Ingin Tanam Bulu Mata? Dan Efek Samping Tanam Bulu Mata

Bagi Anda yang mendambakan bulu mata panjang, menggunakan maskara bisa menjadi solusinya. Namun, jika anda menginginkan hasil yang lebih permanen, Maka bulu mata palsu bisa menjadi pilihan, selama Anda memahami prosedur yang aman serta risikonya.

Bulu mata bukanlah bulu mata palsu yang hanya menempel dengan lem. Penanaman bulu mata dilakukan dengan cara menempelkan satu helai bulu mata palsu ke ujung bulu mata Anda menggunakan lem khusus, dengan bantuan pinset.

Dalam satu proses, akan ada sekitar 40-100 bulu mata yang menempel di mata Anda. Tidak heran jika proses ini bisa memakan waktu 2-3 jam. Beberapa salon dan klinik kecantikan juga mengenakan biaya hingga jutaan rupiah untuk Anda yang ingin menjalani prosedur implantasi bulu mata ini.

Ingin Tanam Bulu Mata?

Tips Menanam Bulu Mata Yang Aman Dan Indah

Jika dilakukan dengan benar, mata Anda akan terlihat cantik. Anda juga tidak perlu memakai maskara dalam jangka panjang. Di sisi lain, terdapat risiko kesehatan serius yang mengancam jika pekerjaan dilakukan secara sembarangan.

Pilihan bahan bulu mata yang kurang baik, lem yang kadaluwarsa, hingga pemasang bulu mata yang tidak tahu cara melakukan prosedur dengan benar, bisa menjadi penyebabnya.
Lalu, apa yang harus Anda lakukan sebelum menjalani penanaman bulu mata ini? Berikut penjelasannya.

1. Pilih Bahan Bulu Mata Yang Bagus

Saat ini ada 3 jenis bulu mata yang bisa dipilih, yaitu bahan alami, bahan sintetis, dan serat plastik. Bulu mata sintetis dikenal lebih ringan dan lebih nyaman digunakan, sehingga sering dipilih oleh para seniman. Namun harganya juga paling mahal dibandingkan bulu mata sintetis atau plastik.

2. Pastikan Lem Yang Digunakan Aman

Salah satu masalah terbesar dengan pemotongan bulu mata adalah penggunaan lem usang. Oleh karena itu, Anda berhak meminta terapis implan bulu mata untuk menunjukkan kemasan dan memastikan tanggal kadaluwarsa lem yang akan dioleskan ke kelopak mata Anda.

Kekhawatiran lain penggunaan lem dalam proses implantasi bulu mata adalah munculnya reaksi alergi, terutama pada kulit sensitif. Untuk menghindarinya, Anda bisa melihat daftar bahan yang digunakan dalam lem dan menghindarinya jika Anda memiliki alergi terhadap satu atau lebih bahan yang digunakan.

Cara lain untuk dapat mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan yang di lem atau tidak adalah dengan melakukan tes sederhana. Oleskan sedikit lem pada punggung tangan, jika kulit menjadi merah atau gatal, ini tandanya anda alergi terhadap bahan yang digunakan pada lem.

3. Pilih Klinik Terpercaya

Jika Anda melakukannya di salon atau klinik palsu, kemungkinan salah prosedur implantasi bulu mata cukup tinggi.

Kesalahan prosedural tersebut termasuk menempelkan beberapa bulu mata palsu pada satu bulu mata asli, yang dapat mengakibatkan hilangnya bulu mata asli.

Kesalahan umum lainnya adalah perekatan lem pada kelopak mata (diduga pada bulu mata), yang akhirnya menyebabkan iritasi hingga sakit mata yang serius.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan bulu mata di salon atau klinik kecantikan dengan reputasi yang baik, dengan tenaga ahli yang sudah profesional di bidangnya.

4. Ketahui Daya Tahannya

Ingin Tanam Bulu Mata? Dan Efek Samping Tanam Bulu Mata

Bulu mata tebal yang ditanam dengan bulu mata tidak permanen, tetapi hanya bertahan 2 minggu sampai 2 bulan. Maka separuh dari bulu mata yang disematkan ini akan menjadi rontok secara alami setidaknya satu bulan setelah ekstensi.

Jika ingin memiliki bulu mata yang lebat lagi, Anda harus melakukan lash touch up. Biaya perbaikan biasanya tidak semahal penanaman pertama. Pasalnya, bulu mata yang harus dipasang, tidak sebanyak sebelumnya.

5. Pahami Risikonya

Baca juga :   Benjolan Di Sudut Mata Terasa Perih Atau Nyeri Saat Disentuh

Jika bulu mata tidak ditanamkan sesuai prosedur, Anda dapat mengalami efek samping yang tidak menyenangkan, seperti:

  • Mata merah dan sakit
  • Gatal dan kemerahan pada kulit di sekitar mata
  • Mata atau kelopak mata menjadi bengkak dan nyeri
  • Bulu mata menipis atau rontok, terutama jika Anda sering menggosok mata

Jika ini terjadi, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengoleskan air dingin ke area mata. Jika kondisi Anda tidak membaik dalam waktu 24 jam, periksakan kondisi tersebut ke dokter mata untuk perawatan yang tepat.

Dokter Anda akan mendiagnosis kondisi Anda sebagai reaksi alergi atau infeksi. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan obat-obatan tertentu, seperti krim oles yang mengandung hidrokortison, obat tetes mata untuk alergi, minum obat antihistamin, hingga antibiotik.

Cara Tanam Bulu Mata Sendiri Di Rumah

Eyelash extension adalah perawatan untuk memasang bulu mata tambahan yang bertujuan untuk menambah volume bulu mata agar terlihat lebih cantik, dan menarik.

Cara Tanam Bulu Mata Sendiri Di Rumah

Perawatan memasang bulu mata palsu bisa dilakukan di salon atau klinik kecantikan dengan harga yang cukup terjangkau, tidak sampai jutaan rupiah. Namun extension bulu mata harus disentuh ulang atau harus diperbarui minimal 6 minggu sekali karena kelebihan bulu mata akan rontok sedikit demi sedikit.

Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan extension bulu mata di rumah. Jadi Anda tidak perlu repot datang ke salon setiap saat dan tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkan perawatan ini.

Alat Untuk Memasang Ekstensi Bulu Mata

Sebelum mulai mengaplikasikan extension bulu mata, alat-alat berikut harus disiapkan:

  • Bulu mata (ekstensi bulu mata)
  • Penjepit bulu mata
  • Lem khusus bulu mata
  • Gelas besar
  • Solatip
  • Wadah untuk lem
  • Sikat bulu mata
  • Tap mata atau stiker mata
  • Kipas mini

Langkah-Langkah Untuk Memasang Ekstensi Bulu Mata

Setelah semua alat di atas disiapkan, Anda pun siap memasang bulu mata sendiri di rumah. Anda bisa melakukan extension bulu mata sendiri atau meminta kerabat atau kerabat untuk membuatnya lebih mudah. Sebagai non-profesional dalam perawatan kecantikan, berikut adalah langkah-langkah untuk extension bulu mata di rumah:

  • Coba pasang bulu mata Anda di depan kaca yang cukup besar untuk memperlihatkan seluruh wajah dan di ruangan yang cukup terang;
  • Angkat kelopak mata dan pegang dengan solatip agar kulit pada kelopak mata tidak menutupi area bulu mata, terutama akar bulu mata;
  • Tempatkan stiker mata atau tepukan mata di bawah mata untuk memisahkan bulu mata atas dan bawah;
  • Tuang lem bulu mata secukupnya pada wadah yang sudah disiapkan;
  • Siapkan kipas angin mini untuk membantu mengeringkan lem bulu mata lebih cepat;
  • Ambil extension bulu mata atau extension bulu mata menggunakan tangan kanan Anda dan celupkan pangkal bulu mata ke dalam lem;
  • Ambil ekstensi bulu mata per potong;
  • Pisahkan bulu mata asli dengan penjepit bulu mata dengan menggunakan tangan kiri;
  • Tempelkan bulu mata palsu di dekat akar bulu mata anda dan jangan diaplikasikan pada kulit di sekitar bulu mata karena lem bulu mata dapat menyebabkan iritasi pada mata anda;
  • Ulangi langkah 6 hingga 9 untuk menerapkan ekstensi bulu mata dari tengah ke ujung;

Setelah semua bagian terisi dan Anda merasa volume rambut sudah mencukupi dan lem bulu mata sudah kering, sisir bulu mata secara perlahan menggunakan kuas bulu mata agar terlihat lebih rapi.

Penting untuk diperhatikan bahwa posisi terbaik untuk mata saat mengaplikasikan extension bulu mata atau bulu mata tambahan adalah dengan mengangkat alis dan melihat ke bawah ke hidung.

Itulah langkah-langkah untuk memasang ekstensi bulu mata Anda sendiri di rumah. Pemasangan bulu mata sendiri sangat disarankan bagi Anda yang pernah melakukan extension bulu mata sebelumnya. Pengalaman pertama kali memasang extension bulu mata harus dilakukan di salon agar mendapat gambaran bagaimana cara mengaplikasikan extension bulu mata yang benar dan benar. Sehingga saat berlatih di rumah tidak akan bingung.

Baca juga :   Mengapa Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur? Atasi Dengan Cara

Produk extension bulu mata dari Lavere Lash sangat mudah ditemukan di pasaran dan bahkan dapat dengan mudah dibeli di toko online. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, bahkan tidak sampai ratusan ribu rupiah.

Ketika Anda ingin memasang bulu mata sendiri di rumah, Anda akan menghemat banyak uang dan juga menghemat waktu anda. Selain itu, Anda bisa bebas bereksperimen dengan berbagai jenis bulu mata yang anda inginkan, sehingga Anda bisa menemukan jenis bulu mata yang tepat untuk wajah Anda.

Efek Samping Tanam Bulu Mata

Selain sulam alis, teknik kecantikan melalui sulam bulu mata juga digandrungi banyak wanita. Padahal, saat ini sudah banyak salon dan klinik kecantikan yang menyediakan layanan ini. Apakah kamu sudah mencobanya

Sulam bulu mata, juga dikenal sebagai ekstensi bulu mata, merupakan prosedur kosmetik yang bertujuan untuk menambah panjang dan ketebalan bulu mata. Berbeda dengan penggunaan bulu mata palsu, extension bulu mata dilakukan dengan cara menempelkan rambut di setiap bulu mata alami Anda, sehingga proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Jika dilakukan oleh ahlinya, sulam bulu mata bisa menghasilkan bulu mata yang terlihat panjang dan tebal secara alami. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih salon atau klinik kecantikan yang menawarkan jasa sulam bulu mata karena ada bahaya yang mengintai jika prosedur ini dilakukan sembarangan.

Efek Samping Tanam Bulu Mata

Resiko Melakukan Sulam Bulu Mata

Efek samping yang mungkin akan Anda alami saat melakukan prosedur ini, yaitu:

  • Mata bengkak
  • Kehilangan bulu mata sementara atau permanen
  • Iritasi kulit pada kelopak mata, bahkan bengkak
  • Infeksi pada kornea mata, menyebabkan mata merah
  • Perasaan tertusuk atau terbakar di mata atau sekitarnya
  • Gatal, nyeri, dan bahkan biang keringat muncul di sekitar mata.

Sebagian besar efek samping ini terjadi ketika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap zat yang digunakan dalam sulaman bulu mata, terutama lem khusus yang digunakan. Reaksi di atas juga bisa muncul jika terapis tidak menjaga kebersihan selama proses pelekatan bulu mata.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, misalnya:

Pilihlah tempat sulam mata yang aman, misalnya di dokter kulit atau ahli kecantikan atau di klinik dengan kebersihan yang baik.

Pastikan lem yang digunakan dalam sulam bulu mata tidak mengandung formaldehida, zat beracun yang sangat rentan terhadap reaksi alergi dan iritasi kulit.

Pastikan juga lem yang akan Anda gunakan adalah lem khusus sulam bulu mata, bukan lem penyambung kuku palsu.

Pastikan terapis mencuci tangan sebelum melakukan penyulaman bulu mata, mensterilkan alat yang akan digunakan, dan menyediakan handuk bersih.

Sulaman bulu mata bukanlah prosedur yang aman untuk semua orang. Anda harus menghindari ekstensi bulu mata jika Anda menderita dermatitis kelopak mata, blepharitis, alopecia areata, trikotilomania, atau baru saja menjalani operasi LASIK, kemoterapi, atau terapi radiasi.

Alternatif Sulam Bulu Mata

Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan panjang, sulam bulu mata bukan satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan. Selain menggunakan maskara atau bulu mata palsu, berikut beberapa pilihan lain yang juga bisa menciptakan bulu mata impian Anda:

Serum Pertumbuhan Bulu Mata

Dalam versi generik, serum ini merupakan obat bimatoprost yang sebenarnya diperuntukkan bagi penderita glaukoma.

Baca juga :   Mata Minus Tertinggi Jangan Dibiarkan Harus Segera Diatasi

Serum ini paling baik diaplikasikan pada garis bulu mata menggunakan aplikator khusus. Sedapat mungkin hindari menggosokkannya di dekat bola mata untuk menghindari efek samping, seperti iritasi mata, kelopak mata menggelap, atau munculnya reaksi alergi.

Implan Bulu Mata

Sama seperti implan rambut kepala, implan bulu mata adalah bulu mata yang ditanamkan melalui bedah kosmetik. Cara ini dilakukan dengan menanam rambut di garis bulu mata dan akan menghasilkan efek bulu mata yang tebal, panjang, dan lebih permanen.

Namun, ahli bedah mata memperingatkan bahwa prosedur ini juga berisiko. Salah satu yang paling umum adalah trichiasis (bulu mata tidak beraturan) dan dalam kasus yang ekstrim dapat menyebabkan kebutaan.

Sulaman bulu mata pada dasarnya adalah prosedur yang aman untuk dilakukan. Namun, Anda harus tetap memperhatikan pemilihan klinik dan terapis yang merawat Anda guna meminimalisir efek samping yang membahayakan kesehatan Anda.

Hukum Tanam Bulu Mata

Buat kamu yang masih bingung halal atau haramnya eyelash extension, berikut pembahasan lengkap hukum eyelash extension yang perlu kamu ketahui!

Hukum Tanam Bulu Mata

Bulu mata penghubung atau yang lebih dikenal dengan eyelashe extension memang banyak diminati. Proses menyambungkan bulu mata ini bisa memberi Anda kesan bulu mata melengkung dan indah sekaligus. Meski bisa membuat penampilan berubah seketika, namun banyak yang meragukan kehalalan perawatan ini.

Banyak yang berpendapat bahwa menanam bulu mata dalam Islam sebenarnya tidak diperbolehkan. Namun ada juga yang menyatakan bahwa tidak ada undang-undang extension bulu mata yang menyatakan halal atau haram.

Hadits Tentang Menghubungkan Rambut

Dalam pandangan Islam, aturan hidup memang bisa didapat dari hadits dan firman Allah. ada hadits yang membahas tentang hukum menyambung rambut termasuk bulu mata lho.

Menyambung rambut atau bulu mata dilarang dalam Islam karena artinya kita memiliki kufuri berkah yang telah diberikan oleh Allah SWT lho.

Seperti dilansir Musyawarah Syariah, saat menjelaskan hadits di atas, An-Nawawi mengatakan:

Al-Washilah (perempuan yang menyambung rambutnya) adalah orang yang bekerja dengan menggabungkan rambut perempuan dengan rambut lainnya. Sedangkan al-Mustaushilah adalah perempuan yang meminta orang lain untuk menyambung rambutnya.

Hadits ini dengan jelas menunjukkan bahwa haramnya menyambung rambut, dan merupakan laknat hukum bagi perempuan yang menyambung rambut atau konsumen yang rambutnya dipasang kembali. Ini adalah pendapat yang kuat. (Syarh Sahih Muslim An-Nawawi, 14: 103).

Fakta Medis Yang Mencengangkan

Tidak cukup hanya mendapatkan hukuman yang akan diterima oleh wanita atau orang yang menghubungkan bulu mata, bahkan dalam dunia medis dikatakan bahwa bulu mata menyambung dapat merusak kulit pada kelopak mata dan jika digunakan terlalu banyak akan terjadi. bikin bulu mata asli kita rontok lho.

Fakta Medis Yang Mencengangkan

Dalam hadits tersebut jelas bahwa hukum melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain dilarang dalam Islam. Nah, penyambungan atau pemanjangan bulu mata ini tidak hanya berbahaya dan merusak kulit kelopak mata dan bulu mata yang rontok, tetapi juga menjadi kegiatan yang sia-sia karena pada akhirnya kita akan mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan kecantikan ini. Jadi, apakah Anda masih ingin menyambung bulu mata,?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *