Infeksi Saluran Air Mata Dan Saraf Mata Tersumbat

Pernah bertanya-tanya darimana air mata manusia berasal? Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata, yang merupakan kelenjar kecil yang berada di belakang hidung. Nah, produksi air mata sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Kesehatan kelenjar air mata harus dijaga karena organ tersebut dapat terinfeksi. Infeksi kelenjar ini dikenal sebagai dakriosistitis.

Infeksi Saluran Air Mata

Apa Itu Dakriosistitis?

Dakriosistitis adalah istilah medis untuk infeksi kelenjar air mata. Mata yang mengalami kondisi ini akan mengalami luka dan bengkak serta kemerahan pada bagian mata yang berbatasan dengan hidung. Ini disebabkan oleh proses peradangan yang dapat berlangsung secara akut atau kronis.

Air mata manusia diproduksi oleh kelenjar yang disebut lakrimal. Kelenjar lakrimal terletak di kelopak mata atas Anda. Setelah diproduksi, air mata akan mengalir ke bukaan kecil di depan mata. Setiap kali Anda berkedip, air mata akan menjalar ke seluruh bagian mata.

Air mata kemudian akan mengalir kembali ke lubang kecil, yang disebut puncta, untuk bergerak melalui saluran lakrimal ke bagian belakang hidung Anda.

Apa Saja Gejala Dakriosistitis?

Gejala utama dakriosistitis atau infeksi kelenjar air mata adalah mata yang terlalu berair. Anda mungkin juga mengalami rasa sakit. Kondisi peradangan akut akibat infeksi kelenjar air mata ini juga dapat menyebabkan keluarnya nanah dari sudut mata yang menyebabkan demam.

Peradangan akibat dakriosistitis juga bisa lambat atau kronis (berulang atau berlangsung selama berbulan-bulan atau lebih) dengan gejala yang biasanya lebih ringan.

Infeksi akut pada kelenjar air mata bisa menjadi kondisi kesehatan yang serius jika tidak segera ditangani. Jika seseorang mengalami infeksi kelenjar air mata yang menyebabkan demam, segera dapatkan pengobatan sebelum infeksi menyebar ke kantung mata. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi menyebar melalui darah yang berpotensi dapat menyebabkan kebutaan.

Komplikasi lain jika infeksi berlangsung terlalu lama adalah munculnya beberapa penyakit. Misalnya abses otak, yaitu saat nanah tersumbat di otak; meningitis karena peradangan menyebar di sekitar selaput otak dan tulang belakang; untuk sepsis atau keracunan darah.

Baca juga :   Sayuran Untuk Mata Sehat Ternyata Sangat Banyak di Desa loh

Apa Penyebab Infeksi Kelenjar Air Mata?

Salah satu penyebab umum dakriosistitis adalah penyumbatan saluran air mata atau saluran lakrimal. Penyumbatan saluran air mata yang terjadi ketika sistem pengeringan untuk sobekan tersumbat sebagian atau bahkan seluruhnya.

Cairan air mata yang tidak terserap memberikan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri, khususnya Staphylococcus aureus. Akibatnya, air mata tidak dapat mengering secara normal, yang dapat menyebabkan mata berair, iritasi, atau infeksi kronis.

Berikut ini gejala sumbatan saluran air mata yang perlu Anda waspadai karena dapat berkembang menjadi infeksi:

  • Air mata yang berlebihan
  • Mata merah
  • Pembengkakan yang menyakitkan di dekat sudut dalam mata
  • Pengerasan kelopak mata
  • Keluar lendir atau lendir
  • Penglihatan kabur

Kelahiran Bawaan

Kondisi dakriosistitis paling sering ditemukan pada bayi. Hal ini disebabkan adanya penyumbatan pada saluran air mata seperti kongenital atau dikenal dengan dakriosistitis kongenital.

Tua

Dakriosistitis juga dapat dialami oleh lansia (lanjut usia) karena kelenjar air mata pada lansia cenderung menyempit seiring bertambahnya usia. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang lebih tua daripada pria karena saluran air mata mereka cenderung lebih kecil.

Beberapa faktor lain juga meningkatkan risiko seseorang terkena dakriosistitis, termasuk yang berikut ini.

Infeksi atau peradangan. Infeksi kronis atau radang mata, sistem pembuangan air mata, atau hidung dapat menyebabkan saluran air mata tersumbat. Sinusitis kronis dapat mengiritasi jaringan dan membentuk luka, yang akhirnya menyumbat sistem saluran air mata.

Trauma. Trauma atau cedera mata akibat kecelakaan, seperti patah tulang hidung, dapat menyumbat saluran air mata.

Tumor. Kehadiran tumor dapat menekan sistem saluran air mata dan mencegah drainase.
Obat kemoterapi dan pengobatan radiasi untuk kanker. Perawatan kanker dapat menyebabkan kondisi ini, sebagai efek samping yang mungkin terjadi.

Deviasi septum, adalah suatu keadaan dimana septum (dinding yang menjadi pembatas antara dua rongga hidung) tidak tepat berada di tengah. Akibatnya salah satu lubang hidung menjadi lebih kecil.

Baca juga :   Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami Terbukti Cepat

Rinitis, atau radang selaput lendir hidung.

Bagaimana Kondisi Ini Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis dakriosistitis atau infeksi kelenjar air mata, dokter Anda akan menanyakan gejala Anda, memeriksa mata Anda untuk melihat apakah ada kemungkinan penyebab lain, dan melakukan sejumlah tes mata.

Tes berikut dapat digunakan untuk mendiagnosis kondisi Anda:

Uji Pengeringan Sobek

Penyiraman dan pemeriksaan. Dokter mungkin menuangkan larutan garam melalui sistem aliran air mata untuk memeriksa seberapa cepat larutan tersebut mengering.

Tes pencitraan mata seperti sinar-X, CT scan, MRI. Prosedur ini diterapkan untuk memeriksa lokasi dan penyebab penyumbatan.

Pengobatan Dakriosistitis Agar Tidak Menjadi Serius

Perawatan tergantung pada penyebab penyumbatan saluran air mata. Terkadang, lebih dari satu perawatan diperlukan untuk saluran air mata yang tersumbat. Perawatan ini meliputi:

Antibiotik

Untuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik dalam bentuk obat oral atau obat tetes mata.

Menunggu Cedera Sembuh

Jika Anda mengalami cedera fatal yang menyebabkan saluran air mata tersumbat, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk menunggu beberapa bulan untuk melihat apakah kondisi Anda membaik saat cedera Anda sembuh.

Pelebaran, Probing dan Flushing

Untuk bayi dan balita yang obstruksi saluran air mata tidak dapat terbuka dengan sendirinya, atau untuk orang dewasa yang saluran air mata tersumbat sebagian, teknik dilatasi, probing, dan pemaparan dapat digunakan.

Dilatasi Kateter Balon

Jika pengobatan lain tidak berhasil atau dakriosistitis berulang, prosedur ini dapat digunakan. Biasanya efektif untuk bayi dan balita, dan juga dapat digunakan pada orang dewasa dengan penyumbatan parsial.

Stenting atau intubasi. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan anestesi atau anestesi lokal.

Pembedahan (dacryocystorhinostomy)

Prosedur ini membuka jalan agar air mata mengalir kembali melalui hidung.
Sementara itu, Anda juga dapat mencegah dakriosistitis atau infeksinya semakin parah.

Caranya sangat mudah yaitu, dengan menempelkan kain yang dibasahi air hangat di sekitar saluran air mata.

Pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih sebelum melakukannya. Tekan kain lembab dengan lembut. Cara ini bisa membantu mengeluarkan nanah dan cairan dari saluran air mata.

Baca juga :   Pengobatan Katarak Tanpa Operasi Yang Cepat Dan Efektif

Saraf Mata Tersumbat

Mata merupakan harta yang sangat berharga bagi setiap manusia, karena segala aktivitas sehari-hari membutuhkan indera penglihatan terlebih dahulu. Namun jika mata rusak bisa membuat segala aktivitas menjadi sulit.

Saraf Mata Tersumbat

Dari sederet gangguan atau kerusakan mata, salah satu yang paling berbahaya adalah serangan mata.

Stroke mata yang terjadi ketika mata mengalami penyumbatan yang membatasi aliran darah.

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit mata dan bahkan kehilangan penglihatan seketika – pada kenyataannya, sebagian besar kasus kehilangan penglihatan bersifat permanen. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui tanda serta penyebab stroke mata, sebagai berikut:

Penyumbatan Pembuluh Darah Retinal

Kondisi ini menyebabkan pendarahan dari pembuluh darah vena yang akan merembes ke retina mata dan menyebabkan pembengkakan yang akan mengganggu penglihatan.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada kondisi ini adalah dengan suntikan steroid yang dapat mengurangi pembengkakan pada retina. Sedangkan untuk perawatan lain, seperti laser atau operasi – ini bisa membantu mengatasi kondisi mata yang bengkak yang menyebabkan stroke mata. Namun, pilihan pengobatan ini tidak selalu efektif untuk pasien.

Arteri Di Retina Tersumbat Oleh Darah

Kondisi ini menyebabkan arteri di retina tersumbat oleh darah, di mana darah harus mencapai retina, tetapi karena obstruksi retina, kehilangan yang parah dikenal sebagai oklusi arteri sentral retinal.

Akibat yang mungkin terjadi adalah kehilangan penglihatan parsial karena penyumbatan yang terjadi di arteri retina. Dalam beberapa kasus, penglihatan akan hilang seiring berjalannya waktu, namun ada kemungkinan lain yaitu kehilangan penglihatan permanen.

Saraf Optik Tersumbat

Kondisi yang menyebabkan stroke mata disebut neuropati iskemik optik, di mana terjadi penyumbatan pada arteri di saraf optik mata. Tugas saraf optik mata adalah mengirimkan informasi visual dari retina ke otak. Namun, jika terjadi penyumbatan di daerah tersebut, penderita akan kehilangan penglihatannya secara permanen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.