Manfaat Bawang Putih Mentah Dapat Mencegah Beberapa Penyakit

manfaat bawang putih mentah, Apakah anda suka mengkonsumsi bawang putih? Sahabat pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini karena hampir semua bahan masakannya menggunakan bawang putih. Bukan rahasia lagi bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dikonsumsi mentah. manfaat bawang putih mentah secara dermatologis terbukti dapat menangkal beberapa gangguan penyakit mulai dari flu, batuk, radang.

Bahkan hingga penyakit serius, seperti kolesterol, kanker, dan sebagainya. Itulah sebabnya banyak orang yang secara khusus mengkonsumsi bawang putih sebagai obat atau pencegah gangguan penyakit tertentu. Mengkonsumsi bawang putih memang bisa menjadi alternatif alami yang bisa dilakukan untuk mencegah beberapa penyakit.

bawang putih tunggal adalah bawang putih bulat kecil hanya 2-5 sentimeter. Rasa dan aroma yang kuat. Kulitnya putih dan keunguan. Satu bawang bombay hanya terdiri dari satu siung.

Sebenarnya apa saja kandungan bawang putih sehingga baik untuk dikonsumsi tubuh? Berikut penjelasan kandungan nutrisi dan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui:

Kandungan Gizi Bawang Putih

Kandungan Gizi Bawang Putih

Sebagai salah satu jenis umbi-umbian, bawang putih yang memiliki nama latin Allium Sativum ini memiliki kandungan gizi yang banyak. Berikut kandungan nutrisi dalam bawang putih yang biasanya terdiri dari 1-10 siung (3 gram) yang perlu diketahui kandungan bawang putih:

  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,01 gram lemak
  • 0,03 gram gula alami
  • 5 miligram kalsium
  • 1 miligram magnesium
  • 11 miligram potasium
  • 3% Mangan untuk kebutuhan harian tubuh
  • 1% Selenium kebutuhan harian tubuh

Vitamin C sebanyak 0,9 miligram atau setara dengan 2% dari kebutuhan harian tubuh
0,05 miligram zat besi, setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh
Tembaga, vitamin B1, dan fosfor

Manfaat makan bawang putih mentah juga berasal dari beberapa senyawa sulfur aktif, seperti s-allyl cysteine ​​​​dan dialil disulfida. Ketika anda mengunyah bawang putih, zat belerang yang keluar dari bau bawang putih akan bereaksi membentuk allicin yang bermanfaat bagi tubuh.

Bawang putih bakar juga bisa menjadi tambahan makanan yang enak. Aroma bawang putih yang kuat yang dapat membuat makanan apa pun terasa lebih enak. Ini adalah salah satu bahan yang harus dimiliki di hampir setiap dapur.

Tidak hanya makanan yang enak, bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain bergizi, bawang putih telah terbukti mengurangi risiko kondisi kronis seperti penyakit kardiovaskular dan jenis kanker tertentu.

Manfaat kesehatan terbesar yang datang dari bawang putih mentah segar. Namun, terkadang sebagian orang tidak suka makan bawang mentah karena rasanya yang kuat. Bawang putih bakar akhirnya menjadi pilihan untuk menikmatinya.

Manfaat bawang putih panggang mungkin berbeda dengan rasa bawang putih mentah. Meski manfaat bawang putih panggang tidak sekuat versi mentahnya, namun bisa lebih nikmat. Manfaat bawang putih panggang juga bisa lebih banyak dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya.

Berikut rincian manfaat makan bawang putih mentah yang bisa didapatkan jika Anda rutin mengonsumsinya:

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

1. Mencegah Pilek, Batuk, Dan Peradangan

Mengkonsumsi bawang putih di pagi hari ternyata bisa menjadi obat alami untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, sakit tenggorokan, dan batuk.

Hal ini berdasarkan penelitian dari Advances in Therapy yang menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena pilek dibandingkan orang yang hanya mengonsumsi obat plasebo. Clinical Nutrition juga telah menunjukkan penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi potensi terkena flu, yang merupakan gangguan penyakit paling umum yang dialami manusia.

2. Mengobati Jerawat Yang Membandel

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling mengganggu penampilan seseorang, itulah sebabnya banyak orang berjuang untuk menggunakan berbagai cara untuk menghilangkannya. Salah satu cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan dengan cara alami menggunakan bawang putih. Ternyata bawang putih mentah bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang membandel sekalipun.

Berdasarkan jurnal penelitian dari Angewandte Chemie menunjukkan bahwa bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah karena terdapat antibakteri di dalamnya. Bawang putih juga mengandung sulfat yang terbentuk dari penguraian allicin yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, dan penyakit alergi kulit lainnya.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat makan bawang putih mentah juga bisa mengatasi masalah rambut, salah satunya rambut rontok. Bawang putih mengandung zat belerang dengan keratin yang tinggi sehingga dapat membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Apalagi jika anda memiliki masalah alopecia atau kebotakan, maka ia bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk mengatasinya.

4. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah kadar kolesterol tinggi dalam darah. Hal ini berdasarkan jurnal penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sekitar 10 gram atau 1 hingga 2 siung bawang putih setiap hari berturut – turut selama sebulan maka dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Selain itu, penelitian lain juga membuktikan hal tersebut, yaitu Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine yang menemukan manfaat makan bawang putih mentah dapat meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.

Maka tak heran jika ibu rumah tangga sering membelinya dalam jumlah banyak. Tetapi ada sesuatu yang Anda lewatkan tentang khasiat luar biasa dari bawang putih.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Lipatan Mata Dengan Mudah

Jadikan bawang putih sebagai air rebusan manfaat rebusan bawang putih juga sangat beragam. Dengan meminum air rebusan bawang putih setelah bangun tidur anda bisa merasakan manfaat yang luar biasa setelahnya.

5. Kontrol Tekanan Darah

Selain berhubungan dengan kolesterol, makan bawang putih dapat mengontrol tekanan darah yang biasanya menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Manfaat makan bawang putih mentah telah dinyatakan oleh Pakistan Journal of Pharmaceutical yang mengungkapkan bahwa efek bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang setara dengan obat hipertensi atenolol.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

anda dapat menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi bawang putih mentah. Karena bawang putih efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dapat mencegah pembentukan enzim di hati yang biasanya menjadi penyebab kadar kolesterol dalam tubuh.

Ternyata kandungan diallyl trisulfide dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi jantung bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung atau setelah operasi jantung dan orang yang pernah mengalami pengobatan gagal jantung. namun ada juga bahaya bawang putih untuk jantung.

7. Menawarkan Efek Anti-Peradangan

Mengkonsumsi bawang putih mentah lebih efektif mengurangi efek anti inflamasi dibandingkan dengan bawang putih olahan. Manfaat ini selain dari kandungan allicin dalam bawang putih. khasiat bawang putih mentah ini bisa didapat jika Anda mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah sedang alias tidak berlebihan karena jika mengonsumsi bawang putih mentah justru bisa memperburuk jika dikonsumsi secara berlebihan.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ada penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang, terutama meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Selain itu, ada penelitian pada wanita pascamenopause yang mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat mengurangi tanda – tanda kekurangan estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang.

Anda bisa merasakan manfaat tersebut jika Anda rutin mengonsumsi bawang putih mentah. Jadi makan bawang putih mentah merupakan angka yang harus dikonsumsi bagi penderita osteoporosis yang mampu memberikan efek baik pada tulang. anda juga dapat mengkomsumsi air rebusan kulit bawang putih karena kulit bawang berguna untuk mencegah penyakit insomnia.

Baca juga : Anatomi Jantung Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

9. Mencegah Alzheimer Dan Demensia

Bawang putih mentah mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah masalah jaringan otak, seperti Alzheimer dan demensia. Penyakit alzheimer dan demensia bisa disebabkan oleh stres oksidatif akibat radikal bebas, sehingga mengonsumsi antioksidan efektif untuk mencegahnya bertambah parah. Ini juga merupakan efek berkelanjutan karena mengkonsumsi bawang putih mentah baik untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat fenomenal dari makan bawang putih mentah adalah dapat menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut dan kanker usus besar. National Cancer Institute bahkan merekomendasikan mengonsumsi bawang putih mentah dari pada suplemen bawang putih.

Mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru – paru hingga persentase 40 persen. Bawang putih juga dapat menurunkan risiko kanker prostat dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu memperbaiki DNA yang rusak akibat kanker prostat.

11. Mengatasi Impotensi

Antioksidan yang ada dalam bawang putih membuat mengkonsumsinya mampu mengatasi impotensi. Efeknya darah menjadi encer dan aliran darah ke penis akan lebih lancar sehingga bisa merangsang ereksi penis. Manfaat makan bawang putih mentah bisa dilakukan sebelum melakukan aktivitas seksual.

12. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat makan bawang putih mentah untuk meningkatkan kesuburan telah dikemukakan oleh Journal of Herbmed Pharmacology. Penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kadar testosteron dan struktur testis yang menyebabkan kualitas sperma lebih baik. Belum dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat bawang putih untuk efektifitas kesuburan seseorang.

13. Tingkatkan Performa Olahraga

Apakah anda suka berolahraga? Nah, mengkonsumsi bawang putih mentah ternyata bisa meningkatkan performa olahraga menjadi lebih baik. Hal ini telah dibahas dalam penelitian di Indian Journal of Physiology and Pharmacology yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak bawang putih dua kali sehari selama enam minggu dapat meningkatkan kinerja olahraga, terutama pada penderita penyakit jantung. Keterujian manfaat ini masih memerlukan banyak penelitian lebih lanjut karena melihat penelitian ini masih banyak mengalami kontradiksi.

14. Melawan Bakteri Dan Jamur

Merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Washington State University, terungkap bahwa kandungan dialil sulfida dalam bawang putih mampu mengatasi bakteri Campylobacter yang biasanya menjadi penyebab gangguan pencernaan. Itulah mengapa bawang putih mentah mampu melawan bakteri dan jamur pada manusia, bahkan 100 kali lipat kemampuannya lebih efektif dibandingkan antibiotik pada umumnya. Karena itulah bawang putih memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai alternatif antibiotik alami.

15. Meredakan Keracunan Timbal

Dalam dunia kesehatan, keracunan timbal sangat beresiko pada berbagai macam gangguan kesehatan yang serius. Namun, salah satu gejala tersebut dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Kandungan dialil sulfida dan belerang dalam bawang putih dipercaya mampu memberikan perlindungan yang efektif dari kandungan logam berat, seperti timbal yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia.

Studi dari Basic & Clinical Pharmacology & Toxicology menunjukkan bahwa kandungan bawang putih dapat menurunkan kadar timbal dalam darah hingga 19%. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan pada karyawan pabrik aki mobil yang banyak kontak dengan timah.

Baca juga :   Obat Bisul Anak Agar Bisul Cepat Sembuh Dan Tidak Kambuh Lagi

16. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengkonsumsi bawang putih mentah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Berdasarkan penelitian dari University of Missouri menyatakan bahwa kandungan karbohidrat ruang dalam bawang putih dapat melindungi sel – sel otak dari efek penuaan dan penyakit. Kandungan ini dapat menurunkan kadar oksida nitrat dalam sel mikroglia otak sekaligus melawan peradangan dan stres oksidatif.

Di otak, sel mikroglia berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf, tetapi dapat melawan peradangan jika menghasilkan lebih banyak oksida nitrat yang dapat menyebabkan kerusakan sel otak. Maka dari itu kandungan FruArg dalam bawang putih dapat meningkatkan sel mikroglia tanpa meningkatkan kadar oksida nitrat di otak. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat menjaga kesehatan sel – sel otak.

Mengapa bawang putih lebih baik dimakan mentah? Sebagian orang mungkin berpikir bahwa rasa bawang putih mentah sangat buruk, apalagi ditambah dengan aromanya yang sangat menyengat.

Tapi percayalah, dalam kondisi paling cepat, nutrisi bawang putih bisa bekerja maksimal di dalam tubuh. Meskipun bagi sebagian orang mungkin tidak wajar mengkonsumsi bawang putih mentah, namun hal ini dapat memaksimalkan nilai gizi bawang putih dibandingkan dengan diolah terlebih dahulu atau bahkan dicampur dengan bahan lain.

Berapa Banyak Bawang Putih Mentah Yang Bisa Anda Makan?

Berapa Banyak Bawang Putih Mentah Yang Bisa Anda Makan

Karena khasiatnya yang bisa dikatakan sangat berkhasiat, seharusnya tidak membuat kita terlalu tergila – gila atau berlebihan dalam mengkonsumsi bawang putih mentah. Sebenarnya tidak ada rekomendasi paten dalam menentukan berapa banyak kita harus mengkonsumsi bawang putih mentah.

Jika anda memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan yang serius, maka ia bisa makan 1-4 siung bawang putih per hari.

Tapi bisa jadi masalah jika anda mengalami gangguan pencernaan karena bawang putih mentah bisa memperburuknya. Selain itu, anda juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih mentah jika memiliki keluhan alergi, asma, tekanan darah rendah, maag, akan menjalani prosedur pembedahan, atau masalah tiroid.

anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi bawang putih jika sedang mengonsumsi sejumlah obat, seperti pil KB, Isoniazid (Nydrazid, Cyclosporine, obat HIV/AIDS, obat penghilang rasa sakit NSAID, dan obat pengencer darah (Warfarin).

Anda perlu memperhatikan jika Anda suka makan bawang putih mentah karena bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Yang paling terasa saat mengkonsumsi bawang putih mentah adalah mulut terasa panas, diare, mual dan bau mulut atau bau badan. Jadi konsumsi bawang putih mentah secukupnya saja agar nutrisi dari bumbu dapur ini bisa diserap tubuh secara maksimal.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat makan bawang putih mentah dan takaran mengonsumsinya. Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Tidak semua orang bisa mengkonsumsi bawang putih mentah dengan mudah karena rasa dan aromanya yang sangat kuat.

Namun, mengingat manfaat mengonsumsi bawang putih mentah, anda perlu mempertimbangkannya sebagai alternatif menjaga kesehatan tubuh secara alami dengan bahan – bahan yang ada di rumah.

Manfaat Bawang Putih Untuk Pria

Bawang putih mengandung berbagai nutrisi, salah satunya yang paling menonjol adalah allicin. Tanaman yang berasal dari keluarga Allium (bawang) ini juga rendah kalori. Dengan mengkonsumsi 28 gram saja, tubuh sudah bisa mendapatkan:

Manfaat Bawang Putih Untuk Pria

  • 23% (RDA) mangan,
  • 17% vitamin B6,
  • 15% vitamin C,
  • 6% selenium,
  • 0,6 gram serat,
  • 1,8 gram protein,
  • 9 gram karbohidrat, dan
  • 42 kalori.

Selain itu, ada nutrisi lain seperti kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Apa Saja Manfaat Bawang Putih Untuk Pria?

1. Meningkatkan Hasrat Seksual

Bawang putih dapat meningkatkan gairah seksual pria (dan wanita). Alasannya karena bawang putih mampu melancarkan peredaran darah sehingga fungsi seksual otomatis meningkat karenanya. Lebih dari itu, saat peredaran darah lancar, tubuh menjadi lebih berenergi dan bersemangat.

2. Meningkatkan Produksi Testosteron

Bawang putih juga mampu meningkatkan produksi testosteron, terutama pada atlet. Ketika tingkat aktivitas dan olahraga meningkat, makan bawang putih dapat meningkatkan kinerja seksual, vitalitas, dan stamina.

3. Mencegah Disfungsi Ereksi

Salah satu penyebab terjadinya disfungsi ereksi adalah karena kurangnya sirkulasi darah ke organ seksual. Karena salah satu manfaat bawang putih untuk pria adalah untuk melancarkan peredaran darah, otomatis gangguan seksual ini bisa dihindari.

4. Prostat Yang Sehat

Pembesaran prostat bisa dialami oleh pria dengan bertambahnya usia. Namun risiko ini bisa dikurangi jika seseorang rajin mengonsumsi bawang putih dan bawang merah, karena keduanya efektif menurunkan risiko BPH (benign prostatic hyperplasia). Satu studi menemukan bahwa pria yang makan bawang putih memiliki risiko BPH 28% lebih rendah dari pada mereka yang tidak.

5. Mencegah Kanker

Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menyatakan bahwa kandungan selenium dalam bawang putih dapat mencegah berbagai jenis kanker yang biasa menyerang pria seperti prostat, kandung kemih, usus besar, rektum, paru – paru, dan perut.

Manfaat Bawang Putih Lainnya Untuk Tubuh Pria

Manfaat Bawang Putih Lainnya Untuk Tubuh Pria

1. Jantung Sehat

Tidak hanya bermanfaat untuk keharmonisan rumah tangga, bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung. Bawang putih dapat mencegah penyakit jantung dan pembekuan darah, serta menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan juga kolesterol.

2. Agen Antioksidan, Antibakteri Dan Antivirus

Bawang putih mengandung allicin, sejenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mengikat radikal bebas dan mengeluarkannya dari tubuh, allicin juga dapat meningkatkan fungsi hati.

Baca juga :   Sulam Alis Dengan Hasil Yang Sempurna Dan Natural

Allicin dalam bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus, sehingga konsumen tidak mudah sakit. Jadi ketika sedang pilek, jangan ragu untuk mengunyah atau menelan potongan bawang putih segar untuk melegakan saluran pernapasan.

3. Mengatasi Kurap Pada Kaki Atau Tinea Pedis

Masyarakat barat menyebut kelainan ini Athlete’s Foot, namun kita mengenalnya sebagai kurap kaki atau tia pedis. Enzim dalam bawang putih juga efektif melawan jamur penyebab kurap.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk 2-4 siung bawang putih segar, lalu masukkan ke dalam baskom berisi air hangat. Anda juga bisa menambahkan sedikit alkohol ke dalamnya sebelum merendam kaki Anda selama 30 menit.

Alternatif lain adalah memotong beberapa siung bawang putih segar dan menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalamnya. Tutup wadah, dan diamkan selama 3 hari. Kocok beberapa kali sehari, lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan minyak pada kulit yang terinfeksi 2 kali sehari sampai kurap hilang.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Advances in Therapy menyatakan bahwa suplemen bawang putih dapat meminimalkan risiko seseorang terkena pilek, flu, pilek, dan bahkan jika mereka sakit, mereka dapat pulih lebih cepat darinya.

Para ahli dari Memorial Sloan-Kettering mengatakan bahwa bawang bombay mengandung antibiotik alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya adalah dengan merangsang sel T-limfosit dan makrofag untuk meningkatkan jumlah dan aktivitasnya melawan patogen berbahaya.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi suplemen bawang putih setiap hari mengurangi risiko pilek dan demam hingga 63%. Durasi gejala flu yang terjadi juga berkurang 70%, dari 5 hari menjadi 1½ hari. Jadi jika Anda sering terkena flu, demam, atau pilek, perbanyak konsumsi bawang putih.

5. Obat Nyamuk Alami

Suhu udara yang panas dan lingkungan yang kotor memang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Untuk menghilangkannya, Anda tidak perlu menggunakan produk pestisida atau obat nyamuk berbahan kimia. Cukup gunakan bawang putih untuk mengusir kutu dan nyamuk.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu penyebab penyakit kardiovaskular adalah karena radikal bebas. Biasanya molekul yang tidak stabil ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau paparan bahan kimia berbahaya. Radikal bebas ini meningkatkan risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan plak.

Seiring waktu, penumpukan plak ini dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menebal, sehingga menghambat sirkulasi darah. Dan hanya soal waktu bagi penderitanya untuk mengalami penyakit jantung koroner.

Namun,  bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, salah satu penyebab aterosklerosis. Para ahli dari University of Maryland Medical Center mencatat bahwa bawang putih dapat mengencerkan darah, sehingga mencegah penggumpalan darah dan penyumbatan yang menyebabkan stroke.

Sekali lagi, kandungan belerang dari allicin yang berperan dalam hal ini. Saat masuk ke dalam tubuh, allicin melemaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah lancar ke organ vital tubuh. Nah karena peredaran darah lancar, maka penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, hipertensi, atau bahkan kanker akan menjauh.

Mengenai hipertensi itu sendiri, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa suplemen bawang putih dengan dosis 600-1500mg sama efektifnya dengan obat Atenolol.

7. Mencegah Alzheimer Dan Demensia

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas dapat menyebabkan penuaan. Sekarang karena bawang putih dapat mencegah kerusakan oksidatif, tekanan darah tinggi dan kolesterol, penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia juga dapat dicegah.

8. Memperpanjang hidup

Bayangkan saja jika tubuh jarang sakit, bebas radikal bebas, dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Semua kondisi tersebut tentunya merupakan beberapa kondisi mengapa seseorang bisa hidup lebih lama dari yang lain.

9. Detoksifikasi Tubuh

Jika dosisnya tinggi, kandungan belerang dalam bawang dapat mencegah kerusakan organ akibat paparan logam berbahaya. Sebuah penelitian selama 4 minggu terhadap karyawan sebuah perusahaan aki mobil menemukan bahwa bawang putih mengurangi kadar logam dalam darah sebesar 19%. Bawang putih juga dapat mengurangi gejala keracunan seperti sakit kepala dan hipertensi.

10. Tulang Sehat

Meskipun belum ada eksperimen yang menggunakan manusia sebagai objeknya, namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat meminimalkan hilangnya kepadatan tulang dengan meningkatkan hormon estrogen.

Dalam sebuah penelitian, wanita pascamenopause yang mengonsumsi suplemen bawang bombay (setara dengan 2 gram bawang mentah) per hari mengalami peningkatan kadar estrogen.

Cara Menggunakan Bawang Putih

Agar manfaat bawang putih untuk pria bisa maksimal, maka usahakan untuk selalu mengonsumsinya dalam bentuk mentah dan pilih yang segar. Hindari menggunakan bawang putih yang sudah busuk atau bertunas.

Anda dapat menjaga kesegaran bawang putih dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung. Jika bawang putih mentah terlalu pedas, tambahkan ke masakan atau saus Anda.

Meskipun manfaat bawang bombay secara maksimal dapat diperoleh saat dikonsumsi mentah, namun bagi penderita bau badan disarankan untuk mengonsumsinya dalam bentuk suplemen saja. Suplemen bawang putih biasanya lebih praktis, tidak berbau, dan aman, meskipun beberapa produk dapat memicu sakit perut.

Perlu dicatat bahwa bawang putih dapat berinteraksi dengan obat – obatan tertentu seperti pengencer darah, antivirus, atau lainnya. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen bawang putih, ada baiknya Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.