Gejala Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diperhatikan

Gejala penyakit asam lambung, Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah sensasi seperti terbakar di dada karena asam lambung akan naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul setidaknya dua kali seminggu.

Penyakit asam lambung ini atau acid reflux bisa dialami oleh orang dewasa atau bahkan anak – anak. Gejala penyakit lambung ini sering dicurigai sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya hampir mirip dengan nyeri dada.

Meski penyakit asam lambung tidak mematikan seperti serangan jantung, Namun penyakit asam lambung atau GERD juga perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Penyebab Dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Penyakit refluks asam terjadi ketika otot esofagus bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Ketika otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan kembali naik ke kerongkongan.

Kondisi ini berisiko bagi orang lanjut usia (lansia), orang gemuk, dan ibu hamil.

Gejala utama refluks asam adalah rasa terbakar di dada (mulas), yang dapat memburuk setelah makan atau saat berbaring. Gejala tersebut dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag dan sesak napas, serta mulut asam.

Baca juga :   Cara Menggobati Gangguan Pencernaan Tanpa Perlu Keluar Biaya Besar

Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Asam Lambung

Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Asam Lambung

GERD dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari – hari, seperti menurunkan berat badan, tidak langsung berbaring setelah makan, menghindari makanan tertentu, termasuk buah asam, dan berhenti merokok. Beberapa tanaman herbal, seperti jahe, juga diklaim bermanfaat untuk mengobati penyakit asam lambung.

Dokter juga bisa memberikan obat untuk mengobati penyakit asam lambung dan meredakan sakit maag akibat asam lambung. Jika cara ini belum bisa mengatasi penyakit asam lambung, bisa dilakukan operasi.

Pengobatan asam lambung membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan dapat menjadi solusi praktis untuk menghemat biaya yang mungkin dikeluarkan untuk mengobati kondisi saat ini atau yang akan datang.

Penyakit asam lambung dapat dicegah dengan tidak langsung berbaring setelah makan, menghindari konsumsi makanan pedas dan asam, serta menerapkan jadwal makan yang teratur. Selain itu, penyakit ini juga bisa dicegah dengan berhenti minum minuman berkafein, seperti kopi, dan minuman beralkohol.

Asam Lambung Naik

Asam lambungnya naik adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi karena masalah pada saluran pencernaan. Ada beberapa gejala asam lambung yang perlu Anda waspadai. Kondisi asam lambung bisa dialami oleh semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah pencernaan memiliki risiko lebih tinggi.

Baca juga :   Warna Soflen Untuk Kulit Sawo Matang Yang Tepat

Asam Lambung Naik

Tinggi rendahnya keasaman dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor utama yang mempengaruhi naiknya asam lambung adalah hormon gastrin, yaitu hormon yang merangsang keluarnya asam lambung.

Baca juga : Sistem Pencernaan Manusia Dan Cara Kerjanya

Ada beberapa gejala asam lambung yang perlu Anda ketahui untuk mengantisipasi dan mengetahui kondisi kesehatan Anda.

1. Maag

Gejala pertama dari refluks asam adalah mulas atau dada terbakar. Ini karena asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar.

2. Mulut Asam

Selain dada panas, gejala asam lambung lainnya adalah mulut asam. Selain itu, tenggorokan juga mungkin cenderung terasa panas.

3. Regurgitasi

Regurgitasi

Selanjutnya regurgitasi yang juga merupakan salah satu dari gejala naiknya asam lambung. Regurgitasi adalah suatu kondisi di mana Anda merasa ingin muntah karena cairan di perut Anda naik.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Bertahan Lebih Lama

Kesulitan Menelan Selain tenggorokan terbakar, kesulitan menelan adalah gejala lain dari refluks asam. Jika tenggorokan Anda terasa sulit untuk menelan atau bahkan sakit, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

4. Dispepsia

Dispepsia adalah suatu kondisi dimana perut terasa tidak nyaman akibat gangguan pencernaan. Dispepsia adalah gejala umum dari refluks asam yang juga ditandai dengan perut kembung, mual dan sering bersendawa.

5. Sesak Napas

Gejala asam lambung selanjutnya adalah sesak napas. Kondisi ini cukup parah dan dapat berdampak buruk bagi penderita asam atau gangguan pernapasan lainnya.

6. Batuk Kering

Batuk kering adalah gejala refluks asam. Batuk kering juga biasanya disertai dengan tenggorokan panas atau sakit. Jika Anda mengalami gejala di atas, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan segera mengenali gejala tersebut sebelum kondisinya semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.