Cara Mengobati Penyakit Mata Bintitan Secara Alami Tapi Manjur

Penyakit mata bintitan ataupun Hordeolum merupakan salah satu dari sebagian peradangan mata, yang diisyarati dengan timbulnya benjolan merah di bagian kelopak mata.

Selain itu, terdapatnya tumpukan kotoran, kuman, serta sel kulit mati yang menutup kelenjar minyak di dekat bulu mata. Lalu, adakah cara untuk menyembuhkan penyakit mata bintitan ini? Mari simak ulsan ini sampai selesai.

Apa itu mata bintitan ?

Penyakit mata bintitan (Hordeolum) merupakan sebutan medis untuk penyakit bintitan, ataupun dikenal jua dengan istilah timbilan. Hordeolum merupakan tonjolan kecil yang sekilas nampak semacam jerawat di dekat bulu mata.

Hordeolum umumnya tercipta di dalam kelopak mata serta satu lagi di luar kelopak mata. Dalam permasalahan tertentu, bintitan kadangkala pula dapat memiliki nanah.

Anda  bisa mengurangi rasa sakit dengan mengompres kelopak mata dengan memakai kain yang dicelupkan air hangat.

Ciri-ciri mata bintitan

Ciri-ciri mata bintitan adalah tumbuhnya bintik-bintik merah yang sangat mirip seperti bisul kecil yang terdapat di kelopak mata, baik di dalam maupun di luar kelopak mata. Indikasi lain yang menyertai situasi ini termasuk:

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Kelopak mata bengkak serta perih
Baca juga :   Bintitan Di Dalam Kelopak Mata Dan Benjolan Putih Di Dalam Mata

Penyebab mata sering bintitan

Penyebab bintitan umumnya adalah minyak dan kotoran yang menyumbat di lubang tempat akar bulu mata keluar.

Setelah menutup lubang, bakteri tumbuh dan kemudian menyebabkan infeksi. Bakteri yang paling sering menyebabkan retardasi pertumbuhan ini ialah Staphylococcus aureus.

Risiko sakit mata bintitan

Sekian banyak sebab yang bisa menaikkan resiko terserangnya hordeolum ataupun bintitan ialah:

  • Memegang mata dengan tangan kotor
  • Menggunakan lensa kontak tanpa membersihkannya dari kuman secara merata ataupun anda belum cuci tangan
  • Tidak mensterilkan make up semalaman
  • Memakai make up lama ataupun yang sudah kedaluwarsa
  • Mempunyai riwayat penyakit blepharitis serta rosacea

Peradangan mata kerap diakibatkan oleh perawatan yang tidak pas ataupun pemakaian lensa kontak. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit mata bintitan akibat menggunakan lensa :

  • Lensa kontak yang kurang bersih
  • Memegang lensa kontak sebelum mencuci tangan
  • Memakai lensa kontak dikala tidur
  • Memakai lensa kontak secara berulang
  • Memakai lensa kontak kedaluwarsa

Baca juga : 15 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Cara mengobati penyakit mata bintitan

Bukan cuma membuat anda kurang menarik, bintitan pada mata pula memunculkan rasa kurang aman dikala memandang sebab sakit, gatal, dan mengeluarkan air mata.

Baca juga :   Kantung Mata Merah Sering Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Berikut ini ada beberapa metode untuk mengobati penyakit mata bintitan yang bisa langsung coba dirumah:

1. Bilas dengan sabun serta air

Mensterilkan mata bintitan dengan air biasa saja kurang maksimal. Cobalah pakai tisu ataupun kain bersih yang sudah dibasahi dengan air serta sabun, kemudian usaplah kelopak mata Kamu secara perlahan-lahan.

Pastikanlah saat memakai sabun tidak terkana kedalam mata karena dapat memunculkan rasa pedih di mata. Teraturlah  untuk melaksanakan metode pengobatan ini tiap hari, sehingga bisa menolong menghindari timbulnya mata bintitan di kelopak mata yang lain.

2. Bilas dengan larutan air serta garam

Bila anda tidak mau menggunakan sabun, cara lain yang dapat dicoba untuk mengobati penyakit mata bintitan ialah dengan membersihkannya dengan menggukan air garam. Sama seperti menggunakan sabun, larutan air garam dapat menolong membuat mata bintitan lebih bersih sebab bisa membunuh kuman.

3. Gunakan kantong teh hangat

Kantong teh yang telah dipakai ternyata masih berguna untuk mengobati penyakit mata bintitan, jangan langsung membuangnya, sebab kantong teh sisa tersebut masih bisa dipakai buat mengompres mata bintitan.

Baca juga :   Pupil Mata Membesar Ada Berbagai Faktor Yang Bisa Terjadi

Anda bisa memakai tipe kantong teh apa saja, tetapi teh celup diyakini memiliki antibakteri untuk meredakan dampak pembengkakan yang disebabkan oleh mata bintitan.

Apabila anda telah terlanjur membuangnya, anda dapat mencelupkan kantong teh yang masih baru ke dalam segelas air hangat.

Sehabis itu, biarkan 1 menit hingga kantong teh telah agak dingin, kemudian pakai pada mata. Usahakanlah untuk mengenakan 2 kantong teh yang berbeda pada tiap mata.

4. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit mata bintitan, selain menggunakan kantong teh panas. Kedua metode ini dianggap sangat efektifnya karena dapat membantu mendorong nanah ke permukaan kelopak mata, dan memungkinkannya untuk keluar secara alami.

Penting untuk diketahui bahwa benjolan merah pada mata berjerawat biasanya mengandung nanah. Itu sebabnya, jangan khawatir ketika ada nanah yang keluar dari mata Anda, karena itu akan segera sembuh.

Anda bisa mencelupkan kain bersih ke dalam baskom berisi air hangat, lalu peras sampai tidak ada lagi air yang menetes. Letakkan kain di atas mata selama 5-10 menit. Ulangi ini 3-4 kali setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.