah terjadinya komplikasi pada mata, karena aliran air mata yang tidak lancar dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di mata dan menyebabkan infeksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.