Lowongan Kerja Di Bidang Kesehatan Dengan Profesi Lainnya

Apakah Anda terobsesi untuk menjadi seorang dokter tetapi gagal? Tenang, Gagal menjadi dokter bukan berarti tidak bisa berprofesi di bidang medis. Banyak Dunia medis tidak hanya didukung oleh kehadiran dokter. Masih banyak keterampilan lain yang dibutuhkan dalam industri ini, dan profesi yang satu dengan profesi lainnya saling melengkapi atau tidak dapat berdiri sendiri. Berikut tujuh profesi Lowongan kerja di bidang kesehatan , selain menjadi dokter:

1. Perawat

Perawat bertugas merawat orang sakit sampai sembuh sesuai dengan ilmunya. Perawat selalu mendampingi dokter yang memeriksa pasien, dan selalu ada meskipun dokter tidak ada.

Untuk menjadi perawat, seseorang harus menempuh pendidikan tiga tahun di akademi keperawatan untuk perawat vokasi atau empat tahun dan menjadi perawat profesional.

Perawat juga punya spesialisasinya sendiri lho. Misalnya spesialis penitipan anak, spesialis bedah saraf, dan lain – lain. Untuk menjadi seorang spesialis, seseorang harus memperoleh pendidikan master dan spesialis di bidang keperawatan.

2. Bidan

Menurut sejarah, kebidanan merupakan profesi tertua sepanjang peradaban manusia. Bidan adalah tenaga kesehatan wanita yang dilatih secara formal dalam membantu kelahiran bayi dan proses yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi wanita.

Baca juga :   Cara Mengeluarkan Bulu Mata Yang Masuk Kedalam Mata Dengan Aman

Sama halnya dengan perawat, bidan juga harus belajar selama tiga sampai empat tahun. Dalam tugasnya, bidan sering membantu dokter kandungan dalam proses persalinan.

Bagi masyarakat di pedesaan, peran bidan sangat penting, hampir sama dengan dokter karena tidak hanya mengurusi kelahiran, tetapi juga penyakit lainnya.

Bidan

3. Apoteker

Anda tidak memiliki bakat untuk merawat orang sakit, tetapi tetap ingin bekerja di bidang medis? Posisi apoteker ini mungkin cocok untuk Anda.

Apoteker adalah orang yang meracik obat untuk dapat diberikan kepada orang yang sakit sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. Untuk menjadi apoteker, Anda harus lulusan farmasi yang menempuh pendidikan empat tahun, ditambah satu tahun pendidikan apoteker.

Apoteker ini juga merupakan profesi yang memiliki etika karena bersumpah tidak akan menggunakan keahliannya untuk merugikan orang lain.

4. Ahli Gizi

Ahli gizi juga merupakan profesi penting dalam dunia medis. Apalagi saat ini ilmu gizi sejalan dengan ilmu kedokteran dan juga ilmu kesehatan. Tugas ahli gizi adalah melakukan studi tentang nutrisi dan penggunaan diet khusus untuk mencegah dan mengobati penyakit. Dalam tugasnya, ahli gizi dapat memberikan penyuluhan dan konsultasi.

Baca juga :   Cara Membersihkan Kacamata Yang Tergores Hingga Terlihat Baru

Selain di rumah sakit, ahli gizi juga banyak dibutuhkan di perusahaan makanan, terutama mengenai perencanaan makanan dan pengadaan bahan untuk pembuatan makanan tersebut.

Untuk menjadi ahli gizi harus terlebih dahulu menempuh pendidikan di bidang gizi, baik pada jenjang D3 maupun S1. Jangan ragu untuk menjadi ahli gizi, karena profesi ini akan tetap dibutuhkan selama manusia masih butuh makan.

5. Radiografer

Teknisi radiologi adalah orang yang melakukan pemeriksaan diagnostik, seperti teknik X-ray, computed tomography 9CT Scan, dan magnetic resonance imaging (MRI) untuk membantu dokter mendiagnosis penyakit pasien.

Sebagai teknisi radiologi, Anda tidak hanya harus mampu mengoperasikan peralatan radiologi, tetapi juga memahami anatomi tubuh manusia dan mampu membuat pasien merasa nyaman.

Untuk dapat bekerja di profesi ini Anda diharuskan mengikuti pendidikan empat tahun di bidang radiografi selain pelatihan khusus lainnya seperti teknik keperawatan atau diagnostik.

6. Perekam Medis

Apakah Anda tipe orang yang teratur dan rapi? Mungkin seorang perekam medis bisa menjadi alternatif profesi di bidang medis.

Perekam medis adalah orang yang membuat catatan yang berisi catatan hasil pengobatan pasien, meliputi identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, pelayanan dan lain – lain.

Baca juga :   Minyak Biji Bunga Matahari Memiliki Berbagai Manfaat Yang Baik

Untuk menjadi seorang perekam medis harus menempuh pendidikan rekam medis minimal tiga tahun di akademi pendidikan kesehatan.

Kedepannya, profesi ini akan semakin dibutuhkan, terutama karena semakin banyaknya tuntutan hukum terhadap dokter dan fasilitas pelayanan kesehatan.

7. Konselor Kesehatan

Lebih suka bertemu banyak orang dan berbagi pengetahuan tentang kesehatan? Anda dapat memilih profesi sebagai pendidik kesehatan dan menekuninya.

Profesi ini tidak hanya mulia tetapi juga sangat penting karena banyak masyarakat terutama di daerah terpencil yang belum memahami pentingnya menjaga kesehatan dan hidup sehat.

Siapapun bisa menjadi pendidik kesehatan, bahkan jika mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan kesehatan. Biasanya akan ada pelatihan yang dilakukan oleh kementerian kesehatan. Demikianlah postingan tengang Jooble di bidang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *