Apa itu kesehatan ? Nih Penjelasan Menurut WHO

Kata kesehatan mengacu pada keadaan emosional dan fisik secara lengkap. Layanan kesehatan ada untuk membantu orang mempertahankan kesehatan seoptimal mungkin.

Kesehatan yang baik adalah pusat untuk menangani stres dan hidup lebih lama, lebih aktif. Dalam artikel ini, kami menjelaskan arti kesehatan yang baik, jenis kesehatan yang perlu dipertimbangkan seseorang, dan bagaimana menjaga kesehatan yang baik.

Apa itu kesehatan ?

Pada tahun 1948, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan dengan ungkapan yang masih berlaku sampai saat ini, berikut pengertian kesehatan lebih lengkap.

“Kesehatan adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan.”

Pada tahun 1986, WHO membuat klarifikasi lebih lanjut:

“Sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan adalah konsep positif yang menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kapasitas fisik.”

Apa itu kesehatan? kesehatan adalah sumber daya untuk mendukung fungsi individu dalam masyarakat yang lebih luas, daripada tujuan itu sendiri.

Pada 2009, para peneliti yang mempublikasikan artikelnya di TheLancet mendefinisikan kesehatan sebagai kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan ancaman dan kelemahan baru.

Baca juga :   Pengertian Cuci Tangan Menurut who Yang Perlu diKetahui

Definisi ini didasarkan pada gagasan bahwa beberapa dekade terakhir telah melihat sains modern mengambil langkah signifikan dalam kesadaran penyakit dengan memahami cara kerjanya, menemukan cara baru untuk memperlambat atau menghentikannya.

Baca juga : Pengertian Cuci Tangan Menurut who Yang Perlu diKetahui

Kesehatan fisik

Seseorang yang memiliki kesehatan fisik yang baik cenderung memiliki fungsi dan proses tubuh yang bekerja pada puncaknya.

Ini bukan hanya karena tidak adanya penyakit. Olahraga teratur, nutrisi seimbang , dan istirahat yang cukup semuanya berkontribusi pada kesehatan yang baik. Orang menerima perawatan medis untuk menjaga keseimbangan, bila perlu.

Kesejahteraan fisik melibatkan mengejar gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko penyakit. Mempertahankan kebugaran fisik, misalnya, dapat melindungi dan mengembangkan daya tahan pernapasan dan fungsi jantung seseorang, kekuatan otot, fleksibilitas, dan komposisi tubuh.

Menjaga kesehatan fisik dan kesejahteraan juga melibatkan pengurangan risiko cedera atau masalah kesehatan, seperti:

  1. meminimalkan bahaya di tempat kerja
  2. menggunakan kontrasepsi saat berhubungan seks
  3. mempraktikkan kebersihan yang efektif
  4. menghindari penggunaan tembakau, alkohol, atau obat-obatan terlarang
  5. mengambil vaksin yang direkomendasikan untuk kondisi atau negara tertentu saat bepergian
  6. Kesehatan fisik yang baik dapat bekerja bersama dengan kesehatan mental untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.
Baca juga :   Pengertian Kesehatan Menurut Who dan Beberapa Ahli

Sebagai contoh, penyakit mental, seperti depresi, dapat meningkatkan risiko gangguan penggunaan narkoba, menurut sebuah penelitian tahun 2008 . Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik.

Kesehatan mental

Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS, kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan emosional, sosial, dan psikologis seseorang. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik sebagai bagian dari gaya hidup.

Lebih sulit untuk mendefinisikan kesehatan mental daripada kesehatan fisik karena banyak diagnosa psikologis tergantung pada persepsi individu tentang pengalaman mereka.

Namun, dengan pengujian, dokter sekarang dapat mengidentifikasi beberapa tanda fisik dari beberapa jenis penyakit mental dalam CT scan dan tes genetik.

Kesehatan mental yang baik seperti tidak adanya depresi , kecemasan , atau gangguan lain. Itu juga tergantung pada kemampuan seseorang untuk:

  1. menikmati hidup
  2. bangkit kembali setelah pengalaman sulit dan beradaptasi dengan kesulitan
  3. menyeimbangkan berbagai elemen kehidupan, seperti keluarga dan keuangan
    merasa aman dan terjamin
Baca juga :   Fungsi Otot Siliaris Pada Mata Kita Untuk Mengontrol Penyesuaian Mata

Kesehatan fisik dan mental memiliki koneksi yang kuat. Misalnya, jika penyakit kronis memengaruhi kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas rutinnya, itu dapat menyebabkan depresi dan stres. Perasaan ini bisa disebabkan oleh masalah keuangan atau masalah mobilitas.

Penyakit mental, seperti depresi atau anoreksia , dapat mempengaruhi berat badan dan fungsi keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *