Manfaat Makan Pisang Sangat Beragam Untuk Kesehatan Tubuh

Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Buah yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya yang enak. Teksturnya yang lembut juga membuat pisang cocok untuk bayi yang sedang belajar makan. Ditambah lagi, nutrisi yang terkandung dalam pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, tidak hanya untuk pencernaan manfaat makan pisang sangat beragam.

Kandungan Nutrisi Dalam Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral kalium dan serat pektin. Selain itu, buah kuning ini juga merupakan sumber magnesium, vitamin B6, dan vitamin C.

Berdasarkan data dari US Department of Agriculture (USDA), 1 buah pisang ukuran sedang dengan panjang 18 – 20 cm (± 118 gram) mengandung:

  • 88,4 gram (g) air
  • 105 kalori
  • 1,29 gram protein
  • 27 gram karbohidrat
  • 3,07 g serat
  • 14,4 gram gula total
  • 6,35 gram tepung
  • 5,9 miligram (mg) kalsium
  • 31,9 mg magnesium
  • 26 mg fosfor
  • 422 mg kalium
  • 1,18 mikrogram (mcg) selenium
  • 10,3 mg vitamin C
  • 23,6 mcg folat atau vitamin B9
  • 30,7 mcg beta karoten

Termasuk buah – buahan yang rendah lemak (0,389 g) dan memiliki indeks glikemik rendah, pisang juga diperkaya dengan:

  • Besi
  • Seng
  • Tembaga
  • Mangan
  • Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6
  • Kolin
  • Omega 3 dan 6

Sementara itu, dua antioksidan utama yang terdapat pada pisang adalah:

  • dopamin. Meskipun merupakan senyawa kimia yang menghantarkan sinyal saraf di otak (neurotransmitter), dopamin dalam pisang bertindak sebagai antioksidan.
  • Katekin, yang merupakan antioksidan dari golongan flavonoid. Jenis antioksidan ini dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat Pisang Bisa Didapatkan Dari Buah Yang Matang

Manfaat Pisang Bisa Didapatkan Dari Buah Yang Matang

Sebagian besar karbohidrat dalam pisang mentah terdiri dari pati. Berbeda halnya dengan pisang yang sudah matang, pati yang terkandung di dalamnya berubah menjadi gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa pisang hijau dan mentah juga memiliki manfaat kesehatan.

Pisang ini mungkin dapat membantu dengan sejumlah masalah pencernaan seperti diare dan maag, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Namun, sumber lain mengatakan jika Anda makan pisang mentah, Anda berisiko mengalami sembelit.

Berbagai penelitian bahkan menunjukkan bahwa kandungan lektin pada pisang yang masih hijau dapat memberikan dampak positif bagi penderita HIV.

Protein lektin yang merupakan antinutrisi justru bisa menyebabkan sembelit dan bisa menghambat penyerapan beberapa mineral.

Nutrisi yang terkandung dalam pisang akan meningkat seiring dengan matangnya buah. Pisang yang berwarna kuning dengan bintik – bintik hitam dinilai 8 kali lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas sel darah putih dari pada pisang mentah. Sel darah putih sendiri berperan dalam melawan infeksi bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya.

Deretan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Deretan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan vitamin B6-nya, pisang diketahui dapat mengurangi peradangan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, mendukung dan memperkuat sistem saraf, serta mendukung produksi sel darah putih.

Selain itu, pisang juga memiliki antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel – sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas ini bisa terbentuk dari polusi udara, sinar matahari, produk kimia yang Anda gunakan, hingga proses metabolisme dalam tubuh.

Pisang dapat dinikmati dengan berbagai cara, yaitu dimakan langsung, digoreng, dikukus, dijus, atau dibuat kue. Tidak hanya manis dan lezat, pisang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh Anda. Apa saja manfaat pisang bagi tubuh?

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat dan manfaat makan pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

Plak dapat mempersempit bahkan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan begitu, mengonsumsi pisang dapat membantu Anda terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

2. Sumber Energi Dan Mampu Meningkatkan Stamina

Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum berolahraga. manfaat makan pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibandingkan dengan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lebih banyak.

Baca juga :   Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium dan potasium yang penting bagi tubuh agar tetap bugar saat beraktivitas dan berolahraga. Plus, makan pisang juga dapat membantu otot Anda bergerak dengan baik.

3. Pencernaan Dan Metabolisme Lancar

Pisang matang dapat membantu memperlancar pembuangan limbah tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat pisang untuk pencernaan adalah membantu meringankan masalah pencernaan, seperti sembelit, berkat seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan memudahkan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Sedangkan pisang mentah merupakan sumber pati resisten, yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus besar. Mengkonsumsinya dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

4. Mendukung Program Diet

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, pisang sangat cocok untuk camilan sehat. Apalagi buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemiknya juga relatif rendah, maka karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula darah naik secara drastis dan tiba – tiba.

Makanan berserat tinggi dapat memperlambat proses pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Alhasil, berat badan Anda bisa turun secara bertahap.

5. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi sayuran dan buah – buahan, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

6. Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Tubuh Anda akan terasa segar dan tidak lemas.

7. Memperlancar Aliran Darah Dan Oksigen Ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak bisa lebih lancar dengan mengonsumsi pisang. Belum lagi, potasium dalam pisang juga mengurangi risiko stroke dan hipertensi.

8. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Dan Mengatasi Anemia

Buah yang satu ini merupakan sumber zat besi yang baik. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan anemia.

Jika Anda memiliki kondisi ini, cobalah makan pisang secara teratur untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein dalam darah yang mengandung zat besi.

9. Tambahan Asupan Magnesium

Magnesium adalah mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh untuk berfungsi secara normal. Mineral ini diperlukan untuk membentuk protein, menjaga fungsi otot dan saraf, menghasilkan energi, serta mengontrol kadar gula dan tekanan darah.

Kekurangan magnesium dapat mengurangi nafsu makan, menyebabkan mual dan muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung.

10. Membantu Memenuhi Kebutuhan Mangan

Mangan merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino.

Selain itu, mangan juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang yang kuat dan penyembuhan luka. Dalam Beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa wanita dengan osteoporosis memiliki kadar mangan yang rendah dalam tubuhnya.

Plus, mangan diyakini dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Manfaat pisang ini bisa Anda dapatkan dengan cara memakannya langsung atau diolah menjadi jus.

11. Meningkatkan Suasana Hati

Pisang termasuk dalam “mood food”, yaitu makanan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di otak. Hormon ini menyebabkan perasaan senang.

Manfaat pisang berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan. Padahal, makan pisang dipercaya bisa membantu mengatasi depresi. Triptofan akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh, yang juga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Sedangkan magnesium dalam pisang membantu mengendurkan otot – otot tubuh.

12. Meremajakan Kulit Wajah

Pisang yang dicampur madu berkhasiat untuk mengatasi kulit yang terlalu kering. Campuran tersebut juga diduga berkhasiat untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah hancurkan daging pisang yang sudah matang, lalu oleskan pada kulit yang sedang berjerawat.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Warna Bertahan Lama

Anda juga bisa mencampurkannya dengan lemon atau madu. Biarkan selama 15 – 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah Anda. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.

13. Menjaga Kehamilan Yang Sehat

Berbagai vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa lain dalam pisang membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Makan pisang juga dapat membantu mencegah risiko diabetes gestasional, yang dapat disebabkan oleh kurang tidur selama kehamilan. Manfaat pisang untuk ibu hamil berasal dari magnesium dan triptofan yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

Tidak hanya itu saja manfaat pisang juga dipercaya dapat membantu:

  • Meredakan sakit maag dan mencegah sakit maag
  • Mengurangi risiko kanker ginjal
  • Melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis
  • Mencegah degenerasi makula
  • Mengurangi resiko batu ginjal

Manfaat buah pisang yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Meski banyak manfaatnya, makanlah pisang secukupnya saja. Mengkonsumsi pisang terlalu banyak justru bisa memicu sakit kepala dan kantuk.

Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur

Anda mungkin menemukan tips dan trik yang tak terhitung jumlahnya ketika mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, terutama jika Anda rentan terhadap episode insomnia. Pendekatan makan pisang sebelum tidur sudah ada sejak lama. Berikut penjelasannya,

Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Selain membantu meningkatkan kualitas tidur, makan pisang sebelum tidur dapat membuat sistem pencernaan lebih lancar dan membuat tubuh lebih rileks.
  • Pisang mengandung serat yang berguna untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.
  • Makan pisang dengan porsi yang cukup pada malam hari sebelum tidur, akan membantu untuk mendapatkan pencernaan yang sehat di pagi hari.

Tingkatkan Asupan Nutrisi Tubuh

Makan pisang di malam hari dapat membantu menebus kekurangan asupan kalium. Dan dapat membantu memenuhi dosis harian magnesium yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Setiap hari, potasium dan mineral sangat penting bagi tubuh karena membantu menjaga masalah seperti tekanan darah tinggi.

Terkadang, orang dewasa tidak dapat memenuhi kebutuhan kalium rata – rata per hari, yaitu dengan dosis 4.700 mg per hari.

Menciptakan Sel – Sel Yang Baik Untuk Tubuh

Konsumsi pisang sebelum tidur dipercaya dapat membantu menciptakan sel – sel yang baik untuk tubuh saat tidur. Kandungan vitamin B6 pada pisang dapat membantu tubuh memproduksi sel – sel baik seperti insulin dan hemoglobin.

Peningkatan produksi kedua sel ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Jaga Tekanan Darah Pada Angka Yang Stabil

Konsumsi pisang di malam hari dipercaya dapat membantu meningkatkan kestabilan tekanan darah saat tidur. Hal ini karena pisang mengandung potasium yang dapat membuat tekanan darah menjadi normal.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat. Pisang mengandung triptofan dan asam amino yang meningkatkan hormon melatonin, dan membantu menyembuhkan insomnia.

Hormon melatonin merupakan hormon yang sangat berguna dalam membantu menjaga kualitas tidur yang sehat. Jika Anda makan pisang sebelum tidur, ini akan membantu meningkatkan hormon melatonin, sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, makan pisang dua jam sebelum tidur akan membuat tubuh lebih ringan dan rileks.

Baca juga : Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan Dan Perawatan Yang Tepat

Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang tidak akan meningkatkan glukosa secara drastis. Pisang juga mengandung rendah lemak yang aman untuk para pelaku diet.

Serta kandungan serat yang membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Jika Anda makan pisang di malam hari, ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Mencegah Kram Otot

Kandungan zat besi yang terdapat pada pisang, dapat menghindarkan diri dari resiko kram otot. Hal ini karena pada dasarnya zat besi yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga dapat mencegah kram otot, rematik, dll.

Menyeimbangkan Perasaan Suasana Hati

Jika mood sedang tidak stabil setelah seharian beraktivitas, cobalah makan pisang di malam hari sebelum tidur untuk membantu menyeimbangkan mood agar tidur lebih nyaman. Pisang dapat bertindak sebagai elektrolit pemasok energi karena kandungan mineralnya yang tinggi.

Baca juga :   Aplikasi Apotek Online Dapat Memberikan Kemudahan Bagi Konsumen

Pisang juga mengandung triptofan, serotonin, dan norepinefrin yang mencegah depresi dan dapat menimbulkan perasaan nyaman dan nikmat.

Selain itu, kandungan vitamin B6 pada pisang juga akan membantu dalam meningkatkan mood dan emosi.

Manfaat Buah Pisang Untuk Pria

Pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi dan cukup digemari banyak orang di dunia. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh pemakannya, terutama bagi seorang pria.

Pisang mengandung nutrisi seperti potasium, vitamin C, mangan, magnesium, protein dan masih banyak lagi. Bagi pria, makan pisang dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan libido dan menjaga berat badan ideal.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Pria

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Pria

Pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan pria. Berikut 10 manfaat pisang untuk pria.

1. Kesehatan Jantung

Penyakit jantung biasanya lebih sering terjadi pada pria dari pada wanita. Jika menderita penyakit tersebut akan berakibat fatal bagi pria. Sebagian besar bukti medis menunjukkan penyakit jantung pada pria dapat dicegah dengan pola makan yang tepat.

Kandungan mineral potasium pada pisang penting untuk kesehatan jantung, terutama untuk mengontrol tekanan darah dan dapat menurunkan risiko stroke. Selain itu, khasiat pisang untuk kesehatan jantung sangat baik pisang juga mengandung potasium dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung.

2. Menjaga Kadar Gula

Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, hal ini juga tidak baik untuk pria tentunya. Pisang mengandung pektin dan pati resisten, yang membantu mengatur gula darah. Dengan begitu, makan pisang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

3. Mengandung Antioksidan

Bagi pria, makanan yang mengandung antioksidan penting untuk dikonsumsi sehari – hari. Antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker, seperti kanker prostat dan paru – paru. Pisang mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh membuang radikal bebas yang dapat menghasilkan sel kanker dalam tubuh.

4. Mengandung Serat

Pisang mengandung serat makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Serat dapat memperlancar buang air besar sehingga mengurangi kemungkinan sembelit. Selain itu, pisang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, hal ini dapat membantu si pemakan menurunkan berat badan. 5. Baik untuk kulit

Makan pisang baik untuk kulit pada pria, karena mengandung nutrisi mangan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain membantu kulit Anda terasa lebih baik, kolagen juga dapat membantu Anda lebih cepat sembuh saat terluka.

6. Sumber Vitamin C

Mengkonsumsi satu buah pisang dapat memenuhi 10 persen kebutuhan vitamin C harian pria. Vitamin C dapat membantu melawan kerusakan sel dan jaringan, serta meningkatkan sekresi serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati.

7. Memerangi Anemia

Bagi penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi pisang yang kaya akan zat besi. Kandungan zat besi yang tinggi akan membantu produksi hemoglobin dan membantu meningkatkan suplai oksigen ke dalam darah.

8. Meningkatkan Libido

Pisang dapat membantu meningkatkan fungsi organ reproduksi pria dan menjaga organ tersebut dalam kondisi prima. Kandungan enzim bromelain dapat meningkatkan aliran darah dan libido pada pria, serta meningkatkan serotonin (mood) saat berhubungan seks.

9. Manajemen Berat Badan

Pria sering menerapkan pola makan yang tidak sehat, seperti makan banyak snack tidak sehat dan fast food secara rutin. Diet tidak sehat ini menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan. Pisang mengandung kalori yang relatif sedikit, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan membuat Anda mudah kenyang.

10. Baik Untuk Ginjal

Beberapa masalah ginjal yang umum diderita pria seperti gagal ginjal, batu ginjal dan sakit ginjal. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makan pisang dapat menjaga kesehatan ginjal, karena mengandung potasium. Itulah manfaat buah pisang yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.