Manfaat Kencur Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Sebagai orang Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan kencur dan berbagai manfaat kencur untuk kesehatan tubuh yang bisa diberikan oleh tanaman obat ini. Orang Indonesia sudah berhasil melawan banyak penyakit dengan resep obat tradisional jauh sebelum dengan obat modern muncul. Kencur sebagai bumbu dapur dan obat herbal dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman herbal ini biasanya tumbuh subur di Asia dengan iklim tropis dan subtropis, seperti Myanmar, China, Thailand, Malaysia, dan juga Indonesia.

Jamu ini biasanya tumbuh di daerah dataran rendah atau pegunungan. Untuk menanam kencur, membutuhkan struktur tanah yang gembur yang tidak terlalu banyak mengandung air.

Sama seperti tanaman pada umumnya, kencur juga tumbuh dengan daun dan juga bunga. Meski umbi kencur merupakan bagian yang paling sering dimanfaatkan, daun kencur juga bermanfaat sebagai lalapan dan urap.

Sedangkan rimpang kencur sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Kencur dengan aroma yang khas dan memiliki berbagai komposisi zat yaitu :

  • Mineral
  • Sineol
  • Pati
  • Asam sinamat
  • Alkaloid
  • Etil ester
  • Kaempferol
  • Borneol, dan sebagainya.

Kandungan borneol dan kaempferol dalam kencur berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh lho, Kemudian kandungan asam sinamat dan sineol menjadi kandungan minyak atsiri.

kegunaan kencur Dikenal sebagai bumbu masakan yang populer di Asia, kencur memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah. Ada yang menyebutnya dengan nama Ceku, Cikur, Tekur, Cekor, Suha, dan Batak. Cukup beragam, ya.

Di Indonesia sendiri, tanaman herbal ini sering digunakan sebagai bahan obat untuk minuman. Jika ditelusuri lebih dalam, kandungan gizi kencur hampir sama dengan kunyit dan jahe.

Kencur Selain digunakan untuk menambah cita rasa masakan, kencur dikenal sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

Sering digunakan sebagai bumbu masakan yang menambah cita rasa, ternyata kencur memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. apa manfaat kencur, Kencur menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu mengobati masuk angin, menghilangkan sakit perut, mengurangi pembengkakan, melancarkan sistem peredaran darah, dan lain sebagainya.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Energi

Manfaat kencur sebagai tanaman obat bermanfaat untuk menambah energi lho. Saat tubuh merasa lemas dan lelah, kencur bisa digunakan sebagai penambah energi. Mengapa? Karena dicerna di usus dan bercampur dengan hormon tubuh, kandungan dalam kencur bisa diubah menjadi energi.

Anda bisa merebus 2 cm kencur dengan satu gelas air putih untuk diminum setiap malam sebelum tidur. Cara ini dipercaya bisa membuat Anda merasa segar dan energik keesokan harinya.

2. Mengurangi Kolesterol Jahat

Berbagai komposisi dalam kencur dipercaya dapat meningkatkan kinerja empedu lho. Jumlah kolesterol dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan kandungan atau dengan komposisinya.

kencur merupakan sumber daya alam yang dapat sebagai salah satu bahan untuk pembuatan jamu yang bermanfaat untuk memproduksi empedu di dalam tubuh. Penyerapan nutrisi, pembuangan racun, dan juga kolesterol jahat adalah tanggung jawab empedu.

Empedu akan bekerja untuk menyerap racun dalam tubuh. Kemudian empedu juga akan menekan dan mengontrol jumlah kolesterol jahat dalam darah.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Sudah pernah mencoba jamu beras kencur? Di Indonesia sendiri, pada umumnya anak -a nak diberikan minuman jamu beras kencur untuk menambah nafsu makannya.

Kandungan sifat karminatif pada kencur dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, kencur juga dapat menambah rasa dan aroma yang khas pada masakan, minuman, dan makanan ringan.

kencur dapat di tambahkan setiap hidangan untuk anak – anak. Anda dapat menambahkannya dengan memotongnya menjadi potongan tipis memanjang, menghancurkannya, atau menumbuknya.

4. Sebagai Obat Batuk

Tahukah Anda bahwa kencur dapat mengobati batuk? tanaman herbal yang satu ini dapat bermanfaat sebagai obat anti batuk. Gejala awal batuk bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi kencur lho.

Bagaimana caranya? Anda cukup mencuci akar kencur sampai bersih, lalu kupas dan parut. Setelah itu, letakkan parutan kencur di atas kain dan peras untuk diambil sarinya.

Baca juga :   Gejala Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diperhatikan

Kemudian bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu untuk menambah rasa. Anda cukup untuk meminum sirup kencur tiga kali sehari untuk meredakan gejala batuk anda.

5. Mengurangi Kembung

Mengobati perut kembung merupakan salah satu manfaat kencur sebagai tanaman herbal. anda bisa mencuci kencur dengan menggunakan sedikit garam dan air hangat untuk membersihkannya.

Kemudian makan kencur yang sudah dicuci bersih untuk mengurangi kembung di perut. Sebagai alternatif, anda bisa merebus 3 cm akar kencur dengan satu gelas air. Ramuannya bisa diminum dua kali sehari untuk mencegah kembung.

6. Sebagai Antioksidan

Untuk mengusir radikal bebas dan virus berbahaya, diperlukan antioksidan di dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam kencur dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kencur juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Mengobati Otot Yang Bengkak Atau Terkilir

Umumnya masyarakat Indonesia menggunakan campuran kencur untuk mengobati otot yang terkilir. Kencur merupakan tanaman obat yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka.

Anda bisa mencampurkan satu rimpang kencur ke dalam beras mentah yang sudah ditumbuk. Kemudian oleskan campuran tersebut ke area tubuh yang bengkak.

8. Meredakan Sakit Perut

Anda sering merasa mulas saat beraktivitas? Manfaat kencur selanjutnya adalah meredakan sakit maag yang sedang kambuh.

Kencur sebagai tanaman obat memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung pada lambung. Untuk meredakan sakit maag yang sedang kambuh anda membutuhkan asam lambung yang normal. Kandungan kencur dapat membantu Anda menurunkan asam lambung yang tinggi.

9. Sebagai Obat Sakit Kepala

Selain itu, kencur sebagai obat herbal juga bermanfaat untuk kesehatan kepala. Kencur bisa menjadi obat alternatif untuk meredakan sakit kepala atau migrain.

Jika anda ingin mengurangi konsumsi obat generik, kencur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi ketergantungan obat.

10. Mencegah Jerawat

Menghambat jerawat pada tubuh dan wajah merupakan salah satu manfaat kencur sebagai tanaman obat. Hormon yang memicu tumbuhnya jerawat akan ditekan dan dicegah dengan rutin mengkonsumsi kencur. Hal ini membuat jerawat baru yang muncul akan cepat sembuh sehingga tidak menimbulkan noda.

11. Pelangsing Tubuh

anda sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan? Kencur bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai menu diet tambahan dan jalan keluar alami untuk melangsingkan tubuh.

Senyawa dalam kencur bekerja dalam menurunkan berat badan sehingga tubuh menjadi ideal. Dengan begitu, tujuan Anda untuk melangsingkan tubuh bisa tercapai.

12. Mengobati Diare

Minum kencur dipercaya bisa mengobati diare lho. Kencur mengandung sifat antibakteri dan sitotoksik yang dapat membunuh bakteri jahat agar tidak kembali lagi.

Bagaimana caranya? anda dapat menumbuk kencur dan menyaringnya untuk mendapatkan sari buah kencur. Setelah itu, Anda bisa menambahkan jus kencur dengan madu dan sedikit air hangat. Minum ramuan tersebut setiap pagi sampai rasa mulas di perut mereda dan hilang.

13. Mencegah Penuaan Dini

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat kencur untuk kesehatan adalah mencegah penuaan dini, lho. Untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh, kencur sebagai tanaman herbal dapat membantu menangkal penuaan dini dan memiliki kekuatan anti-inflamasi.

Dalam menghambat sintesis prostaglandin, anti inflamasi dipercaya dapat mencegah penyakit rematik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa flavonol dalam kencur juga dapat mencegah masalah tulang, penyakit lambung, dan radang kulit.

14. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Campuran kencur dan madu dipercaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah kanker. Kandungan senyawa flavonoid dalam kencur dapat memerangi pertumbuhan sel-sel ganas dan genotoksisitas kimia dalam tubuh.

Kencur dipercaya ampuh melawan kanker kulit, kanker perut, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker payudara. Kemudian sebuah penelitian tahun 2014 menyimpulkan bahwa ekstrak kencur air dapat mencegah pertumbuhan tumor lambung pada manusia.

15. Meningkatkan Sel Sperma

Di Timur Tengah, kencur digunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Kemudian kencur sering digunakan untuk pengobatan gangguan menstruasi oleh orang Asia Tenggara.

Baca juga :   Cara Memilih Suplemen Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan

Pada tahun 2014, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak etanolik kencur dapat meningkatkan sel sperma. Selain itu, suplemen minuman kencur dan sari buah delima dipercaya dapat meningkatkan motilitas sperma hingga tiga kali lipat.

16. Meningkatkan Pernapasan

Kencur sebagai tanaman herbal telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan alami pilek, batuk, dan sakit tenggorokan. Campuran kencur dan madu dipercaya dapat membantu fungsi paru – paru dan mengencerkan dahak.

Komposisi atau kandungan dalam kencur dapat membantu memperlancar pernafasan dan mengurangi dahak. Kemudian ekstrak kencur juga membantu menenangkan asma dan sindrom gangguan pernapasan akut dari efek anti-inflamasinya.

17. Merangsang Pertumbuhan Sel Otak

Pertumbuhan sel otak yang sehat sering dikaitkan dengan beberapa nutrisi dalam kencur. Selain itu, manfaat kencur untuk kesehatan tubuh berfungsi sebagai antidepresan.

Kencur sebagai bumbu juga dipercaya dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit yang menyerang sel – sel otak. Mengkonsumsi campuran kencur dan madu di pagi hari secara teratur dapat mengurangi pengendapan plak beta-amiloid di otak.

18. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kencur bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi jantung. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kencur dapat meningkatkan sirkulasi jantung, sebagai anti inflamasi, dan menurunkan kolesterol.

Kemudian beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur sebagai tanaman herbal dapat melindungi diri dari serangan jantung dan mengurangi kontraksi jantung. Sejumlah kandungan baik dan serat dalam kencur bisa menjadi senjata alami untuk kesehatan.

19. Menurunkan Demam

Selain meredakan gejala flu dan batuk, kencur juga bermanfaat sebagai obat alami penurun demam pada anak. Sifat antibakteri dan antijamur kencur berguna untuk menurunkan demam. Kencur dipercaya sebagai obat alami yang efektif untuk gejala flu dan sakit tenggorokan.

20. Menghilangkan Masalah Ketombe

Tanaman obat ini juga bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan masalah ketombe pada rambut. Kencur efektif untuk menguatkan akar rambut dan membunuh jamur penyebab ketombe. Kencur dapat membantu membersihkan rambut anda dari masalah ketombe, memperkuat kulit kepala, dan mengurangi kerontokan rambut.

Efek Samping Kencur

Efek Samping Kencur

Efek samping terlalu banyak mengkonsumsi kencur, Meskipun manfaat kencur untuk kesehatan begitu banyak, Anda tidak disarankan untuk makan kencur mentah setiap hari atau minum kencur secara berlebihan.

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, konsumsi kencur yang berlebihan atau setara dengan 2.000 mg/kg per hari memiliki efek samping yang serius, antara lain:

  • Penurunan energi yang drastis
  • Kehilangan selera makan
  • Sering buang air kecil
  • Diare
  • Koma
  • Mati

Namun, penelitian ini hanya dilakukan pada hewan. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah efek samping serupa juga akan terjadi pada manusia.

Manfaat Kencur Untuk Anak

Kencur adalah bumbu yang sering digunakan sebagai campuran makanan dan minuman tradisional. Kemampuannya untuk menambah rasa juga sejalan dengan manfaat kesehatannya, antara lain untuk bayi 6 bulan ke atas dan balita.

Tak perlu khawatir, pemberian kencur untuk bayi 6 bulan atau balita diperbolehkan oleh dr. Devia Irine Putri. Hal yang tidak diperbolehkan adalah memberikannya kepada bayi yang berusia di bawah 6 bulan karena yang mereka butuhkan hanyalah ASI.

Saat ibu memberikan kencur kepada bayi berusia 6 bulan, tujuannya agar anak lebih mengenal rasanya. Namun pada saat yang sama, ibu juga harus melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak.

Manfaat Kencur Untuk Anak

Manfaat Dari Kencur

Manfaat kencur untuk bayi dan balita sangat beragam, sejalan dengan kandungan bumbunya yang sangat bervariasi. Berikut ini adalah beberapa zat bermanfaat yang ada dalam kencur:

  • Borneol
  • Kamphene
  • Paraeumarin
  • asam anisat
  • Alkaloid
  • gom
  • Pati
  • Asam metil kanil
  • Penta dekan
  • asam sinamat
  • Etil ester
  • Mineral

Sineol, asam metil kanil, penta decaan, asam sinamat, dan lain – lain masuk ke dalam minyak atsiri. Minyak jenis ini dikenal memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca juga : Anatomi Jantung Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

Manfaat Kencur Untuk Bayi Dan Balita 6 Bulan

Berkat kandungannya yang sangat variatif, manfaat kencur untuk bayi dan balita adalah sebagai berikut.

Baca juga :   Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

1. Menghangatkan Tubuh

Minyak atsiri yang terkandung dalam kencur dapat berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi.

Jika kencur dijadikan minuman, misalnya nasi kencur, kemudian diberikan kepada anak – anak, efeknya bisa menghangatkan tubuh.

Tidak ingin menjadikannya minuman tapi ingin mengolesnya seperti minyak telon? Itu bisa dilakukan juga!

Caranya, kencur diparut atau dihaluskan. Peras ampas kencur hingga keluar cairan yang mengandung minyak atsiri, lalu oleskan pada tubuh bayi.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Kencur bisa membuat makanan lebih harum. Jadi ini bisa digunakan untuk menambah nafsu makan anak.

Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa mengombinasikan kencur dengan bumbu lain, seperti kunyit. Jika nanti anak tetap tidak mau makan, mungkin terjadi sesuatu padanya.

Misalnya saat tumbuh gigi, kalau mau diberi makanan apa saja pasti ditolak anak.

Jika demikian halnya, orang tua harus menyiasatinya dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Coba juga makan bersama; orang tua di meja makan dan anak – anak di kursi tinggi.

3. Menjadi Obat Batuk Alami

Apakah anak Anda termasuk yang kesulitan menelan obat, padahal kondisi tubuhnya sedang tidak fit dan sedang batuk? Coba manfaatkan kencur!

Parut kencur dan jahe, lalu rebus hingga mendidih. Tuang ke dalam gelas, tunggu hingga suhunya pas, dan minum perlahan untuk anak Anda (gunakan sendok jika masih bayi).

Ramuan ini bisa membantu menyegarkan tubuh anak, sekaligus mengatasi batuk yang dialaminya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Menerapkan kencur atau mencampurnya sebagai bumbu makanan dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi yang sangat sensitif.

Kulit terkelupas, ruam, bintik – bintik kecil, alergi, akan lebih jarang muncul pada bayi.

5. Mencegah Berbagai Penyakit dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat kencur untuk balita dan bayi lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari risiko infeksi virus dan bakteri.

Anak – anak yang mengonsumsi makanan atau minuman alami dengan kandungan kencur di dalamnya akan memiliki risiko lebih rendah terkena batuk, flu, dan diare.

6. Mengatasi Kelelahan dan Rewel

Saat anak lelah dan rewel, usahakan untuk memberinya makanan atau minuman yang mengandung kencur.

Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa menambahkan sedikit campuran gula merah. Air kencur bisa membantu menghilangkan rasa lelah yang dialami si kecil lho!

7. Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Seorang anak rewel mungkin karena fakta bahwa ia kesakitan. Selain mencari penyebab nyeri dan memeriksakan diri ke dokter, Anda juga bisa membantu meredakan keluhan dengan memberikan kencur. Kencur juga bisa digunakan sebagai anti nyeri. Jadi bisa diberikan kepada anak – anak.

Resep Membuat Nasi Kencur Untuk Anak

Tertarik dengan berbagai manfaat kencur untuk bayi dan balita? Cobalah untuk membuat ramuannya sendiri di rumah. Nasi kencur disini akan ditambah dengan kunyit.

Selain membuat warnanya lebih mencolok, kunyit dalam jamu beras kencur juga bisa memberikan manfaat tambahan, seperti mengatasi peradangan dan menambah nafsu makan.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tersebut adalah:

  • 9 kencur
  • 3 kunyit
  • 50 gram beras
  • 800 mililiter air
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 240 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • sejumput garam

Cara membuatnya:

  • Rendam beras semalaman.
  • Buang kulit kencur dan kunyit, cuci bersih.
  • Hancurkan atau blender beras, kencur, dan kunyit.
  • Hancurkan hingga halus. Jika masih manja, jangan lupa difilter.
  • Campurkan bahan yang dihaluskan ke dalam panci berisi air, asam jawa, gula merah, gula pasir, dan garam.
  • Rebus hingga mendidih dan airnya sedikit berkurang (600 mililiter).
  • Jika sudah, matikan kompor dan diamkan hingga tidak terlalu panas.
  • Tuang dalam wadah tertutup (botol kaca atau botol plastik).

Untuk menikmati semua manfaat yang ditawarkan kencur untuk bayi, pastikan bayi Anda berusia 6 bulan ke atas dan tidak memiliki alergi terhadap rempah – rempah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.