Mata Merah Sebelah Kanan Langsung Lakukan Tindakan Ini

Ketika Anda fokus pada pekerjaan atau tenggelam dalam melakukan aktivitas favorit, tiba-tiba salah satu teman Anda menatap Anda dengan cemas dan menunjuk ke mata Anda sambil menanyakan apa yang terjadi pada mata Anda.

Mata merah sebelah kanan adalah salah satu jenis gangguan pada mata yang sering terjadi. Penyebab mata merah yang tidak diketahui pasti dapat menyebabkan kecemasan, karena tidak hanya mencolok, mata merah sebelah kiri dapat menjadi indikasi gangguan pada mata.

Penyebab mata merah sebelah kanan

Penyebab mata merah sebelah kiri atau kanan bisa juga terjadi karena menatap layar komputer dalam jangka panjang tanpa jeda dapat menyebabkan mata merah. Saat bekerja pada komputer, mata akan jarang berkedip, sehingga menyebabkan mata menjadi lelah, kering, terasa kental, berair, dan terlihat merah.

Selain itu, kondisi ini juga bisa memicu sakit kepala. Jika Anda bekerja pada komputer untuk jangka waktu yang lama, cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda setiap 1 jam dengan memejamkan mata sejenak dan melihat ke kejauhan selama beberapa saat.

Jika perlu, Anda bisa menetes dengan pelicin mata untuk melembabkan mata dan mencegah mata kering. Selain itu, mata merah juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti:

  • Konjungtivitis (peradangan konjungtiva/selaput yang melapisi bagian depan mata)
  • Sindrom mata kering (kelenjar air mata tidak memproduksi cukup air mata)
  • Pengunaan lensa kontak dalam jangka waktu lama
  • Peradangan kelopak mata
  • Mata lelah
  • Cedera atau luka pada mata
  • dan sebagainya
Baca juga :   Mata Merah Gatal Berair Bisa Mengkhawatirkan Jika Terasa Sakit

Cara Mengobati Mata Merah Sebelah Kanan Akibat Episkleritis

Episkleritis adalah peradangan pada lapisan episclera mata. Episklera adalah lapisan transparan yang melapisi bagian luar sklera okular. Di bagian mata yang terlihat, Episklera sekali lagi ditutupi oleh lapisan transparan lain yang disebut konjungtiva.

Gejala episkleritis meliputi:

  • merah di sebagian atau seluruh bagian mata, dapat terjadi pada satu atau kedua mata
    terkadang Anda juga bisa melihat benjolan yang dikelilingi oleh pembuluh darah di bagian putih mata
    mata yang menangis
  • sakit mata saat terkena cahaya terang
  • mulas, ketidaknyamanan, dan sensasi benda asing di mata

Penyebab Episkleritis tidak diketahui secara pasti, tetapi orang-orang yang memiliki penyakit yang melibatkan peradangan yang luas dalam tubuh (seperti lupus, rheumatoid arthritis, penyakit Crohn) berisiko lebih tinggi mengalami Episkleritis.

Baca juga :   Gejala Kanker Mata Dan Jenis - Jenis Kanker Pada Mata

Pada dasarnya, episkleritis dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, tidak jarang episkleritis kambuh setelah pemulihan. Jika gejala Episkleritis sangat mengganggu, dokter dapat memberikan pengobatan dalam bentuk tetes mata kortikosteroid, tetes mata buatan yang mengandung air mata untuk melumasi mata, obat antiinflamasi oral, dan, jika ada penyakit autoimun tertentu, pengobatan penyakit. harus disebuhkan terlebih dahulu.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan gejala mata merah sebelah kanan seperti:

  • Menggunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan (air mata buatan)
  • Kompres bagian luar mata dengan kompres dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada mata.
  • Hindari paparan langsung mata ke matahari (pakai kacamata hitam saat Anda meninggalkan rumah)
  • Hindari paparan angin dan kontaminasi mata.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Mata Pterigium bagi Peselancar

Cara mengobati mata merah sebelah kanan

Karena mata merah sebelah kanan memiliki berbagai penyebab mulai dari yang umum hingga yang parah, Anda harus menemui dokter spesialis mata jika Anda mengalaminya, terutama jika ia datang tiba-tiba dan penglihatan Anda terasa buram, walapun mata merah sebelah kanan tapi tidak sakit.

Baca juga :   Jenis Sakit Mata Dan Penyakit Mata Yang Berbahaya

Jangan hanya berpikir bisa menggunakan obat tetes seperti “penghapusan mata merah” yang banyak dijual di apotik.

Namun tahukah anda, cara mengobati mata merah sebelah kanan terbaik adalah menggunakan resep karena obat tetes mata mengandung vasokonstriktor yang mengecilkan pembuluh darah.

Mempersempit pembuluh darah di sklera akan memutihkan mata Anda, tetapi menggunakan obat tetes mata untuk waktu yang lama dapat menyebabkan hal-hal yang lebih serius.

Cara terbaik dan teraman untuk menghilangkan mata merah sebelah kanan adalah menemui dokter mata untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *