Air Mata Buatan Cendo Membantu Meredakan Iritasi Dan Mata Kering

Cendo Hyalub adalah sediaan tetes mata yang mengandung Sodium Hyaluronate. Cendo Hyalub digunakan untuk membantu meredakan rasa terbakar di mata. Cendo Hyalub juga digunakan untuk membantu meredakan iritasi dan ketidaknyamanan akibat mata kering. Cendo Hyalub juga dapat membantu mempercepat perbaikan permukaan mata.

Cendo Hyalub Minidose

Cendo Hyalub Minidose

Botol Cendo Hyalub

Botol Cendo Hyalub

Dosis: Taruh 1 tetes Cendo Hyalub pada mata yang sakit, 5-6 kali sehari.

Metode Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30 derajat Celcius, di tempat yang kering dan sejuk.

Efek Samping Cendo Hyalub

Efek samping dari Cendo Hyalub yang dapat terjadi adalah:

  • Gatal, iritasi pada kornea
  • Peningkatan sementara tekanan intraokular mata

Kontraindikasi

Hipersensitivitas atau alergi terhadap sodium hyaluronate.

Obat Tetes Mata Kering Dan Gatal

Kebiasaan mengucek mata saat merasa gatal bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi. Sebaiknya kurangi kebiasaan ini, Cari obat mata yang Anda butuhkan di apotek. Dari sekian banyak pilihan, tetes mana yang cocok untuk mengobati mata gatal Anda?

Untuk menjawabnya, kami akan membantu Anda menemukan obat tetes mata terbaik untuk mata gatal. Beragam merk tersedia yaitu Rohto, Kalbe Farma, dan Cendo. Sebelum mengintip panduan memilihnya, sebaiknya pahami dulu kenapa mata gatal muncul.

Mata Gatal, Apa Penyebabnya?

Baik anak-anak maupun orang tua, saat mata terasa gatal, tentu saja refleks mengucek mata. Sebenarnya apa yang menyebabkan kondisi ini? Ternyata, mata gatal dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

Konjungtivitis Alergi

Keinginan untuk menggosok mata gatal muncul karena reaksi alergi pada mata akibat zat seperti serbuk sari, spora jamur, bulu binatang, dan partikel alergen lainnya yang beterbangan tertiup angin. Konjungtivitis alergi rentan terhadap iritasi dan sering terjadi serta dapat menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Mata Kering

Air mata dibutuhkan untuk melumasi bola mata dan membersihkan partikel asing yang menghantamnya. Jika produksi air mata menurun, mata akan terasa gatal, perih, dan penglihatan akan terganggu. Selain faktor eksternal, gatal pada mata juga terjadi akibat kualitas air mata yang kurang baik.

Radang Kelopak Mata

Peradangan pada kelopak mata atau blepharitis terjadi ketika kelenjar minyak kecil di dasar bulu mata tersumbat. Hal ini membuat mata mudah teriritasi dan kelopak mata membengkak, sehingga gejala umum pertama yang dirasakan adalah mata gatal, mata berair, mata merah, dan mata sensitif terhadap silau.

Penggunaan Lensa Kontak

Terlalu lama menggunakan lensa kontak bisa menyebabkan mata gatal. Lensa kontak yang tidak terawat dengan baik atau jarang diganti juga menjadi faktor penyebabnya. Selain dari lensa kontaknya sendiri, cairan lensa kontak terkadang tidak cocok untuk pemakainya sehingga menimbulkan reaksi alergi pada mata yang berujung pada gatal.

Berdasarkan empat penyebab utama di atas, menurut Anda manakah yang menjadi penyebab keluhan mata gatal Anda? Alih-alih mengucek mata, sebaiknya gunakan obat tetes mata yang tepat untuk mengatasi mata gatal.

Cara Memilih Tetes Mata yang Baik untuk Mata Gatal

Cara Memilih Tetes Mata yang Baik untuk Mata Gatal

Apa hal yang perlu diperiksa saat memilih obat tetes mata untuk mata gatal? Mari belajar bersama di bagian ini!

Pilih Obat TetesĀ  Sesuai Penyebab Mata Gatal

Hal utama yang penting untuk Anda ingat adalah memilih obat tetes mata sesuai dengan gejala dan penyebab mata gatal. Baik itu karena alergi, bakteri, mata kering, atau iritasi, pastikan Anda memilih produk yang mengandung bahan aktif untuk menyembuhkan mata gatal berdasarkan keluhannya!

Mata Gatal Karena Bakteri, Pilih Yang Mengandung Antibakteri

Anda bisa memilih obat tetes mata yang mengandung sulfamethoxazole untuk mengatasi mata gatal akibat infeksi bakteri. Agen antibakteri akan bertindak untuk menghentikan aktivitas dan perkembangan bakteri di area mata. Selain sulfamethoxazole, alternatif antibakteri lain yang dapat dipilih adalah benzalkonium chloride.

Benzalkonium klorida merupakan komponen antibakteri dengan fungsi gabungan sebagai pengawet. Di Indonesia, obat tetes mata yang mengandung bahan-bahan tersebut cukup mudah ditemukan, namun keberadaannya membuat suatu produk tidak dapat digunakan dengan lensa kontak. Anda harus melihat pro dan kontra dari setiap produk dengan memeriksa isinya.

Baca juga :   Pupil Mata Melebar Bisa Menandakan Kondisi Yang Berbahaya

Meski antibakteri bisa meredakan gatal pada mata akibat bakteri, Anda perlu mewaspadai obat yang juga memicu alergi, seperti obat sulfa. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk membeli obat tetes mata untuk mata bakteri gatal. Hentikan penggunaan obat segera setelah gejala infeksi diobati.

Mata Gatal Akibat Alergi, Utamakan Produk dengan Komponen Anti Alergi

Kelopak mata dan permukaan bola mata akan bereaksi saat dirangsang oleh alergen yang beterbangan. Misalnya serbuk sari, bulu binatang, dan partikel debu bisa menyebabkan mata gatal secara tiba-tiba. Untuk mengatasi kondisi yang satu ini, gunakan obat mata berdasarkan beratnya gejala yang muncul.

Jika mata gatal Anda disebabkan oleh serbuk sari, gunakan obat tetes mata yang mengandung agen alergen seperti sodium cromoglycate. Lihat tabel bahan untuk memeriksa keberadaan bahan-bahan penyebab alergi ini. Selain sodium cromoglycate, formulasi alergi lain mungkin membingungkan Anda, sehingga Anda lebih mudah memilih obat tetes mata berlabel “untuk alergi”.

Kemudian, mata gatal akibat partikel debu akan diatasi lebih baik dengan obat mata yang mengandung antihistamin. Bahan seperti chlorpheniramine maleate diketahui efektif mengurangi rasa gatal pada mata akibat debu melalui reaksi yang cepat.

Mata Gatal Karena Iritasi, Temukan Yang Menyimpan Sifat Anti-inflamasi

Jika mata gatal Anda dipicu oleh iritasi atau peradangan, Anda harus mencari obat tetes mata yang mengandung komponen anti-inflamasi. Bahan anti inflamasi seperti dipotassium glycyrrhizinate dan asam epsilon-aminocaproic sering tercantum dalam obat tetes mata yang gatal akibat iritasi.

Bagi Anda yang menderita iritasi mata akibat lensa kontak tetes mata yang mengandung air mata buatan dapat meredakan keluhan iritasi ringan. Selama masa penyembuhan, hentikan dulu penggunaan lensa kontak. Setelah pulih, cuci lensa kontak dengan seksama sebelum digunakan kembali.

Mata Gatal Karena Kekeringan, Pilih Yang Mengandung Pelembab Dan Bebas Pengawet

Tidak sedikit kasus mata gatal karena lingkungan mata yang kering. Jika hal ini terjadi pada Anda, carilah obat tetes mata yang mengatasi kekeringan, yang mengandung pelembab seperti asam hialuronat dan gliserin. Selain kedua komponen tersebut, bahan pelembab murni lainnya juga biasa diformulasikan untuk melumasi mata agar tetap basah.

Sementara itu, Anda perlu berhati-hati dengan produk yang mengandung bahan pengawet. Pasalnya, bahan pengawet tidak aman digunakan terlalu sering. Oleh karena itu, sebagai jalan tengah, perhatikan tingkat keparahan gatal dan mata kering Anda sebelum memilih obat dengan pengawet. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih obat tetes mata tanpa bahan pengawet untuk membantu mengatasi mata kering.

Lebih Baik Memilih yang Bisa Digunakan Bersama Lensa Kontak

Pengguna lensa kontak harus lebih berhati-hati saat memilih obat tetes mata. Tidak semua produk dapat digunakan dengan lensa kontak. Karena itu, periksalah bahan yang memungkinkan terjadinya iritasi mata bila digunakan dengan lensa kontak. Bacalah aturan penggunaan untuk informasi mengenai masalah ini.

Jika ragu, pertimbangkan obat tetes mata yang aman digunakan dengan lensa kontak. Umumnya obat tetes mata ini tidak mengandung bahan yang akan diserap oleh lensa. Meskipun mereka terdaftar sebagai aman untuk digunakan dengan lensa kontak, Anda harus menggunakan lensa keras. Sedangkan lensa kontak tipe lunak, cari tahu lebih lanjut untuk memastikan keamanannya.

Jika Mengandung Mentol, Sesuaikan Dengan Tingkat Gatal Pada Mata

Produk yang mengandung mentol memberikan sensasi sejuk saat dijatuhkan. Efek segar yang hadir akan menyejukkan mata gatal Anda. sensasi dingin dan segar dari mentol akan semakin kuat untuk menekan sensasi gatal.

Meski bisa meredakan mata gatal dengan cepat, nyatanya kandungan mentol tidak menyembuhkan masalah berdasarkan sumbernya. Sensasi yang menenangkan hanya berlangsung sementara. Padahal, bila digunakan secara berlebihan, bahan mentol berisiko menyebabkan kemacetan (penyumbatan aliran mata) dan faktor lain yang menimbulkan masalah baru.

Jadi, sebaiknya hindari obat tetes mata berbahan mentol jika mengalami mata gatal disertai kemerahan. Gunakan produk yang mengandung mentol secara alami, misalnya hanya 2-3 kali saat gatal menyerang saat bekerja. Kemudian, disarankan juga untuk memilih mentol yang berefek sejuk dan menyegarkan dengan level rendah untuk mengurangi efek stimulan yang diberikan.

Baca juga :   Mata Beda Warna Dan Warna Mata Manusia Paling Langka

Untuk Obat yang Mengandung Vasokonstriktor, Gunakan secukupnya

Pada beberapa kasus, mata gatal menyebabkan kemerahan akibat terhalangnya aliran mata yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Untuk meminimalkan risiko pembuluh darah mata akibat kondisi penyempitan ini, sebaiknya pilih obat tetes mata tanpa kandungan vasokonstriktor.

Tetrahydrozoline dan naphozoline hydrochloride merupakan komponen golongan vasokonstriktor yang bekerja untuk mempersempit pembuluh darah, sehingga bola mata terlihat lebih putih. Namun, mekanisme ini bersifat sementara dan tidak menangani masalah secara langsung ke sumbernya.

Faktanya, penggunaan jangka panjang berisiko menciptakan masalah baru.

Obat Tetes Mata Terbaik Untuk Mengobati Mata Gatal

Pada bagian ini, kami merekomendasikan sepuluh merek obat tetes mata teratas untuk mengatasi mata gatal. Carilah produk yang paling baik untuk mengatasi mata gatal Anda berdasarkan penyebabnya, entah itu karena alergi, infeksi bakteri, mata kering, atau iritasi. Semoga Anda mendapatkan produk yang bagus dan sesuai!

1. Cendo Xitrol

Secara efektif meredakan mata gatal akibat infeksi bakteri

Cendo Xitrol

Mengandung bahan aktif nemycin dan polymyxin, menjadikan Cendo Xitrol sangat efektif meredakan mata gatal akibat infeksi bakteri. Kedua bahan utama tersebut memiliki sifat antioksidan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Bersamaan dengan deksametason, obat tetes mata untuk mata gatal ini juga bisa mengurangi pembengkakan.

Cendo Xitrol hanya efektif untuk mengobati infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri, sehingga tidak ideal untuk mata yang terinfeksi virus, jamur, atau parasit. Sebelum menggunakan obat tetes mata berikut, tanyakan kepada dokter Anda petunjuk untuk merasakan efek optimal. Selain menyediakan obat tetes mata, Cendo Xitrol juga memiliki bentuk salep.

2. Allergan Segarkan Kontak

Apakah Anda lebih sering memakai lensa kontak?

Allergan Segarkan Kontak

Waspadai obat tetes mata yang Anda oleskan saat keluhan gatal muncul. Gunakan Allergan Refresh Contacts untuk menghilangkan rasa gatal di mata Anda. Larutan steril ini mampu melembabkan dan menenangkan mata yang kering juga, lho!

Ini mengandung asam hidrolisat dan natrium hidroksida untuk menyeimbangkan pH di area mata. Berkat kombinasi kedua komponen ini, obat tetes mata ini menciptakan lingkungan sehat yang membuat bakteri berpikir dua kali untuk menginfeksi mata.

3. Kalbe Navitae

Melembabkan mata kering dan lelah karena memakai lensa kontak

Kalbe Navitae

Satu lagi tetes mata bagi pemakai lensa kontak kami rekomendasikan untuk Anda. Produk dari Kalbe ini akan melindungi organ mata Anda dari efek penggunaan lensa kontak. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lepas dulu lensa kontaknya, lalu basahi lensa kontak dengan obat tetes mata tersebut.

Kemudian, pasang sepasang lensa kontak ke mata, dan pasang kembali Navitae untuk melumasi mata dan lensa kontak secara menyeluruh. Tidak hanya mengandung sodium hyaluronate untuk melembabkan mata kering dan lelah, vitamin A dan vitamin E juga tersedia untuk mengurangi kerusakan mata pada konjungtivitis dan radikal bebas.

4. Cendo Asthenof

Cendo Asthenof

Segarkan mata gatal akibat peradangan

Cendol Asthenof akan menyembuhkan kemerahan pada mata akibat peradangan. Senyawa aktif oxymetazoline hydrochloride di dalamnya mampu meredakan penyempitan pembuluh darah penyebab mata merah dan gatal. Meski tanpa bahan pengawet, produk berwarna kuning ini tidak disarankan untuk digunakan dengan lensa kontak.

Keutamaan lain dari obat tetes mata ini terletak pada vitamin A yang dapat menyehatkan dan menjaga kesehatan mata. Gunakan secukupnya untuk menghilangkan kemerahan dan ketidaknyamanan pada mata. Dapatkan pula sensasi segar berkat kandungan mentolnya.

5. Mata Kering Combiphar Insto

Cegah mata kering saat menghabiskan waktu lama di depan komputer

Mata Kering Combiphar Insto

Insto Dry Eyes diluncurkan Combiphar khusus sebagai obat mata untuk mata kering. Meski ditujukan untuk penderita mata kering, Anda bisa mengurangi sensasi gatal dengan memanfaatkan efek kelembapan yang diberikannya.

Tetes mata insto memiliki kandungan bahan pelembab untuk melembabkan bola mata. Kekeringan akibat mata lelah dan menyebabkan gatal-gatal perlu segera ditangani. Mengapa? Sebab jika dibiarkan, kondisi ini berdampak pada penurunan kualitas hidup, seperti kelelahan, sulit fokus, bahkan risiko kerusakan permukaan mata.

Baca juga :   Apa Itu Retinopati Dan Cara Penanganan Retinopati

6. Rohto Cool Naphazoline HCl 0,012%

Meringankan mata dari sensasi gatal akibat iritasi ringan

Rohto Cool Naphazoline HCl 0,012%

Untuk Anda yang menyukai sensasi dingin setelah tetes mata, produk Rohto berikut memiliki kriteria tersebut. Pilihlah jika Anda sering mengalami mata merah dan terasa gatal akibat iritasi ringan.

Karena mengutamakan fungsi meredakan iritasi akibat debu, angin, asap, sinar matahari, dan memakai lensa kontak, obat tetes mata ini memiliki efek yang cukup kuat sehingga Anda harus benar-benar mematuhi rekomendasi penggunaan. Dan, meskipun mengandung bahan pengawet, jangan gunakan jika cairan di dalam botol sudah keruh.

7. Kalbe Matafres

Tetes mata steril tanpa bahan pengawet yang nyaman untuk dibawa bepergian

Kalbe Matafres

Senyawa aktif natrium hialuronat 0,1% yang terdaftar berperan dalam melumasi dan melembabkan mata yang kering dan lelah akibat pemakaian lensa kontak yang menimbulkan sensasi gatal pada mata.

Kalbe Matafres aman untuk penggunaan jangka panjang. Tak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga bisa menggunakan obat tetes mata ini. Dikemas dengan ampul minidose (sekali pakai), produk ini lebih praktis untuk dibawa kemana-mana. Selama ampul dalam posisi tertutup, Anda tidak perlu khawatir obat tetes mata akan membasahi barang di dalam tas.

8. Tetes Mata V. Rohto Plus Baru

Ampuh meredakan mata gatal akibat peradangan

Tetes Mata V. Rohto Plus Baru

Mencegah kekeringan sekaligus melembabkan mata menjadi peran utama produk ini. Selain itu, Rohto juga menambahkan bahan lain seperti dipotassium glycyrrhizinate yang efektif meredakan gatal pada mata akibat peradangan.

Diperkaya dengan chlorpheniramine maleate, New V. Rohto Plus Eye Drops lebih optimal dalam mengatasi mata gatal akibat debu. Mata juga mendapat dukungan penuh berkat vitamin B5, B6, dan asam amino yang disertakan di dalamnya. Buat kamu yang suka dengan efek basah dari air mata buatan, tetes mata ini adalah pilihannya!

9. Kontak Rohto Lycee

Sempurna untuk semua jenis pemakai lensa kontak!

Kontak Rohto Lycee

Terkenal sebagai brand tetes mata terkemuka di dunia, saat ini Rohto telah memformulasikan produk yang aman digunakan dengan segala jenis lensa kontak, baik itu soft lens, hard lens, lensa O2, lensa kontak sekali pakai, maupun lensa kontak berwarna.

Mengandalkan sodium chondroitin sulfate, Rohto Lycee Contact akan menjaga kesehatan kornea mata sekaligus menjaga kelembapan. Jika anda ragu karena melihat warna dari cairan tersebut adalah pink, warna tersebut sebenarnya bukan dari pewarna apapun, melainkan vitamin B12 yang sebenarnya berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi mata.

10. Johnson & Johnson Visine Tears

Meringankan iritasi ringan dan gatal pada mata, pertahankan produktivitas Anda!

Selain faktor penuaan, mata kering juga dipicu oleh faktor lain yang menyebabkan mata tidak mendapatkan cukup cairan. Merokok, terpapar pemanas dan AC, kondisi cuaca yang kering, berasap, atau berangin meningkatkan risiko mata kering yang jika tidak ditangani akan menyebabkan mata gatal dan iritasi.

Untuk memutus rantai sebab dan akibat, Visine Tears adalah produk yang dapat Anda andalkan. Sensasi terbakar dan iritasi ringan yang merupakan gejala mata kering bisa cepat diredakan dengan obat tetes mata ini. Dengan begitu, Anda bisa tetap produktif tanpa masalah mata gatal atau keluhan lainnya.

Kesimpulan

Sudahkah Anda memutuskan untuk membeli obat tetes mata yang paling tepat untuk mengatasi keluhan mata gatal? Periksa kembali komponen apa saja yang terkandung dan indikasi umum yang tertera pada kemasan. Batasi penggunaan obat tetes mata yang mengandung bahan vasokonstriktor untuk meminimalkan efek jangka panjang.

Jika Anda sudah melakukan pengobatan sendiri untuk mengatasi mata gatal dengan bantuan obat tetes, tetapi tidak berhasil atau kondisi Anda terasa semakin parah, segeralah ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Namun, kami berharap keluhan mata gatal yang menimpa Anda hanya bisa diatasi dengan menggunakan obat tetes mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.