Ragam Kebiasaan Yang Sehat Untuk Mata, Ikuti Yuk!

Kebiasaan yang sehat untuk mata banyak sekali dicari oleh mereka yang menginginkan kesehatan mata optimal. Sayangnya, banyak kebiasaan buruk yang membuat kesehatan mata menurun seperti keseringanmenatap layar handphone, laptop, televisi hingga membaca dalam jarak yang dekat. Padahal, mata adalah indera yang paling penting bagi manusia untuk menunjang kesehariannya.

Lantas adakah cara menyehatkan mata yang bisa dilakukan sehari-hari? Tentu ada, jika tertarik anda bisa simak ulasannya yang berikut ini!

1. Rajin mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh tak terkecuali bagi mata.Tomat, strawberry, dan wortel merupakan jenis buah dan sayur yang memilki banyak kandungan Vitamin A dan juga antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas.

2. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung

Kebiasaan yang sehat untuk mata selanjutnya adalah menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan tulang. Namun jika sudah menjelang siang, teriknya dapat mengganggu kesehatan kulit dan indra penglihatan.

Baca juga :   Tips Merawat Lensa Kontak Yang Digunakan Dengan Benar

Sinar UV yang dipaparkan matahari dapat merusak kornea mata hingga menyebabkan katarak. Penderita katarak sendiri umum dialami oleh mereka yang bekerja di luar ruangan sehingga harus diwaspadai.

Baca Juga : Kenali Dulu Yuk, Efek Tindik Telinga dan Bahaya Tindik Telinga

Akan lebih baik jika sedang beraktifitas di luar ruangan, Anda menggunakan kaca khusus penangkal sinar UV atau topi lebar yang melindungi kepala dan mata. Untuk itu, tidak perlu ragu untuk selalu membawa kacamata dan topi di dalam tas anda.

3. Peduli akan ke sterilan lensa kontak

Banyak kasus mengenai gangguan mata yang diakibatkan oleh kecerobohan pengguna lensa kontak. Mereka seolah mengabaikan bahwasanya kebersihan lensa kontak adalah hal utama untuk menjaga mata mereka agar tetap sehat.

Lensa kontak harus dibersihkan setiap satu minggu sekali menggunakan air hangat. Sebelum pemakaian pastikan jika Anda sudah mencuci tangan untuk menghindari kuman masuk ke dalam mata.

Baca juga :   Tingkatan Mata Minus Yang Masih Terendah Hingga Serius

Pastikan juga bahwa Anda nyaman dengan lensa kontak yang Anda kenakan. Jangan sampai hal ini justru membawa dampak buruk untuk kesehatan mata hingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Perlu diingat jika lensa kontak tidak dianjurkan untuk dipakai dalam jangka panjang,

4. Mengontrol kestabilan gula darah

Kebiasaan sehat untuk mata yang selanjutnya adalah dengan rutin mengontrol kestabilan gula darah. Anda juga harus tahu jika gangguan pandangan mata umum dialami oleh mereka yang menderita diabetes. Penderita biasanya mengeluhkan pandangan kabur hingga yang terparah mengalami kebutaan.

5. Jangan pernah menggosok mata

Menggosok mata adalah kebisaan buruk yang mengakibatkan iritasi mata. Akan lebih baik saat mata terasa gatal, anda membersihkannya dengan kapas basah atau air.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang baik adalah tidur secara cukup yang dilakukan selama 6-8 jam perhari. Tidur semacam ini dapat membuat tubuh kembali segar sekaligus bagus untuk merilekskan pandangan mata saat mata mulai terasa lelah.

Baca juga :   Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Dan Mencegah Penyakit Mata

7. Membaca dengan pencahayaan yang baik

Kebiasaan yang sehat untuk mata yang terakhir adalah biasakan membaca dengan pencahayaan yang baik. Membaca di ruangan gelap membuat mata bekerja lebih keras sehingga syaraf-syaraf mata menjadi tegang. Jika hal ini tidak segera di perbaiki kemungkinan Anda bisa mengalami gangguan mata seperti minus dan silinder.

Selain tips menyehatkan matadengan cara diatas, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran serta buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata. Pastikan jika nutrisi yang anda konsumsi telah mencukupi kebutuhan mata akan nutrisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *