Cara Membersihkan Mata Dari Kotoran Dengan Benar

Sebagian besar kotoran mata tidak berbahaya. Namun, keluarnya kotoran mata juga bisa disebabkan oleh infeksi dan gangguan mata yang serius. Apapun penyebabnya, Cara membersihkan mata dari kotoran harus dibersihkan dengan benar.

Kotoran mata merupakan sesuatu yang wajar jika muncul dalam jumlah sedikit. Namun, jika tidak dibersihkan dengan baik, kotoran dapat menyebabkan masalah mata yang sebelumnya tidak bermasalah.

Selain itu, keluarnya kotoran mata juga bisa timbul jika mata memiliki penyakit, seperti infeksi. Jika dalam kondisi ini kotoran tidak dibersihkan dengan baik, penyakit akan semakin parah dan sulit disembuhkan.

Penyebab Kotoran Mata

Kotoran mata biasanya merupakan kombinasi dari lendir, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk di sudut mata. Kotoran mata juga dapat terbentuk sebagai mekanisme pelindung mata terhadap benda asing seperti debu, pasir, tanah, serpihan kerikil, dan pecahan logam yang masuk ke mata.

Selain itu, kotoran juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti infeksi, alergi, iritasi, atau mata kering. Kotorann yang timbul akibat penyakit biasanya akan jauh lebih banyak dan lebih kental sehingga sangat mengganggu.

Jika kotoran mata sudah menumpuk, mata akan terasa gatal dan berkerak, tidak nyaman, nyeri, sulit dibuka saat bangun tidur, dan memerah. Jika berawal dari infeksi, kuman penyebabnya bisa menyebar dan memperburuk kondisi mata. Padahal, penumpukan cairan mata juga bisa mengganggu kornea dan penglihatan.

Baca juga :   Terapi Mata Minus Efektif Dalam Membantu Mengatasi Minus Mata

Cara Membersihkan Kotoran Mata dengan Aman

Cara Membersihkan Kotoran Mata dengan Aman

Setiap membersihkan mata, cuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, kompres mata yang mengandung kotoran dengan kapas atau kain bersih yang telah direndam air hangat. Diamkan selama beberapa menit sampai kotoran mata terasa lembut, lalu sapukan kotoran mata dengan lembut dan perlahan dengan arah menjauhi bagian tengah mata hingga benar – benar bersih.

Jika munculnya sekret mata disertai dengan keluhan lain, seperti mata gatal, mata bengkak, atau pandangan agak kabur, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter Anda mungkin meresepkan obat mata, seperti salep antibiotik atau obat tetes mata, untuk membantu mengatasi gejala Anda.

Meski sudah diberi obat, bukan berarti tidak perlu membersihkan kotoran mata yang terus keluar. Sebaliknya, Anda perlu membersihkannya secara teratur agar obat dapat bekerja lebih baik dan Anda dapat pulih lebih cepat.

Selain itu, untuk membantu proses pemulihan dan mencegah keluhan bertambah parah, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat membersihkan keputihan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Jangan menyentuh mata Anda saat tangan Anda kotor atau Anda belum mencuci tangan.
  • Hindari penggunaan kosmetik di sekitar mata untuk sementara waktu agar tidak mengiritasi mata.
  • Berhenti menggunakan lensa kontak dan beralih ke kacamata untuk bantuan penglihatan sampai keluhan benar-benar hilang.
  • Jangan menyeka, menekan mata, atau menyentuh bola mata dengan apa pun selain kapas basah yang bersih untuk mencegah kondisi mata Anda semakin parah.
Baca juga :   Pencegahan dan Gejala Penyakit Katarak, Penting untuk Tahu

Kotoran pada mata umumnya tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan respons alami dalam melindungi mata dari benda-benda berbahaya. Kotoran yang ada pada mata juga bisa dibersihkan sendiri di rumah dengan cara yang sederhana.

Baca juga : Vitamin Mata Tetes Bisa Membersihkan Mata Dari Kotoran

Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika kotoran disertai dengan gejala lain seperti mata kental atau berpasir, nyeri, penglihatan kabur, mata berair, dan mata bengkak.

Cara Membersihkan Mata Dari Debu Secara Alami

Saat mata terkena debu tentu menjadi hal yang sangat mengganggu karena terasa tidak nyaman dan sulit untuk membuka mata. Saat terkena debu di mata, biasanya Anda memilih untuk menggosok mata dengan harapan debu tersebut akan hilang dengan sendirinya. Padahal Anda juga tahu bahwa tindakan ini tidak baik untuk kesehatan mata.

Daripada mengucek mata untuk menghilangkan debu, berikut cara paling efektif dan aman untuk menghilangkan debu dari mata.

Baca juga :   Mata Tidak Jernih Dan Cara Membuat Mata Putih Bersih Alami

Percikan Dengan Air

Cara Membersihkan Mata Dari Debu Secara Alami

Saat debu masuk ke mata Anda, ambil segenggam air bersih dan percikkan ke mata Anda beberapa kali. Hal ini berguna untuk menghilangkan debu yang terperangkap di mata.

Berkedip

Berkediplah sebanyak mungkin sampai air mata keluar.

Bola Mata Berputar

Selain berkedip, cobalah memutar mata ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan debu.

Menggunakan Kapas

Setelah mengetahui posisi debu, ambil kapas dan angkat kelopak mata. Kemudian dengan lembut lepaskan dengan kapas.

Menggunakan Kain Bersih

Selain kapas, Anda juga bisa menggunakan kain bersih untuk dapat menghilangkan debu. Tapi pertama – tama basahi kain dengan air bersih lalu bersihkan debunya secara perlahan.

Debu yang terperangkap di mata memang mengganggu. Namun Anda bisa mencoba cara di atas untuk menghilangkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *