Kebiasaan Ini Bikin Mata Minus Tambah Parah, Yuk Waspada

Tidak ingin gangguan mata bertambah, anda harus menjauhi beragam kebiasaan buruk yang membuat mata minus tambah parah. Mata minus dikenal juga dengan sebutan rabun jauh dimana kondisi ini membuat penglihatan tidak dapat melihat objek jauh secara jelas. Mereka yang menderita gangguan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kebiasaan buruk hingga adanya faktor genetik.

Jika mata minus hanya dibiarkan saja, hal ini bisa memperburuk kondisinya. Apalagi jika anda gemar melakukan kebiasaan yang memicu mata minus bertambah parah. Adapun beberapa kebiasaan buruk yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Melihat ke layar terlalu dekat

Kebiasaan buruk mata minus yang pertama adalah menatap layar monitor terlalu dekat dalam waktu yang lama. Kebiasaan ini membuat indera penglihatan bekerja lebih keras hingga kelelahan. Jika dilakukan secara terus menerus, kebiasaan bisa menyebabkan mata minus bertambah parah.

Cara tepat dalam menatap layar komputer saat bekerja atau untuk aktivitas lainnya adalah dengan mengatur kontras cahaya pada komputer yang digunakan. Pastikan jika kontras tidak menyakiti mata dan nyaman untuk digunakan bekerja. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan jarak antara pandangan dengan layar komputer yang anda gunakan.

Baca juga :   Dokter Mata Di Jakarta Selatan Jangan Salah Memilih Dokter

Baca Juga : Makanan Agar Mata Sehat Yang Wajib Anda Konsumsi, Simak Yuk

2. Karena paparan sinar ultraviolet

Hal lainnya yang bisa membuat mata minus semakin parah adalah karena paparan radiasi dari sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihandapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan otot-otot yang menunjang indera penglihatan kita. Kondisi mata minus juga akan semakin parah jika paparan sinar UV terus menerus terjadi.

Untuk menghindarkan anda dari gangguan yang satu ini, anda bisa menggunakan kacamata hitam saat keluar ruangan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan topi lebar untuk perlindungan yang lebih maksimal.

3. Membaca dengan cahaya yang redup

Kebiasaan buruk yang membuat mata minus tambah parah selanjutnya adalah membaca di tempat yang gelap atau dengan cahaya yang redup. Kebiasaan yang satu ini dapat membuat otot-otot di bagian mata bekerja lebih keras untuk dapat membaca tulisan di buku. Jika anda melakukan kebiasaan buruk yang satu ini secara terus menerus maka pertambahan mata minus tidak dapat dihindari lagi.

Baca juga :   Pembuluh Darah Mata Dan Jenis - Jenis Pembuluh Darah

Akan lebih baik jika anda menyesuaikan tempat untuk bisa membaca dengan baik. Selain itu pastikan jika pandangan tidak terlalu dekat dengan buku. Membaca dengan jarak yang terlalu dekat bisa membuat otot kecil di bagian mata bekerja keras untuk mendapatkan fokus pada bacaan. Jika anda telah mengalami mata minus sebelumnya maka pertambahan minus pada mata bisa semakin parah.

Mencegah Mata Minus Bertambah

Ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat mata minus tambah parah  yang sebaiknya dihindari. Meski demikian, anda harus tahu jika mata minus tidaklah dapat dicegah namun anda bisa diperlambat perkembangannya dengan beberapa cara seperti yang berikut ini!

– Atur jarak baca- Konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A ataupun jenis makanan lain yang  baik untuk mata
– Jangan membaca sembari tiduran apalagi dengan pencahayaan yang kurang. Pastikan anda membaca atau menonton TV juga gadget dengan suasana nyaman dan cahaya terang
– Istirahatkan mata serta tidak memforsir kerjanya

Baca juga :   Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Dan Mencegah Penyakit Mata

Selain ragam pencegahan mata minus di atas, ada baiknya bagi anda untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. Hal ini membantu anda untuk pendeteksian dini gangguan kesehatan mata agar bisa ditangani dengan segera. Jikapun mata anda telah minus, maka menghindari ragam kebiasaan buruk mata minus sebaiknya dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *