Mata Kaki Hitam Serta Cara Mengatasi Kaki Hitam Dan Kering

Pergelangan kaki yang lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya tentunya membuat rasa percaya diri seseorang menurun, apalagi jika dialami oleh para wanita. Ya, bagian pergelangan kaki akan terlihat sangat mengganggu meski Anda telah memakai model alas kaki terbaik.

Lalu Apa Alasannya?

Selama ini yang kita ketahui tentang mata kaki berwarna kehitaman akibat banyaknya gesekan yang terjadi, baik saat menggunakan sepatu maupun saat duduk bersila.

Dokter Mesha Syafitra, dokter umum di Rumah Sakit Universitas Indonesia, memaparkan alasan yang membuat kulit pergelangan kaki terlihat lebih gelap.

Mata Kaki Hitam

Perlu diperhatikan bahwa warna kehitaman pada kulit yang sering terjadi di pergelangan kaki dan bagian tubuh lainnya umumnya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati.

Selain itu, faktor lain juga mempengaruhi kondisi tersebut, misalnya akibat tekanan, gesekan, bekas luka, paparan sinar matahari, reaksi inflamasi, dan lain sebagainya.

Kulit yang menghitam seperti ini tidak hanya terjadi pada bagian pergelangan kaki saja, tetapi pada bagian tubuh yang menonjol lainnya, seperti siku dan lutut. Namun, ini bukanlah sesuatu yang dapat dipatenkan dan tidak dapat dihilangkan.

Dokter Mesha mengatakan ada sejumlah metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau setidaknya memudarkan kulit gelap di pergelangan kaki.

Kemungkinan tindakan yang bisa diberikan untuk mengatasi gejala tersebut antara lain mikrodermabrasi, suntikan steroid, prosedur laser, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui tindakan mana yang paling tepat untuk dilakukan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Hal ini agar dapat diketahui, apa penyebab utama yang membuat pergelangan kaki lebih gelap dari pada area di sekitarnya.

Jika Anda ingin menghilangkannya namun tidak ingin memilih jalur medis, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips yang ada untuk memudarkan warna hitam pada pergelangan kaki.

Baca juga :   Pasang Bulu Mata Extension Membuat Wajah Lebih Menarik

Tips ini untuk menghindari tekanan yang berlebihan atau terus menerus pada pergelangan kaki, jangan menggosok terlalu kuat, menjaga kebersihan kulit, lakukan scrub seminggu sekali, dan konsumsi vitamin E. kembali normal dan warnanya sama dengan area kulit di sekitarnya. Dengan begitu, rasa percaya diri yang tadinya menurun bisa kembali bangkit.

Cara Mengatasi Kaki Hitam Dan Kering

Pergelangan kaki juga rentan menghitam dan kering. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, kekeringan, dan tekanan berlebihan pada kulit. Jadi, bagaimana cara memperbaikinya? Simak beberapa cara memutihkan pergelangan kaki yang hitam dan kering di bawah ini.

Mata Kaki Hitam Serta Cara Mengatasi Kaki Hitam Dan Kering

Cara Memutihkan Pergelangan Kaki Yang Hitam Dan Kering

Pergelangan kaki hitam yang kering akan mengurangi keindahan kaki Anda. Bahkan, Anda bisa merasa tidak percaya diri saat harus menggunakan sandal yang memperlihatkan mata kaki.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara memutihkan kulit di bagian pergelangan kaki yang hitam dan kering, di antaranya:

1. Eksfoliasi

Cara Mengatasi Kaki Hitam Dan Kering

Jika tidak dibersihkan secara rutin, akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati inilah yang membuat kulit di pergelangan kaki menjadi hitam.

Nah, salah satu cara memutihkan pergelangan kaki yang hitam ini adalah eksfoliasi. Metode eksfoliasi ini dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Anda juga dapat menggunakan scrub kaki atau sikat khusus untuk kulit kaki anada.

Anda dapat menemukan scrub pengelupas kaki di toko kosmetik yang mengandung zat-zat seperti asam glikolat, asam laktat, atau asam alfa-hidroksi. Hindari exfoliant kimiawi yang mengandung alkohol, karena akan mengeringkan kulit dan rentan menyebabkan iritasi pada orang dengan kulit sensitif.

Selain membelinya, Anda juga bisa membuat scrub pengelupas dengan mencampurkan madu, air hangat, dan gula.

Baca juga :   Visus Mata Adalah Ketajaman Atau Kejelasan Penglihatan

Cara menggunakan scrub atau bahan exfoliating untuk memutihkan pergelangan kaki yang menghitam cukup mudah. Oleskan agen pengelupas ke pergelangan kaki hitam dengan gerakan melingkar.

Biarkan selama beberapa menit dan gosok dengan batu apung atau sikat lembut. Bilas sampai bersih dan lakukan secara teratur.

2. Rendam Kaki Dengan Garam Epsom

Rendam Kaki Dengan Garam Epsom

Selain eksfoliasi dengan scrub, Anda juga bisa melakukan cara memutihkan pergelangan kaki yang hitam dengan merendam kaki di larutan garam Epsom. Garam epsom mengandung magnesium sulfat, senyawa mineral yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit Anda.

Cukup siapkan air hangat di baskom. Kemudian tambahkan 1/2 cangkir garam Epsom dan aduk rata. Rendam kaki Anda selama 20 menit. Kemudian sikat kaki Anda dengan lembut dan bilas hingga bersih dengan air.

3. Gunakan Pelembab Dan Produk Pencerah Kulit

Setelah pengelupasan atau mandi, kulit di kaki Anda perlu dilembabkan. Jangan lupa juga mengaplikasikannya ke bagian pergelangan kaki. Untuk menjaga kulit tetap lembab.

Tidak hanya setelah eksfoliasi atau mandi, ada baiknya jika Anda menggunakan pelembab sesering mungkin. Cara ini cukup ampuh untuk proses pemutihan sekaligus melembabkan pergelangan kaki yang hitam dan kering.

Untuk kulit di sekitar mata kaki, aplikasikan juga pelembab yang lebih tebal, seperti gel lidah buaya.

4. Hindari Berbagai Aktivitas Yang Dapat Menghitamkan Pergelangan Kaki

Hindari Berbagai Aktivitas Yang Dapat Menghitamkan Pergelangan Kaki

Selain tidak membersihkan kulit dengan baik, kebiasaan tertentu juga bisa membuat kulit di sekitar mata kaki menghitam. Jadi, agar cara memutihkan pergelangan kaki hitam yang sedang Anda lakukan, hindari kebiasaan yang memberi tekanan berlebihan pada kulit pergelangan kaki.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Memar Di Mata Dan Mempercepat Penyembuhan

Tekanan berlebihan pada kaki juga bisa membuat pergelangan kaki menjadi hitam. Misalnya, duduk bersila, seperti yang Anda lakukan dalam yoga. Duduk dalam posisi ini justru bisa memberikan banyak tekanan pada kulit kaki Anda, terutama pergelangan kaki Anda.

Untuk mengakalinya, cobalah duduk bersila hanya selama yoga. Saat bersantai, pastikan Anda tidak duduk dalam posisi itu. Kenakan selimut atau kain lembut saat Anda harus duduk bersila.

Anda juga sebaiknya tidak memakai sepatu yang sempit atau terlalu pas untuk memutihkan kulit di pergelangan kaki Anda. Sepatu yang ukurannya tidak tepat dapat meningkatkan gesekan pada kulit pergelangan kaki, membuatnya rentan menghitam, bahkan kapalan.

Benjolan Hitam Di Mata Kaki

Benjolan merupakan bagian yang perlu diwaspadai keberadaannya, karena bisa menjadi gejala awal suatu penyakit yang berbahaya.

Benjolan Hitam Di Mata Kaki

Berikut Beberapa Kemungkinan Penyebab Benjolan Anda

  • Lipoma. Benjolan yang timbul karena lemak berlebih. Biasanya muncul pada orang yang mengalami kegemukan. Benjolan ini akan terasa lembut, kenyal, tapi tidak nyeri.
  • Mata ikan. Lapisan kulit yang menebal akibat gesekan berulang atau tekanan sepatu akibat ukuran sepatu yang tidak tepat.
  • Kutil.

Sedangkan yang dapat dilakukan untuk mencegah benjolan semakin membesar adalah:

  • Hindari menekan benjolan agar tidak semakin keras atau membesar.
  • Oleskan pelembab saat kulit terlihat kering.
  • Minum banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Hindari duduk bersila dengan satu kaki.
  • Gosok secara teratur dengan bubuk kopi yang dicampur sedikit air untuk mengangkat kulit mati.

Jika benjolan semakin membesar atau semakin keras dan timbul keluhan nyeri, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.